Jalan-jalan ke Aceh

Tanggal 20 Nopember 2007 saya diundang oleh Depkominfo untuk memberikan presentasi pada acara Round table discussion on internet governance di Banda Aceh.  Ada beberapa pembicara selain saya yaitu dari APJII, PANDI dan Pemda Setempat.   Isi presentasi saya tidak banyak berubah dari presentasi yang saya tampilkan pada acara berjudul sama yang di laksanakan di MGK Kemayoran.  Tentunya dengan perubahan pada last minute, di sesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

 

photo-0002.jpg

Suasana sesaat sebelum Acara dibuka

 

Tantangan berat saya karena diberikan waktu presentasi paling akhir, tepat jam 12.  Acara molor 30 menit dari jadwal dan Pembicara lokal yang diberi kesempatan pertama lupa (atau enggan?) diberi tahu oleh moderator.  Syukurlah pada sesaat sebelum tampil terbersit ide untuk menyegarkan suasana 🙂  Dan karena memang suasana hati lagi enak dan santai (trimakasih kepada panitia atas layanan yang baik),  presentasi yang singkat bisa berlangsung dengan segar dan menarik (duh narsis neh hehehe).

 

Setelah acara presentasi dilanjutkan dengan acara diskusi langsung antara panelis dan peserta.   Sayangnya, tidak semua pembicara bisa ikutan berdiskusi.  Dari rombongan Jakarta, tinggal saya dan Kang Azul yang tinggal untuk berdiskusi.   Tema yang saya bahas adalah sustainability bagi telecenter/warnet.

 

 

photo-0013s.jpg

Peserta Diskusi dilihat dari sisi Panelis 

 

Yang saya dapatkan adalah antusiasme tinggi dari teman-teman di Aceh untuk mendirikan Warnet/Telecenter.  Saya sempat memberikan ide-ide layanan yang bisa dikembangkan pada warnet/telecenter yang intinya adalah melihat kebutuhan masyarakat setempat.  Juga saran-saran agar hati hati dalam mengelola warnet berdasarkan pengalaman teman-teman di daerah lain.

 

bemor.jpg

Kunjungan ke Aceh terasa (sangat) singkat, walaupun saya nginap dua malam namun kesempatan jalan-jalan melihat kota Banda Aceh tidak banyak.  Malamnya saya sempat di ajak oleh adik saya yang sudah lama tinggal di Aceh naik becak motor cabriolet keliling kota dan makan Mie Aceh.   Paginya sebelum ke airport diajak berfoto di Mesjid Agung  🙂 Mudah-mudahan lain waktu saya sempat berkunjung lagi ke Banda Aceh.

 

dimesjidagung.jpg

Leave a Reply