Get Adobe Flash player

Prospek Bisnis Warnet

Versi PDF

Tulisan ini berdasarkan diskusi yang terjadi di milis umum dan milis anggota awari , inti diskusi adalah mempertanyakan prospek dari bisnis warnet ke depan. Isi diskusi dapat dibaca dari arsip milis umum. Milis anggota awari adalah milis tertutup maka arsipnya hanya boleh dibaca oleh member milis tersebut.

Saya tidak memberikan opini apa apa dalam diskusi tersebut, kecuali memberikan beberapa angka yang umum dijadikan acuan di dalam menilai bisnis warnet. Selain itu, saya juga merasa sulit menuliskan pendapat saya dalam alur diskusi yang sudah terlanjur berjalan.

Analisa Prospek Warnet

Jika dipelajari lebih jauh, munculnya warnet di Indonesia disebabkan dua faktor:

  1. Terbatas dan mahalnya akses internet
  2. PC sebagai alat akses utama internet juga masih terhitung mahal bagi mayoritas penduduk di Indonesia.

Melihat kenyataan itu, maka bermunculan warnet-warnet yang memberikan solusi kepada kebutuhan akses internet yang terjangkau. Kedua faktor inilah yang sebenarnya harus diperhatikan oleh pebisnis warnet dalam melihat prospek usaha warnet.

Pertanyaan berikutnya adalah: apakah akses internet dan pc saat ini sudah terhitung murah? Untuk Indonesia yang (sangat) luas ini, maka jawabannya bisa ya bisa tidak. Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar (ex: Jakarta) harga berlangganan internet sudah sampai pada harga Rp 99.000/bulan/384Kbps/unlimited akses. Namun bagi mereka yang berada di ujung Papua sana bisa senilai 3 juta rupiah untuk 64kbps via VSAT.

Sehingga kesimpulan akhirnya adalah: harga akses internet belum terhitung murah untuk seluruh daerah di Indonesia.

Bagaimana dengan PC? Ini pun masih bisa menjadi perdebatan panjang. Namun harga PC masih berkutat di atas Rp2,5 juta yang menurut saya masih cukup mahal untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Melihat dari jumlah kepemilikan PC dibanding jumlah penduduk pun terlihat jelas kenyataan ini. Kesimpulannya: PC juga belum terhitung murah bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Apakah ini berarti bisnis warnet masih prospek? Untuk menjawab ini, mari kita lihat lagi beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada warnet:

  • Mulai tersedianya akses Free Wifi/hotspot dimana-mana
  • Penyediaan akses internet di Kampus
  • Penyediaan akses internet di Kantor-kantor
  • Mulai beroperasinya Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasional)

Faktor-faktor di atas jika dilihat secara pesimistis bisa dianggap sebagai faktor yang akan menurunkan prospek bisnis warnet. Tapi bagi mereka yang optimis, hal-hal di atas justru memperkuat keberadaan prospek warnet sebagai bisnis. Mereka yang optimis ini menyadari keterbatasan dari akses internet di free wifi, kantor, kampus maupun sekolah (jardiknas) sehingga keterbatasan tersebut bisa dijadikan warnet sebagai daya tarik tersendiri agar pengakses tetap memilih warnet sebagai tempat akses internet. Berita di detikinet tentang ratusan hotspot yang ternyata tidak mampu memikat pengguna bisa menjadi acuan. Walau gratis, hotspot, akses di kantor, Kampus dan sekolah toh tidak bisa digunakan setiap saat, hanya pada jam tertentu saja.

Kembali ke laptop :) eh..warnet; bagaimana jadinya prospek bisnis warnet ini? Saya melihat musuh utama Warnet adalah dirinya sendiri. Kurangnya visi dalam mengelola bisnis dan terjebak kepada asumsi-asumsi dan akhirnya terjebak ke lemahnya daya saing yang berujung ke bangkrut/tutupnya warnet. Lemahnya visi bisa dilihat dari tidak berubahnya model bisnis warnet dari tahun ke tahun. Sejak mulai kita mengenal warnet hingga sekarang, model bisnisnya tidak lebih dari menjual kembali/reseller akses internet.

Dari sisi pelayanan pun tidak berubah, bahkan cenderung statis. Ini tentu kontras dengan kenyataan bahwa internet sendiri adalah tempat dimana individu-individu saling terhubung, berinteraksi, berkolaborasi dan menghasilkan sesuatu layanan yang sulit dikerjakan secara individualistis. Kata “net” yang berarti jaringan tidak dihayati oleh warnet-warnet, mereka asik dengan keterkungkungan di tempat mereka (secara tidak sadar) justru terhubung dengan mudahnya.

Prospek atau tidak warnet bukanlah dari bisnis warnet itu sendiri, tapi bagaimana mengelola dan membawa bisnis itu menjadi sebuah layanan yang tetap dibutuhkan masyarakat. Inilah yang kurang digali oleh warnet-warnet. Sekali warnet mampu memberikan layanan (berbasis IP) yang bagus dan dibutuhkan oleh masyarakat maka prospek bisnis pun akan cerah.

Cuma syaratnya adalah: terhubung, interaksi, dan kolaborasi. Bukan berjalan secara individual.


147 Responses to Prospek Bisnis Warnet

  • joseph says:

    senior, jngan asal ngasih angin segar.. bwat yang mo buka…pikir mateng2. analisa dulu kelmhan n klbhan saingan. ..selamat mncoba…jngan nangis kalo nyungsep!

  • tatu says:

    Bahas masalah prospek bisnis warnet, menurut saya jauh lebih prospek game online. Saya setuju sama comment dari joseph
    [quote] jngan nangis kalo nyungsep! [/quote]
    Kecuali di warnet nya, sekalian jualan pulsa, minuman dingin, digital printing, makanan.
    Bukan mau nakut-nakutin, dengan modal > 30 juta masih banyak sekali usaha yang bisa dibuka. Pikir matang-matang deh, tahun 2010 harga internet lebih murah, bisa diakses di HP, netbook, contoh saya pake smart d1200 sebagai modem, per bulan 24 jam nonstop cuma 45 ribu. :))

  • aldi amadia says:

    skr nih sy lg bt…
    masalah jaringan mungkin lumayan hy saingan makin menjamur..
    secara orang buka bisnis warnwt mereka tak menyadari bhw penghasilan begitu minim dilihat dari jumlah clien yg ada disekitar masih minim..
    jd yg mau buka warnet mending bisnis yg laen aza krn tdk sesuai dengan pengeluaran,wslm

  • danny liem says:

    tolong saya karna saya mau membuka usaha warnet,,,gimana caranya mulai dari modal usaha yang di siap,karna saya mau memakai 10 pc,

  • hendra sau says:

    saya lagi butuh masukan ne,,,,??/peluang bisnis warnet apakah menguntungkan bagi saya atau tidak????and kalo menguntungkan!kira2 berapa jumlah keuntungan yang di dapat perbulan kalau memakai 10 pc.thanks,eh lupa paling bagus nya berapa tarif per jam????

  • didim says:

    Buat teman-teman yang udah punya warnet duluan: saya minta saran isp apa yang bagus (selain speedy) untuk warnet? karena saya kesulitan untuk mendapatkan line tlp-nya telkom.

    terima kasih buat semua.

  • WiLLz_SpeeD says:

    JANGAN BUKA WARNET BROWSING, lebih dikhususkan ke game online.

    kenapa?
    1. maen game ga bisa sebentar minimal 2 – 3 jam, bahkan klo yg udah kecanduan bisa ampe berhari2, di Cina contohnya sampai ada tempat rehabilitasi kecanduan game online, itu fakta klo game lebih banyak dimaenkan klo browsing paling banyak 1 jam udah puas, apalagi cuma cek email/fb paling 15mnt.

    2. klo cuma buka email n fb di HP udah bisa tapi klo mau maen Game Online tunggu 20 tahun kali baru ada HP buat maen game online. jadi kebayang ga? contoh maen POint Blank (game tembak2an) di HP? gimana caranya yah?

    Gw baru buka net Game Center 18 komp n gw investasikan besar sampai 170jt (sesuai dgn prediksi om iwin per PC 10jt) karena besar di komp per PCnya, 1 PC 5jt lebih selain itu gw investasikan untuk Renovasi gw bikin LUX karena disini sudah banyak net jadi utk daya tariknya beda dari yg laen,
    klo net game online asal jadi abal2 sih banyak, klo gw bener2 beda, org liat net gw aja sampai geleng2 kepala, krn bener2 mewah n nyaman

    gw buat lux n tetap pelayanan jadi no 1. karena net sama aja kaya HOTEL, tempat nyaman n bagus serta pelayanan memuaskan maka akan ramai.
    tiap hari gw bisa nolak 30-40org waiting list.. (maunya sih nambah tapi modal lom kembali)

    sampai saat ini pemasukan gw minimal 500rb itu udah hari apesnya (hujan / internet gangguan / hari anak sekolah ujian)
    warnet gw 24jam n klo weekend termasuk jumat minimal 1jt

    ditotal pukul rata pemasukan gw 700-800rb perhari. n total sebulan omset kotor bisa 20jt n pengeluaran sewa biaya internet dll 5jt, jadi untung bersih gw bisa 15jt
    kaliin aja 1 tahun bisa balik modal setelah itu gw tinggal goyang2 kaki…

    klo butuh jasa gw buat warnet + desain + survei tinggal hub wa aja.. asal jgn di daerah gw aja hahahaha….

  • proklamasi says:

    Perjalanan pasti diawali dengan langkah pertama dan berpikir untuk maju.

  • panji says:

    jangan khawatir akan prospek warnet teman2….bagi gue warnet ga ada matinye…manusia jaman sekarang semakin haus akan informasi..tul gak.?? mau ngenet disekolah ga bebas..dikampus ga nyaman..dikantor apalagi…batasan2 ini yg membuat warnet semakin diminati..buktinya sekarang aja kalian buka blog ini diwarnet bukan hehehe..

  • niu says:

    sharing dong….kalau mau bikin warnet sebaiknya pake komputer bekas apa baru ya?

  • ipvl says:

    do not ever stop dreaming …. let’s try to make it happen

  • agus f says:

    saya pengen buka usaha warnet neh, , ,wat di kota bekasi,,
    berapa modal untuk berapa unit komputer, ,
    order ke mana. mnta alamat lengkap,,
    buat yg baca e-mail balik
    thanks

  • teguh says:

    saya sangat srtuju dengan apa yang sudah teman-teman katakan diatas ,..malah kami udah buka dengan jumlah PC yang kami batasi 6 unit PC dengan modal kurang lebih dari 25 Jt,an belum kembali modal malah udah rusak semua PCnya ,,,,aduh-aduh payah ini ..belum lagi listrik dan internetnya ……ya…semoga kita makin jaya dan sabar menjalani usaha warnet …..sabar ya mas…?

  • rois says:

    salam knal smua……
    saya mau buka warnet tapi di tempat saya ndak ada jaringan telkom klo pakai sepedy…..
    yang cocok untuk jaringannya apa ya,,,,,,
    tolong dibantu lewat email ke rois_jauhari@yahoo.com
    terima kasih semua…………

  • Andik says:

    Aku baru buka warnet nih,, baru banget di bulan mei ni. Ada perasaan optimis kadang pesimis, belum tau biaya pengeluaran buat speedy dan listriknya nanti..

  • edi says:

    salam netter,
    aku juga baru buka, tepatnya 13 Juni 2010. di magelang.modal 20 juta untuk 5 unit PC tanpa sewa tempat.
    tetep semangat..warnet tetep ampuh, setidaknya untuk 10 tahun ke depan.bisa jadi, ntar kayak wartel,yang gulung tikar karena marak handphone. tapi ada yang terlupa, bahwa insan warnet adalah pelajar, yang juga butuh nge-print. atau juga game online di musim liburan. gak bisa dinikmati pake Hp ato PS dengan puas.
    tetep semangat…….

  • edi says:

    kalau mau, kita bikin yahoogroup usaha warnet yuk.biar bisa tuker pikiran….mengenai trouble, service provider, dll.

  • lili says:

    Sy jg br buka warnet bln feb’10 kemrn tp bisnis ini mank menjanjikan n prospek yg bgs. bg yg msh ragu2 mw buka jgn tkt ama yg namanya rugi seblm mencoba. bln2 ptama mank byk cobaan krn krg pnglaman tp bln ini ud agak mendingan. bwt tmn2 yg ingin buka warnet g ksh tw jgn tkt saingan soalnya tpt sy buka warnet sepnjg jln ada 24 warnet. tp sy lht rata2 warnet tetap rame user, itu krn permintaan yg semakin tgi. jd optimis aja ok. GBU. smoga bermanfaat bagi tmn2 seperjuangan. hny 1 masukan kalo buka warnet perhatikan spec komputer, jaringan internet n layanan yg memuaskan. Niscaya warnet kita akan rame pengunjung dech.

  • Heri Purnomo says:

    Mas, saya mau menjadi anggota awari, dan minat untuk memiliki lisensi microsoft, bagaimana dan apa saja yang harus saya lakukan, saat ini warnet saya baru saja buka, dan belum menggunakan lisensi resmi hanya menggunakan lisensi dari kampus saya.

    mengenai warnet legos, bisa ga saya beli 1 lisensi saja untuk 1 warnet saya, tau saya harus beli yang memiliki paketan RRA dari Microsoft??? mohon masukan dan bantuannya ya mas….
    Regard >>>>> Urang Bogor
    Terima kasih

  • Pingback: MEMULAI BISNIS WARNET « PUSAT KURSUS TEKNISI KOMPUTER – PARE

  • adeli@ says:

    optimis ,sabar ,kerja cerdas.slalu berdoa ,warnet terus maju LANJUTKAN kawan.

  • hujjaj says:

    za Didoa’in aja semoga pertumbuhan ekonomi tinggi&semua usaha masyarakat indonesia lnsar semua …amiiiiiin….!

  • joe says:

    ada pembicaraan lain gak yang bisa bantu aya untuk menyelesaikan karya tulis tentang prospek warnet di desa. mohon bantuan dong…

  • Sebelum buka usaha.lbh bgs klo anda mengetahui dulu ilmunya jadi entar klo ada masalah dengan jaringan anda tidak tegantung sama IT.karena jasa IT sekrang tidak lah murah..saya sarankan lebih bagus membuka Game online
    karena pengalaman peribadi..jangan lupa klo buka game online wajib memakai Proxy server biar jaringannya lebih kenceng ..he3..

  • Pingback: memulai usaha warnet « Meningkatkan finansial melalui usaha kecil

  • irvin says:

    Saya rencana mau buka warnet daerah depok dekat UI.
    Rencana saya sih awal 20-25 client.
    Buat Mas Didim kalo mau konsultasi buat jaringan warnet, design & interior bgmn mas?
    Mungkin sesepuh yang lain ada masukan buat spec, harga, dll secara keseluruhan….
    email saya di irvwinata@gmail.com

  • nasrul says:

    bisnis warnet jd ga sesuai sama prinsip ekonomi,,dngan modal yang cukup besar tapi pendapatan relatif kecil..

  • ulfa says:

    Trima kasih artikelnya dan masukan dr temen2… :D

  • Pingback: Siklus Bisnis Warnet | iWin Notes

  • Reza says:

    yg mau buka usaha warnet, silahkan liat di alamat ini http://****

  • irwin says:

    duh, maap ya… gak boleh sembarangan ngiklan disini ;-)

  • fahrudin says:

    salam kenal aja ya bang irwandi

    by kayu jabon

    jasa ekspedisi

  • nadine says:

    temen bokap gwe, buka warnet game online di cilandak, 25 pc.. tepet aja fullll… secara kalo di pikir, oarang cilandak kan rata2 berduit n pasti punya pc atw laptop di rumahnya masing2.. tetep aka tu warnet penuh2 aja… bahkan bisa buat nyicil tempatnya yg masih kpr 15 juta per bulan.

    dia bilang, warnet tempat dia bukan sekedar nge game masing2, tapi juga jadi tempat tongkrongan tu bocah2 abg..

    hah.. kalo gw mah ngegame enakan di warnet kali, daripada sdr2 di rumah…

    so, kalo nurut gwe, warnet bakalan tetep eksis..

    yang penting tetep optimis n terus berinovasi..

    smagattttttt

  • Rizky says:

    Salam kenal…
    saya salah satu pemilik warnet di kota Padang…
    satu2 nya “musuh” yang saya miliki selama menjalani usaha warnet adalah KONEKSI…
    saya memakai koneksi dari speeda… ups,,, :) maksud saya SPEEDY…
    Seberapa pun canggih PC yang dipakai tapi kalo koneksi lelet, sama aja ga….
    jaringan sering down, bahkan sampai putus….
    awalnya pelanggan cuma mengeluh…
    tapi lama2 kan jadi bosan juga…
    akhirnya sepi…

    kebanyakan client saya adalah anak2…
    dan kebanyakan dari mereka suka main game online…
    katanya sich enakan main di warnet ma temen2 daripada sendirian dirumah….ga seru.
    tapi itulah, kembali ke masalah utama, KONEKSI…
    PC tanpa KONEKSI INTERNET sama aja kayak komputer rumahan biasa…
    ya ga???
    buktinya PC pentium 3 yg awalnya cuma bisa buat main solitaire (kebiasaan bokap) kalo bisa internet, langsung bisa pesbukan dech…

    kebanyakan komentar yang sering saya dengar adalah :
    1. lelet, lambat bg… nunggu buka pesbuknya aja sama kayak nunggu masak nasi goreng.
    2. game online lag2 bg.

    Jadi kalo menurut saya, inti utama untuk menyediakan pelayanan di bidang internet adalah bagaimana kita memilih layanan KONEKSI internet yang nyaman dan cepat…

    ngomong2, agan2 sekalian ada yang punya solusi ga tentang masalah yang saya miliki???

    kalo kayak gini terus, jangankan untuk mikirin prospek 5 tahun, tiap bulan aja ngos2an….

    huff…

  • dewi says:

    iya speedy sekarang makin hari makin hancur…koneksi apa yg paling bagus di buka untuk warnet?

  • Pingback: Prospek Bisnis Warnet Ke Depan « Garut Komputer

  • leodp says:

    salam kenal rekan2 semua,tentunya kita harus bijak menjalani bisnis apapun dalam hal ini bisnis warnet saya sendiri sudah 3 tahun buka warnet syukur alhamdulilah profit ada beberapa tips :
    1.cari tempat yang strategis(di area kampus/lingkungan sekolahan,dekata apartemen,area perumahan.Survey dulu kira2 jumlah penduduk diarea itu buanyak tidak kemudian jumlah remaja,pemuda pemudinya banyak tidak.dari situ paling tidak dapat kita tarik kesimpulan bagus tidak prospeknya?)
    2.Pakek LCD besar
    3.PC kencen
    4.Koneksi Kenceng
    5.Tempat nyaman
    6.Pelayanan Ok
    7.Tambain jual makana,minuman,kasih print warna/hitam putih dll untuk tambah2 pemasukan.
    8.kalo bisa buat komunitas diwarnet itu dan trik2 gratis
    9.udate terus promosi dan diskon promo
    10.Lakukan Magagemen dengan benar

    semoga bermaanfaat

  • Murty Wibisana says:

    bagi temen2 yang mau buka warnet di daerah tp koneksi speedy leled/bermaslah mending make TELKOMSEL Flash via KARTU HALO yg paket PRO, walau ada limit nya tetep aja Koneksianya JOSSS!!!, Tapi ingat SInyalnya Harus udah HSDPA Lho, kec max pada saat kuota masih samapi 7 MB/S, kuota habis 128 Kb/s. Selamat mencoba. Ingin tau lebih lanjut email gw aja ke murthiw@yahoo.com

  • RAY says:

    bagi yang baru mau buka warnet optimis ajalah contoh saya nih korban PHK saya gaptek di IT saya memberanikan diri nekad jual motor saya dan istri ditambah uang pesangon pertama buka saya 6 unit+server sekarang udah 1 tahun setengah saya jalanin warnet itu dikelola sendiri mulai dari nyapu lap2 pokonya semuanya dikerjain sendiri alhamdulilah sekarang udah nambah jadi 10+server kalau mau tau warnet dilingkungan rumah udah ada 2 keduaduanya lebih dulu dia buka harganya yang satu 2000/jam yang satu lagi 2500/jam saya tetep bertahan di 3000/jam dari pertama kali buka. bisa dibilang warnet saya itu warnet rumahanlah alhamdulilah kalau dihitung2pendapatannya melebihi waktu saya dan istri saya waktu kerja. kalau modal pastilah udah balik …saya kasih tips yah..biar consumen pada balik lgi kasih air mineral gelas yang 500 setiap diatas 4000 kalau diatas paket 3jam 7500 kasih gratis air mineral,kopi hitam,kopi susu kita jangan mikir ruginya dulu mauengga yang main sekarang besok datang lgi besok?….saya buka dari jam 7 pagi- jam 10 malam tapi engga pernah kosong tapi pelanggan udah pada tau ini warnet kaya mall bukanya hahahah…maklum dikelola sendiri sayang pake ngegajih orang ok semoga bermanpaat

  • inke liani says:

    Salam kenal, Saya tertarik ingin buka warnet/game online. Bagaimana mengenai perijinannya? Tq

  • nugroho says:

    Tetap semangat…buat yb mo buka warnet, saya selaku penyedia jasa instalasi dan Pengadaan PC, tetap Optimis, karena sebenernya dalam perhitungannya 50% dari keuntungan anda adalah PC anda…ini aset yg masih bisa anda uangkan…untuk min-2th pemeliharaan, jadi ga usah kuatir…apalagi managemen warnet bagus, sewa /jam dengan harga murah memang boleh, tp ga jadi jaminan. karena yg penting bisa menarik pelanggan dengan fitur/layanan yg Warnet lain ga punya….., Untuk saran saya Fokuskan warnet anda untuk Game Online….

  • Nur Ahmad says:

    Gan klo buat SITU (Surat Ijin Tempat Usaha) buat warnet penting g sih?

  • rayn says:

    kalo org lom begitu ngerti ma dunia internet tpi punya rsa 0ptimis bisa memberikn pelyanan & managemen keuangan…apa mugkin bisa buka warnet??

    tlog berikan jwbannya..
    terima jasih
    my email; rayntripelq@yahoo.com

  • mad munawir says:

    budin

  • lia says:

    salam kenal sy jg kpingin buka warnet tpi modal 5 jt bis ga ya…meski 2 unit kmptr sj??

  • yuri says:

    to lia,,
    gpp buka aja,,karena awal saya membuka warnet pun hanya 4 client (pc second n monitor CRT & 1 operator budget 5jt sudah sama meja dan sekat serta kabel Lan,,sudah genap 2 tahun,,hasil dari menabung dan akhirnya saya punya 6 client (pc baru semua pake dualcore lg,monitor Led dan mouse keyboard wireless) rencananya mau nambah lagi karena tiap harinya minimal 9 orang yang ingin menggunakan warnet harus menuggu alias antri kadang pulang karena kesal mengantri

  • yuri says:

    pertanyaan sangat mendasar namun sering dilupakan

    ?APAKAH WARNET NANTINYA AKAN BERNASIB SAMA DENGAN WARTEL?

Leave a Reply

Pariwara III
Kalender
January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Arsip
Nawala Status
Pariwara
pariwara II

Kategori

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Billing Warnet & Wifi
Wifi Management System - Cara mudah untuk mengatur jaringan wifi/hotspot anda tanpa perlu memiliki server khusus Billing
Billing Warnet Online - Kesulitan mengatur dan mengawasi grup warnet anda? Gemilang iCafe Billing adalah solusinya.
My del.icio.us