InfraRecorder, Solusi Free CD Burning bagi Warnet

Aplikasi CD Burning adalah aplikasi yang cukup sering digunakan di warnet.  Salah satu yang terkenal dan paling banyak digunakan adalah Nero.  Namun Nero adalah sebuah aplikasi proprietary, tentu penggunaannya tidak bebas.  di Windows XP sendiri ada fasilitas untuk membakar berkas ke CD-R.  Tapi dengan kemampuannya yang terbatas, boleh dibilang banyak yang tidak memperhatikan fasilitas ini.

Bagi para pengusaha Warnet yang sangat memperhatikan unsur legalitas perangkat lunaknya dan tidak mau terkungkung dalam lisensi yang terbatas,  penggunaan aplikasi CD Burning berlisensi proprietary bisa dihindari.  Gunakan saja InfraRecorder.

InfraRecorder adalah solusi CD Burning yang berlisensi GPL V2.  Lisensi GPL artinya kita bebas menggunakan perangkat lunak ini sesuai dengan kebutuhan kita di warnet.  Tidak perlu ragu-ragu dengan batasan lisensi seperti yang umumnya di perangkat lunak aplikasi proprietary.  Yang tertarik bisa mengunduh versi terbarunya di sini.  InfraRecorder juga tersedia dalam versi portabel di sini.

Tampilan Utama Aplikasi InfraRecorder – From Blog’s

4 thoughts on “InfraRecorder, Solusi Free CD Burning bagi Warnet

  1. Saya sering pakai infrarecorder. Selain berlisensi GPL, juga lumayan ringan. Tidak berat seperti Nero ketika dijalankan.
    Sayangnya tidak ada fasilitas burn multisession. Jadi, g bisa menambahkan file ke disc yg sudah di-burn. Akan sangat mubadzir jika disc tersebut baru terisi sedikit kapasitasnya :).

  2. Kalau beli cdrw baru biasanya sudah dikasih tuh program nero, tapi memang fitur2 nya terbatas….kalau buat bakar2 doang ngak masalah kan…..ngak ngebajak dong , bagaimana penjelasannya…

  3. #has,
    Sebenarnya kalo make sendiri no problem, cuma kadang ada klausul yang membatasi penggunaan di EULA. Makanya di warnet tuh lebih enak kalo menggunakan aplikasi GPL, lebih bebas.

    #kunderemp
    Wah saya gak tau deh kalo aplikasi lainnya 🙂 taunya Nero (windows) atau K3B (linux) makanya senang juga liat ada InfraRecorder ini.

Leave a Reply