Versi Indonesia dari Nigerian Scam

Nigerian Scam adalah bentuk penipuan yang menawarkan sejumlah uang yang “tertahan” dan sang pemilik tidak bisa mengambil uang tersebut karena sesuatu dan lain hal.  Disinilah penipuan itu berlangsung, biasanya untuk mengeluarkan uang yang tertahan tersebut kita akan ditawari untuk membantu dengan balasan sekian persen dari uang tersebut.   Tidak ada bedanya dengan penipuan undian berhadiah yang marak lewat sms.  Untuk mengambil hadiah, diperlukan uang muka sejumlah tertentu.

Jika dulunya Nigerian Scam ini cuma dalam bentuk bahasa Inggris, sekarang sudah beredar juga dalam bahasa Indonesia.   Jangan menganggap enteng model penipuan Nigerian Scam ini, karena tetap maraknya email email seperti ini beredar menunjukkan tetap ada yang termakan oleh tipuan ini.  Logikanya, jika tidak ada lagi yang tertipu tentu model penipuan ini sudah menjadi sejarah.

Berikut salah satu bentuk Nigerian Scam yang saya terima:

dari Citra <cita_ria@windowslive.com>
balas ke citraria@windowslive.com
ke
tanggal 19 Januari 2010 09:27
subjek Halo

saya Miss Citra Ria, saya bekerja dengan Standard Oil Company London Inggris. Saya telah bekerja dengan perusahaan ini selama 3 tahun sekarang dan saya bekerja sebagai sekretaris direktur keuangan dari cabang tempat saya bekerja di sini di London. Sebenarnya saya dari Indonesia dan juga warga negara Britania Raya.saya datang kesini di London lima tahun yang lalu untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga sampai saya bertemu dengan orang yang jatuh cinta kepada saya. Pria ini memberi saya pekerjaan di perusahaan minyak ini di mana ia bekerja dan saya bekerja di bawahnya sebagai sekretaris.

dari seluruh seluruh cerita pendek ini, ia berjanji untuk menikahi saya, tetapi sayangnya dia meninggal tahun lalu tapi sebelum itu dia menyimpan dana di perusahaan keamanan di London, ia deposit uang ini menggunakan nama saya, dan kami berencana untuk menggunakan dana ini untuk membangun sesuatu setelah pernikahan, tetapi sekarang dia meninggal.

Saya ingin memindahkan uang ini ke negara saya Indonesia untuk investasi, tetapi saya membutuhkan orang yang dapat dipercaya karena ini adalah semua yang saya miliki dan saya tidak ingin di situasi seperti ini saya akan kehilangan semuanya. Dana ini disimpan menggunakan nama saya, tetapi sulit bagi saya untuk memindahkan dana ini sendiri dari London ke Indonesia negara saya karena saya masih bekerja di perusahaan dan
suatu hari jika saya mengundurkan diri di perusahaan, perusahaan akan mengurus saya dan juga menemani saya ke bandara sehingga tidak akan ada kesempatan saya dapat melakukannya sendiri dan itulah sebabnya saya perlu seseorang yang dapat membantu dan mulai investasi dengan uang sebelum kedatangan. Seluruh dokumen dari dana ini akan  saya berikan kepada Anda jadi usaha ini adalah 100% bebas masalah. Saya juga telah mencapai kesepakatan dengan pengacara saya yang akan membantu untuk membuat seluruh hal yang diperlukan dalam perusahaan sampai uang tiba Indonesia.

Jumlah total adalah $ 1, 700, 000, 00 satu juta tujuh ratus ribu usd

Saya penah mempertimbangkan untuk menginvestasikan uang di sini di London tapi kalau seperti itu terjadi, saya akan besaing dengan perusahaan saya dan juga ini adalah negara asing dan saya benci orang asing Saya seorang warga negara tetapi titik utama adalah bahwa tidak ada kebebasan dalam negeri orang dan jika saya berpikir tentang menginvestasikan uang di sini di London, saya mungkin kehilangan semua satu hari nanti.

saya butuh orang yang dapat dipercaya yang dapat menangani uang untuk saya dengan berinvestasi itu sebelum kedatangan saya, apakah anda bisa dipercaya? sehingga saya dapat menjelaskan lebih lanjut tentang bisnis ini kepada Anda dan juga mengirimkan kepada saya data lengkap Anda informasi sehingga saya dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap anda sebelum kita melanjutkan. Kirim ke saya nama lengkap Anda, alamat lengkap, dan nomor telepon, fotokopi paspor internasional atau ktp.

Salam,
Citra

10 thoughts on “Versi Indonesia dari Nigerian Scam

  1. Ok nama lengkap saya Denny
    baru tahu saya mata uang Great Britain adalah USD, dan kalo itu hasil konversi kok ya pas 1,7 juta USD

    Hehe dulu (2001-2002) saya seneng banget Mas Irwin … setelah dipikir pikir kok ya too good to be true . Thanks untuk sharing versi Indonesianya

  2. dollar kan mata uang paling familiar dengan semua orang hahahahaha… tapi utk orang yang logik agak susah nigerian scam ini berjalan, pertanyaan pertama adalah: darimana anda mendapatkan alamat email saya?

  3. Wahaha saya juga sering sekali mendapatkan email seperti itu tapi baru tau yang versi indonesia 😀

  4. trims atas infrmsnya mas ? di jaman akhir ini orang mau melakukan penipuan begitu jeli dan tega.

  5. Thanks berat atas info nya Mas Iwin, saya hampir saja kena terpengaruh sama rullyanugeraheni.. 1000 x lagi thanks berat. salam kenal dari Moran Males

  6. Saya juga mendapat email dari Rully Anugraheni D.W. Awalnya saya heran, kenapa uang sebanyak itu dipercayakan kepada seseorang hanya lewat email, saya ikuti sampai email ketiga saya diberi sertifikat legalitas 2 macam (1. dari pengadilan london, 2. dari IMF/UN). Saya perlihatkan ke teman saya, dia Lawyer, pendapatnya sertifikat tsb. betul. Saya juga ingin tahu kelanjutannya, kalau ini penipuan, saya mengucapkan terima kasih atas Infonya Mas Iwin, jadi saya bisa lebih hati-hati.
    Sebelumnya saya juga mendapat email serupa dari Nokia Promotion, tapi tidak saya tanggapi. Sekali lagi terima kasih.

  7. saya juga mau berbagi informasi, soalnya saya udah mengalami tp nggak kwsampaian maksud pihak tersebut soalnya saya udah keburu curiga, saya kenal orang ini lewat jejaring sosial ngakunya dr malaysia tp orang amrik, jd kalo ada yng kenalan lewat jejaring harap ati ati

Leave a Reply