Cessna Bukan Super Decathlon

Membaca – baca berita berita terkait musibah di Bandung Air Show, saya agak tergelitik dengan meratanya kesalahan yang terjadi pada semua media dalam memberitakannya. Kesalahan tersebut adalah menyebut kedua pesawat yang melakukan aerobatik sebagai “Cessna”. Padahal ada dua jenis pesawat dari pabrikan yang berbeda, yang jatuh adalah SuperDecathlon buatan pabrikan American Champion, sementara pesawat yang satunya lagi adalah Cessna 172.

Memang tidak mengherankan, karena Cessna adalah pabrikan pesawat kecil dengan satu mesin yang sangat populer, kira kira sama dengan masyarakat kita yang menyebut “Honda” sebagai sebutan bagi Sepeda Motor sehingga ada Honda Suzuki atau Honda Yamaha πŸ˜€

Yang menarik adalah: mengapa tidak ada satu pun media yang sempat melakukan sedikit studi tentang jenis pesawat sebelum menaikkan berita tersebut? Apakah waktu sudah semakin mendesak sehingga biar salah nggak apalah yang penting beritanya cepat naik? Ataukah karena berita jatuhnya pesawat lebih digaris bawahi dibanding jenis pesawat yang jatuh?

Apapun alasannya, ketidak akuratan berita adalah hal yang mengganggu. Saya sendiri yang orang awam penasaran apa bener ada pesawat Cessna tipe SuperDecathlon? Sebab biasanya yang banyak beredar di negara kita adalah tipe 152, 172, 182, Caravan dan seterusnya. Dibawah ini saya lampirkan foto Cessna 172 (atas) dan SuperDecathlon (bawah) kedua foto adalah milik situs airliners.net. Silahkan perhatikan perbedaan keduanya.

Courtesy of Airliners.net
Courtesy of Airliners.net
Courtesy of Airliners.net
Courtesy of Airliners.net

4 thoughts on “Cessna Bukan Super Decathlon

  1. Ah foto di atas kan juga sama sama hasil Kodak digital. Dan pasti sebelum terbang pilotnya sama sama sikat gigi pakai Odol πŸ˜€

  2. @dedhi, @Gobzip, hihihihihi…
    @Yudhi, beda toh.. sama aja dengan Otter dan Twin Otter πŸ˜€

Leave a Reply