Facebook (akhirnya) full https (jika anda mengaturnya)

Facebook Logo

Sebagian dari kita tentu pernah membaca mengenai pembajakan akun facebook, atau jika belum silahkan baca catatan dari Didin Pataka yang berjudul “Waspadai Pembajakan Akun Facebook Anda“. Catatan tersebut berisi berbagai teknik yang digunakan untuk mengambil akun facebook anda.

Dari beberapa teknik tersebut, ada yang bisa kita hindari dengan menggunakan apa yang kita kenal sebagai mode https. Apa bedanya https dan http? Perbedaannya adalah: pada http, setiap transaksi berlangsung dengan text murni. Sedangkan dengan https, transaksi berlangsung menggunakan enkripsi. “S” pada https artinya “Secure”. Tentunya dengan mode ini maka komunikasi yang berlangsung lebih aman. Satu satunya kelemahan adalah: anda akan merasakan penurunan kecepatan. Ini dikarenakan adanya tambahan proses enkripsi dan de-enkripsi pada komunikasi antara komputer kita dengan server.

Facebook, akhirnya bisa kita gunakan pada mode full https. Sebelumnya mode https penuh hanya bisa jika kita menggunakan extension firefox seperti Boost for Facebook.  Namun untuk menggunakan mode full https ini merupakan pilihan dan kitalah sebagai pengguna yang mengaktifkannya.  Di bawah ini screenshots dari halaman pengaturan facebook untuk mengatur agar kita selalu menggunakan mode full https.

Tentunya, selain mengatur agar menggunakan full https, jangan lupa mengatur agar password yang digunakan bukanlah yang mudah ditebak, bedakan password email dan akun facebook, dan jangan tampilkan untuk umum data data pribadi anda di halaman profil.   Juga jangan lupa selalu log out dan menghapus cache dan cookies saat anda telah selesai menggunakan facebook di warnet.

2 thoughts on “Facebook (akhirnya) full https (jika anda mengaturnya)

  1. sebelum baca ini, udah baca permatanet duluan dan ternyata https permatanet masih bisa phising, semoga tidak terjadi untuk topic halaman ini (worship)

Leave a Reply