Phising / Penipuan PermataNet

Peringatan Phising

Apa itu phising? Penjelasan dari laman id.wikipedia.org adalah sebagai berikut: “adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.”

Intinya, si pelaku phising akan berusaha mengambil informasi yang bisa dimanfaatkan bagi keuntungan si pelaku.  Informasi yang paling dikejar tentunya adalah informasi seperti identitas pengguna (contoh: login ID) dan kata sandi identitas tersebut.

Biasanya phising mentargetkan pengguna internet banking.  Dan kalau sebelumnya hanya menimpa bank di luar Indonesia, maka saat ini pengguna internet banking  dari bank di Indonesia.  Dalam hal ini: Bank Permata.  Untuk jelasnya, silahkan lihat screenshots di bawah ini yang berasal dari sebuah email.

Gambar 1

Kemudian, coba kita bandingkan dengan screenshots dari halaman asli di PermataNet di bawah ini:

Gambar 2

Selain banner di bagian kanan situs, maka jika tidak teliti kita akan mengira gambar yang pertama di atas adalah halaman login yang asli.  Bagi mereka yang menggunakan komputer pribadi / laptop dan mengakses melalui browser, maka kita bisa memperhatikan bar navigasi berisikan alamat dari laman.  Mari kita lihat dan bandingkan alamat dari kedua halaman di atas.

Kita lihat dulu bar navigasi dari halaman yang asli:

Gambar 3

Kemudian mari kita perhatikan  bar navigasi dari halaman phising:

Gambar 4

Jika kita teliti, maka terlihatlah perbedaan yang cukup besar.  Pada halaman asli tertulis jelas alamat “permatanet.com” dan menggunakan mode “https”.  Sedang di halaman phising, domainnya tidak berhubungan sama sekali dengan permatanet.  Tentunya kita bisa menyadari hal tersebut jika kita menyempatkan untuk memperhatikan bar alamat situs.

Tapi bagaimana jika seandainya kita tidak bisa langsung melihat alamat yang sedang kita akses seperti halnya pada gambar di bawah ini:

Gambar 5

Keterangan: gambar di atas adalah layar browser Opera Mobile di ponsel Nokia E63.

Cuma satu yang perlu kita ingat: selalu waspada, dibalik banyaknya hal hal positif di internet, kita tetap dalam ancaman resiko terhadap hal hal negatif.

5 thoughts on “Phising / Penipuan PermataNet

Leave a Reply