Get Adobe Flash player

Santri Indigo di Kota Jepara

Sabtu, 20 Maret 2011 Saya diundang oleh Republika untuk menjadi narasumber di acara Santri Indigo. Santri Indigo adalah sebuah kegiatan bersifat Corporate Social Responsibility (CSR) dari Republika dan PT Telkom yang menyasar sosialisasi pemanfaatkan internet di kalangan pesantren.

Mengapa pesantren? Tahun lalu, ketika pertama kali di undang untuk acara yang sama di Garut saya mendapat penjelasan bahwa masih banyak pesantren yang “alergi” dengan internet karena citra internet yang buruk dikalangan pesantren.  Di kalangan tertentu malah melarang sama sekali penggunaan internet.   Inilah sebabnya mereka (Republika dan PT Telkom) berkeinginan menepis citra itu.  Kita yang telah lama menggunakan internet tentu bisa merasakan betapa bermanfaatnya internet.  Beberapa dari kita saat ini bahkan tidak bisa membayangkan hidup tanpa internet.

Selama kegiatan Santri Indigo tersebut, para santri di ajarkan bagaimana menggunakan internet, memanfaatkan internet sebagai tempat untuk mencari informasi, bertukar data, berkomunikasi dan tentunya: memberikan informasi.   Membuat blog merupakan menu utama, sebab selain para santri di ajarkan bagaimana membuat blog.  Juga diadakan semacam lomba diantara mereka agar mereka berlomba mengisi blog tersebut dengan konten konten yang menarik dan bermanfaat.

Belajar Nge-Blog

Salah satu nara sumber yang kebetulan datang bareng bersama saya adalah Dimas Prasetyo.  Yang sering menonton acara Kick Andy tentunya pernah melihat Dimas tampil di salah satu episode.  Dimas adalah seorang tunanetra yang aktif di Internet.  Dimas menjadi nara sumber untuk memberikan inspirasi kepada para santri.  Bahkan seorang yang memiliki keterbatasan seperti Dimas saja bisa memanfaatkan internet dengan baik.  Tentunya, kita yang tidak memiliki keterbatasan seperti Dimas lebih bisa lagi.

Saya sendiri, diminta untuk menunjukkan kepada para santri resiko dan ancaman dari keterhubungan kita dengan internet dan bagaimana menghadapinya.  Ya, resiko berinternet bukanlah hal yang bisa dihilangkan 100%, tapi yang kita usahakan adalah berusaha meminimalkan dan sisanya tetap waspada :-) .  Bagi saya, dunia internet sama saja dengan dunia nyata.  Tidak ada bedanya, ada orang baik ada orang jahat.  Bagaimana kita menghadapi dunia nyata, begitu jugalah kita menghadapi internet.

Setelah mengisi acara, saya masih sempat berkeliling kota Jepara dengan berjalan kaki, dan menyempatkan mengambil foto foto dari berbagai sudut kota.  Silahkan melihat hasilnya di galeri di bawah ini.

[nggallery id=10]


5 Responses to Santri Indigo di Kota Jepara

Leave a Reply

Kalender
March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Arsip
Nawala Status
Pariwara
pariwara II

Kategori

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Billing Warnet & Wifi
Wifi Management System - Cara mudah untuk mengatur jaringan wifi/hotspot anda tanpa perlu memiliki server khusus Billing
Billing Warnet Online - Kesulitan mengatur dan mengawasi grup warnet anda? Gemilang iCafe Billing adalah solusinya.
My del.icio.us