Akun Yahoo anda telah berumur 13 tahun

Dear Irwin Day, Thank you for being a Yahoo! Mail user for the past 13 year(s). We look forward to bringing you an even faster, safer, easier-to-use Yahoo! Mail very soon.

Kalimat di atas adalah potongan email dari Yahoo!, dan rupanya saya telah menggunakan akun Yahoo! selama 13 tahun!  Tidak terasa waktu berjalan.  13 Tahun yang lalu saya membuat akun email tersebut di Januari 13 tahun 1999.

13 tahun yang lalu, Yahoo! adalah ikon internet yang menakjubkan.  Yahoo! bukanlah mesin pencari yang pertama tapi merupakan mesin pencari yang popular.  Layanan Yahoo! akhirnya meningkat ke layanan email, mailing list (dengan mengakuisisi e-groups) dan akhirnya membuat layanan chat yang terkenal: Yahoo! Messenger.

Di awal, layanan email Yahoo! terbagi dua kelas: gratis dan berbayar.  Seingat saya bedanya ada pada kapasitas penyimpanan email yang disediakan.  Setelah bertahun tahun menguasai ranah email gratis dan mengalahkan popularitas HotMail, Yahoo! mail akhirnya mendapatkan pesaing yang berat: Google Mail.  Dengan mengandalkan kapasitas hingga bergiga bytes, Google menghantam Yahoo tepat pada titik yang cukup mematikan kapasitas penyimpanan.  Yahoo sempat limbung dan mengalami krisis.  Namun Yahoo! rupanya cukup bertahan.  Dengan berbagai langkah dan pembaharuan layanan, popularitas Yahoo saat ini cukup baik.  Berada di urutan ke-4 di bawah Google, Facebook dan Youtube pada ranking Alexa.


 

Di tahun 1998, ketika mulai menggunakan layanan Yahoo! Mail, saya tidak bisa membayangkan bahwa akhirnya layanan ini memiliki ruang penyimpanan tanpa batas seperti sekarang.  Persaingan rupanya membuka banyak hal yang tidak terpikirkan.   Saat ini akun email Yahoo! saya tidak digunakan sebagai email utama.  Ini dikarenakan beberapa tahun terakhir saya lebih merasa nyaman menggunakan layanan Gmail.   Tapi, melihat perkembangan dan fasilitas yang diberikan oleh Yahoo! sepertinya saya akan tetap menggunakan layanan Yahoo! Mail.


5 thoughts on “Akun Yahoo anda telah berumur 13 tahun

  1. wahaha, lebih tua 2 taun dari akun-ku 🙂 aku ternyata taun 99, sebelumnya pake akun hotmail :))

  2. betul, orang jaman dulu pilihannnya ga banyak.
    saya juga sebelumnya udah punya hotmail 🙂

  3. @budiwijaya, kalo gak diingetin sama Yahoo! aku juga gak inget tuh kapan bikinnya 🙂

Leave a Reply