Inilah (Salah Satu) Cara Anda Kehilangan Akun Facebook

The Facebook.com

Ada beberapa cara mencuri akun facebook seseorang, dari cara yang terhitung canggih hingga cara yang sederhana.  Tulisan ini hanya menjelaskan salah satu cara sederhana yang justru sangat efektif.  Terhitung efektif karena sampai sekarang anda tetap melihat akun facebook yang dicuri berjualan di dinding anda dan bisa dipastikan jualannya adalah tipu menipu.

Urutan pengambilan akun facebook anda biasanya dimulai dengan tampilnya status berikut di dinding anda:

Status Phising - Klik untuk tampilan penuh

Status yang sangat provokatif? Ya memang perlu sesuatu yang “bombastis” untuk memancing anda meng-klik tautan pada sebuah status.  Mungkin anda berpikir: siapa juga yang tertarik meng-klik tautan tersebut?  Kenyataannya: banyak yang terpancing untuk meng-klik tautan tersebut, yang jika di-klik akan menampilkan halaman berikut:

 

Tampilan Halaman Phising - Klik untuk tampilan penuh

Disinilah kesederhanaan teknik phising tersebut: memancing rasa penasaran anda sehingga anda kehilangan kehati-hatian dan ditunjang oleh tampilan yang mirip, maka anda dengan “suka rela” memberikan akun facebook anda dengan mengisi kolom “email” dan “password”.

Saya akan memberikan contoh dari teknik yang sama dengan tampilan sedikit berbeda, silahkan liat status dibawah

Contoh Status Phising lainnya

Sangat-sangat provokatif bukan? Tidak heran jika banyak yang  terpancing dan akhirnya tertipu.  Mari kita lihat tampilan berikutnya setelah tautan yang tampil di atas di klik:

Halaman Login Palsu - Klik untuk tampilan penuh

Tampilan juga sama dengan tampilan halaman login Facebook, tapi tunggu dulu coba perhatikan pada baris alamat. Pada baris alamat, URL yang ditampilkan tidak ada hubungannya dengan Facebook.  Seharusnya dari sini anda semua sudah sadar bahwa ini adalah sebuah usaha phising.  Tapi sepertinya banyak dari kita yang sudah kehilangan kewaspadaan jika di iming-imingi kalimat “video mesum”.

Inilah langkah kedua dari urutan pencurian akun facebook anda.  Mungkin anda bertanya-tanya, buat apa mereka mencuri akun facebook anda?  Jawabannya adalah: teman dan teman dari teman anda akan menjadi target dari penipuan mereka.  Tentunya anda sering melihat hal seperti di bawah ini di dinding facebook anda:

 

Teman anda di Tag seorang penipu - klik untuk tampilan penuh

Inilah langkah berikutnya dari sebuah proses tipu menipu melalui Facebook.   Dari akun yang dicuri tadi, si phisser/penipu mengubah isi profil (umumnya menjadi nama toko cellular dari Batam atau Riau) dan menambahkan foto-foto berbagai perangkat elektronik dengan diskon bombastis.  Jika salah seorang teman anda juga kehilangan kewaspadaannya terhadap sebuah tawaran ponsel seharga Rp 2juta dari harga normal Rp 4,9 juta maka tujuan sang penipu pun tercapai.

Jangan anggap remeh para penipu-penipu ini. Dari pengamatan saya, mereka sekarang tidak cuma memanfaatkan facebook, tapi juga membuat situs-situs toko online dengan jumlah yang sangat banyak.   Sekali lagi, jangan mudah terperdaya, sebab membuat situs saat ini sangat mudah (dan murah).  Situs berdomain .co.cc bisa didapat dengan gratis, domain .com pun bisa didapatkan dengan nilai Rp 70.000.   Jika setiap hari ada saja orang yang tertipu mengirim Uang Muka Rp 1 juta rupiah untuk sebuah ponsel yang tidak pernah datang, maka modal  puluhan ribut tersebut tidak ada apa-apanya.

Promosi:  facebooker, silahkan bergabung di group BERSIHKAN FACEBOOK DARI PENIPUAN JUAL-BELI ON-LINE untuk saling bertukar informasi tentang penipuan-penipuan online baik yang ada di facebook maupun dimedia internet lainnya.

6 thoughts on “Inilah (Salah Satu) Cara Anda Kehilangan Akun Facebook

  1. Bagus banget win! very informative, better be careful next time. Thanks ya!

  2. Cara lain bisa dengan malware dan scanning jaringan, tapi ini dibahas lain kali aja *kalo sempet*

  3. izin share yaa.. krn banyak teman termasuk saya sendiri mengalaminya, ternyata seperti itu modusnya.

Leave a Reply