Semangat Kebersamaan dan Pemersatu melalui FORNAS

Anda penggemar olah raga atau sering mengikuti acara-acara olah raga? Jika ya, tentunya sudah akrab dengan berbagai jenis olah raga baik yang dilakukan demi kesenangan/hobi, maupun untuk dipertandingkan.  Pertanyaan berikutnya adalah: jenis olah raga apa yang terlintas di benak anda terkait dengan pertandingan olah raga?  Umumnya akan menjawab: Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Voli, Bola Basket dan sekian banyak cabang olah raga yang populer lainnya.

[kml_flashembed publishmethod=”static” fversion=”8.0.0″ movie=”http://irwinday.web.id/wp-content/uploads/2011/09/fornas-web-banner.swf” width=”280″ height=”120″ targetclass=”flashmovie”]
Get Adobe Flash player

[/kml_flashembed]

Tidak salah, karena cabang-cabang tersebut adalah cabang olah raga yang sangat populer.  Namun, pernahkan anda mendengar cabang olah raga ini: Enggrang, Terompah Panjang, Dagongan, Gebug Bantal?

Jangan heran jika sebagian dari kita belum pernah mendengar cabang olah raga ini.  Karena cabang olah raga tersebut  termasuk dalam cabang olah raga tradisional dari negara kita 🙂 dan untuk mempopulerkannya nanti akan diperlombakan pada rangkaian  acara Festival Olah Raga dan Rekreasi Nasional (FORNAS) pada tanggal 3-9 Oktober 2011 bertempat di parkir Timur kawasan Gelora Bung Karno.

Beberapa cabang Olah Raga dan Rekreasi yang dipertandingkan adalah:

Permainan Engrang
  • Enggrang, adalah cabang olah raga dimana para pemain menggunakan semacam tongkat dimana pemain enggrang berdiri diatas tongkat tersebut dan berlomba siapa yang tercepat mencapai finish.  Ketinggian tongkat 2,5 meter dan peserta berpijak pada pijakan setinggi 50 cm pada tongkat tersebut.  Tipe lombanya adalah beregu, baik putra maupun putri dan sistemnya adalah estafet alias bergantian.  Intinya ini adalah permainan lomba cepat beregu estafet menggunakan tongkat panjang.  Jarak tempuh dalam perlombaan Enggrang adalah 50 meter untuk setiap orang, sehingga sebuah regu yang terdiri atas 5 orang akan berlomba sepanjang 5×50 meter secara estafe.

 

  • Dagongan, adalah lomba yang mirip dengan lomba tarik tambang.  Bedanya, dagongan tidak menggunakan tambang tapi sebuah batang bambu, dan bukan saling menarik tapi mendorong.  Lomba ini adalah lomba tradisional yang berasal dari Jawa.  Dagongan adalah lomba yang unik dan membutuhkan fisik yang cukup.  Setiap regu terdiri atas 5 orang baik regu putra maupun putri.  Pada permainan ini, ada batasan berat yaitu 80kg untuk pemain putra dan 70kg untuk pemain putri.

 

Terompah Panjang
  • Terompah Panjang;  Permainan ini sudah sering dimainkan diberbagai acara, terutama pada perayaan Hari Kemerdekaan ( 17 Agustus ).  Sebuah jenis permainan yang membutuhkan kerjasama tim yang padu, dan walau terlihat sederhana, namun ternyata terompah panjang memerlukan koordinasi yang rapih agar sebuah regu dapat menjadi yang tercepat memasuki finish setelah menempuh jarak 50 meter.  Setiap regu yang terdiri atas 5 orang akan bertanding diatas terompah sepanjang 2,35 meter, lebar 10cm dan tebal 2 cm.

 

Jika kita perhatikan, semua cabang olah raga dan rekreasi di atas adalah permainan beregu.  Permainan beregu tentunya membutuhkan koordinasi, saling pengertian dan latihan yang baik agar sebuah regu bisa menjadi sebuah regu yang kompak dan memenangkan pertandingan.   Sebuah regu yang baik tentunya akan memiliki semangat kebersamaan dan bersatu dalam menuju sebuah tujuan.

Dengan kata lain, cabang olah raga dan rekreasi yang dipertandingkan pada Festival Olah Raga dan Rekreasi Nasional (FORNAS) akan berakibat positif bagi semangat kebersamaan dan kesatuan kita sebagai bangsa.

Selain cabang Olah Raga tradisional di atas, FORNAS juga akan menggelar berbagai lomba olah raga moderen seperti BMX FreeStyle & Extreme, Inline Skating, Skateboard, 3 on 3 Basketball, StreetSoccer, Cheerleader dan berbagai olah raga moderen lainnya yang tentunya menarik untuk disaksikan maupun diikuti.  Jika tertarik untuk mengikuti atau menyaksikan FORNAS, jadwal acaranya dapat dilihat di website FORNAS, atau klik banner di bawah ini untuk menuju ke halaman Facebook Fornas 2011 atau follow twitter FORNAS untuk mendapatkan info-info terbaru tentang FORNAS

[kml_flashembed publishmethod=”static” fversion=”8.0.0″ movie=”http://irwinday.web.id/wp-content/uploads/2011/09/fornas-web-banner.swf” width=”280″ height=”120″ targetclass=”flashmovie”]
Get Adobe Flash player

[/kml_flashembed]

2 thoughts on “Semangat Kebersamaan dan Pemersatu melalui FORNAS

Leave a Reply