Get Adobe Flash player

[Fotografi] Mengenal P A S M Mode

P A S M

Mode Dial

Perhatikan bagian mode dial pada kamera anda, maka anda akan menemukan rangkaian huruf berikut [P A S M], selain [AUTO]. P A S M sendiri berarti:

  • P : Programmed
  • A : Apperture Priority
  • S : Shutter Priority
  • M : Manual

P ( Programmed); jika menggunakan mode ini, maka kamera akan berlaku seperti saat kita memilih mode AUTO. Bedanya: pada Mode P, kita bisa mengubah rentang exposure yang dipilih oleh kamera. Misalnya: kamera memilih F/4, 1/100, maka kita bisa saja menggeser ke F/5.6, 1/50 (perubahan nilai diafragma dan kecepatan rana berlangsung otomatis). Kita juga bisa melakukan perubahan pada setting ISO kamera (pada mode AUTO, ini tidak dimungkinkan).

Mode ini biasanya kita gunakan jika foto yang kita ambil tidak memerlukan setting khusus seperti foto dokumenter.

A (Apperture Priority); Pada Mode A, maka yang kita atur pada kamera adalah bukaan Diafragma (F/3.5, F/4, F/5.6 dst) dan kamera akan menentukan kecepatan rana (shutter speed) berdasarkan pengukuran cahaya yang ideal. Seperti pada mode P, kita juga bisa mengubah nilai ISO.

Mode A, umumnya digunakan untuk foto portraiture dan landscape.

S (Shutter Priority); Pada Mode S, maka yang kita atur pada kamera adalah kecepatan rana (shutter speed). Kamera akan mengatur otomatis bukaan diafragma yang sesuai dengan pengukuran cahaya yang ideal. Selain kecepatan rana, pada mode ini kita juga bisa mengatur nilai ISO.

Mode S, umumnya digunakan untuk foto berkategori sport dan panning.

M (Manual); Dengan Mode ini, baik kecepatan rana maupun bukaan diafragma diatur secara manual, fotografer harus memperhatikan petunjuk pada pengukur cahaya untuk mendapatkan nilai yang ideal. Mode ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan efek-efek tertentu namun kurang cocok digunakan untuk beberapa kategori fotografi seperti fotografi sport.

Mode manakah yang paling sering anda gunakan sangat tergantung pada jenis fotografi yang anda lakukan.

4 Responses to [Fotografi] Mengenal P A S M Mode

Leave a Reply

Pariwara III
The web service endpoint returned a "HTTP/1.1 403 Forbidden" response