Pimp Up My Finepix S700

Finepix S700 (dikenal juga dengan S5700) adalah kamera digital kelas kompak super zoom yang diawal kemunculannya di tahun 2007 cukup menarik perhatian karena berharga murah dan jangkauan zoom 10x atau setara dengan 38-380mm pada kamera 35mm.   Kontrol pada kamera 7.1 Mega Pixel ini mencakup AUTO, Programmed Scene, hingga Manual Penuh, selain itu dilengkapi dengan electronik view finder.   Lebih lengkapnya tentang spek dan reviewnya bisa dibaca di sini.

Saya waktu itu membeli kamera ini dengan harga Rp 1,7 juta dari stand Fujifilm saat sedang pameran.    Inilah kamera digital Fuji yang pertama saya miliki, setelah semasa SD sempat memegang Fujica M1.  Perbandingan harga dan unjuk kerja S700 cukup memuaskan.  Jangan dibandingkan dengan kualitas SLR yg berharga minimal 3x lipat tentunya 🙂 .

Karena kamera ini berjenis kompak/prosumer, maka tidak heran jika asesoris sangat terbatas.  Asesoris resmi hanyalah power supply (dan bisa dipastikan tidak ada yang  jual di Indonesia).   Dan ukuran lingkar lensa 46mm menyulitkan untuk mencari ukuran filter yang sesuai.

Tadinya saya tidak terlalu memusingkan hal tersebut.  Sampai saya membeli Raynox DCR-250 dan ingin memasangnya di S700.  Raynox DCR-250 memiliki lingkar lensa 49mm, dan walaupun dibekali sebuah universal adapter, namun ukuran minimal lingkar lensa yang bisa dipasangkan adalah 52mm.

Lingkar Lensa S700 46mm, Adapter Universal Raynox berukuran minimal 52mm

Penyelesaiannya masalah ini adalah dengan menggunakan Step Up Ring berukuran 46-58 ( dari ukuran 46mm ke ukuran 58mm).  Step Up Ring ini cukup murah, hanya sekitar Rp 50.000,- dan banyak dijual di toko asesoris kamera.  Bentuknya seperti gambar di bawah ini:

Step Up Ring Adapter, 46mm-58mm

Mengapa saya memilih ukuran lingkar 58mm? Karena kebetulan saya sudah memiliki beberapa asesoris baik Raynox DCR-250, filter CPL dan Lens Hood yang berukuran 58mm.   Setelah terpasang  step up ring adapter, barulah saya bisa memasang Raynox DCR-250 di depan lensa S700 dan tampilannya seperti foto di bawah:

Tampilan S700 setelah terpasang Raynox DCR-250

Keren juga nih jadinya 🙂 tapi bagaimana dengan hasil fotonya? dibawah ini saya tampilkan contoh hasil foto menggunakan menggunakan mode Macro dari jarak +- 1-2cm (Sebelah kiri), dan menggunakan Raynox pada jarak 4-5cm (sebelah kanan). Terlihat pada foto sebelah kanan pembesaran yang terjadi sangat terlihat.  Yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan Raynox DCR-250, sebaiknya gunakan mode fokus manual dan cara termudah mendapatkan fokus adalah dengan memaju mundurkan kamera ;-).

Perhatikan perbedaan antara foto macro dengan dan tanpa Raynox

Bukan cuma Raynox DCR-250 saja yang akhirnya dapat dipasangkan pada Finepix S700 yang sudah lawas ini, tapi juga filter CPL dan Lens Hood.  Namun saya belum sempat mencoba hasilnya bagaimana, sementara ini perhatikan saja dulu tampilan baru FujiFilm Finepix S700 dengan tambahan filter CPL dan Lens Hood.

S700 dengan filter CPL dan Lens Hood

11 thoughts on “Pimp Up My Finepix S700

  1. mas mau nanya itu gambar terahir urutannya gimana yah,
    lens hood dipasang ke filter cpl, terus filter cpl di pasang ke step up ring, nah step up ring nya di pasang di mananya yah mas?
    mungkin bisa dikasih gambar step up ring dipasan di bagian yg mana..
    trims sebelumnya..

  2. Step Up ring dipasang paling awal, karena ukuran ring lensa aslinya 46mm (cpl dan hood ringnya 58mm),baru masang filter cpl dan berikutnya lens hood.

  3. zoomnya gak jadi masalah, karena gerakan zoomnya internal alias mengarah kebelakang, bukan ke depan.

  4. jadi kalo zoomnya mengarah ke depan, gak bisa di bikin kayak gitu yah mas?

  5. wah itu sih tergantung model lensanya, mustinya gak masalah zoom-nya kemana selama ada ulir untuk masang ring-nya

  6. nah itu dia,
    kamera saya s2950 gak ada ulir nya, berarti gak bisa di pakein step up ring, filter dan lens hood dong..

  7. mas saya nyari step up ring susah sekali,,bnyak yg gak jual,,kamera saya s700 juga,,dan itu gimana mas kok step up ringnya bisa nyatu gitu padahal kan s700 ga ada ulir luarnya

  8. mas saya susah sekali mendapatkan step up ringnya..jarang ada yg jual..kira2 dimana yahh tempat yg lengkap..

  9. saya belinya nyari2 di kaskus tuh, cari aja yang jualan step-up/down, biasanya gak ditulis soalnya jarang yg minta, tapi kalo ditanyakan ada barangnya.

Leave a Reply