Get Adobe Flash player

Pengalaman (Menemani) Mengurus Passpor

Passpor Indonesia (http://www.imigrasi.go.id

Tahun 2007 ketika saya mengurus passpor di Kantor Imigrasi Warung Buncit, gedung kantor Imigrasi tersebut masih gedung lama, waktu itu saya mengurus passpor sendiri. Seingat saya waktu itu saya memang agak bingung karena begitu masuk gedung Imigrasi tidak ada petunjuk yang jelas. Alhasil saya bertanya kiri kanan sebelum akhirnya mengerti bagaimana alur mengurus passpor.

Sebenarnya mengurus sendiri tidak sulit namun mengurus dokumen seperti passpor anda harus menyiapkan waktu beberapa hari, tidak heran mereka yang bekerja kantoran lebih memilih menggunakan agen untuk mengurus passpor. Saya ingat waktu itu menunggu diantrian hampir seharian dan tidak jelas saya urutan antri keberapa karena tidak ada sistem antrian.

Akhir Desember 2011, saya menemani istri mengurus passpor di kantor yang sama. Suasana sudah berubah. Gedung Imigrasi Warung Buncit rupanya sudah gedung baru. Dan urutan mengurus passpor sudah sangat jelas dan ada sistem antrian. Sebuah peningkatan layanan yang sangat berarti. Saya juga melihat ada loket layanan untuk yang mendaftar via internet.

Diluar peningkatan layanan tersebut, para pengurus passpor tetap harus menyiapkan waktunya selama beberapa hari penuh. Urutannya sebagai berikut:

  • Hari 1: Memasukkan persyaratan, setelah selesai diperiksa diberikan formulir untuk membayar biaya di hari berikutnya.  Proses menunggu pemeriksaan dan pemberian formulir pembayaran ini sehari penuh, dimasukkan jam 10 pagi, dipanggil jam 4 sore.
  • Hari 2: Membayar di loket yg ditentukan kemudian menunggu panggilan untuk berfoto.  Ini juga prosesnya seharian penuh.  Datang  dan mengambil nomer antrian jam 9 pagi, dipanggil membayar jam 2 siang dan akhirnya dipanggil ke ruang foto jam 4 sore.

Setelah dua proses di atas selesai, maka passpor bisa diambil setelah 4 hari kerja. Total biaya pengurusan adalah Rp250.000 (formulir passpor) + Rp5000 (formulir pendaftaran).

Kesimpulannya, walau sudah ada peningkatan layanan yang sangat berarti, namun tetap bagi mereka yang bekerja kantoran tetap sulit mengurus sendiri passpornya sebab paling tidak perlu ijin 3 hari penuh.   Saya sama sekali tidak tahu apakah memang perlu selama itu atau ada bagian yang bisa disempurkan dari metoda pengurusan passpor, sebab saya menyangsikan semua orang yang perlu mengurus passpor mau mengurus sendiri jika prosesnya masih seperti sekarang.

Yang terpikir adalah, seandainya kami yang mengurus passpor diberikan saja jadwal kapan pemeriksaan dokumen selesai, pembayaran biaya bisa via bank dan setelah itu diberikan jadwal kapan bisa difoto+wawancara, maka tentunya mengurus passpor bisa menjadi sesuatu yang dijadwalkan.   Apalagi saat ini pendaftaran sudah bisa lewat internet, kenapa tidak sekalian semuanya bisa lewat internet/online dari pengumpulan dokumen, pembayaran dan akhirnya si pengurus passpor diberikan jadwal (hari dan jam) untuk foto dan wawancara.

 

7 Responses to Pengalaman (Menemani) Mengurus Passpor

  • indobrad says:

    saran2 yg masuk akal utk hari gini ya. tapi mengerjakan semua itu butuh transisi birokrasi juga; suatu proses lama dan mahal. ah, andai saja si daeng dengan semboyan “Lebih Cepat Lebih Baik” itu jadi presideng…

  • irwin says:

    soal mahalnya sebenarnya sudah tidak, nanya sana sini kalo pake agen Rp 600rb, tapi kalo urus sendiri Rp 255rb, gak sampai setengahnya. Selain itu sudah tidak diganggu calo dan alurnya sudah sangat jelas. Tinggal bagaimana supaya waktu yg mengurus tdk terbuang-buang menunggu hanya untuk membayar dan jadwal foto seharusnya bisa diatur (via perangkat lunak juga bisa) agar orientasi pelayanan ke masyarakat meningkat. Tapi saya tetap menganggap sudah ada perbaikan nyata, karena 5 tahun lalu seperti masuk labirin :-)

  • cari yang sepi mas, depok atau bekasi
    dan datang jam 7 pagi jadi antri paling depan
    saya di kantor imgrasi jaktim datang jam 7 antri sampe dibuka jam 8, kelar jam 9

  • Setiap KANIN, beda2 cara handlingnya
    Di Bandung, ketika bayar & foto, untuk bayar di panggil per-blok no. antrian, ex dari 10 – 30.
    Trus klo daftar online, ada beberapa KANIN, pas penyerahan dokumen bisa langsung bayar dan foto. tapi ada juga yang tetap harus datang beberapa hari kemudian (3 hari) klo daftar offline, 4 hari

    fyi, ini pengalaman Saya ketika bikin pasport di Bandung
    http://www.cluster.web.id/?p=411

  • joe says:

    Pengalaman saya pribadi. Bulan des 2011 saya urus passport secara online di kanim imigrasi jaksel (warung buncit). Verifikasi dokumen, bayar dan foto bisa dilakukan dalam satu hari. Datang jam 7 tidak sampai makan siang semua proses sudah selesai dan tanpa uang pelicin sama sekali :D

  • bisot says:

    gak punya passport ijo hehehehe

  • aprilyanti supriyadi says:

    banyak sekali perubahan dan kemajuan pengurusan paspor .pelayanan nya pun jauh lebih baik. seperti di kantor imigrasi Klas I Tangerang.tingkat kenyamanan dan kondisi kantornya pun jauh lebih baik. suasana kantor yang nyaman, bersih, dan tertib serta petugas pelayanan yang ramah dan cekatan sungguh membuat saya terkesan. kemudian saya sangat terkesan dengan perubahan sistem pelayanan paspor yang dibuat oleh Enang Supriyadi Syamsi,SH selaku kepala kantor di Kantor Imigrasi Klas I tangerang. beliau telah merubah sistem pelayanan paspor , sehingga para pemohon dipermudah dalam membuat paspor. dan pelayanan nya pun cepat serta tidak berbelit belit. kemudian saya dapati tidak ada lagi calo di kantor ini. karena para pemohon sudah menggunakan sistem antrian untuk mendapatkan pelayanan. sehingga pelayanan menjadi lebih cepat,praktis dan mudah. tarifnya pun sesuai dengan ketentuan yang berlaku. tidak ada yang namanya uang pelicin. karena pelayanan nya sudah sangat memuaskan !

Leave a Reply

Pariwara III
Kalender
January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Arsip
Nawala Status
Pariwara
pariwara II

Kategori

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Billing Warnet & Wifi
Wifi Management System - Cara mudah untuk mengatur jaringan wifi/hotspot anda tanpa perlu memiliki server khusus Billing
Billing Warnet Online - Kesulitan mengatur dan mengawasi grup warnet anda? Gemilang iCafe Billing adalah solusinya.
My del.icio.us