Kunjungan Perdana Airbus A400M ke Indonesia

notes: tulisan merupakan press release dari Airbus Military

Pesawat Airbus Military A400M, generasi terbaru pesawat angkut untuk abad ke-21, telah tiba di Indonesia pada hari ini (18/4) untuk kunjungan sehari. Pesawat “Grizzly 4”, salah satu dari lima pengembangan pesawat ini, tiba di landasan udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, pada pukul 10 pagi ini.


A400M First Landing @Halim Perdanakusuma AFB
A400M First Landing @Halim Perdanakusuma AFB

Kunjungan ini merupakan bagian dari Tur Asia Pasifik yang sedang diakukan oleh A400M, dengan mengunjungi Kuala Lumpur, Jakarta, Chiang Mai dan Bangkok, sebelum kembali ke Eropa.

A400M Grizzly
A400M Grizzly

Dari Lanud Halim Perdanakusumah, A400M melakukan satu penerbangan lokal dengan tamu dari Pemerintah dan TNI Angkatan Udara dan dipamerkan untuk tamu-tamu lainnya yang mengunjungi pesawat ini.

A400M merupakan pesawat angkut militer baru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata di seluruh dunia pada abad ke-21. Berkat teknologi yang paling maju pesawat ini mampu terbang lebih tinggi, cepat dan jauh, dengan menjaga kemampuan manuver yang tinggi, kecepatan rendah, mampu mendarat di landasan yang pendek, lunak dan kasar. A400M mengkombinasikan misi taktis dan strategis/logistik, dan juga digunakan sebagai pesawat tanker. Dengan kemampuan untuk memuat kargo berukuran besar yang dibutuhkan untuk misi-misi militer dan bantuan kemanusiaan. A400M dapat mengantarkan kargo dengan cepat dan di lokasi yang memerlukan.

Diciptakan sebagai pesawat angkut yang terpercaya dan handal serta kemampuan bertahan, A400M yang multifungsi dapat melakukan fungsi tiga pesawat berbeda dalam satu pesawat. Ini berarti lebih sedikit armada yang diperlukan dan lebih sedikit investasi yang operator perlu keluarkan. Dengan kemampuan untuk melakukan lebih banyak peran, A400M adalah pesawat angkut yang berbiaya paling efisien dan serbaguna yang pernah dibuat dan unik di kelasnya.

Amazing View of the A400M Grizzly
Amazing View of the A400M Grizzly

Tentang Airbus Military

Airbus Military adalah satu-satunya produsen pesawat militer dan sipil yang membuat, mengembangkan dan menjual ragkain pesawat yang komprehensif, berkapasiatas muatan 3 hingga 45 ton. Sebagai anak perusahaan Airbus, Airbus Military bertanggung jawab atas program A400M, pesawat tanker dan transport militer (military tanker transport) atau MRTT A330 dan peswat militer lainnya yang merupakan turunan dari pesawat sipil Airbus. Bersama dengan segmen pesawat “ringan dan menengah” C295, CN235 dan C212, Airbus Military adalah pemimpin global di pasar transportasi militer, tanker, dan pesawat pengawas yang mampu menjalankan beragam misi. Secara total, Airbus Military telah menjual lebih dari 100 pesawat kepada sekitar 130 pelanggan militer, sipil, dan pemerintahan. Dari jumlah ini, lebih dari 800 pesawat telah dikirimkan. Airbus adalah bagian dari perusahaan EADS.

Untuk informasi lebih lanjut silakan ke www.airbusmilitary.com

another view of A400M Grizzly
another view of A400M Grizzly

Leave a Reply