Ulang Tahun Pertama BliBli dan Launching Samsung Series 5 Notebook

Indonesia, dengan pengguna internet ada di angka 50-an juta menyimpan potensi luar biasa bagi e-commerce.  Hingga saat ini, baru 10% dari sejumlah pengguna internet  di atas yang pernah atau sering melakukan transaksi e-commerce.  Nilai transaksi e-commerce Indonesia diperkirakan telah mencapai angka 3 triliun rupiah.  Yang menarik,  setengahnya melakukan transaksinya tidak full online, tapi memesan lewat internet kemudian melakukan pembayaran via ATM.

BliBli.com 1st Anniversary.

Bertempat di Oyster Resto, Plaza Senayan, hari Rabu 1 Agustus 2012 saya dan beberapa blogger (juga media massa) menghadiri  acara ulang tahun pertama BliBli.com sebuah situs e-commerce yang banyak menarik perhatian sejak diluncurkan setahun yang lalu.  Blibli memang tidak seperti situs e-commerce yang dalam beberapa tahun ini banyak bermunculan di ranah internet.  Bliblimenawarkan konsep yang menonjolkan kualitas dan kredibilitas agar bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat internet Indonesia.

Sebagian barang yang dijual di blibli.com

Sejak tampil dari setahun yang lalu, situs yang didirikan dengan modal investasi sebesar 10 juta USD ini telah mengalami berbagai perombakan dan perbaikan untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan.  Tampilan situs telah diperbaiki dan mengalami perubahan besar dibanding saat pertama ditampilkan.  Proses transaksi juga telah ditingkatkan layanannya dengan mengurangi proses dari  tadinya memerlukan 5 kali klik, disederhanakan menjadi 3 kali klik.  Hasilnya adalah peningkatan jumlah pengunjung hingga mencapai 30.000 pengunjung setiap harinya, jauh di atas angka 7250 saat pertama diluncurkan.  Ranking situs blibli.com di Alexa pun meningkat dari  821 menjadi posisi 187.

Yang menarik dari blibli.com, karena yang ditonjolkan bukanlah semata jualan ataupun sebuah katalog online semata.  Akan tetapi para pengunjung yang tidak berbelanja pun dapat menerima nilai dari kunjungan di blibli.com.  Konsultasi kesehatan contohnya.  Blibli, menurut Bapak Ivan Hudyana, Head of Marketing Blibli.com bahkan memiliki dokter yang siap sedia menjawab pertanyaan dari pengunjung.

Ivan Hudyana sedang mempresentasikan pencapaian blibli.com

Pengalaman pengunjung pun ditingkatkan dengan membuka channel  Youtube yang memperagakan proses unboxing sebuah product yang ditampilkan di situs blibli.  Hal ini sangat membantu pengunjung yang berbelanja untuk mengetahui seperti apa barang yang dibeli sebab bukan saja proses mengeluarkan dari kardus, tapi hingga proses menyalakan dan menggunakan barang yang dibeli diperagakan.   Sehingga informasi yang diterima pengunjung bukan Cuma sekedar spesifikasi yang ditampilkan dilayar.   Ada juga fasilitas lain seperti tips, artikel, review dan trend berbelanja online.

Produk apa yang terbanyak dibeli oleh pengunjung?  Ternyata produk yang dibeli adalah produk yang memiliki sifat keseragaman seperti gadget, motor, barang elektronik.  Namun selain produk yang selama ini sudah dijual di blibli.com, tidak lama lagi juga akan tersedia produk tiket pertunjukan dan yang berkaitan dengan gaya hidup dan kesehatan.

Produk yang lekat dengan kaum wanita

Dalam perayaan ulang tahun yang pertamanya, blibli.com yang telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai merek ternama seperti Pond’s, Samsung, Telkomsel, dan Indosat diharapkan terus melakukan inovasi, fitur dan layanannya agar semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat Internet Indonesia.

Samsung Series 5 Notebook Launching

 

Samsung Series 5 Ultrathin Notebook

Berkaitan dengan Ulang Tahun pertama Blibli.com, di acara yang sama merek ternama Samsung meluncurkan Samsung Series 5 Notebook.  Series 5 Notebook ini istimewa karena merupakan Notebook ultrathin pertama di Indonesia yang menggunakan processor AMD Dual Core A6 4455M 2.1 GHz.  Para blogger diberi kesempatan untuk mencoba beberapa notebook baru ini langsung pada acara dan memang bentuk notebook ini menarik dengan tebal  17.6mm dan berat  1.52Kg menjadikan Samsung Series 5 ini berada dijajaran Notebook Ultra thin yang ringan dan tipis.

Notebook ultrathin yang datang dengan Windows 7 Home Premium 64bit, HDD 500GB dan Memory DDR3  4GB ini dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeontm HD 7500 yang dipadukan dengan layar Anti Reflective Super Bright HD berukuran 13,3 inch menjanjikan tampilan 40% lebih terang sehingga notebook yang dibungkus badannya oleh metallic alumunium ini akan membuat tingkat kelelahan pada penggunanya berkurang dan tentunya lebih menyenangkan untuk digunakan.

Seorang blogger sedang mencoba kibor chiclet Series 5

Ketika mencoba notebook ini pertama kali saya langsung mencoba bagaimana rasanya menggunakan keyboard bergaya chiclet nan tipis ini.   Ternyata setelah penyesuaian beberapa menit dengan layout keyboard, saya sudah bisa mengetik dengan leluasa dan nyaman.  Memang ada sedikit yang mengganggu: ukuran tombol anak panah atas bawah sangat kecil, sehingga kemungkinan salah tekan bisa terjadi, tapi tentunya ini berkaitan dengan kebiasaan dan ukuran jari penggunanya.

Bagi mereka yang tertarik dengan dengan notebook seharga Rp 6.799.000 ini, sekarang di blibli.com sedang dipromosikan dengan harga Rp 6.599.000.  Dan bukan hanya potongan harga yang didapatkan, tapi  10 pembeli pertama mendapatkan hadiah printer Samsung ML-2165 W ditambah Norton Antivirus dan sebuah hadiah kejutan.  Sementara untuk pembeli ke 11 dan berikutnya akan mendapatkan ditambah Norton Antivirus dan sebuah hadiah kejutan.  Sungguh menarik!  Saya sendiri sepertinya sepulang acara segera berhitung untuk memiliki notebook ultrathin yang berkemampuan tinggi, bergaya dan mumpuni untuk diajak bekerja ini.

Bagi yang ingin melihat spesifikasi lengkap notebook ini dapat mengunjungi halaman Samsung Series 5 Notebook



3 thoughts on “Ulang Tahun Pertama BliBli dan Launching Samsung Series 5 Notebook

Leave a Reply