Naik MRT Murah (Di Taipei)

Membaca berita-berita di media mengenai pembangunan MRT di Jakarta, saya jadi tertarik untuk menulis mengenai pengalaman menggunakan MRT sewaktu berkunjung ke Taipei di bulan Oktober 2012 untuk menghadiri Taiwan Summit 2012.  Sebelum berangkat ke Taiwan, saya memang sudah mencari tahu moda transportasi yang bisa digunakan selama berada di Taipei.   Moda transportasi umum yang tersedia adalah taksi, bus, MRT, dan sepeda.   Kecuali Taxi, MRT, Bus dan Sepeda rupanya berada dalam satu jaringan.  Artinya dengan menggunakan kartu pass tertentu kita bisa menggunakan moda transportasi tersebut cukup dengan menempelkan kartu pass tersebut.  Menarik?  Tentunya, apalagi kalau melihat sistem tiketing TransJakarta busway di Jakarta yang setiap jalur bisa memiliki sistem masing-masing.

Bus @taipei
Suasana Jalanan di Taipei

Namun yang menarik dibandingkan adalah biaya yang perlu kita gunakan jika menggunakan moda transportasi di Taipei.  Dengan Taksi, biaya saat buka pintu adalah NT$70 (setara dengan +-Rp 24.000) seterusnya gak usah ditanya, hari pertama menggunakan taksi saya musti membayar sebesar NT$200 (setara dengan +-Rp 70.000)  di Jakarta dengan jarak yang sama kira-kira biayanya Rp25.000.   Kesimpulannya: naik Taksi di Taipei Mahal dibanding dengan di Jakarta yang ongkos buka pintunya Rp4000-Rp5000.

Hari berikutnya saya berkeliling kota dengan menggunakan MRT, dari Stasiun Zhongsan, menuju Stasiun Shilin.  Biayanya? NT$20 🙂 atau setara dengan Rp 7000.  Murah, Cepat, Nyaman.  Saya membeli single journey ticket berbentuk koin plastik.  Koin plastik tersebut setelah tiba di tujuan dimasukkan ke alat dekat pintu keluar sehingga portal terbuka dan penumpang bisa keluar dari stasiun.  Membeli tiket tidak susah karena terdapat ticket dispenser, kita tinggal memasukkan sejumlah uang koin yang diperlukan ke dalam mesin dispenser tiket tsb.  Tidak punya uang koin? Jangan kuatir, sebaris dengan Ticket Dispenser tersedia mesin penukar uang otomatis.

Token1Token2

Single Journey Ticket

Hari berikutnya lagi saya memutuskan untuk membeli One Day Taipei Pass Ticket.  Nilainya NT$150 atau setara dengan +-Rp 52.000.  Dengan One Day Taipei Pass ini, saya bisa menggunakan MRT, Bus dan jika mau: sepeda sewaan sepuasnya selama 24 jam sejak tiket dibeli.  Artinya jika saya membelinya jam 9 pagi misalnya, maka tiket akan berlaku sampai jam 9 pagi besoknya.  Bentuk tiketnya seperti pada foto di bawah:

One Day Taipei Pass
One Day Taipei Pass

Murah? Sangat, coba bandingkan dengan sekali menggunakan taksi 🙂 menggunakan MRT selain murah, juga  cepat dan nyaman.  Pengaturan sangat apik, kereta yang mengangkut penumpang seolah tidak habis-habis, di saat sibuk tidak sampai semenit kereta berikutnya sudah tiba.  Penumpang pun sangat beragam dari anak-anak sekolah hingga pria pekerja berjas rapih. Orang tua,Ibu-ibu hamil dan pengguna kursi roda memiliki tempat tersendiri.

Suasana sehari-hari MRT di Taipei
Suasana sehari-hari MRT di Taipei
20121012-IMG_0836
Suasana dalam MRT di Taipei

Di saat jam pergi dan pulang kantor, suasana stasiun padat sepadatnya namun tetap teratur (!) tidak ada acara dorong-dorongan maupun potong memotong antrian.  Saya kagum pada disiplin masyarakat Taipei, semuanya berjalan teratur dan rapih.  Tanda-tanda penunjuk arah juga sangat jelas, saya yang tidak bisa membaca huruf mandarin pun tetap bisa mengikuti tanda-tanda yang ada dan tanpa sekalipun tersesat.

Dengan pengalaman menggunakan MRT di Taipei, tentunya mendengar akan ada MRT di Jakarta merupakan berita yang bagus dan tentunya berharap secepatnya terwujud.  Sayang, begitu mendengar harga tiket Rp 38.000 saya langsung berpikir, memangnya siapa yang mau naik MRT dengan harga tiket segitu?  di Taipei, dengan tingkat kesejahteraan penduduk yang jauh lebih baik harga single journey ticket tertinggi naik MRT adalah NT$40, atau setara dengan +-Rp 14.000.   Jangan-jangan memang Jakarta dibangun hanya untuk mereka yang berpunya atau kaum tertentu seperti waktu masih bernama Batavia.

3 thoughts on “Naik MRT Murah (Di Taipei)

  1. Menarik skali info ttg mrt Taipei. Mau tanya, apakah di bandara Taoyuan software/os laptop juga diperiksa dg dinyalakan ato dilihat stikernya? Pertengahan januari 13 kponakan sy mau exchange di Taipei slama 1,5 bln. Thanks banyak.

Leave a Reply