Catatan dari Indonesia Go Online, Makassar

Acara Indonesia Go Online, di Hotel Clarion, Makassar tgl 14 September 2016. Merupakan acara sosialisasi sekaligus registrasi dan aktivasi bagi penerima program Satujuta Domain, Kemkominfo.  Dihadiri sekitar 100-an UKM yang berminat mengikuti program 1juta domain.

Sejutaweb, sebagai penyedia Hosting yang ditunjuk untuk melayani peserta ikut memberikan materi pengenalan dan pengelolaan Situs Belanja Online bagi para UKM yang terdaftar.

Dari acara ini saya mencatat beberapa hal seperti:

  • Perlunya pelatihan yang lebih lanjut bagi para UKM pengikut program agar dapat memaksimalkan pengalaman berjualan online.  Pelatihan ini sebaiknya fokus pada pengelolaan toko seperti bagaimana menampilkan produk dengan baik, melayani pelanggan, menjaga kualitas, logistik, dan pelatihan teknis yang terkait dengan penggunaan aplikasi pada situs toko online
  • Perlunya dibuat Panduan-panduan baik berbentuk dokumen (teks, foto), maupun dalam bentuk Video agar UKM dapat melakukan pembelajaran mandiri.
  • Pemerintah Daerah melalui dinas terkait; diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada UKM-UKM yang telah memiliki toko online, salah satu jalan adalah sertifikasi resmi jika UKM terkait terdaftar resmi pada Pemerintah Daerah.

Terkait program Satu Juta Domain, masih banyak yang perlu dilakukan agar program ini bisa berjalan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan ekonomi berbasis digital.   Harapan saya beberapa catatan sejak program ini dijalankan bisa dijadikan masukan untuk lanjutan program ke depan, mengingat program ini direncanakan untuk tiga tahun.

(mks/15/09/2016)

Leave a Reply