Alasan Nafas Bayi Mengeluarkan Bunyi

bayi

Nafas bayi bunyi bukanlah hal yang berbahaya, tetapi waspada terhadap hal tersebut juga perlu. Apalagi jika napas bayi berbunyi dibarengi dengan sesak napas, demam, batuk, dan bayi terlihat lemas.

Biasanya kondisi seperti ini bisa berlangsung selama beberapa minggu saja, setelah bayi semakin besar, bunyi akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, meskipun tergolong normal, tidak ada salahnya jika mengenali apa saja yang menjadi alasan penyebab napas bayi berbunyi. Mari simak bersama!

Alasan Penyebab Nafas Bayi Berbunyi

Alasan nafas bayi bunyi umumnya disebabkan karena ukuran parunya lebih kecil sehingga saluran pernapasan terbilang sempit. Selain itu, kemampuan paru-paru untuk kembali ke bentuk semula setelah mengambil nafas, belum bisa berkembang optimal. Sehingga akan muncul suara khas seperti siulan yang lirih ketika bayi bernafas.

1. Alergi

Apabila bayi mengalami alergi terhadap suatu hal seperti serbuk sari, tungau, debu, tubuh akan menangkap zat tersebut sebagai benda asing. Kondisi seperti ini akan memicu respons imun untuk memproduksi dahak. Karena bayi belum bisa membersihkan hidung maupun tenggorokannya sendiri, sehingga dahak ini akan tetap berada di saluran hidung.

2. Bronkiolitis

Infeksi saluran pernapasan bawah (paru) yang diakibatkan oleh serangan virus atau Bronkiolitis. Kondisi seperti ini sering terjadi terutama saat cuaca dingin. Gejala awalnya ditandai dengan kesulitan bernapas, pilek batuk hingga bayi akan mengalami alergi.

3. Asma

Asma juga dapat menyebabkan nafas bayi berbunyi. Kondisi seperti ini apabila terjadi pada bayi masih agak sulit untuk dideteksi sebab gejalanya yang masih mirip dengan penyakit lain. Beberapa bayi mungkin saja memiliki saluran udara yang sensitive, sehingga lebih berisiko terkena asma dan nafasnya akan berbunyi.

Apabila nafas bayi bunyi, Anda tidak perlu khawatir penanganan pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menggunakan salah satu produk dari Sleek Baby. Produk ini hadir dengan berbagai macam pilihan seperti Baby Telon Oil yang bisa dioleskan pada dada atau ubun-ubun yang dapat melancarkan pernapasan.

Aroma yang dikeluarkan sangat menenangkan bagi bayi, kandungan minyaknya 2x lebih ampuh untuk memberikan kehangatan alami. Selain itu produk buat bayi ini juga dapat digunakan untuk perut bayi kembung. Banyak sekali manfaat lain untuk si buah hati Anda.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Tinggalkan komentar