6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Akademik

pentingnya belajar bahasa inggris

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris – Di era modern seperti sekarang ini, menguasai Bahasa Inggris menjadi sangatlah penting. selain karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional, tuntutan dalam pengembangan diri para generasi milenial menjadi alasan lain dalam keharusan memahami Bahasa Inggris.

Tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi, menguasai Bahasa Inggris juga sangat berguna untuk banyak bidang seperti ekonomi, bisnis, teknologi serta politik. Hal itu pun menjadi syarat utama dalam bersaing di era globalisasi.

Mengikuti kursus Bahasa Inggris merupakan sebuah solusi yang tepat untuk memulai belajar Bahasa Inggris. Terlebih keberadaan lembaga kursus Bahasa Inggris saat ini sangat mudah ditemukan, seperti belajar bahasa inggris di EF Adults kursus bahasa inggris profesional yang sangat cocok untuk orang dewasa dan profesional.

Pentingnya Berbahasa Inggris (Akademik/Profesional)

Bahasa Inggris yang kini telah menjadi satu bagian penting dalam progress kehidupan manusia khususnya untuk mempersiapkan masa depan. Hal itu disebabkan, perkembangan zaman yang begitu sangat cepat. Berikut beberapa alasan pentingnya berbahasa inggris.

1. Mudah Mendapatkan Kerja dan Meningkatkan Karir

Salah satu alasan penting dalam memahami bahasa Inggris ialah kesempatan mendapatkan kerja lebih terbuka. Dengan memiliki kemampuan berbicara dalam dua bahasa adalah sebuah nilai lebih serta memungkinkan peluang untuk mendapatkan jenjang karir internasional.

Selain itu, hal ini juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan karir, dimana akan berurusan dengan perusahaan-perusahaan di segala bidang. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris akan mengantarkan Anda ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

2. Bahasa Global

Semua orang tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat populer di dunia. Maka dengan memahami bahasa tersebut, akan menjadi modal utama dalam memperluas jaringan dan pergaulan yang bermanfaat untuk berbagai macam urusan.

Selain itu, alasan lain kenapa begitu penting dalam memahami bahasa inggris ialah agar bisa diterima di mata dunia. Tidak bisa dipungkiri, mahir berbahasa inggris sangat mempengaruhi luas nya pergaulan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun urusan bisnis.

3. Menambah Wawasan dan Pengalaman

Pentingnya pengalaman multikultural di zaman sekarang menjadi satu acuan untuk belajar memahami bahasa inggris itu sendiri. Terlebih di era modern yang semakin maju ini, hampir semua hal yang sifatnya pembelajaran menggunakan bahasa Inggris seperti media internet dan buku.

Begitu banyak karya ilmiah, seperti tulisan-tulisan yang sangat mengedukasi dan menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu memahami bahasa inggri menjadi wajib terlebih jika Anda mempunyai suatu tujuan yang bersifat internasional.

4. Mudah Memahami Teknologi

Satu hal yang tak bisa dihindari adalah kemajuan teknologi. Dengan memahami bahasa Inggris maka akan menjadi mudah dalam hal beradaptasi serta menyeimbangkan kemajuan-kemajuan teknologi yang kini semakin pesat.

Dengan begitu, memahami teknologi sejak dini dengan memanfaatkan kemahiran berbahasa inggris sangat membantu guna menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dimana hampir semua sumber pengetahuan berasal dari teknologi-teknologi masa kini.

Baca Juga: Doa Kristen Sebelum Dan Sesudah Belajar

5. Traveling

Seperti pepatah mengatakan ‘malu bertanya. Sesat dijalan’ kira-kira begitulah kata yang tepat kenapa memahami bahasa Inggris menjadi penting untuk sebuah perjalanan. Traveling tidak hanya sekedar sebuah rencana liburan tapi juga bagaimana caranya berinteraksi dengan warga lokal.

Apalagi jika memiliki rencana traveling keluar negeri. Setidaknya secara tidak langsung Anda akan membutuhkan sedikit bantuan warga sekitar untuk bertanya seputar arah jalan atau suatu lokasi tanpa harus menggunakan aplikasi translate terlebih dahulu.

6. Kesuksesan Belajar

Selain bahasa Internasional, banyak juga yang bilang bahwa bahasa Inggris adalah bahasa ilmu pengetahuan modern. Apalagi jika Anda berminat untuk masuk kedalam cabang ilmu kedokteran, farmasi, coding dan ekonomi maka mau tidak mau, bahasa Inggris menjadi kebutuhan wajib.

Hal itu disebabkan, hampir semua metode pembelajaran seperti video learning, buku bahkan program-program yang digunakan beberapa sumber ilmu pengetahuan menggunakan bahasa inggris. Maka akan menjadi sulit mempelajarinya jika tidak memahami bahasa tersebut.

Bagi kebanyakan orang mungkin alasan yang paling mendasar belajar bahasa Inggris adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, dimana menjadi penghubung antara satu negara dengan negara lainnya.

Namun tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi saja, belajar bahasa Inggris sangat bermanfaat serta berpengaruh dalam jenjang pendidikan dan karir. Dengan memahami atau memiliki keahlian lebih dalam berbahasa inggris, dapat mempermudah saat mencari beasiswa serta kerja taraf Internasional.

Apalagi pada era globalisasi seperti sekarang ini, belajar Bahasa Inggris menjadi syarat utama untuk bisa bersaing di zaman sekarang. Dengan begitu, Anda akan merasa selangkah lebih maju dalam berbagai bidang, seperti bisnis, karir dan lain-lain.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Share :      

Tinggalkan komentar