15 Ayat Alkitab Tentang Neraka Dalam Kristen 2020

Ayat Alkitab Tentang Neraka

Ayat Alkitab tentang NERAKA terbaru 2020 – Neraka, ketika mendengarnya mungkin suasana hati Anda langsung berubah. Doktrin yang bermunculan tentang Neraka membuat orang orang membayangkan bahwa neraka itu adalah tempat penyiksaan yang sangat kejam. Tapi, apa yang ayat alkitab katakan tentang neraka? Mau kah Anda mengetahuinya? Fiman Tuhan memberikan jawaban yang akurat tentang neraka.

Seringkali kebanyakan orang berpendapat bahwa kata kata alkitab terlalu sulit untuk dimengerti. Tetapi, untuk itu Anda perlu melakukan riset dan pembelajaran secara pribadi. Mendengarkan khotbah dalam ibadah umum maupun keluarga belum cukup mengetahui jawaban atas pertanyaan pertanyaan umum tentang neraka.

Baca Juga: Ayat Alkitab Tentang Surga Kristen

Misalnya, apa arti neraka menurut alkitab? Seperti apa keadaanya? Apakah neraka ada tingkatannya menurut kristen? Selanjutnya apakah orang jahat selalu ke neraka dan orang baik pergi ke surga? Untuk itu, kita bisa tahu jawabannya berdasarkan alkitab. Mari kita periksa dari beberapa ayat yang disebutkan sebagai berikut :

Ayat Alkitab tentang NERAKA

1. Pengkhotbah 9:5,10

Ayat 5 dan 10 : “Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap. Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat  dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Buku Pengkhotbah ini memberi tahu kita tentang keadaan orang yang sudah mati. Ayat ini menyatakan bahwa orang yang masih hidup tahu bahwa mereka akan mati. Tapi sebaliknya orang yang sudah mati tidak tahu apa apa dan kenangan mereka sudah lenyap. Bahkan ayat selanjutnya mengatakan bahwa tidak ada pekerjaan, pengetahuan, pertimbangan dan hikmat dalam dunia orang mati.

2. Roma 6:7

Ayat 7 : “Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.”

Sebelumnya Allah telah memperingatkan Adam tentang akibat dia berbuat dosa. Upah dari dosa adalah kematian, bukan adanya penyiksaan di api Neraka. Sesuai dengan ayat yang dicatat di buku Roma ini bahwa ia yang sudah mati telah dibebaskan dari belenggu dosanya.

3. Kejadian 3:19

Ayat 19 : “dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.

Sewaktu manusia pertama jatuh kedalam dosa, Allah berfirman bahwa “karena engkau berasal dari debu maka engkau akan kembali menjadi debu”. Hal ini tidak memaksudkan Adam masuk ke dalam neraka tetapi ia tidak akan ada lagi atau musnah bagai debu seperti awal mulanya.

4. 1 Yohanes 4:8

Ayat 8 : “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.”

Allah adalah kasih, sumber terbesar kasih adalah dari Allah. Oleh karena itu, gagasan bahwa Allah akan menghukum orang orang dineraka tidak selaras dengan ajaran alkitab yang memberitahu kita bahwa Allah adalah kasih. Bahkan dikatakan orang yang tidak mengasihi, sama sekali tidak mengenal Allah.

5. Yeremia 7:31

Ayat 31 : “Mereka telah mendirikan bukit pengorbanan yang bernama Tofet di Lembah Ben-Hinom, untuk membakar anak-anaknya lelaki dan perempuan, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku.”

Di jaman alkitab ada banyak sekali penyembahan berhala yang memuakkan bagi Allah. Dimana mereka membakar anak anak mereka sebagai korban kepada berhala. Allah menandaskan suatu hal penting untuk kita bahwa kata kata di bagian akhir ayat ini mengatakan bahwa gagasan tersebut tidak pernah Allah perintahkan atau timbul di dalam hati. Allah yang pengasih sama sekali tidak berfikir untuk melakukan siksaan kekal.

6. Mazmur 16:10

Ayat 10 : “sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.”

Dalam beberapa ayat alkitab menerjemahkan kata Yunani yaitu “Hades” dan kata Ibrani yakni “Syeol” sebagai Neraka. Sebenarnya arti dari kedua kata ini adalah memaksudkan kuburan manusia atau lebih tepatnya dunia orang mati. Banyak orang menganggap bahwa itu adalah neraka dengan api yang menyala nyala tapi sebenarnya alkitab tidak mengajarkan demikian.

7. Ayub 14:13

Ayat 13 : “Ah, kiranya Engkau menyembunyikan aku di dalam dunia orang mati, melindungi aku, sampai murka-Mu surut;  dan menetapkan waktu bagiku, kemudian mengingat aku pula!

Buku pengkhotbah sebelumnya yang menyatakan bahwa orang mati tidak tahu apa apa selaras dengan apa yang nabi Ayub katakan. Ketika Ayub dicobai dengan penyakit yang sangat parah, ia melakukan permohonan kepada Allah.

Frasa yang mengatakan “kiranya Engkau menyembunyikan aku di dalam dunia orang mati (maksudnya neraka)” apabila neraka adalah tempat penyiksaan Ayub pasti tidak mungkin mengajukan permintaan itu sebab neraka menurut alkitab adalah kuburan manusia dimana di dalamnya tidak ada aktivitas lagi.

8. Mazmur 145:9

Ayat 9 : “TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

Allah kita adalah Allah yang baik kepada semua ciptaannya. Ia mengasihi dan peduli kepada kita semua. Meskipun kita adalah manusia yang berdosa, Dia mau agar kita semua bertobat dan mendapat perkenannya hingga memperoleh hidup kekal. Oleh karena darah kristus kita bisa memiliki harapan itu. Menurut Anda kejahatan apa dan seburuk apakah itu sampai Allah yang adalah kasih menyiksa orang orang sampai akhir?

9. Roma 6:23

Ayat 23 : “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Upah dosa adalah kematian bukan siksaan api yang menyala nyala. Tapi Sebaliknya oleh karena karunia tebusan dari Allah kita bisa memperoleh hidup kekal sebagai harapan yang dijanjikan kepada orang orang yang setia kepada Allah sampai akhir.

10. Ayub 30:23

Ayat 23 : “Ya, aku tahu: Engkau membawa aku kepada maut, ke tempat segala yang hidup dihimpunkan.”

Maut yang disebutkan dalam ayat ini memaksudkan kuburan manusia sebagai tempat semua orang hidup dikumpulkan pada akhirnya. Orang orang yang masuk dalam kuburan atau neraka akan dibangkitkan oleh Yesus kristus sesuai dengan kata kata di Yohanes 5:28,29. Orang yang fasik yang tidak mau berubah bukan lagi masuk keneraka tetapi ke “Gehena” yaitu kebinasaan kekal.

Baca Juga :

Ini adalah uraian singkat terkait ayat ayat alkitab yang menyebutkan adanya neraka. Terkadang apa yang dikatakan dunia tidak sesuai dengan apa yang alkitab katakan. Penjelasan singkat yang diberikan adalah berdasarkan riset, jika Anda memiliki presepsi sendiri silahkan melakukan riset lebih lanjut. Semoga informasi ini bisa sebagai alat bantu Anda.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar