15 Ayat Alkitab Tentang Ibadah Paskah Menyembah Tuhan

Ayat Alkitab Tentang Paskah

Ayat alkitab tentang paskah terbaru 2020 – Ibadah paskah dilakukan untuk memeringati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus dalam ajaran Kristen, setiap orang yang mengimaninya wajib melakukan ibadah di gereja pada hari yang telah ditentukan. Paskah juga menjadi salah satu hari raya Umat Kristen selain Natal dan sebagainya.

Sebelumnya kita sudah membahas Lagu Untuk Ibadah Paskah yang biasa dinyanyikan di gereja. Sekarang, kita akan menulis beberapa ayat alkitab tentang paskah yang dapat dibaca ketika membaca Doa Pembuka Ibadah atau Doa Pembacaan Alkitab pada peringatan Misa atau hari Kebangkitan Yesus Kristus.

Ayat alkitab berikut menjelaskan kisah kebangkitan Yesus, cerita dan peristiwa dibaliknya yang mungkin tidak kita ketahui. Untuk informasi, hanya ada beberapa Alkitab yang membahas tentang Paskah, yakni Keluaran, Lukas, Markus, Matius, Roma, Yohanes dan 1 Korintus.

Ayat Alkitab Tentang Paskah

Ibadah paskah menjadi ibadah yang paling penting bagi umat Kristen, tidak heran apabila sangat banyak ayat emas Alkitab yang membahas aau menyinggung soal Paskah dan hari kebangkitan Yesus Kristus, berikut beberapa diantaranya.

Bilangan 9:4
Lalu Musa menyuruh orang Israel merayakan Paskah.

Bilangan 9:2
Orang Israel harus merayakan Paskah pada waktunya.

Bilangan 28:16
Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi TUHAN.

Imamat 23:5
Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.

2 Tawarikh 35:16
Demikianlah seluruh upacara ibadah bagi TUHAN disiapkan pada hari itu untuk merayakan Paskah dan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah TUHAN sesuai dengan perintah raja Yosia.

Keluaran 12:43
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun: “Inilah ketetapan mengenai Paskah: Tidak seorangpun dari bangsa asing boleh memakannya.

Bilangan 9:14
Apabila seorang asing yang telah menetap padamu hendak merayakan Paskah bagi TUHAN, maka haruslah ia merayakannya menurut segala ketetapan dan peraturan Paskah. Satu ketetapan harus berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli.

Yehemia 45:21
Pada bulan pertama, pada tanggal empat belas bulan itu haruslah kamu merayakan hari raya Paskah, dan selama tujuh hari kamu harus makan roti yang tidak beragi.

Keluaran 12:11
Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.

Keluaran 12:21
Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: “Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah.

Keluaran 34:25
Janganlah darah korban sembelihan yang kepada-Ku kaupersembahkan beserta sesuatu yang beragi, dan janganlah ada dari korban sembelihan pada hari raya Paskah bermalam sampai pagi.

Bilangan 9:12
Janganlah mereka meninggalkan sebagian dari padanya sampai pagi, dan satu tulangpun ridak boleh dipatahkan mereka. Menurut segala ketetapan Paskah haruslah mereka merayakannya.

Keluaran 12:46
Paskah itu harus dimakan dalam satu rumah juga; tidak boleh kaubawa sedikitpun dari daging itu keluar rumah; satu tulangpun s  tidak boleh kamu patahkan.

Bilangan 9:6
Tetapi ada beberapa orang yang najis oleh karena mayat, sehingga tidak dapat merayakan Paskah pada hari itu. Mereka datang menghadap Musa dan Harun pada hari itu juga,

Bilangan 9:5
Maka mereka merayakan Paskah pada bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu senja, di padang gurun Sinai; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa demikianlah dilakukan orang Israel.

Bilangan 9:10
Katakanlah kepada orang Israel: Apabila salah seorang di antara kamu atau keturunanmu najis oleh karena mayat, atau berada dalam perjalanan jauh, maka ia harus juga merayakan Paskah bagi TUHAN.

Ibrani 11:28
Karena iman maka ia mengadakan Paskah dan pemercikan darah, supaya pembinasa anak-anak sulung jangan menyentuh mereka.

Bilangan 9:13
Sebaliknya orang yang tidak najis, dan tidak dalam perjalanan, tetapi lalai merayakan Paskah, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya, sebab ia tidak mempersembahkan persembahan yang kepada TUHAN pada waktunya; orang itu akan menanggung akibat dosanya.

Bilangan 33:3
Mereka berangkat dari Rameses pada bulan yang pertama, pada hari yang kelima belas bulan yang pertama itu; pada hari sesudah Paskah berjalanlah orang Israel keluar, oleh tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir,

Keluaran 12:27
Maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita.” Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.


Ayat Alkitab Tentang Memuliakan Tuhan

Ibadah paskah dilakukan untuk memperingati minggu kebangkitan sebagai salah satu upaya untuk memuliakan Tuhan, meningkatkan iman dan kepercayaan terhadap Bapa yang bertahta di kerajaan Sorga. Berikut adalah beberapa ayat tentang memuliakan Tuhan pada saat Paskah.

Lukas 1:46
Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan,

Mazmur 24:10
“Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?” “TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!”

Mazmur 113:4
TUHAN tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit.

Roma 15:6
Sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

Mazmur 138:5
Mereka akan menyanyi tentang jalan-jalan TUHAN, sebab besar kemuliaan TUHAN.

Yesaya 21:16
Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: “Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan Kedar akan habis.

Mazmur 8:1
Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur Daud. (Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan.

Yehemia 39:13
Dan seluruh penduduk negeri turut menguburnya dan hal itu menjadikan mereka kenamaan pada hari Aku menyatakan kemuliaan-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Filipi 2:11
Dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

2 Korintus 3:18
Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Mazmur 29:2
Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan!

Lukas 2:9
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Kisah Para Rasul 2:20
Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu.

2 Tawarikh 7:2
Para imam tidak dapat memasuki rumah TUHAN itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN.

Mazmur 24:8
“Siapakah itu Raja Kemuliaan?” “TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!”

Mazmur 102:16
bila TUHAN sudah membangun Sion, sudah menampakkan diri dalam kemuliaan-Nya,

2 Tesalonika 1:12
sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus.

1 Tawarikh 16:28
Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

Mazmur 96:7
Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

Yakobus 2:1
Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.


Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Selain beberapa ayat emas Alkitab di atas, sebelumnya kita juga telah menulis mengenai ayat-ayat emas atau firman Tuhan lainnya yang membahas mengenai hal-hal lain. Berikut adalah daftar kumpulan ayat-ayat firman Allah di blog ini.

Akhir Kata
Itulah ayat alkitab tentang ibadah paskah, tema paskah, renungan paskah, ayat alkitab minggu kebangkitan, hari kenaikan yesus kristus, ayat alkitab tentang minggu kebangkitan yesus kristus, telur paskah, yesus dibangkitkan.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar