15 Ayat Alkitab Tentang Talenta yang Tuhan Berikan

Ayat Alkitab Tentang Talenta

Ayat Alkitab tentang Talenta terbaru 2020 – Talenta disebut juga kemampuan, keahlian atau kelebihan yang dimiliki seseorang. Talenta yang dipergunakan dengan sebaik baiknya akan menghasilkan sukacita dankebahagiaan. Darimana kita tahu? Banyak ayat alkitab menyebutkan tentang Talenta berupa pemberian dari TUHAN yang tidak selayaknya kita peroleh. Allah dengan sangat  baik hati memberikannya dengan cuma cuma.

Bakat atau talenta ada banyak macamnya. Semua bisa mendatangkan kebahagiaan, hanya jikalau dipergunakan secara baik dan bijak. Karena TUHAN telah memberikannya sebagai berkat dan anugrah, sudah sepatutnya manusia tahu berterima kasih dengan menggunakan kesanggupan atau kemampuan tersebut untuk ucapan syukur kepada TUHAN. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Ayat Alkitab Tentang Berhala Dalam Kristen

Sebenarnya, dalam satu ayat alkitab terkenal TUHAN tidak meminta lebih dari apa yang bisa hamba hamba Nya lakukan kepadaNya. Ia hanya ingin kita melayani Nya dengan talenta yang kita miliki dengan bersukacita. Untuk tahu lebih lanjut tentang Talenta menurut pandangan Alkitab, silahkan alihkan pandangan Anda pada referensi ayat alkitab berikut ini :

Ayat Alkitab Tentang Talenta

1. 2 Timotius 1:6
Ayat 6 : “Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.

Talenta atau bakat yang dimiliki seseorang tidak langsung ada dari lahir. Tapi, talenta itu ada setelah seseorang mulai menyadari kemampuan dan kesanggupannya itu dan mengarahkannya. Maka, untuk bisa berhasil, mengupayakan pandangan yang positif tentang kesanggupan adalah penting.

Terus belajar dapat menyingkapkan bakat yang terpendam. Dalam surat Paulus untuk Timotius ini berlaku untuk kita juga untuk mengobarkan karunia Allah yang ada pada diri kita.

2. 2 Korintus 11:6
Ayat 6 : “Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan; sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal.

Menyadari kekurangan memang ada bagusnya, tapi seseorang juga perlu sadar akan kelebihan yang mereka miliki. Dengan menyadari kesanggupan tersebut, seseorang bisa lebih percaya diri untuk terbebas dari perasaan kesepian atau minder. Setiap orang pasti punya kelebihan yang perlu mereka syukuri kepada TUHAN.

3. Amsal 20:29
Ayat 29 : “Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.

Kaum muda memiliki kesanggupan dan kemampuan yang tidak dimiliki oleh anak anak dan orang tua. Kekuatan yang dimiliki anak muda bisa digunakan sebaik baiknya untuk mendukung talenta apapun yang mereka miliki. Kaum muda yang menggunakan kemampuan bakat dan tenaga mereka untuk melayani Allah dapat mencapai cita cita rohani terbaik yang mendatangkan kebahagiaan.

4. Pengkhotbah 12:1
Ayat 1 : “Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!

Ajaran alkitab memberitahu bagaimana seorang anak muda bisa mempersiapkan diri mereka untuk menempuh jalan hidup terbaik. Salah satu kuncinya adalah dengan mengingat Sang Pencipta yang agung. Dengan mengingat bagaimana Allah membantu kita, hal ini akan mendorong kita untuk memilih jalan hidup yang terbaik dengan mengutamakan Allah sebagai prioritas utama.

5. Amsal 4:25
Ayat 25 : “Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.”

Seperti pengemudi yang harus berfokus pada jalan yang ada didepannya, kita juga harus berupaya untuk menghindari segala sesuatu sebagai penyimpang perhatian yang bisa membuat kita goyah untuk menetapkan dan meraih cita cita kita. Salomo menulis hal ini karena untuk bisa berhasil, kefokusan dan kemajuan sangat penting.

6. Yesaya 62:10
Ayat 10 : “Berjalanlah, berjalanlah melalui pintu-pintu gerbang, persiapkanlah jalan bagi umat, bukalah, bukalah jalan raya, singkirkanlah batu-batu, tegakkanlah panji-panji untuk bangsa-bangsa!

Dulu, sebagian orang Yahudi harus bekerja keras untuk mengosongkan dan meratakan jalan untuk menuju negeri mereka sehingga memungkinkan umat Allah bisa sampai di tempat tujuan tersebut. Dari sini kita bisa belajar, Untuk berhasil menggapai cita cita kita tidak boleh menyerah. Dengan bantuan Allah, kita pasti bisa meraihnya.

7. Amsal 14:23
Ayat 23 : “Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.

Orang tua memiliki handil yang cukup penting dalam memberikan anak anak arahan terkait talenta yang mereka miliki. Ketika melihat anak bekerja keras, pujilah mereka dan ajarkan bahwa setiap hal yang dilakukan dengan kerja keras pasti akan menghasilkan keuntungan.

8. Amsal 24:16
Ayat 16 : “Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.

Memiliki talenta yang bagus bukanlah dasar seseorang tidak akan pernah gagal. Seseorang perlu ingat ayat di buku amsal ini bahwa setiap orang bahkan orang yang hebat sekalipun bisa membuat kesalahan dan bisa jadi jatuh berkali kali. Tapi, pentingnya untuk mengembangkan sikap tidak menyerah, belajar dari pengalaman dan teruslah maju.

9. Yeremia 1:6
Ayat 6 : “Maka aku menjawab: “Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda.

Kita juga bisa belajar dari Yeremia. Jawaban Yeremia ini menyiratkan bahwa ia merasa dirinya tidak sanggup dan bahwa ia masih terlalu muda untuk menjalankan tugas istimewa dari Allah. Tapi, hasilnya ia bisa menjalankan tugas tersebut dengan sangat baik.

Apa pelajarannya? Meskipun kita cenderung merasa rendah diri, kita perlu ingat bahwa kemampuan kita tidak akan pernah kita tahu kalau tidak mencobanya. Kemampuan yang kita miliki bisa jadi lebih dari yang kita tahu. Mintalah bantuan dari Allah, jika Anda memiliki perasaan yang sama seperti Yeremia.

10. Yakobus 3:2
Ayat 2 : “Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.”

Ayat ini berhubungan dengan ayat sebelumnya. Karena kita adalah manusia yang tidak sempurna, kita bisa saja membuat kesalahan. Tapi mengingat perkataan di buku Yakobus ini kita diingatkan bahwa kita semua seringkali tersandung. Yang perlu kita lakukan adalah terus bangkit dan raih kemajuan dengan bantuan Allah.

Baca Juga :
Ayat Alkitab tentang Surga
Ayat Alkitab tentang Roh Kudus
Ayat Alkitab tentang Pria dalam Keluarga

Uraian diatas adalah kumpulan ayat alkitab tentang talenta. Dari alkitab kita bisa memahami makna talenta yang TUHAN berikan lebih luas dan menyeluruh. TUHAN tidak memberikan talenta tanpa tujuan. Dan satu hal yang bisa kita yakini bahwa semua maksud tujuanNya adalah baik. Maka, senantiasalah untuk bersyukur kepada Allah kita sebab hanya Dialah yang layak menerima kemuliaan dan kuasa.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar