Bacalah…sebelum berkomentar dan meminta

Cukup banyak komentar yang masuk di blog ini yang meminta untuk dibuatkan proposal warnet. Saya sebenarnya merasa sedih setiap kali membaca komentar demikian. Mengapa? Karena itu berarti yang bersangkutan tidak berusaha untuk membaca semua informasi mengenai bisnis warnet yang tersedia di blog ini. Saya sudah menyediakan tulisan dan file e-book tanpa perlu membayar apa-apa selain koneksi internet.

Beberapa file yang tersedia itu bahkan sudah berbentuk perhitungan investasi dan operasional untuk mereka yang membutuhkan perhitungan bisnis. Saya akui file-file tersebut tidaklah lengkap, namun hal itu adalah disengaja agar yang membutuhkan bisa menambahkan kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan kondisi setempat.

Jadi, kepada teman-teman semua yang telah setia mengunjungi blog ini, tolong baca, baca, dan bacalah. Setelah mengerti mulailah berhitung sendiri. Kalau berhitung sendiri tidak bisa, sebaiknya jangan latah ber-bisnis warnet. Bisnis yang lain saja, karena bisnis warnet adalah bisnis dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.