Contoh Warna : Pengertian, Kombinasi dan Jenis-jenis Campuran Warna

Campuran Warna

Jenis-jenis Campuran Warna Terbaik dan Terbaru 2020 – Perpaduan warna merupakan salah satu hal yang krusial pada seni dan desain. Memilih berbagai warna untuk dipadukan satu sama lain agar tampak menjadi harmonis tidaklah mudah. Terdapat beberapa panduan awal kombinasi yang diambil dari teori warna dan prinsip seni untuk mempermudah prosesnya; Color Harmony.

Sebelum memulai mix and match ada baiknya jika kita menelusuri sedikit mengenai pengetahuan umum dari warna itu sendiri. Mengetahui berbagai elemen warna akan menambah ruang gerak kreativitas kita disaat menata warna.

Akan tetapi, dalam ulasan kali ini, kami akan menghadirkan berbagai jenis campuran warna yang bisa menambah pengetahuan Anda. Karena pada dasarnya, jenis warna yang akan dipilih juga tergantung dengan selera setiap orang. Begitu juga dengan perpaduan dan campuran warna yang dipilih, juga menentukan kondisi suasana hati seseorang. Beberapa kombinasi warna tertentu juga menentukan kesan bagi orang lain.

PENGERTIAN WARNA

Warna merupakan spectrum tertentu dalam suatu cahaya ( berwarna putih ) yang dapat ditangkap oleh mata sebagai indera pengelihatan. Dalam seni rup, warna merupakan pantulan cahaya yang dapat dipengaruhi oleh pigmen pigmen tertentu yang terdapat pada permukaan benda terntentu.

Warna itu sendiri dapat memberikan kesan dan identitas tergantung kondisi sosial pengamatnya. Sebagai contoh warna putih biasanya berarti suci.Warna sendiri juga banyak di definisikan oleh para ahli seperti Albert H. Munsell yang mengartikan warna sebagai elemen penting dalam semua lingkup disiplin seni rupa.

Bahkan secara umum warna adalah bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Sedangkan menurut Henry Dreyfuss, dari segi bahan adalah zat yang dapat memberikan warna tertentu yang mampu memperkuat dan memberikan kesan dan identitas.

Definisi warna menurut Arniti Susmiati dan Pramudji Suptandar yaitu warna merupakan cahaya yang dapat ditangkap oleh indera pengelihatan atau mata. Warna sendiri merupakan unsur penting dalam dunia desain karena dengan adanya warna suatu desain akan mempunyai arti dan nilai lebih. Keindahan warna itu sendiri tidak ada artinya apabila hardir sendiri tanpa warna warna lain disekitarnya.

CONTOH KOMBINASI WARNA

Berikut ini beberapa contoh kombinasi berbagai warna yang bisa menghasilkan rona warna baru. Anda mungkin dapat memanfaatkannya saat melukis ataupun mengecat tembok dinding kamar.

  1. jingga / oranye = merah + kuning
  2. ungu = biru + merah
  3. hijau = kuning + kuning
  4. merah tua = merah + hitam
  5. merah muda = merah + putih
  6. biru tua = biru + hitam
  7. biru muda = biru + putih
  8. kuning muda = kuning + putih
  9. abu = putih + hitam
  10. coklat = merah + hijau (kuning+biru)
  11. tan = kuning + coklat
  12. british tan = kuning + coklat + merah
  13. magenta / magenta= merah + putih + biru
  14. burgundy = ungu (merah + biru) + merah
  15. maroon = merah + coklat
  16. terakota = jingga + coklat
  17. kuning lemon = kuning + hijau
  18. greenish blue / tosca = hijau + biru
  19. peach = merah muda + jingga
  20. coklat susu = coklat + putih
  21. coklat muda = coklat + putih + kuning
  22. saddle brown = coklat + kuning + merah
  23. beige / cream = putih + kuning + coklat
  24. kuning mustard = kuning + coklat
  25. lime green = hijau + kuning + putih
  26. olive = putih / kuning + hijau + coklat
  27. turquoise = putih + hijau + biru
  28. broken white / bone = putih + coklat
  29. dusty = merah muda + putih + coklat
  30. sand = putih + coklat + hitam
  31. charcoal = hitam + putih
  32. icy blue = putih + biru + kuning

CAMPURAN WARNA SESUAI KELOMPOKNYA

Warna sendiri terbagi dalam beberapa kelompok yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna netral dan warna panas serta dingin. Warna premier terdiri dari warna merah, warna kuning dan warna biru. Untuk warna sekunder merupakan warna campuran dari warna warna premier, contohnya warna oranye, warna hijau dan warna ungu.

Sedangkan warna tersier merupakan penggabungan warna primer dengan warna sekunder seperti warna ungu ditambah dengan warna merah akan menghasilkan warna ungu kemerahan atau warna kuning dicampur dengan warna ungu akan menghasilkan warna coklat kekuningan.

Warna netral merupakan campuran dari ketiga warna dengan rasio 1:1:1 yang dimana apabila ketiga warna tersebut dicampurkan akan menghasilkan warn hitam. Selain warna hitam, warna putih juga termasuk warna netral.

Selain kelima kelompok warna diatas, ada juga yang dinamakan warna special. Warna special adalah warna yang tidak biasa sebagai contoh warna emas, warna perak, warna neon atau stabilo dan lain sebgaianya.

Untuk mendapatkan Warna warna tersebut tentu anda membutuhkan komposisi kimia khusus yang hanya bisa diciptakan di pabrik dengan standar tertentu. Akan sulit bagi Kita untuk  membuat warna emas ataupun perak dengan hanya campuran dari warna primer maupun universal.

CARA MEMBUAT WARNA COKLAT DENGAN CAMPURAN WARNA PRIMER

Untuk menciptakan warna coklat anda dapat mencampur warna warna primer seperti warna merah, warna biru dan warna kuning. Warna coklat dapat dihasilkan dari 2 warna primer yang menghasilkan warna sekunder dan kemudian dicampurkan dengan warna primer lagi. Berikut caranya:

  1. Campurkan warna merah dan warna biru dengan komposisi yang sama. Dengan begitu akan terbentuk warna baru yaitu warna ungu
  2. Setelah menjadi warna ungu campurkan sedikit warna kuning jika ingin hasilnya menjadi warna coklat gelap. Tapi jika ingin menghasilkan warna coklat terang tambhakan lebih banyak warna kuning.
  3. Cara lainnya anda juga dapat mencampurkan langsung ketiga warna primer tersebut. tapi hasilnya tidak akan efektif karena akan kesulitan untuk mengendalikan warna sekundernya.

CARA MENCAMPUR WARNA AGAR MENJADI WARNA PIRUS

Warna pirus (turkuois) mungkin masih asing ditelinga anda. Warna ini lebih dikenal dengan sebutan warna biru laut. Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna ini, tapi yang paing mudah yaitu menggabungkan 2 warna yaitu warna hijau dan biru.

Warna pirus atau warna biru laut ini membutuhkan pigmen biru sedikit lebih banyak dari warna hijau. Jika anda ingin warna yang sedikit lebih cerah, anda bisa menambahkan sedikit warna putih atau kuning.

APA SAJA CAMPURAN UNTUK MENGHASILKAN WARNA EMAS ?

Untuk dapat menghasilkan warna emas atau warna gold anda dapat mencampurkan ketiga warna yang berbeda yaitu warna coklat, warna putih dan juga warna kuning. Dengan mencampur ketiga warna tersebut akan menghasilkan warna emas atau kuning emas. Tapi yang perlu diperhatikan yaitu warna gold atau emas tersebut identic dengan kemampuannya yang dapat memantulkan cahaya.

Jadi untuk menghasilkan warna yang dapat memantulkan cahaya diperlukan komponen tertentu atau efek tertentu agar warna emas yang dihasilkan dapat berkilau. Kecuali material atau media tempat anda mengecat atau memberikan warna bisa berkilau seperti metal, besi, plastic atau lain sebagainya.

Selain itu anda juga dapat mencampurkan waran kuning, magenta dan warna hijau dengan perperbandingan 3:1:1 untuk menghasilkan warna gold atau emas.

APA SAJA CAMPURAN WARNA AGAR MENGHASILKAN WARNA CORAL ?

Seperti yang banyak kita lihat digambar gambar coral memiliki warna yang lumayan unik. Untuk menghasilkan warna coral tersebut, anda hanya perlu mencampurkan warna Kuning dengan warna Merah dan juga warna Putih dengan perbandingan takaran 2:5:3.

Dengan takaran begitu anda akan mampu menghasilkan Warna Coral. sementara untuk Warna Coral Pink yaitu, dapat anda hasilkan dengan mencampurkan warna Kuning dengan warna Merah kemudian warna Magenta dan yang terakhir adalah warna Putih dengan perbandingan takaran warna 2:4:2:5.

CAMPURAN WARNA AGAR MENGHASILKAN WARNA PEACH

Cara menghasilkan warna peach yaitu dengan mencampur warna Kuning dengan warna Merah kemudian warna putih maka akan menghasilkan warna Peach.sedangkan untuk menghasilkan warna peach yang lebih tua, anda dapat mencampurkan warna Kuning dengan warna Merah ditambah dengan warna Biru dan Putih dengan perbandingan takaran 2:2:1:5.

ARTI WARNA BAGI PSIKOLOGI MANUSIA ?

Pemanfaatan warna sebagai bentuk identitas dan nilai pada sebuah karya seni atau desain tidak terlepas dari dari arti warna tersebut. warna juga dapat memberikan efek psikologis bagi manusia yang dapat memicu dan memberikan kesan emosi tertentu pada manusia. Setiap jenis warna memberikan kesan dan makna tersendiri bagi pengamatnya sebagai contoh:

  • Warna merah. Warna ini identik dengan kesan kekuatan, energy, kehangatan, emosi, nafsu, bahaya dan lain sebagainya. Namun warna merah ini akan memberikan kesan berbeda jika dikombinasikan dengan warna lain.
  • Sebagai contoh apabila warna merah dikombinasikan dengan putih akan identic dengan lambing Negara Indonesia atau Polandia. Sedangkan jika digabungkan dengan warna hijau akan identic dengam symbol natal.
  • Warna biru. Warna ini secara psikologis memberikan kesan kepercayaan, keamananan, konservatif, bersih ,kebebasan dan lain sebagainya.
  • Warna hijau. Warna ini memberikan kesan nuansa alam, sehat, pembaharuan dan lain sebagainya. Warna hijau juga sering dipakai sebagai warna pada produk yang memberikan kesan ramah lingkungan.
  • Warna Kuning. Warna ini indentik dengan kesan Optimis, Sporty, Ketidak jujuran,Harapan, Filosafat, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan. Warna Kuning ini juga menjadi  warna yang keramat dalam agama Hindu.
  • Warna Putih. Warna ini identic dengan kesan Kesucian,Ketidak bersalahan, Kebersihan, Ketepatan, Setril, Kematian. Di Negara Amerika, warna Putih dipakai untuk melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), berbeda dengan Amerika, pada budaya Timur warna Putih melambangkan kematian.

KOMBINASI CAMPURAN WARNA AGAR RUMAH TERLIHAT LUAS

Warna tidak hanya digunakan dalam media seni lukis saja ataupun lambing suatu Negara. Dalam dunia arsitektetur warna juga dipakai untuk memperindah interior suatu ruangan agar terlihat semakin indah, dan memberikan kesan yang identic terhadap pemilik ruangan.

Biasanya kita dapat melihat kepribadian seseorang dengan melihat warna baik itu pada dinding kamar, rumah atau ruangan dengan warna yang dia pakai. Beberapa warna yang dapat anda pilih untuk ruangan yang sepit agar terlihat luas dan memberikan kesan istimewa antara lain:

1. WARNA PUTIH

Warna putih sering kali dipakai untuk memberikan kesan ruangan yang bersih dan juga memberikan kesan ruangan terlihat lbih lapang. Ruangan dengan dinding warna putih akan terlihat lebih cerah,luas, terang dan nyaman. Hanya saja memiliki ruangan dengan warna putih kotoran atau noda pada dinding dapat dengan mudah terlihat.

2. WARNA BIRU NAVY

Warna biru navy merupakan warna biru laut yang gelap dan dapat memberikan pegaruh yang luar biasa terhadap ruangan ang sempit. Jika anda memilih menggunakan warna biru niavy pada dinding anda, anda dapat mengombinasikannya dengan earn putih ataupun warna kuning. Dengan bagitu ruangan dapat terlihat lebih luas dan juga sejuk serta menyegarkan.

3. WARNA MERAH MENYALA

Warna merah selalu identic dengan kesan yang penuh dengan energy. Jika anda memilih warna merah menyala ini pada dinding ruangan anda, anda data mengombinasikannya dengan furniture yang ada di dalam ruangan yang berwarna putih. Dengan begitu warna merah pada ruangan anda tidak akan terkesan terlalu panas dan dapat meberikan kesan yang luas dan lapang.

4. WARNA KREM

Warna ini sangat cocok anda terapkan pada dinding ruangan yang sempit agar terlihat lebih luas. Penggunaan warna krem ini lenih cocok jika dikombinasikan dengan hiasan atau furniture dengan warna kayu ataupun bertekstur kayu. Dengan begitu akan terlihat lebih alami, luas dan hangat.

5. WARNA ABU ABU

Warna abu abu dapat memberikan kesan pada ruangan anda menjadi terlihat lebih klasik ataupun lebih modern. Bagi anda yang memilih warna ini pada cat dinding ruangan anda, agar terlihat lebih indah bisa dipadu padankan dengan warna hiasan yang lebih cerah agar ruangan terliha lebih luas dan nyaman.

6. WARNA ANGGUR

Warna anggur ini memang terkesan gelap. Namun apabila anda mengkombinasikannya dengan hiasan ataupun furniture berwarna abu abu atau putih atau yang warna yang sedkit lebih kalem maka ruangan yang terlihat gelap ini akan berubahh menjadi lebih elegan.

7. WARNA KUNING

Warna kuning pada dinding ruangan dapat memberikan kesan yang cerah dan ceria. Selain itu, sama halnya dengan warna putih, warna kuning mampu membuat ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Terutama apabila anda mengkombinasikan warna kuning tersebut denga warna putih akan memberikan kesan ruangan yang lebih lapang.

TIPS KOMBINASI CAMPURAN WARNA DALAM FASHION

Memiliki tampilan yang stylish tentu menjadi hal yang diinginkan oleh setiap orang terutama bagi kaum wanita. Kenapa begitu? Karena kaum wanita biasanya lebih memperhatikan setiap detail dari busana yang ia kenakan baik itu model ataupun warna pada busana tersebut. biasanya warna yang anda pilih pada busana anda memperlihatkan karakter atau kepribadian anda.

Mengkobinasikan warna pada busana juga perlu diperhatikan jangan sampai ketika anda ingin terlihat stylish malah ditertawakan orang akibat kombinasi warna yang anda pilih malah terkesan norak atau tidak cocok. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memilih warna pada busana

  1. Bagi anda yang kebingunan memilih paduan warna yang cocok pada pakaian anda, sebaiknya anda mengacu pada color wheel atau yang biasa disebut sebgai lingkaran warna.
  2. Dengan melihat pada lingkaran warna kalian dapat dengan mudah menemukan kombinasi warna yang cocok pada pakaian anda. Sebagai contoh anda bisa memilih warna yang bersebelahan pada lingkaran warna seperti perpaduan warna violet dengan warna biru violet.
  3. Anda juga dapat mengacu pada lingkaran warna dengan membentuk sudut 90 derajat. Sebagai contoh warna cerah seperti kuning dapat anda padukan dengan warna cerah lainnya yaitu dengan warna orange.
  4. Cara memilih perpaduan warna pada pakaian dengan mengacu pada color wheel atau lingkaran warna yaitu Anda dapat mengkombinasikan dengan warna yang saling berseberangan. Sebagai contoh warna kuning dapat dikombinasikan dengan warna violet.
  5. Cara memilih paduan warna menggunakan color wheel atau lingkaran warna dengan memanfaatkan 3 warna yaitu dengan membentuk huruf T pada lingkaran tersebut. sebagai contoh, anda dapat mekombinasikan warna pada busana pakaian anda dengan tiga warna berbeda yaitu warna biru digabungkan dengan warna oranye dan terakhir yaitu warna merah violet.

Kombinasi warna maupun campuran warna akan menimbulkan kesan yang berbeda-beda. Jika anda ingin mencampurkan warna yang satu dengan yang lainnya, anda harus memperhatikan banyaknya masing-masing warna yang hendak dicampurkan.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar