Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis dan Berkualitas 2020

Cara Mencari Jurnal Internasional – Pada saat Anda ingin menulis sebuah jurnal atau karya tulis yang sifatnya ilmiah maka Anda harus mendapatkan referensi yang valid. Jika Anda ingin mendapat sumber valid dan teruji kebenarannya maka Anda bisa memperolehnya dari jenis artikel yang ada di jurnal internasional. Ada banyak peneliti yang menulis perkembangan tentang ilmu pengetahuan, yang merujuk pada jurnal.

cara mencari jurnal internasional

Bagi para mahasiswa pascasarjana, kegiatan menulis karya tulis ilmiah dengan sumber jurnal internasional adalah hal yang tidak asing lagi. Kini, mengambil sumber jurnal internasional bisa melalui internet dengan cara mendownloadnya secara gratis.

Cara Mencari Jurnal Internasional dengan Gratis

Nah, bagi teman-teman yang membutuhkan jurnal internasional untuk berbagai macam keperluan seperti riset atau penelitian, berikut adalah beberapa cara untuk mencari jurnal secara gratis :

Cari Jurnal Internasional di DOAJ

doaj
Tahukah Anda tentang DOAJ, yang merupakan singkatan dari Directory of Open Access Journal atau sebutan lainnya yaitu direktori jurnal gratis. Anda bisa menemukan berbagai jenis jurnal internasional yang berasal dari suatu publisher. Ada sekitar 14000 lebih dan 14 juta lebih artikel yang bisa Anda temukan di sana.

Cara mendownload jurnal internasional pada situs DOAJ ini sangat mudah, Anda hanya perlu membuka situsnya di https://doaj.org lalu memasukkan kata kuncinya artikel yang diinginkan. Kemudian tunggu hasilnya dan klik masing-masing rincian jurnal yang ada. Pada beberapa judul artikel yang ada di sana, akan muncul pilihan Full Text dan Abstract.

Cari Jurnal Internasional di Science Direct

sciencedirect
Situs Science Direct merupakan publisher jurnal yang cukup besar yang memiliki ratusan hingga ribuan artikel dalam segala jenis bidang. Artikel yang diberi label Open Access adalah artikel yang bisa didownload secara gratis, tetapi yang tak ada label tersebut artinya harus dibeli sesuai harga tertera. Ada sekitar 900 lebih artikel di situ ini, yang bisa Anda unduh.

Cara mendownload di situs Science ini yaitu :

  • Buka situsnya di https://www.sciencedirect.com.
  • Isi kolom search dengan bidang artikel yang Anda butuhkan dan tunggu hingga hasilnya keluar.
  • Pilih artikel dengan tulisan Open Access untuk mendownload artikel gratis, sedangkan untuk artikel berbayar akan terdapat format PDF di sana.

Jenis tulisan lainnya yang bisa Anda download di sini selain artikel jurnal adalah patenr report, book chapter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cari Jurnal Internasional di Research Gate

researchgate
Situs yang berisi komunitas peneliti ternama terdapat di situs Research Gate. Anda juga bisa mendownload jurnal berbayar di sini tetapi dishare secara gratis oleh penulisnya. Selain itu Anda juga bisa request file secara langsung ke penulis jurnal tersebut. Untuk bisa masuk ke situs ini Anda harus mendaftar terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut :

  • Klik Join For Free terlebih dulu untuk mendaftar. Anda juga harus menggunakan email institusi saat mendaftar, sehingga Anda harus meminta email institusi dari kampus terlebih dulu. Jika sudah, Anda bisa langsung log in ke dalam situs.
  • Ketik judul jurnal di kolom search lalu tunggu hasilnya. Tidak semua jurnal yang nanti muncul memiliki format PDF, tetapi jika jurnal yang dibutuhkan dan tidak berbentuk PDF muncul maka Anda bisa melakukan request full text pada penulisnya.

Cari Jurnal Internasional di Google Format PDF

google pdf
Cara mencari artikel ilmiah lainnya bisa dengan membuka google dan mengetikkan kata kuncinya di kolom pencari. Tambahkan PDF di kata kuncinya supaya contoh-contoh artikel yang muncul sudah berupa PDF.

Cari Jurnal Internasional di Google Scholar

google scholar
Cara berikutnya dalam mencari jurnal/artikel internasional adalah di google cendekia yang merupakan mesin pencari google khusus untuk artikel ilmiah. Salah satu indeks di dalamnya disebut dengan google schoolar. Cara mencarinya sama dengan mencari di mesin pencari google yang biasanya.

Bagi Anda yang ingin mendownload artikel jurnal di google schoolar ini, bisa dengan mengklik kode PDF di bagian kanan.

Cari Jurnal Internasional di Academia

academia
Jurnal academia juga bisa menjadi pilihan Anda dalam pencarian jurnal/artikel internasional. Anda bisa membukanya di situs academia.edu. terdapat sekitar lebih dari 112 akademisi serta peneliti yang telah bergabung di dalam situs tersebut. Sebelum mengakses situsnya, Anda harus membuat akunnya dahulu dengan akun sosial media pribadi atau google.

Cara pencariannya sama dengan di situs lainnya, mengetikkan kata kunci di kolom pencari kemudian unduh.

Menghubungi Penulis Jurnalnya Langsung

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam memperoleh jurnal internasional adalah, dengan menghubungi penulis jurnal terkait. Cara yang paling umum dan efektif adalah dengan menghubunginya melalui email mereka. Biasanya para penulis tersebut akan memberikan jurnal dan artikel yang diminta, karena mereka memerlukan sitasi pada artikel yang bersangkutan.

Anda bisa mencari kontak email para penulis pada sebuah situs jurnal yang ada. Gunakan bahasa yang baik ketika Anda menggunakan cara ini.

Minta Bantuan Pada Penyedia Layanan Download Jurnal

Cara lainnya yang paling mudah dalam mencari jurnal ini adalah dengan meminta bantuan penyedia layanan download jurnal internasional yang free/gratis, pada orang-orang yang memang berlangganan jurnal berbayar pada kampusnya yang berlangganan atau secara pribadi.

Anda juga bisa meminta jurnal-jurnal internasional yang diperlukan, pada teman/kerabat yang sedang berkuliah di luar negeri. Biasanya, kampus yang ada di luar negeri sudah berlangganan jurnal terkait.

Download Jurnal Gratis pada Penerbit Akses Terbuka

Apabila cara yang disebutkan tadi masih kurang cukup atau kurang memuaskan, Anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu mengunduh secara gratis di situs penerbit yang termasuk jenis penerbit akses terbuka.

Penerbit tersebut memberi izin siapapun untuk mengunduh jurnal/artikel dengan gratis dan tak ada syarat tertentu. Ada banyak penerbit akses terbuka yang bisa Anda peroleh di internet. Biasanya jurnal yang mereka sediakan berupa jurnal online. Namun sebelum mengunduhnya, pastikan dahulu bahwa penerbit akses tersebut memang kompeten dan memiliki artikel serta jurnal yang berkualitas.

Pastikan juga bahwa penerbit tersebut menyediakan proses peer review yang baik, yang akan memudahkan Anda untuk memperoleh jurnal internasional secara gratis. Berikut ini nama-nama penerbit yang tersedia :

  • Hindawi
  • Peerj
  • MDPI
  • PLOS ONE

Jurnal merupakan jenis referensi yang bagus dan juga valid yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan sebuah laporan penelitian yang berkualitas. Anda juga akan memperoleh perkembangan ilmu terkini dari jurnal-jurnal tersebut, serta terhindar dari meneliti sesuatu yang telah menjadi objek penelitian orang lain.

Biasanya mahasiswa S3 tidak boleh melakukan penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti lainnya. Anda juga harus memilih jenis artikel/jurnal yang isinya padat tapi bermanfaat, serta sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Pilih cara mencari jurnal internasional gratis, yang ketentuan atau langkahnya paling mudah sehingga tidak membuang waktu Anda dalam proses pencarian tersebut.

Jika Anda sudah terbiasa dengan penelitian dan membuat jurnal/laporan penelitian, tentu Anda memiliki rekomendasi yang tepat dalam memilih situs atau sumber yang terpercaya. Sebuah jurnal dan artikel internasional yang baik, tentu dibuat dalam bahasa yang baik dan isi yang valid. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencari jurnal internasional karena kebenarannya dapat dipastikan tepat.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

2 pemikiran pada “Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis dan Berkualitas 2020”

Tinggalkan komentar