Cara Mudah Menyiasati Bagasi Pesawat Supaya Pengeluaran Nggak Semakin Membengkak

bagasi pesawat

Irwinday.web.id – Tidak bisa dipungkiri, bagasi merupakan salah satu hal yang cukup penting saat naik pesawat. Jika tidak diperhatikan dengan baik, bagasi juga bisa jadi masalah.

Sebagai informasi ya, beberapa penerbangan low cost carrier (LCC) yang sebelumnya sempat menggratiskan layanan tersebut, dengan memberikan 10-20 kg hanya dengan membayar tiket, sekarang sistemnya sudah berubah.

Sekarang peraturannya sudah berganti, semakin jauh penerbangan bisa jadi semakin mahal biaya tambahan yang dikeluarkan untuk bagasi. Apalagi bawang bawaan yang dibawa sangat banyak, makin mahal saja. Maka dari itulah, supaya pengeluaran tetap terkontrol dengan bagi ada beberapa cara untuk menyiasati bagasi pesawat.

1. Ketahui Aturan Ukuran Bagasi Maskapai yang Dipilih

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing terkait biaya bagasi tambahan. Biasanya yang diperbolehkan dibawa ke kabin maksimal 7 kg. Lalu untuk biaya tambahan di bagasi, cari tahun info yang lebih lengkap. Jangan sampai di bandara kamu malah membuang barang yang sudah dibeli, sayang sekali kan.

Info mengenai bagasi ini bisa diperoleh di website maskapai penerbangan atau bisa bertanya langsung ke customer service. Jangan malas untuk mencari tahu ya. Ini berhubungan dengan pengeluaran, jadi perhatikan dengan lebih baik.

2. Bawa Barang Sesuai Kebutuhan

Seringkali saat bepergian, banyak sekali barang yang dipersiapkan dengan tujuan untuk berjaga-jaga. Namun bukannya dipakai, barang-barang tersebut malah hanya menambah beban bawaan saja. Maka dari itulah, tips pertama yang perlu kamu ingat baik-baik adalah bawalah barang sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai berlebihan dan menyusahkan diri nantinya.

Setelah membawa barang sesuai dengan yang dibutuhkan, pack barang seringkas mungkin. Misalnya saja bisa menggulung baju atau celana supaya bisa muat lebih banyak. Selain itu bawalah skincare, kosmetik, atau keperluan lainnya yang ukuran travel size ya.

Apalagi sebenarnya maskapai penerbangan masih mengizinkan kamu membawa tas maksimal 7 kg ke dalam kabin. Nggak perlu bayar biaya tambahan sama sekali kalau sudah begitu.

3. Pesanlah Ekstra Bagasi Secara Online

Jika tidak memungkinkan untuk meringkas barang bawaan, hal yang bisa kamu lakukan adalah pesan ekstra bagasi pesawat. Bisanya jatah ekstra bagasi ini dalam bentuk paket, jadi akan lebih terjangkau. Misalnya saja bagasi ekstra milik AirAsia ada paket mulai dari 15, 20, 25, 30, dan sampai 40 kg.

Supaya lebih gampang lagi, bisa melakukan pemesanan ekstra bagasi pesawat melalui situs booking tiket online seperti Traveloka. Bisa lewat aplikasi atau website ya, sama-sama memudahkan. Namun jika kamu menggunakan ponsel, aplikasi lebih disarankan tentunya.

Kamu bisa memesan jatah biaya bagasi tersebut bersamaan dengan pemesanan tiket. Jadi tidak perlu melakukan proses yang ribet.

4. Pilih Koper dengan Bahan Ringan

Koper juga bisa menjadi penyebab pengeluaran bagasi membengkak lho. Maka dari itulah, pastikan sudah membeli koper yang sudah memiliki bahan yang ringan. Tidak hanya ringan, pastikan koper yang dimiliki memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan asal pilih dengan alasan lucu atau warnanya yang cantik saja ya. Koper merupakan hal yang krusial juga, perlu dipilih secara bijak.

Jika sudah awet, ringan, dan sesuai dengan kebutuhan, kamu tidak akan perlu mengeluarkan uang tambahan lagi untuk membeli yang baru dalam waktu dekat misalnya.

5. Berbagi Berat dengan Teman Serombongan

Trik ini khusus dilakukan jika pergi berombongan. Kamu bisa sharing barang bawaan. Bisa juga menitipkan beberapa barang ke rekan perjalanan jika dirasa masih memiliki ruang yang banyak di bagasinya.

Jangan segan-segan untuk melakukannya, apalagi rekan perjalanamu ini adalah teman, pacar, atau bahkan keluarga ya. Supaya tidak membuat antrean mengular saat memindahkan barang, ada baiknya bisa ditimbang dulu dari rumah, untuk berjaga-jaga barang apa sekiranya yang bisa dititipkan.

Tips ini bisa dilakukan terutama jika tipe rekan perjalananmu adalah si simple yang tak suka bawa banyak barang.

Sudah banyak pengalaman orang membuang barangnya di bandara atau terpaksa membayar biaya tambahan untuk bagasi. Maka dari itulah jika kamu tidak mau pengeluaran makin menjadi-jadi, lakukan tips yang sudah disebutkan. Semoga jalan-jalanmu selalu menyenangkan.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Tinggalkan komentar