13+ Contoh Daftar Isi Skripsi, Makalah & Laporan yang Baik dan Benar

Daftar Isi

Contoh Daftar Isi Terbaik dan Terbaru 2020 – Saat di perkuliahan dalam menulis makalah akan dituntut benar dan mungkin bisa dibilang sempurna. Dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman dll. Agar tidak bingung dan lebih memudahkan dalam mengerjakannya. Artikel ini akan membahas tentang contoh makalah yang benar.

Makalah menjadi tugas dasar dari sebuah mahasiswa agar terbiasa dan tidak kaget ketika di semester akhir mengerjakan skripsi. Biasanya makalah dijadikan makanan mingguan setiap dosen agar mahasiswa mampu berkembang dalam pemikiran yang kritis. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang contoh makalah yang benar.

Ketika akan membuat sebuah contoh makalah, rasanya seperti sangat sulit bagi mahasiswa maupun mahasiswi perguruan tinggi. karena saat kita ingin menyusun sebuah makalah dengan benar dan baik, seharusnya memang berdasarkan dengan apa yang terjadi di lapangan yang telah diteliti secara langsung.

Selain itu penelitiannya juga harus di lakukan dengan cermat dan secara detail, dari segi penyebabnya dan bagaimana hal itu bisa terjadi, atau bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Pada dasarnya makalah merupakan suatu cuplikan atau bentuk karya kecil dari penulisan sebuah karya ilmiah.

UNSUR UMUM YANG WAJIB ADA PADA DAFTAR ISI

1. KATA PENGANTAR

Ketika menulis sebuah karya tulis, hendaknya pada terdapat beberapa unsur yang harus ada sebelum berlanjut ke inti dari karya yang di tulis. Beberapa unsur tersebut juga harus di masukkan ke dalam daftar isi. Salah satunya adalah kata pengantar. Kata pengantar memang seringkali dianggap bukan inti dari tulisan atau karya ilmiah dan seringkali diabaikan ketika oleh pembaca karya tersebut.

Akan tetapi, kata pengantar merupakan unsur yang arus ada dan tidak bisa diabaikan. Kata pengantar yang berisi ucapan pujian, rasa syukur, gambaran singkat tentang isi, rasa terimakasih penulis kepada pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam penyelesaian karya, serta harapan penulis untuk ke depannya agar karya tersebut dapat lebih baik lagi dan bermanfaat sebagaimana mestinya.

2. LATAR BELAKANG

Pada lembaran ini berisi tentang awal mula, dasar dan bagaimana serta apa isu ataupun topik yang hendak dijabarkan di dalam isi karya tersebut. Misalkan seseorang ingin membuat laporan tentang penelitian di suatu desa, maka pada halaman ini dipaparkan mengenai biografi desa, identitas, dan masalah atau hal apa yang terjadi di desa yang hendak di teliti oleh penulis pada desa tersebut.

Misalkan penulis ingin membuat makalan mengenai analisis mengapa fenomena A terjadi, maka pada bagian latar belakang diisi dengan pengenalan terhadap fenomen atersebut. Contohnya jika ingin meneliti pertumbuhan ekonomi maka diisi dengan pengertian ekonomi, macam-macam ekonomi, ekonomi seperti apa yang hendak diteliti dan lainnya. Unsur latar belakang ini harus ada pada daftar isi.

3. RUMUSAN MASALAH

Pada bagian ini, penulis menjabarkan poin-poin yang menjadi pusat perhatian atau yang akan diteliti dan di kaji pada bab selanjutnya. Bab rumusan masalah ini sendiri khusus dan terpisah dari bab lainnya oleh karena itu, rumusan masalah merupakan bab yang harus di cantumkan pada sebuah daftar isi. Jika pada daftar isi tidak dicantumkan rumusan masalah, berarti dalam karya tersebut bukanlah karya analisis.

Jika dalam skripsi atau penelitian, maka rumusan masalah hanya berupa pertanyaan khusus seperti misalnya “Mengapa terjadi Bubble Economi di Jepang pada tahun 1970an ?” atau “Bagaimana proses terjadinya Bubble Ekonomi di Jepang ?”. Akan tetapi jika pada makalah biasanya, rumusan masalah akan disertakan dengan point-point penting yang akan menjadi isi inti dari makalah yang akan ditulis.

4. TUJUAN PEMBUATAN KARYA

Baik proposal, skripsi, buku, laporan ataupun jurnal tentunya memiliki tujuan dalam pembuatannya. Sebuah karya ilmiah akan selalu dibuat dengan berlandasan alasan dan tujuan. Itulah mengapa bab tujuan ini dipisahkan juga dan harus di cantumkan dalam daftar isi. Misalkan dalam sebuah laporan penelitian, penulis akan menjelaskan mengenai tujuan dari dilakukannya penelitian tersebut.

Tujuan dalam membuat karya ilmiah tentunya buan sembarang tujuan, ada yang bertujuan untuk memecahkan masalah atau fenomena sosial, ada yang bertujuan sebagai salah satu syarat dalam memenuhi tugas mata pelajaran atau mata kuliah yang diberikan oleh dosen, serta ada yang memiliki tujuan untuk memenuhi kelulusan dan mengejar gelar sarjana misalknya karya ilmiah seperti skripsi.

5. MANFAAT

Pada bab ini berisi penjelasan tentang apa yang diperoleh penulis dan apa yang diperoleh pembaca ketika karya tulis tersebut sudah di publikasikan. Bab ini juga merupakan bab independen yang harus ada pada sebuah daftar isi. Hal tersebut untuk meyakinkan para pembaca agar bersedia memperhatikan dan meyakinkan terkait manfaat yang akan diperoleh apabila membaca karya tersebut.

6. PEMBAHASAN

Bab ini terdiri dari poin ini yang akan di sampaikan penulis dalam karyanya. Pada bab ini terdapat identifikasi masalah, konsep, metode, teori dan segala hal yang berkaitan dengan poin yang akan di sampaikan oleh penulis. Bab ini merupakan bab yang harus dicantumkan dalam daftar isi karena merupakan bab wajib yang harus ada serta tidak boleh terlewakan ketika menulis sebuah karya ilmiah.

Pada bagian inilah unsur daftar isi lebih banyak daripada bagian yang lain. Pada unsur pembahasan ini terdapat sub bab pembahasan yang mana masing-masing sub bab juga diberikan daftar isi agar pembaca mudah menemukan sub bab di dalam karya ilmiah tersebut. Biasanya daftar isi bagian sub bab ini mencakup setengah dari seluruh daftar isi yang ada.

7. PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA

Bab penutup ini merupakan bab akhir dimana berisi kesimpulan dan saran yang masing-masing di bedakan sub babnya. Kesimpulan terdiri dari inti pembahasan suatu karya yang sudah dipaparkan sebelumnya. Kesimpulan ini wajib ditulis karena berisi tentang tanggapan dan pendapat penulis mengenai karya yang sudah di buat sebelumnya, kesimpulan juga dapat berisi alternatif penyelesaian.

Sedangkan pada sub bab saran berisi saran penulis kepada pembaca ataupun sebaliknya, penulis meminta saran kepada pembaca yang disertai dengan kontak dari si penulis agar bisa berkomunikasi dengan pembaca. Sub bab saran ini menjadi hal penting yang harus dicantumkan pada daftar isi dan menjadi sebuah tanda akan kerendahan hati dan kekurangan penulis sehingga membutuhkan saran lain.

Daftar pustaka merupakan hal yang wajib ada ketika membuat karya ilmiah atau sejenisnya. Buku, thesis, jurnal, dan semua referensi resmi wajib dicantumkan dalam daftar ini.

Baca: Contoh Cover Makalah

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

Daftar isi dapat di buat dengan dua cara yaitu manual dan otomatis. Kebanyakan orang akan membuat daftar isi dengan cara manual karena belum mengetahui cara membuat daftar isi otomatis yang cukup mudah untuk dilakukan. Pembuatan daftar isi otomatis ini sebenarnya bisa dikerjakan menggunakan Microsoft word karena Microsoft word sendiri memiliki fitur pembuatan daftar isi secara otomatis.

1. TENTUKAN JUDUL DAN SUB JUDUL DARI KARYA ILMIAH YANG AKAN DIBUATKAN DAFTAR ISI

Setelah menentukan judul dan sub judul dari setelah itu ketik pada satu halaman kosong di lembar Microsoft word agar lebih memudahkan dalam membuat daftar isi. Nantinya daftar ini ini bisa dipindahkan pada halaman atau file yang sudah berisi materi dari karya yang hendak dibuatkan daftar isi. Namun bila ingin langsung membuat pada lembar yang sudah berisi materi juga tidak masalah.

2. MENGGUNAKAN FITURE STYLE HEADING

Kemudian blok judul dan pilih Style Heading 1 pada format style di menu home. Khusus untuk judul pada setiap bab menggunakan Style Heading 1. Untuk sub judul lakukan dengan cara yang sama namun menggunakan Style Heading 2, Style Heading 3 dan seterusnya. Hal ini untuk membedakan judul dengan sub judul agar mempermudah pembaca dalam membedakan judul dengan subjudul.

Style heading ini akan mengubah warna tulisan judul atau sub judul. Warna otomatis dari style heading biasanya adalah biru atau biru tua. Jika ingin mengubah warna tulisan menjadi warna yang diinginkan bisa dilakukan pada menu modify. Pada Microsoft versi 2003, style heading dapat di temukan pada menu formatting kemudian klik style box lalu klik heading style.

3. MEMBUAT FORMAT DAFTAR ISI

Membuat format daftar isi seperti menghubungkan judul atau sub judul dengan keterangan halaman menggunakan garis titik panjang dapat dibuat baik secara otomatis maupun manual. Namun untuk memudahkan penulis, sebaiknya menggunakan cara otomatis karena cara manual terkadang terkesan tidak rapi baik karena penulisannya taupun karena justify yang tidak rapi dan memakan waktu lama.

Untuk menentukan format daftar isi yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara memilih menu references pada lalu memilih fitur table of contents yang ada pada sisi paling kiri menu references. Pada fitur table of contents ini terdapat opsi berupa format daftar isi kemudian pilih format mana yang hendak digunakan. Setelah memilih salah satu opsi, maka secara otomatis akan membentuk daftar isi.

CONTOH DAFTAR ISI MAKALAH

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 2

BAB I PENDAHULUAN 2
LATAR BELAKANG MASALAH 2
RUMUSAN MASALAH 2
TUJUAN PENULISAN MAKALAH 2
METODE PENULISAN MAKALAH 2
MANFAAT PENULISAN MAKALAH 2

BAB II PEMBAHASAN 2
KONSEP DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN KARAKTER 2
UNIT PERENCANAAN PENDIDIKAN KARAKTER 2
PARA AKTOR YANG TERLIBAT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 2
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN AKHLAK SISWA 2

BAB III PENUTUP 2
KESIMPULAN 2
SARAN 2

DAFTAR PUSTAKA 2

CONTOH DAFTAR ISI MAKALAH YANG BENAR

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI 1
BAB I PENDAHULUAN 2
A. LATAR BELAKANG MASALAH 3
B. RUMUSAN MASALAH 4
C. TUJUAN PENULISAN MAKALAH 5
D. METODE PENULISAN MAKALAH 6

BAB II PEMBAHASAN 7
A. PENGERTIAN INOVASI 8
B. TEORI INOVASI 9
C. HUBUNGAN MANUSIA DENGAN INOVASI 10
D. KEBUTUHAN MANUSIA UNTUK INOVASI 11
E. STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN INOVASI 12
F. PERKEMBANGAN LANJUTAN INOVASI MANUSIA 13

BAB III PENUTUP 14
A. KRITIK 16
B. SARAN 17
C. KESIMULAN

DAFTAR PUSTAKA 18

LAMPIRAN

CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
DAFTAR LAMPIRAN KEGIATAN iv
DAFTAR GAMBAR KEGIATAN v
DAFTAR PUSTAKA vii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 2
B. Tujuan PRAKERIN 3
C. Ruang Lingkup PRAKERIN 4
D. Manfaat PRAKERIN 5
E. Definisi Islital dalam Laporan 6

BAB II HASIL PRAKTER KERJA INDUSTRI 7
A. Gambaran Umum Tentang Industri dan Instansi 8
B. Rangkaian Aktivitas dan Kegiatan selama PRAKERIN 9
C. Masalah dan Tantangan yang dihadapi selama PRAKERIN 10
D. Alternatif dan Metode Pemecahan Masalah 12
E. Metode Pemecahan Masalah Yang di Pilih 15

BAB II PENUTUP 17
A. Kesimpulan 28
B. Saran 29

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

CONTOH DAFTAR ISI SKRIPSI

DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL i
LEMBAR PERSEMBAHAN ii
LEMBAR MOTTO iii
LEMBAR PERNYATAAN PENULIS iv
LEMBAR PEMBIMBINGAN v
HALAMAN PENGESAHAN vi
ABSTRAKS vii
PRAKATA viii
DAFTAR ISI ix
DAFTAR TABEL x
DAFTAR GAMBAR xii
DAFTAR LAMPIRAN xiii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 2
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penelitian 4
D. Manfaat Penelitian 5

BAB II TINJAUN PUSTAKA 6
A. Landasan Teori 7
B. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia 8
C. Kompensasi 9

BAB III Penutup 10
A. Kesimpulan 11
B. Saran 12

CONTOH DAFTAR ISI KARYA TULIS ILMIAH

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN 1
1. Definisi Karya Tulis Ilmiah 2
2. Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah 3
3. Kerangka Umum Dan Kaidah Penulisan Karya Tulis Ilmiah 4

BAB II MENGENAL MICROSOFT OFFICE 5
1. Sejarah Microsoft Office 6
2. Perkembangan Microsoft Office 7
3. Kegunaan Microfost Office 8
4. Instalasi Microsoft Office 9
5. Cara Mengoperasikan Microsoft Office 10

BAB III KERANGKA TULIS KARYA ILMIAH 11
1. Pengaturan Format Huruf 12
2. Pengaturan Format Paragraf 13
3. Penggunaan Kata-Kata Efektif 14
4. Penggunaan Tanda Baca 15
5. Cara Membuat Daftar Bernomor 16
6. Cara Membuat Daftar Bertanda Khusus 17

BAB IV PENUTUP 18
1. Kesimpulan 19

CONTOH DAFTAR ISI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

DAFTAR ISI

SAMPUL i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR GAMBAR v
DAFTAR LAMPIRAN vi
DAFTAR PUSTAKA vii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 2
B. Tujuan PKL 3
C. Ruang Lingkup PKL 4
D. Manfaat PKL 5
E. Definisi Atau Istilah Yang Ada Dalam Laporan 6

BAB II HASIL DAN CAPAIAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 7
A. Gambaran Umum Instansi 8
B. Aktivitas Yang Dikerjakan Selama Proses PKL 9
C. Masalah Dan Tantangan Yang Dihadapi 10
D. Solusi Dan Alternatif Pemecahan Masalah 11
E. Metode Pemecahan Masalah Yang Dipilih 12

BAB III PENUTUP 13
A. Kesimpulan 14
B. Saran 15

CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PSG

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
DAFTAR GAMBAR iv

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 2
B. Tujuan PSG 3
C. Ruang Lingkup PSG 4
D. Manfaat PSG 5
E. Definisi Atau Istilah Yang Ada Dalam Laporan 5

BAB II HASIL DAN CAPAIAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA 7
A. Gambaran Umum Dunia Usaha Koperasi 8
B. Aktivitas Dan Kegiatan Yang Dilakukan Selama PSG 9
C. Masalah dan Rintangan yang Dihadapi 10
D. Solusi dan Alternatif Pemecahan Masalah 11
E. Metode Pemecahan Malasah yang dipilih 12

BAB III PENUTUP 13
A. Kesimpulan 14
B. Saran 16

DAFTAR PUSTAKA 19

LAMPIRAN 20

CONTOH DAFTAR ISI PROPOSAL

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL DAN JUDUL i
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING ii
DAFTAR ISI iii
DAFTAR GAMBAR iv
DAFTAR TABEL v
DAFTAR LAMPIRAN vi

BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang Masalah 2
1.2 Rumusan Masalah 3
1.3 Tujuan Penelitian 4
1.4 Manfaat Penelitian 5
1.5 Hipotesis 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 7
1.1 Tinjauan Tentang Jagung (Zea Mays) 8
1.2 Klasifikasi Tumbuhan Jagung 9
1.3 Nama Daerah Lokasi Peninjauan 10
1.4 Persebaran Tanaman Jagung di Indonesia 11
1.5 Morfologi 12
1.6 Kandungan Gizi Pada Jagung 13
1.7 Kandungan Kimia Pada Jagung 14
1.8 Manfaat dari Jagung 15
1.9 Tinjauan Ekstrak Jagung 16
1.10 Definisi Ekstrak 17
1.11 Bahan Pelarut 18
1.12 Metode Pengolahan Ekstrak Jagung 19
1.13 Tinjauan Uji Toksisitas 20
1.14 Metode Uji Toksisitas 21
1.15 Efek dari Toksin pada Jagung 22
1.16 Tinjauan Total Protein 23
1.17 Tinjauan Uji Coba Terhadap Tikus ( Rattus norvegicus) 24

BAB III KERANGKA KONSEPTUAL 26
1.1 Teori 28
1.2 Konsep 29

BAB IV ALAT, BAHAN, DAN METODE PENELITIAN 30
1.1 Bahan Penelitian 31
1.2 Bahan dan Alat Tanaman 33
1.3 Bahan Kimia dan Bahan Lain yang digunakan 34
1.4 Jenis Hewan Percobaan 34
1.5 Alat dan Keperluan Penelitian 35
1.6 Metode Penelitian 36
1.7 Rancangan Uji Coba 37
1.8 Pembuatan Ekstrak Jagung 39
1.9 Penentuan Dosis Uji Toksisitas 39

BAB V RANCANGAN DAN KERANGKA PELAKSANAAN PENELITIAN 48
1.1 Lokasi dan Tempat Penelitian 49
1.2 Waktu dan Tanggal Penelitian 50
1.3 Jadwal Penelitian 51
1.4 Biaya dan Anggaran Penelitian 52

DAFTAR PUSTAKA 53

CONTOH DAFTAR ISI PADA BUKU

DAFTAR ISI BUKU

MEMORANDUM 1
LAPORAN AUDITOR DEPENDEN DAN INDEPENDEN 2
NERACA PERDAGANGAN 3
LAPORAN LABA DAN RUGI 4
LAPORAN TAHANAN LABA 5
LAPORAN ARUS PENGELUARAN DAN PEMASUKAN KAS 6
CATATAN LAPORAN DATA KEUANGAN 7
USULAN JURNAL PENYESUAIAN 8
PERSEROAN TERBATAS 9
BANK-BANK SWASTA 10
HAK MILIK INTELEKTUAL 11
PERUSAHAAN SWASTA DALAM NEGERI 12
PERUSAHAAN SWASTA LUAR NEGERI 13
MULTINATIONAL CORPORATION 14
MITRA DAGANG ASING 15
KAPITAL DAN MODAL 16
SIMPAN PINJAM BANK PERUSAHAAN 17

KESIMPULAN 18

DAFTAR PUSTAKA 19

BIODATA PENULIS 20

INDEKS 21

CONTOH DAFTAR ISI BUKU REFERENSI KULIAH

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR – V
DAFTAR ISI – VIII

BAB I PENDAHULUAN – 1
A. Rivalitas dan Konflik Amerika vs Cina – 10
B. Strategi Cina Menuju Super Power Baru – 13
BAB II STRATEGI EKONOMI CINA – 15
A. Ekonomi dengan Basis Inovasi Terbaru – 27
B. Strategi One Belt One Road Initiative – 29
C. Peran Cina pada Ekonomi Kelas Menengah – 32
D. Investasi dan Relasi di Luar Negeri – 36
E. Dukungan Penuh Terhadap Globalisasi – 39
F. Transisi Menjadi Pasar E-Commerce Terbesar Dunia – 40
G. Pertumbuhan Ekonomi Terbesar di Dunia – 45

BAB III STRATEGI MILITER – 47
A. Pasukan Militer Terbesar Di Dunia – 49
B. Modernisasi Dan Inovasi Angkatan Bersenjata – 53
C. Perkembangan Teknologi Intelijen – 58
D. Teknologi Keamanan Berbasis Luar Angkasa – 63
E. Produsen Pesawat Tanpa Awak Bersenjata – 69
F. Mengungguli Teknologi Militer Negara Adi Kuasa – 72
G. Mengembangkan Teknologi Hypersonic – 78
H. Mengembangkan Teknologi Railgun – 76
I. Kekuatan Angkatan Militer Udara – 78
J. Kekuatan Angkatan Militer Maritim – 80
K. Teknologi Kapal Selam Cina – 83
L. Pengembangan Kapal Induk – 84
M. Mengejar Ketertinggalan Teknologi Militer Barat – 85

BAB IV PERAN STRATEGIS CINA DALAM MENGEMBANGKAN ILMU PENDIDIKAN, TEKNOLOGI DAN SAINS – 89
A. Pengembangan Ilmu Pendidikan Dan Perguruan Tinggi – 90
B. Keterkaitan Perguruan Tinggi Dengan One Belt One Road Initiative – 96
C. Tujuan Pendidikan Terbesar Ketiga Dunia – 98
D. Perkembangan Terhadap Teknologi Dan Sains – 100
E. Keunggulan Dalam Produktivitas Pendidikan Dan Ilmiah – 102
F. Prediksi Separuh Produksi Cina – 105
G. Perkembangan Industri Semikonduktor – 108
H. Perkembangan Industri Transportasi Udara – 109
I. Pasar Dan Produksi Robot Terbesar Di Dunia – 113
J. Produsen Dan Pasar Mobil Listrik Terbesar Di Dunia – 118
K. Jaringan Kereta Api Dan Transportasi Lintas Laut Terbesar Di Dunia – 123
L. Perkembangan Industri Dan Produsen Kapal Komersial – 128
M. Menjadi Kekuatan Baru Dalam Sains Dan Teknologi Terbesar – 132

BAB V PERGESERAN POLITIK DAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI CINA PADA TIAP PEMIMPIN – 136
A. Politik Luar Negeri Cina Era Jiang Zemin – 138
B. Politik Luar Negeri Cina Era Hu Jiantao – 142
C. Politik Luar Negeri Cina Era Xi Jinping – 147
D. Agresivitas Dan Kebijakan Cina Terhadap Isu Laut Cina Selatan – 154

BAB VI DIPLOMASI CINA MENGGUNAKAN EKONOMI PADA ABAD 21 – 159
A. Proyek Belt And Road Initiative – 163
B. Proyek Belt And Road Initiative Di Asia Tengah – 167
C. Proyek Belt And Road Initiative Di Asia Selatan – 169
D. Proyek Belt And Road Initiative Di Negara Asean – 174
E. Proyek Belt And Road Initiative Di Negara Eropa – 179

BAB VII RESPONS AMERIKA TERHADAP STRATEGI CINA YANG MULAI BERGESER MENUJU SUPER POWER BARU – 184

BAB VIII PERANG DAGANG CINA VS AMERIKA – 196
A. Dampak Perang Dagang Terhadap Industri Dan Ekonomi Di Amerika – 201
B. Reaksi Cina Terhadap Perang Dagang – 214
C. Perundingan Dan Negosiasi Perdagangan – 219

KESIMPULAN – 224

DAFTAR PUSTAKA – 254

BIODATA PENULIS – 267

INDEKS – 268

CONTOH DAFTAR ISI MAKALAH SUMBER DAYA MANUSIA

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang Masalah 2
1.2 Rumusan Masalah 3
1.3 Tujuan 4
1.4 Metode Penelitian 6
1.5 Sistematika penulisan Makalah 7

BAB 2 LANDASAN TEORI 9
1.1 Identifikasi Lingkungan Dan Hidup Dan Kualitas Sumber Daya Manusia 10
1.2 Keterbatasan Ekologi dan Pembangunan Berkelanjutan 11

BAB 3 ANALISA LINGKUNGAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA 12

BAB 4 MASALAH-MASALAH PADA LINGKUNGAN DAN SUMBER DAYA 13

BAB 5 DAMPAK DAN PENYEBAB MASALAH LINGKUNGAN HIDUP 14

BAB 6 UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH LINGKUNGAN DAN KETERBATASAN SUMBER DAYA ALAM 16
1.1 Upaya Mengatasi Berbagai Masalah Lingkungan dan Sumber Daya 17
1.2 Pengelolaan Sumber Daya Alam Terbarukan 18
1.3 Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan 19
1.4 Pengelolaan Sampah Daur Ulang 20
1.5 Pelestarian Flora dan Fauna dengan Dukungan Lingkungan 21

BAB 7 PENUTUP 22
1.1 Kesimpulan 23
1.2 Saran 34

DAFTAR PUSTAKA 35

CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL i
LEMBAR PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv

BAB I PENDAHULUAN 1
A. RASIONALITAS 2
B. DASAR-DASAR HUKUM 3
C. TUJUAN 4
D. SASARAN 5
E. UMPAN BALIK DAN HASIL YANG DI HARAPKAN 6

BAB II PELAKSANAAN 7
A. LOKASI 8
B. WAKTU DAN TEMPAT 9
C. NARASUMBER 10
D. PANITIA 11
E. KERANGKA KEGIATAN 12
F. JADWAL KEGIATAN 13
G. PROSES PELAKSANAAN 14

BAB III PENUTUP 15
A. KESIMPULAN 16
B. SARAN 16

CONTOH DAFTAR ISI SKRIPSI GEOLOGI

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
HALAMAN PERSEMBAHAN iii
UCAPAN TERIMAKASIH iv
KATA PENGANTAR v
ABSTRAK vi
DAFTAR ISI vii
DAFTAR GAMBAR ix
DAFTAR TABEL xi

BAB I. PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Maksud dan Tujuan 2
1.4 Lokasi dan Waktu Penelitian 3
1.5 Hasil Penelitian 4
1.6 Manfaat Penelitian 5

BAB II. METODOLOGI PENELITIAN 7
2.1 Tahap Pendahuluan 7
2.2 Tahap Pengumpulan Data 8
2.3 Analisis Data 8
2.4 Penyusunan dan Penyajian Data 10
2.5 Laporan Tugas Akhir 11

BAB III. DASAR PEMBAHASAN 12
3.1 Deskripsi Umum Nikel Laterit 12
3.2 Genesa Umum Nikel Laterit 13
3.3 Faktor-Faktor Pembentukan Nikel Laterit 14
3.4 Profil Laterit 17
3.5 Persebaran unsur Selama Proses Laterit 20
3.6 Unsur Mobile dan Non-Mobile 24
3.7 Tipe Endapan Nikel Laterit 25

BAB IV. GEOLOGI REGIONAL 27
4.1 Fisiografi Regional Sulawesi 27
4.2 Tektonik Regional Sulawesi 29
4.3 Stratigrafi Regional Sulawesi Tenggara 30
4.4 Struktur Geologi Regional Sulawesi Tenggara 32
4.5 Geomorfologi Regional Sulawesi Tenggara 32

BAB V. GEOLOGI DAERAH PENELITIAN 34
5.1 Fisiografi Daerah Penelitian 34
5.2 Pola Pengaliran Daerah Penelitian 34
5.3 Geomorfologi Daerah Penelitian 34
5.4 Stratigrafi Daerah Penelitian 38
5.5 Struktur Geologi Daerah Telitian 42
5.6 Sejarah Geologi 43
5.7 Potensi Geologi 45

BAB VI KARAKTER FISIK DAN KIMIA PROFIL NIKEL LATERIT DAERAH PENELITIAN 47
6.1 Karakteristik Fisik Profil Nikel Laterit 47

BAB VI PENUTUP 64

7.1 Kesimpulan 64
7.2 Saran 64

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Baca: Macam Macam Gaya Bahasa (Majas)

CONTOH DAFTAR ISI PROPOSAL PENGAJUAN TEMPAT

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR GAMBAR v
DAFTAR TABEL vi

BAB I. PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Maksud dan Tujuan 2
1.4 Lokasi dan Waktu Penelitian 3
1.5 Hasil Penelitian Skripsi 4
1.6 Manfaat Penelitian 4
1.7 Alternatif Judul Penelitian Skripsi 6
1.8 Pembimbing Penelitian 6

BAB II. METODE PENELITIAN 7
2.1 Metode Penelitian 7
2.1.1 Studi Pustaka 8
2.1.2 Tahap Penelitian Lapangan 8
2.1.3 Analisis Laboratorium 8
2.1.3.1 Analisis Petrografi 8
2.1.3.2 Analisis Geokimia 8
2.1.4 Pengolahan Data 9
2.1.5 Interpretasi Hasil Penelitian 9
2.1.6 Alat dan Fasilitas 11
3.1 Klasifikasi Endapan Mineral 11
3.2 Endapan Permukaan 12
3.3 Endapan Residual 12
3.4 Nikel Laterit 13
3.5 Profil Laterit 13
3.6 Genesa Nikel laterit 14

BAB IV GEOLOGI REGIONAL 16
4.1 Fisiografi Daerah Telitian 16
4.2 Strarigrafi Regional Daerah Telitian 16
4.3 Morfologi Daerah Telitian 22
4.4 Tatanan Tektonik Daerah Telitian 23

BAB V PENUTUP 26

5.1 Kesimpulan dan Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
– Surat Permohonan Tempat Tugas Akhir
– Transkrip Nilai
– Curiculum Vitae

Baca: Macam Macam Gaya Bahasa (Majas)

Beberapa contoh daftar isi diatas bisa anda jadikan sebagai acuan pembuatan daftar isi. Sebenarnya, tidak ada aturan resmi dalam membuat daftar isi, formatnya tidak berbeda jauh. Namun, yang harus diperhatikan adalah validnya nomor halaman pada daftar isi dan yang ada pada isi dari makalah / proposal / buku / skripsi / dan lainnya.

SHARE