Contoh Deskripsi Beserta pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Contoh Paragraf Deskripsi– Tahukah kalian apa itu paragraf deskripsi? Untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah, kalian pasti akan mengetahui tentang Istilah ini. Terutama untuk kalian yang senang dengan pelajaran Bahasa Indonesia.

Tetapi, mungkin ada sebagian dari kalian yang tertinggal atau belum faham tentang materi ini. Tenang saja, karena pada artikel kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang paragraf deskripsi. Agar kalian bisa menbedakan antara paragraf satu dengan paragraph yang lain.

Tetapi, pembahasan materi pada artikel saya kali ini akan lebih condong pada contoh deskripsi. Karena dengan adanya contoh saya berharap kalian bisa lebih paham dengan materi ini. Tetapi jangan khawatir, walaupun artikel ini condong pada contoh deskripsi, saya tetap akan menyampaikan materi perihal deskripsi.

Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, jenis-jenisnya dan tujuan pembuatannya. Mungkin bila waktu kita cukup, Insya Allah saya juga akan sedikit berbagi trik tentang cara pembuatan paragraf deskripsi. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut adalah penjabaran tentang paragraf deskripsi.

Artikel Terkait: Pengertian Paragraf Induktif

Selamat membaca!!

Pengertian Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi
Sebelum berbicara banyak tentang paragraf deskripsi, sudah sepatutnya bila kita mengetahui pengetian paragraf deksripsi itu sendiri. Agar dalam penjelasan yang lebih detail tentang paragraf ini kalian bisa mengikuti dan tidak bingung.

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang dibuat oleh penulisnya dengan tujuan menjabarkan sebuah objek, sehingga pembaca seolah-olah melihat objek tersebut. Atau sebuah paragraf yang memaparkan sebuah objek yang disusun dalam sebuah tulisan yang dapat dirasakan oleh indera manusia.

Dalam menulis paragraf deskripsi penulis dituntut untuk menjabarkan objek yang telah dilihatnya secara mendetail. Aspek-aspek yang menjadi pemaparan penulis dalam karangannya bisa berupa, keadaan, sifat dan perasaan. Dengan tujuan, pembaca seolah-olah sedang melihat objek yang digambarkan penulis ketika membaca karangannya.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Setelah belajar tentang pengertian paragraf deskripsi juga sudah menjadi kewajiban kita untuk mempelajari ciri-cirinya. Agar pada saat kita dihadapkan dengan berbagai paragraf kita bisa membedakannya. Langsung saja ini dia beberapa ciri-ciri paragraph deskripsi yang perlu kalian ketahui.

  1. Memaparkan sebuah objek, seperti halnya benda, tempat, suasana, kejadian, dan keadaan.
  2. Dalam penulisannnya harus melibatkan panca indera manusia, (penglihatan, penciuman, peraba, perasa dan pengecap)
  3. Menjabarkan tentang ciri-ciri dan sifat dari objek menjadi dijabarkan. Seperti halnya ukuran, bentuk warna dan kepribadian yang harus dijelaskan secara jelas dan mendetail.
  4. Mengandung kata-kata atau frasa yang memiliki makna sifat atau keadaan.
  5. Dituliskan dengan menggunakan kaidah yang telah ditentukan.
  6. Biasanya paragraf ini dituliskan berdasarkan pengalaman penulis.
  7. Berusaha menyertakan peristiwa yang dialami penulis agar pembaca lebih mudah dalam memahami tulisannya.


Tujuan Pembuatan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi biasanya dibuat untuk menyampaikan objek yang dilihat oleh penulisnya. Seperti yang saya katakan diatas, objek yang dilihat penulis bisa berarti keadaan, benda, tempat dan lain sebagainya. Untuk menyampaikan pendapat penulis terhadap sebuah objek tersebut.

Tujuan penulis memaparkan sebuah objek tersebut bisa saja berbentuk sebuah nasihat, himbauan atau sebuah ajakan penulis terhadap sebuah objek. Atau untuk menggambarkan objek yang lihat oleh penulis sehingga pembaca seakan-akan melihat objek yang digambarkan oleh sang penulis.

Penjelasan Mendetail tentang Deskripsi

Deskripsi adalah sebuah paragraph yang dibuat agar untuk menggambarkan suatu objek yang dilihat oleh penulis. Yang dituliskan dalam sebuah bidang tertentu dengan penulisan yang sistematis dan mengikuti kaidah. Sehingga membuat pembaca bisa membayangkan objek yang sedang digambarkan oleh penulis.

Sebelum menulis sebuah novel, seseorang harus mempelajari tentang paragrapfdeskripsi terlebih dahulu. Karena dalam penulisan novel, paragraf ini akan sangat berpengaruh pada novelnya. Karena dalam penulisan novel sang penulis harus menggambarkan tempat, keadaan, tokoh dan novel yang akan dia buat.

Dalam menuliskan sebuah paragraf deskripsi, penulis diberikan 2 pilihan dalam materi yang diambil. Pertama penulis membuat karya tulis tersebut berdasarkan fatka yang benar-benar terjadi. Dalam kaidah bahasa Indonesia karangan tersebut bisa disebut dengan deskripsi objektif.

Dan pilihan yang kedua penulis dapat menuliskan karangannya dengan menggunakan materi yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya atau sebuah opini. Dalam hal ini biasanya penulis menuliskan berdasarkan isi hatinya atau pengalaman pribadinya. Paragraph seperti ini bisa disebut dengan deskripsi subjektif.

Agar kalian faham dengan penjelasan tentang deskripsi objektif dan deskripsi subjektif, saya akan memberikan beberapa contoh tentang keduanya. Tetapi setelah membahas tentang materi ini, saya ingin menerangkan tentang beberapa materi. Yang saya anggap materi ini juga sangat penting untuk kalian ketahui sebelum membuat paragraph deskripsi.

Jenis-jenis Paragraph Deskripsi

Berdasarkan jenisnya paragraf deskripsi dibagi menjadi beberapa bagian, yang setiap jenis ini memiliki beberapa perbedaan. Entah dari cara penulisan, pengambilan materi atau mungkin tujuan dari paragraf itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak baik-baik penjelasan tentang jenis paragraf deskripsi.

  1. Deskripsi Objektif adalah sebuah deskripsi yang dituliskan berdasarkan sebuah fakta yang benar-benar terjadi. Dan dalam penyampaiannya sang penulis tidak memberikan sebuah opini atau pemikiran sang penulis.
  2. Deskripsi Subjektif adalah sebuah paragraf yang dituliskan berdasarkan buah pemikiran dari sang penulis. Dalam paragraph ini penulis menyertakan opini dalam karya tulis yang ia buat.
  3. Deskripsi Spasial adalah sebuah paragraph dituliskan dengan menggambarkan sebuah objek tertentu, yang harus dijelaskan secara mendetail oleh penulisnya. Dalam paragraf ini biasanya penulis menggambarkan tentang ruangan, benda atau tempat.
  4. Deskripsi waktu seperti namanya paragraf ini dituliskan untuk mengembangkan waktu dalam peristiwa tertentu. Agar para pembaca dapat membayangkan kapan peristiwa itu terjadi. Dan bagaimana gambaran tentang peristiwa  tersebut.


Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Cara Membuat Paragraf Deskripsi
Nah, sebelum saya menyebutkan contoh-contoh deskripsi, saya akan sedikit berbagi ilmu tentang trik membuat deskripsi. Agar saat kalian mendapatkan tugas untuk membuat karangan ini kalian bisa mengerjakannya dengan baik. Langsung saja, berikut sedikit trik untuk membuat deskripsi.

1. Menentukan Objek

Menentukan Objek
Langkah pertama yaitu menentukan sebuah objek yang akan anda jabarkan menjadi sebuah paragraf deskripsi. Objek ini ibarat tema dalam sebuah karangan lain, seperti karya ilmiah, argumentasi, cerpen dan lain sebagainya.

Apabila anda belum pernah menulis paragraf deskripsi sebelumnya, maka saya sarankan untuk mengambil objek disekitar anda. Karena saya yakin, apabila kalian mengambil objek yang ada disekitar kalian pasti kalian mampu menjelaskannya. Atau untuk lebih mudahnya kalian bisa menjelaskan tentang peristiwa yang pernah kalian alami sebelumnya. (pengalaman pribadi)

2. Menentukan Jenisnya

Setelah menentukan sebuah objek, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis deskripsi yang akan kalianbuat. Pilihlah salah satu dari jenis-jenis deskripsi yang telah saya sebutkan diatas. Pilihlah menurut kemampuan kalian, bila kalian lebih senang menulis hal yang berhubungan dengan opini, maka pilihlah deskripsi objektif.

Dan hal ini akan sangat membantu kalian dalam membuat sebuah deskripsi. Karena apabila kita mengerjakan hal yang menjadi pilihan kita, dan kita lebih memiliki alasan untuk serius dalam membuatnya. Apabila dari awal mengerjakan saja kita sudah malas, maka dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal.

3. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti
Setelah kalian berhasil melewati kedua langkah sebelumnya, berarti kalian telah siap untuk membuat sebuah deskripsi. Dalam menyampaikan sebuah deskripsi, kalian harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Dan harus menjelaskan objek tersebut secara keseluruhan, tetapi tidak berbelit-belit.

Karena hal itu akan membuat para pembaca merasa nyaman, saat mereka membaca deskripsi yang kalian buat. Apabila mereka telah senang dan tertarik dengan deskripsi yang kalian buat. Kemungkinan besar mereka juga akan membaca deskripsi yang akan anda buat selanjutnya.

Selain itu anda juga harus mengetahui target pembaca paragraf deskripsi yang akan anda buat. Apabila kalian menujukan deskripsi itu untuk anak-anak, maka gunakanlah bahasa yang mudah dicerna oleh otak mereka. Tetapi apabila target yang anda tuju adalah para orang berilmu, maka gunakanlah bahasa yang tinggi. Agar deskripsi yang anda buat memiliki nilai dihadapan mereka.

4. Memilih Judul Yang Menarik

Memilih Judul Yang Menarik
Dalam artikel saya sebelumnya, saya sering menekankan kalian untuk memilih judul yang menarik dalam karya tulis yang kalian tulis. Mengapa harus repot-repot seperti itu? Saya katakan, karena yang pertama kali dilihat dan menjadi penilaian pembaca adalah judul.

Karena sebagian besar manusia, menilai sebuah karya tulis itu dari judulnya, termasuk dalam deskripsi. Walaupun karya tulis kita memiliki isi yang sangat menarik, apabila tidak dilengkapi oleh judul yang bagus. Kemungkinan besar orang-orang tidak akan membaca tulisan yang kalian buat.

Memang begitulah keadaan pada jaman ini, banyak manusia yang menilai segala sesuatu itu dari luarnya saja. Tetapi akan lebih baik lagi apabila kalian membuat karya tulis dengan judul dan isi yang bagus. Jadi seorang yang membaca karya tulis anda tidak akan kecewa, karena judul dan isinya sama-sama menarik untuk dibaca.

5. Melebih-lebihkan Objek yang Menjadi Pembahasan

Ingat, cara satu ini hanya dapat digunakan dalam deskripsi subjektif dan tidak berlaku dalam deskripsi objektif. Apabila kalian memaksa menggunakan cara ini pada deskripsi objektif, sama saja kalian menyebarkan berita hoax. Maka saya tekankan lagi cara ini hanya digunakan dalam deskripsi yang mengandung opini saja.

Tujuan utama dari cara ini adalah untuk membuat pembaca penasaran dengan objek yang kita bahas. Apabila mereka baper dengan objek yang kita bahas, bisa dipastikan mereka akan membaca deskripsi kita hingga akhir. Karena pada umumya orang lebih senang membaca hal-hal yang membuat mereka penasaran.

6. Buatlah Deskripsi Kalian Penting Untuk Mereka Ketahui

Yang terakhir adalah, buatlah deskripsi yang kalian tulis penting untuk diketahui oleh pembaca. Dalam hal ini buatlah seakan-akan isi deskripsi kalian harus diketahui oleh pembaca. Dan buatlah pembaca merasa butuh dengan deskripsi yang kalian buat.

Jadi seakan-akan mereka membutuhkan informasi yang terkadung dalam deskripsi tersebut. Dengan begitu kalian tidak perlu repot-repot mencari seseorang untuk membaca deskripsi yang kalian buat. Dalam prakteknya, carilah informasi yang dibutuhkan dilingkungan sekitar kalian.

Mungkin itu penjelasan tentang trik membuat deskripsi menurut pandangan saya. Jadi jangan salahkan saya bila cara ini tidak berhasil saat kalian mencobanya. Karena setiap orang memiliki cara dan metode sendiri-sendiri dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Menurut pandangan saya, cara tersebut sangat efektif saat digunakan untuk menulis sebuah deskripsi. Perlu kalian ketahui cara tersebut juga dapat digunakan untuk membuat karya tulis lainnya. Jadi saya sarankan, cobalah untuk membuat deskripsi dengan menggunakan cara yang saya sebutkan diatas.

Artikel Terkait: Contoh Karangan

Contoh Paragraph Deskripsi Tentang Sekolah

Sepeti yang saya katakan sebelumnya, untuk memperjelas semua materi tentang paragraf deskripsi. Saya akan memberikan beberapa contoh dari masing masing jenis deskripsi. Salah satu objek yang akan saya buat adalah tentang sekolah. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa contoh paragraf deskripsi dibawah ini.

Keindahan Sekolahku

Keindahan Sekolahku
Sekolahku memiliki kawasan bersih dan sangat indah, dan memiliki udara yang sangar sejuk. Karena sekolah tersebut berada tepat dibawah lereng Gunung Merapi. Yang memiliki halaman parkir dan bola voli yang luas pada bagian depan sekolah. Pada bagian samping kiri sekolah ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan, sehingga melengkapi keindahan sekolahku.

Karena termasuk sekoah favorit, lantai semua ruangan pada sekolahku sudah memakai keramik. Sekolahku memililki sekitar 30 ruang kelas, sehingga sekolahku terlihat luas. Karena semua ruang kelas berada tepat di atas tanah atau tidak di tingkat.

Sekolahku memiliki sebuah masjid yang biasa digunakan sholat oleh guru maupun para siswa. Bukan hanya itu masjid di sekolahku juga biasa digunakan untuk kegiatan sekolah. Seperti halnya pondok ramadhan, persentasi atau untuk pelajaran agama.

Karena termasuk sebagai salah satu sekolah yang maju, sekolahku memiliki 4 laboraturium yang berbeda. Warna seragam olahraga merah hitam menjadi ciri khas dari sekolahku. Selain itu waktu masuk tercepat juga menjadi salah satu keunikan dari sekolahku. (subjektif).

Kegiatan Di Sekolahku

Kegiatan Di Sekolahku
Aku adalah seorang santri dari salah satu pondok pesantren yang ada di Indonesia. Walaupun aku sekolah di pondok pesantren, tetapi aku juga bisa mengenal dunia internet. Karena dalam pesantren yang aku tinggali saat ini, mengajarkan ilmu tentang komputer.

Jadi walaupun seorang santri aku juga tidak kalah keren dengan anak-anak yang sekolah diluar. Walaupun program utamanya tentang internet, tetapi pesanternku juga tetap mengajarkan tentang masalah agama. Karena tujuan mempelajari internet ini semata-mata hanya untuk mencari karunia yang diberikan Allah di dunia.

Kegiatan di pesantren di awali dengan sholat subuh berjamaah yang dilakukan sekitar pukul empat pagi, yang dipimpin oleh santri yang bertugas. Berbeda halnya untuk hari senin dan kamis, untuk kedua hari tersebut para santri diwajibkan untuk berpuasa sunnah. Yang sudah dilakukan sejak angkatan pertama pesantrenku.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menghafal al-quran dengan menggunakan metode talaqqi. Yaitu sebuah metode dimana guru membacakan ayat kemudian ditirukan oleh muridnya. Dan target yang harus dicapai oleh setiap santri adalah 2 jus selama 1 tahun.

Setelah menghafal al-quran kegiatan dilanjutkan dengan kultum dan evaluasi tentang masalah-masalah yang dihadapai para santri. Biasanya masalah yang dihadapi para santri adalah masalah terkait website dan bisnis yang sedang dikembangkan. Setelah evaluasi selesai, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan belajar mengajar. (Objektif)

Contoh Paragraph Deskripsi Tentang Lingkungan

Saja juga akan memberikan contoh deskripsi tentang objek yang ada di lingkungan sekitar kita. Dalam mengambil objek lingkungan, kita tidak usah mengambil objek yang kita tidak tau tentang hal tersebut. Ambillah objek yang sering kalian jumpai, sehingga anda dapat menjelaskannya dengan mudah.

Keindahan Kota Magetan

Keindahan Kota Magetan
Aku adalah seorang penduduk dari salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota yang aku tempati adalah sebuah kota kecil tetapi sangat indah yaitu bernama kota magetan. Mungkin karena saking kecilnya kota ini membuat nama ini begitu asing bagi telinga kalian. salah satu kota yang menjadi batas antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Yang berada tepat di bawah lereng Gunung Lawu, karena termasuk dalam wilayah pegunungan kota ini sangat segar dan sejuk. Sehingga kota ini memiliki julukan ASRI yaitu Aman, Segar, Rindang dan Indah. Selain itu kota ini juga memiliki salah satu tempat wisata andalan yaitu Telaga Sarangan.

Kota magetan adalah salah satu kota yang sepi penduduk, apabila telah memasuki malam setelah  Isya kota ini akan sepi. Walaupun kalian sedang berada di daerah perkotaan, kecuali untuk hari sabtu malam, khususnya di alun alun. Kota ini memiliki satu alun-alun dengan luas sekitar 800 m persegi yang berada tepat di depan Masjid Agung.(objektif)

Suasana Rumahku

suasana rumahku
Rumahku memiliki ukuran sekitar 10 x 11 meter, walaupun tidak terlalu luas tetapi setidaknya mampu memampung 6 orang. Yang memiliki halaman yang luas dan dilengkapi dengan taman yang indah. Membuat aku merasa nyaman untuk berada di rumah lebih lama.

Rumahku memiliki ruang tamu yang dilengkapi dengan meja dan kursi untuk menerima tamu. Dinding pada ruangan ini juga dihiasi oleh berbagai macam lukisan dan kaligrafi. Dan memiliki berbagai macam hiasan yang juga tidak kalah indah, seperti guci dan vas bunga yang diletakkan di pojok ruangan.

Dinding berwarna biru menjadi salah satu keunikan rumahku, yang memiliki jendela 8 buah yang terpasang pada bagian depan rumahku. Selain itu rumahku juga dilengkapi garasi yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan. Yang berada di sebelah timur rumahku.

Karena terletak didaerah perdesaan, membuat rumahku memiliki udara dan air yang segar. Tetapi rasa dingin seringkali menghampiri daerah rumahku, terutama saat pagi hari atau saat hujan turun. Didalam rumahku letak barang-barang  sangat diperhatikan, sehingga memperindah keadaan dalam rumah.(Subjektif)

Contoh Deskripsi Spacial Tentang Benda

Sebelum  artikel ini saya akhiri saya akan sedikit memberikan contoh paragraf deskripsi special tentang benda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, jangan mengambil objek yang tidak kalian kuasai. Karena itu akan menyulitkan kalian. Ambillah contoh benda sederhana, yang sekiranya mampu untuk kalian uraikan.

Meja Makan

Meja Makan
Meja makan dirumahku memiliki desain yang sangat indah dan modern. Dengan warna coklat mencolok menjadi keunikan tersendiri meja makan rumahku. Selain itu meja makanku terbuat dari kayu jati, sehingga membuat meja makan tersebut terlihat kuat dan kokoh.

Tidak hanya kokoh meja makanku juga memiliki berbagai motif yang turut memperindah meja makanku. Dengan bentuk lingkaran membuat meja makan tersebut terlihat indah dan ideal. Yang diletakkan diruang makan, yang barada tepat diatas karpet merah untuk menjaga keawetan meta ini.

Sepeda Kesayanganku

Sepeda Kesayanganku
Aku memiliki sepeda yang berwarna biru laut, yang sering aku gunakan untuk pergi ke sekolah. Selain aku gunakan untuk pergi kesekolah, sepeda itu juga sering aku gunakan untuk bermain dengan kawan-kawanku. Sepeda tersebut adalah salah satu hadiah yang diberrikan orang tuaku saat aku juara kelas.

Artikel Terkait: Unsur Intrinsik Cerpen

Pohon Mangga Samping Rumahku

Pohon Mangga Samping Rumahku
Aku memiliki beberapa pohon manga yang tumbuh lebat di samping rumahku . Yang memiliki tinggi mencapai 3 meter. Karena termasuk pohon yang telah berusia lama, pohon manga tersebut memiliki buah yang sangat melimpah dan rasa yang manis.

Karena pohon itu sangat tinggi, hal tersebut sering menyulitkanku untuk mengambil buah dari pohon tersebut. Untuk mengambil buah manga aku harus memanjat atau menggunakan galah. Karena saking lebatnya pohon itu, juga sering aku gunakan sebagai tempat berteduh saat panas maupun hujan.

Nah mungkin itu dia penjelasan singkat tentang contoh paragraf deskripsi yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan membaca artikel saya ini bisa membuat kalian faham tentang paragraf deskripsi. Dan semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk kalian yang membacanya.