95+ Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif yang Benar

Kalimat Efektif

Contoh Kalimat Efektif Terbaik dan Terbaru 2020 – Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif? Apa pula pengertian kalimat tidak efektif? Dua istilah tersebut sering kita ditemui dalam penulisan karya sastra dan ilmiah. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian kalimat efektif, ciri-ciri kalimat efektif dan contoh-contoh kalimat efektif yang benar dalam bahasa Indonesia.

Pengertian kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang baik, lengkap dengan ejaan yang disempurnakan dan tanda baca yang tepat. Hal ini berbeda dengan pengertian kalimat tidak efektif yang tidak hemat kata atau menggunakan dua bentuk dengan makna sama.

Dalam membuat sebuah kalimat tentu bukan merupakan sebuah hal yang sulit, anda bisa saja membuat kalimat dengan sangat mudah. Namun, apakah jenis kalimat yang anda buat tersebut sudah benar sesuai dengan perintah atau belum?. Itu yang akhirnya akan menjadi sebuah masalah baru. Karena jenis kalimat dalam bahasa Indonesia sangat banyak dan anda harus mengetahui semua jenis kalimat tersebut.

Sebenarnya, membuat kalimat bisa saja terbentuk dengan mudah asalakan anda mempunyai objek, predikat atau kata kerja dan juga subjek. Selain itu anda juga harus mempunyai kalimat keterangan sehingga kalimatnya bisa tersusun sempurna. Selain itu setiap kalimat biasanya mempunyai aturan penulisan dan penggunaan tanda baca yang berbeda. Yang saat ini akan dibahas adalah kalimat Efektif.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kalimat efektif. Mulai dari Pengertian kalimat efektif, ciri ciri kalimat efektif, syarat kalimat efektif, contoh kalimat efektif, dll.

PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF

Kalimat efektif adalah jenis kalimat yang disusun berdasarkan dengan kaidah – kaidah yang berlaku, dan juga unsur – unsur penting yang harus dimiliki dalam setiap kalimat yaitu subjek dan predikat (kata kerja). Kalimat ini sangat memperhatikan ejaan kata yang disempurnakan dan juga pemilihan kata yang digunakan.

Dengan bentuk kalimat yang sesuai dengan kaidah atau aturan tersebut diharapkan pembaca akan dengan mudah memahami maksud dari kalimatnya. Kalimat ini disebut kalimat yang baik karena mencurahkan apapun yang dipikirkan oleh pembaca atau penulis sehingga dapat dipahami oleh pendengar sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya.

CIRI CIRI KALIMAT EFEKTIF

Kalimat efektif memiliki beberapa ciri – ciri khusus yang pasti hanya anda dapatkan jika anda membaca atau membuat kalimat efektif. Simak ciri – ciri kalimatnya berikut ini.

  1. Kalimat ini memakai diksi atau pemilihan kata yang tepat.
  2. Mempunyai unsur pokok yang harus di muat dalam kalimat, minimal harus ada subjek dan predikat.
  3. Pembuatan kalimat ini harus taat dan sesuai dengan kaidah penulisan kalimat yang tercantum dalam EYD yang berlaku.
  4. Terdapat penekanan ide pokok kalimat
  5. Kalimat ini lebih mengacu kepada penghematan penggunaan kata.
  6. Memakai kesejajaran bentuk bahasa dalam kalimat
  7. Kalimat ini juga memiliki variasi struktur kalimat.
  8. Memiliki kesetaraan antara struktur bahasa dalam kalimat dan jalan pikiran yang logis dan sistematis dari penulis.
  9. Harus mewujudkan koherensi yang baik dan juga kompak.
  10. Harus memperhatikan paralisme kalimat
  11. Merupakan sebuah komunikasi yang berharkat
  12. Diwarnai dengan kehematan
  13. Harus didasarkan pada pilihan kata yang baik.

SYARAT PENULISAN KALIMAT EFEKTIF

Dalam menulis kalimat efektif terdapat beberapa syarat yang harus anda ikuti dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus anda ikuti dalam penulisan kalimat efektif beserta dengan penjelasannya.

1. KESATUAN

Contoh Kalimat Efektif – Dalam kalimat efektif anda harus memenuhi syarat penulisan yang pertama yaitu kesatuan. Syarat kesatuan yaitu sebuah informasi yang disampaikan dalam kalimat efektif dan tidak terpecah – pecah. Berikut ini adalah contoh perbedaan aturan syaratnya dalam kalimat efektif dan tidak efektif di bawah ini.
Contoh :

– Kalimat tidak efektif : kita harus dapat mengembalikan kepribadian kita, dan juga kepribadian orang – orang kota yang sudah terlanjur meninggalkan rasa perikemanusiaannya,
– Kalimat efektif : kita harus mengembalikan kepridaian orang – orang kota yang sudah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaannya.

2. KEPARARELAN

Contoh Kalimat Efektif – Syarat atau prinsip keparalelan dalam kalimat efektif adalah sebuah imbuhan pada kata yang berada di dalam kalimat dan dapat disesuaikan dengan makna yang berada di dalam kalimat secara utuh dan menyeluruh. Dalam kalimat ini kesamaan kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimatnya harus sejajar.

Anda harus membandingkan antara contoh kalimat efektif dan contoh kalimat tidak efektif di bawah ini :
– Kalimat efektif : kakak menolong anak itu dengan dibawa ke pinggir jalan untuk menepi.
– Kalimat tidak efektif : kakak menolong anak itu dengan membawanya ke pinggir jalan.

3. KELOGISAN

Contoh Kalimat Efektif – Prinsip kelogisan yang ada dalam kalimat efektif adalah sebuah makna atau ide kalimat efektif. Maknanya adalah ide dari kalimat tersebut disampaikan dengan bahasa yang logis dan berhubungan. Berikut adalah perbandingan antara kalimat tidak efektif dengan kalimat efektif.

– Kalimat tidak efektif : untuk mempersingkat waktu, mari kita lanjutkan acara ini.
– Kalimat efektif : untuk menghemat waktu, mari kita lanjutkan acara ini .

4. KEHEMATAN

Contoh Kalimat Efektif – Syarat kalimat efektif yang satu ini adalah dalam kalimat efektif harus memenuhi sebuah prinsip kehematan, yang artinyadalam kalimat tersebut tidak diperbolehkan melakukan pemborosan kata. Meskipun menggunakan kata yang hemat dalam kalimat ini harus tetap tersampaikan pesan atau tujuan kalimat secara utuh sesuai dengan kaidah dan aturan bahasa.

5. KE SEPADANAN

Contoh Kalimat Efektif – Prinsip ke sepadanan dalam kalimat efektif adalah dimana di dalam kalimat tersebut terdapat unsur gramatikal kalimat secara utuh. Meliputi subjek, predikat, objek, dan juga keterangan kalimat. Dan kalimat harus selalu berada dalam keseimbangan kalimat.

6. KECERMATAN

Contoh Kalimat Efektif – Prinsip kecermatan ini digunakan dalam proses pemilihan dan penggunaan kata. Karena suatu kalimat dikatakan efektif jika dalam kalimat tersebut sudah memenuhi prinsip kecermatan dalam memilih dan menggunakan kata – kata. Sehingga kata – kata dalam kalimat tersebut tidak menimbulkan arti ganda atau ambigu.

JENIS KALIMAT EFEKTIF

1. KALIMAT ARGUMENTASI

Contoh Kalimat Efektif – Jenis kalimat efektif yang utama adalah kalimat argumentasi, karena dalam menyampaikan sebuah argumentasi anda harus menggunakan kalimat efektif. Supaya apa yang disampaikan bisa diterima oleh pembaca dengan benar dan sesuai dengan maksud penulis. Kalimat argumen harus efektif karena jika tidak efektif maka argumen tersebut bisa saja memiliki makna lain.

2. KALIMAT PENYAMPAIAN IDE ATAU GAGASAN

Contoh Kalimat Efektif  – Agar suatu ide atau gagasan bisa dipahami oleh pendengar atau pembacanya. Maka dalam penulisannya harus menggunakan kalimat efektif. Supaya apa yang disampaikan oleh penulis bisa diterima dengan baik oleh pembaca.

3. KALIMAT FORMAL

Contoh Kalimat Efektif – Kalimat formal harus ditulis dengan bahasa kalimat efektif supaya bisa di terima oleh pembaca dengan baik. Oleh karena itu dalam penulisannya harus sesuai dengan tata bahasa dan aturan penulisan bahasa Indonesia.

PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF

Contoh Kalimat Efektif  – Kalimat efektif digunakan untuk beberapa penyampaian yaitu sebagai berikut :
– Untuk menyampaikan argumentasi atau ide
– Berpidato di depan umum
– Untuk berorasi
– Berbicara dengan orang penting
– Menyampaikan pendapat di depan umum.

Dalam melakukan kegiatan yang tersebut di atas, anda harus menggunakan kalimat efektif untuk mendapatkan berita yang efektif sesuai dengan sumbernya.

FUNGSI KALIMAT EFEKTIF

Kalimat efektif memiliki beberapa fungsi dalam pembuatan pengolahan kata – katanya. Fungsi utama kalimat ini adalah untuk memudahkan pembaca atau pendengar dalam memahami kalimat yang diucapkan oleh penulis yang ada dalam kalimat. Selain itu kalimat ini juga digunakan untuk memperindah bacaan sebuah kalimat sehingga kalimatnya bisa terdengar nyaman ketika dibaca oleh peserta.

ATURAN PENULIS KALIMAT EFEKTIF

Kalimat efektif harus ditulis dengan kaidah penulisan yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku, berikut aturan penulisan kalimat efektif.

  1. Kalimatnya harus mengandung subjek dan juga predikat, dalam membuat kalimat efektif anda harus benar – benar jeli dan memastikan bahwa anda menulis kalimatnya sesuai dengan aturan penulisan yaitu memiliki subjek dan predikat atau kata kerja. Bisa juga anda tambahkan dengan kalimat keterangan.
  2. Kalimat efektif tidak boleh hanya berupa klausa atau kata bawahan.
  3. Kalimat efektif harus bisa menggunakan pilihan kata yang tepat atau menggunakan kata formal atau kata baku supaya tidak menimbulkan makna ganda.

PERBEDAAN KALIMAT EFEKTIF DAN TIDAK EFEKTIF

Kalimat efektif adalah kalimat yang digunakan untuk mewakili gagasan pembicara atau gagasan penulisan dan dapat diterima oleh pembaca. Dimana penulisan kalimat ini memiliki makna yang khusus dari penulisnya dan juga harus di sampaikan. Kalimat efektif harus jelas, padat dan singkat maksud dan tujuannya.
Sementara untuk kalimat tidak efektif adalah contoh kalimat yang tidak memiliki sifat – sifat tertentu yang terdapat pada kalimatnya. Serta aturan penulisan kalimat ini juga berbeda dengan aturan penulisan kalimat efektif.

PENYEBAB MUNCULNYA KALIMAT TIDAK EFEKTIF

1. STRUKTUR PEMBUATAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF

Dalam sebuah kalimat harusnya memiliki unsur pokok kalimat dan juga unsur sebutan dimana fungsi unsur sebutan adalah sebagai kalimat yang menerangkan unsur subjek dan juga unsur predikat. Sementara kalimat yang baik adalah kalimat yang mengandung subjek dan predikat dengan benar.

Kalimat menjadi kurang baik jika dalam penulisannya terdapat ketidakjelasan subjek dan juga predikatnya. Dan biasanya disebabkan oleh penggunaan kata depan di depan subjek. Misalnya penggunaan kata dalam, untuk, bagi, di, pada, sebagai, tentang, dan, karena pada bagian sebelum subjek kalimat tersebut.

2. KALIMAT YANG TIDAK TERPAKAI

Kalimat yang efektif adalah sebuah kalimat yang tersusun secara pararel. Yang dibuktikan dengan jenis kata yang digunakan sebagai sesuatu yang saling berhubungan dengan jenis dan unsur kata yang sama. Kesalahan dalam menggunakan pararel kata dapat menyebabkan kalimat efektif menjadi kalimat tidak efektif.

3. KALIMAT YANG DIGUNAKAN BERTELE – TELE

Kalimat efektif harus dibuat dengan bentuk kata yang hemat, kalimat hemat biasanya di cirikan dengan menghindari adanya pengulangan subjek, pleonasme, hiponimi, dan juga penjamakkan kata yang sudah bermakna jamak. Jika menyalahi aturan kalimat efektif berikut maka akan terbentuk kalimat yang tidak efektif.

4. KALIMAT TIDAK BERPADU

Kalimat yang terpadu adalah kalimat yang berisi kepaduan pernyataan, kalimat yang tidak terpadu biasanya terbentuk karena salah dalam menggunakan predikat atau kata kerja atau salah dalam menggunakan preposisi atau kata depan secara tidak tepat. Kalimat yang tidak berpadu ini dapat menyebabkan informasi yang ingin disampaikan menjadi terpecah – pecah.

5. KALIMAT KURANG LOGIS

Kalimat tidak efektif biasanya sulit diterima oleh akal manusia. Biasanya terbentuknya ketidaklogisan kalimat terjadi karena pemilihan kata atau ejaan yang salah.

6. KONTAMINASI

Biasanya terjadi karena merancukan dua buah kata dalam satu kalimat.

7. PLEONASME

Kalimat yang tidak efektif biasanya menggunakan kata yang berlebihan dan kata – katanya juga tumpang tindih. Sementara dalam aturan kalimat efektif harus menggunakan syarat menggunakan kata – kata yang tepat dan tidak melakukan pemborosan kata.

8. TIDAK MEMILIKI SUBJEK

Kalimat yang tidak efektif biasanya dalam susunan kalimatnya tidak terdapat subjek atau tidak memiliki susunan kalimat secara lengkap.

9. ADANYA KATA DEPAN YANG TIDAK PERLU

Dalam kalimat efektif anda perlu memperhatikan mengenai penggunaan kata. Karena kehematan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam kalimat efektif.

10. SALAH MENGGUNAKAN NALAR

Dalam kalimat efektif jika terdapaat kesalahan menggunakan nalar akan membuat makna dari kalimat tersebut menjadi tidak logis.

11. KESALAHAN DALAM PEMBENTUKAN KATA

Dalam kalimat efektif anda tidak boleh melakukan kesalahan dalam pembentukan kata dan juga penggunaan kata. Anda harus se minimal mungkin melakukan penghematan kata.

12. PENGARUH BAHASA ASING

Dalam pembuatan kalimat efektif anda harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah. Karena akan menghasilkan kalimat yang tidak efektif.

Contoh kalimat efektif dan tidak efektif

Dibawah ini akan dibagikan beberapa contoh dari kalimat efektif dan juga kalimat tidak efektif dengan lengkap. Format yang diberikan merupakan penampilan dari contoh kalimat tidak efektif dan pembenarannya sehingga bisa menjadi kalimat efektif. Dan simak contohnya berikut ini:

Contoh ke-1 :
Kalimat yang tidak efektif: Bandung ialah merupakan salah satu kota wisata di Indonesia.
Kalimat yang efektif : Bandung merupakan salah satu kota wisata di Indonesia.

Contoh ke-2 :
Kalimat yang tidak efektif: Demi untuk anak-anaknya, Ibu Fatma rela bekerja seharian.
Kalimat efektif : Demi anak-anaknya, Ibu Fatma rela bekerja seharian.

Contoh ke-3 :
Kalimat yang tidak efektif: Terdapat banyak macam- macam menu yang dijual di cafe itu.
Kalimat efektif : Terdapat macam- macam menu yang dijual di cafe itu.

Contoh ke-4 :
Kalimat yang tidak efektif: Saran yang dikemukakan olehnya masih dalam pertimbangan oleh kami.
Kalimat yang efektif: Saran yang dikemukakannya dalam pertimbangan kami.

Contoh ke-5 :
Kalimat yang tidak efektif : Rafa ialah anak yang paling terpintar di kelasnya.
Kalimat yang efektif : Rafa ialah anak paling pintar di kelasnya.

Contoh ke-6 :
Kalimat yang tidak efektif : Keadaan di dalam pasar sangat ramai sekali
Kalimat efektif : Keadaan di pasar sangat ramai.

Contoh ke-7 :
Kalimat yang tidak efektif : Mulai besok para siswa-siswa sekolah SMP 2 di liburkan.
Kalimat efektif : Mulai besok para siswa sekolah SMP 2 di liburkan.

Contoh ke-8 :
Kalimat yang tidak efektif : Dina rajin belajar supaya agar menjadi pintar.
Kalimat yang efektif : Dina rajin belajar supaya menjadi pintar.

Contoh ke-9 :
Kalimat yang tidak efektif : Walaupun cantik, Tapi Nurul tidak sombong.
Kalimat yang efektif : Walaupun cantik, Nurul tidak sombong.

Contoh ke-10 :
Kalimat tidak efektif : Sesudah bekerja seharian, lalu Putri pun beristirahat
Kalimat efektif : Sesudah bekerja seharian, Putri pun beristirahat

Contoh ke-11 :
Kalimat yang tidak efektif : Baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama maka akan dikenakan peraturan yang sama.
Kalimat efektif : Semua mahasiswa akan dikenakan peraturan yang sama.

Contoh ke-12 :
Kalimat yang tidak efektif : Rudi ialah merupakan salah satu atlet yang berprestasi.
Kalimat yang efektif : Rudi merupakan salah satu atlet yang berprestasi.

Contoh ke-13 :
Kalimat yang tidak efektif : Meskipun masih pagi, namun Pak Sulaiman sudah beraktivitas.
Kalimat yang efektif : Meskipun masih pagi, Pak Sulaiman sudah beraktivitas.

Contoh ke-14 :
Kalimat yang tidak efektif : Hari Minggu kemari banyak para pekerja yang melakukan demonstrasi.
Kalimat yang efektif : Hari Minggu kemarin, banyak pekerja yang melakukan demonstrasi.

Contoh ke-15 :
Kalimat yang tidak efektif : Nana pergi ke pasar serta Nana membeli sayur.
Kalimat efektif : Nana pergi ke pasar serta membeli sayur.

Contoh ke-16 :
Kalimat yang tidak efektif : Dikarenakan sudah malam, maka Aldi pulang ke rumahnya.
Kalimat efektif : Dikarenakan sudah malam, Aldi pulang ke rumahnya.

Contoh ke-17 :
Kalimat yang tidak efektif : Seluruh orang-orang di desa itu banyak yang berprofesi menjadi petani.
Kalimat yang efektif : Orang-orang di desa itu banyak yang berprofesi menjadi petani.

Contoh ke-18 :
Kalimat yang tidak efektif : Dikarenakan harga yang terus melambung tinggi, maka rakyat pun mengalami kelaparan.
Kalimat efektif : Dikarenakan harga yang terus melambung tinggi, rakyat mengalami kelaparan.

Contoh ke-19 :
Kalimat yang tidak efektif : Karena tahu nilainya bagus, Roni dibuat senang.
Kalimat efektif : Tahu nilainya bagus, membuat Roni senang.

Contoh ke-20 :
Kalimat tidak efektif : Aini ke pasar untuk membeli buah Apel.
Kalimat efektif : Aini ke pasar untuk membeli Apel.

Contoh ke-21 :
Kalimat yang tidak efektif : Para wanita perlu untuk hati-hati apabila melalui lorong.
Kalimat yang efektif : Para wanita perlu untuk berhati-hati apabila melalui lorong.

Contoh ke-22 :
Kalimat yang tidak efektif : Dengan adanya penelitian ini akan memberikan banyak manfaat untuk warga.
Kalimat yang efektif : Adanya penelitian ini akan memberi banyak manfaat untuk warga.

Contoh ke-23 :
Kalimat yang tidak efektif : Ialah merupakan tugas peneliti untuk menganalisa serta menyajikan hasil analisa data.
Kalimat yang efektif : Tugas peneliti ialah menganalisa serta menyajikan hasil analisis data.

Contoh ke-24 :
Kalimat yang tidak efektif : Pada Pagi hari ini, cuacanya sangat dingin.
Kalimat efektif : Pagi hari ini, cuacanya sangat dingin.

Contoh ke-25 :
Kalimat tidak efektif : Dikarenakan nilainya bagus, maka Budi memperoleh hadiah dari Ayahnya.
Kalimat yang efektif : Dikarenakan nilainya bagus, Budi memperoleh hadiah dari Ayahnya.

Contoh ke-26 :
Kalimat yang  tidak efektif : Film itu Rahma sudah tonton hingga selesai.
Kalimat yang efektif : Film itu sudah Rahma tonton hingga selesai.

Contoh ke-27 :
Kalimat yang tidak efektif : Pertanyaan ini wajib dapat dijawab oleh Firda.
Kalimat efektif : Pertanyaan ini wajib dapat Firda jawab.

Contoh ke-28 :
Kalimat yang tidak efektif : Kepada pemateri waktu dan tempatnya dipersilakan.
Kalimat efektif : Kepada pemateri waktu dan tempatnya disediakan.

Contoh ke-29 :
Kalimat yang tidak efektif : Berbagai macam kendala penelitian harus bisa diselesaikan oleh kita.
Kalimat efektif : Kita harus menyelesaikan berbagai macam kendala dalam penelitian.

Contoh ke-30 :
Kalimat yang tidak efektif : Banyak aneka bunga di taman itu yang sudah layu.
Kalimat yang efektif : Aneka bunga di taman itu banyak yang sudah layu.

Contoh ke-31 :
Kalimat yang tidak efektif : Supaya agar menang, Tia berlatih dengan keras setiap hari.
Kalimat yang efektif : Agar menang, Tia berlatih dengan keras setiap hari.

Contoh ke-32 :
Kalimat yang tidak efektif : Furniture- furniture rumah ini banyak yang telah rusak.
Kalimat efektif : Furniture rumah ini banyak yang telah rusak.

Contoh ke-33 :
Kalimat yang tidak efektif : Elisya tidak tahu Ayahnya  pulang atau Ayahnya belum pulang.
Kalimat efektif : Elisya tidak tahu Ayahnya sudah pulang atau belum.

Contoh ke-34 :
Kalimat yang tidak efektif : Setiap kali mereka bertemu, maka akan saling memandang.
Kalimat efektif : Setiap kali mereka bertemu akan saling berpandangan.

Contoh ke-35 :
Kalimat yang tidak efektif : Ketika saat bosan, Feni akan tertidur.
Kalimat efektif : Saat bosan, Feni akan tertidur.

Contoh ke-36 :
Kalimat yang tidak efektif : Yang menjadi sebab dari bencana banjir merupakan pembuangan sampah di hilir sungai.
Kalimat yang efektif : Penyebab bencana banjir merupakan pembuangan sampah di hilir sungai.

Contoh ke-37 :
Kalimat yang tidak efektif : Tidak ada kata lagi yang dapat Dia ucapkan.
Kalimat yang efektif : Tidak ada lagi yang dapat Dia ucapkan.

Contoh ke-38 :
Kalimat yang tidak efektif : Negara Indonesia serta negara Malaysia berjumpa di final Piala AFF.
Kalimat efektif : Indonesia serta Malaysia berjumpa di final Piala AFF.

Contoh ke-39 :
Kalimat yang tidak efektif : Pertama kalinya Justin memakan makanan jengkol.
Kalimat efektif : Pertama kalinya Justin memakan jengkol.

Contoh ke-40 :
Kalimat yang tidak efektif : Tina tengah menjinjing adiknya yang masih kecil.
Kalimat efektif : Tina sedang menggendong adiknya yang masih kecil.

Contoh ke-41 :
Kalimat yang tidak efektif : Ia bukan seorang nelayan, melainkan seorang pelayan.
Kalimat yang efektif : Ia bukan guru, namun pelayan.

Contoh ke-42 :
Kalimat yang tidak efektif : Dinda merupakan siswa paling tercantik di sekolahnya.
Kalimat yang efektif : Dinda merupakan siswa tercantik di sekolahnya.

Contoh ke-43 :
Kalimat yang tidak efektif : Keluarga Dista akan menonton pertandingan dari olahraga sepak bola.
Kalimat yang efektif : Keluarga Dista akan menonton pertandingan sepak bola.

Contoh ke-44 :
Kalimat yang tidak efektif : Mari kita panjatkan berdoa untuk pahlawan yang sudah mati mendahului kita
Kalimat efektif : Mari kita panjatkan doa untuk pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Contoh ke-45 :
Kalimat yang tidak efektif : Hamim makan nasi goreng sebab Hamim lapar.
Kalimat yang efektif : Hamim makan nasi goreng karena  Ia lapar.

Contoh ke-46 :
Kalimat yang tidak efektif : Meskipun capek, tapi Ali tetap ikut kerja bakti.
Kalimat efektif : Meskipun capek, Ali tetap ikut kerja bakti.

Contoh ke-47 :
Kalimat yang tidak efektif : Gunung Everest ialah merupakan gunung tertinggi di Asia serta tertinggi di dunia.
Kalimat efektif : Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di Asia serta di dunia.

Contoh ke-48 :
Kalimat yang tidak efektif : Demi supaya menjadi kaya, Dia pun menghalalkan semua cara.
Kalimat efektif : Supaya menjadi kaya, Dia menghalalkan segala cara.

Contoh ke-49 :
Kalimat yang tidak efektif : Buku itu telah dibaca oleh Galuh.
Kalimat yang efektif : Buku itu telah Galuh baca.

Contoh ke-50 :
Kalimat yang tidak efektif : Cuma 2 butir telur saja yang dibeli oleh Kakak di pasar.
Kalimat efektif : Cuma 2 butir telur yang dibeli Kakak di pasar.

Contoh ke-51 :
Kalimat yang tidak efektif : Dikarenakan lapar, maka Dewi membeli makanan.
Kalimat efektif : Dikarenakan lapar, Dewi membeli makanan.

Contoh ke-52 :
Kalimat yang tidak efektif : Kerajaan Majapahit mempunyai pasukan yang sangat kuat sekali.
Kalimat efektif : Kerajaan Majapahit mempunyai pasukan yang kuat sekali.

Contoh ke-53 :
Kalimat yang tidak efektif : Tidak ada yang menduga-duga jika Dia adalah pelakunya.
Kalimat efektif : Tidak ada yang menduga jika Dia pelakunya.

Contoh ke-54 :
Kalimat yang tidak efektif : Mereka setuju daripada keputusan tersebut.
Kalimat efektif : Mereka setuju dengan keputusan tersebut.

Contoh ke-55 :
Kalimat yang tidak efektif : Para siswa-siswi tengah mengerjakan soal masuk universitas.
Kalimat efektif : Para murid tengah mengerjakan soal masuk universitas.

Contoh ke-56 :
Kalimat yang tidak efektif : Bapak itu ialah orang yang bertanggung jawab pada permasalahan dirinya sendiri.
Kalimat efektif : Bapak itu bertanggung jawab terhadap masalahnya sendiri.

Contoh ke-57 :
Kalimat yang tidak efektif : Matahari tenggelam dari sebelah barat.
Kalimat efektif : Matahari tenggelam dari barat.

Contoh ke-58 :
Kalimat yang tidak efektif : Sangat banyak sekali warga yang bekerja menjadi petani.
Kalimat efektif : Banyak sekali warga yang bekerja menjadi petani.

Contoh ke-59 :
Kalimat yang tidak efektif : Rudi berencana jalan-jalan ke negara Jepang.
Kalimat efektif : Rudi berencana jalan-jalan ke Jepang.

Contoh ke-60 :
Kalimat yang tidak efektif : Sesudah bangun tidur, lalu Muis segera berangkat kerja.
Kalimat yang efektif : Sesudah bangun tidur, Muis segera berangkat kerja.

Contoh ke-61 :
Kalimat yang tidak efektif : Di zaman dahulu sekali harga beras masih sangat murah.
Kalimat yang efektif : Di zaman dahulu harga beras masih murah.

Contoh ke-62 :
Kalimat yang tidak efektif : Widya bekerja supaya untuk mencukup kebutuhannya.
Kalimat efektif : Widyia bekerja agar mencukupi kebutuhannya.

Contoh ke-63 :
Kalimat yang tidak efektif : Abu rizal bakrie merupakan orang paling terkaya di Indonesia.
Kalimat efektif : Abu rizal bakrie merupakan orang terkaya di Indonesia.

Contoh ke-64 :
Kalimat yang tidak efektif : Nandini tidak tahu siapa orang yang menjadikan dirinya terluka.
Kalimat efektif : Nandini tidak tahu siapa orang yang membuatnya terluka.

Contoh ke-65 :
Kalimat yang tidak efektif : Terdapat banyak aneka tarian yang ditampilkan di pertunjukan tersebut.
Kalimat efektif : Aneka tarian ditampilkan di pertunjukan tersebut.

Contoh ke-66 :
Kalimat yang tidak efektif : Veronika tidak suka jika ada orang yang membohongi dirinya.
Kalimat yang efektif : Veronika tidak suka jika ada orang yang membohonginya.

Contoh ke-67 :
Kalimat yang tidak efektif : Adel tidak ingin memberikan maaf pada orang tersebut.
Kalimat yang efektif : Adel tidak ingin memaafkan orang tersebut.

Contoh ke-68 :
Kalimat yang tidak efektif : Kota Malang merupakan salah satu kota paling terbersih di Indonesia.
Kalimat efektif : Malang merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia.

CONTOH KALIMAT EFEKTIF

Contoh kalimat efektif ada banyak sekali. Anda bisa membuat contoh lain selain yang saya tuliskan berikut ini. tapi harus sesuai dengan aturan penulisan kalimat efektif.

  1. Aris membeli pulsa untuk kakaknya
  2. Setiap kali mereka bertemu, mereka saling pandang berpandangan
  3. Sinta sedang menginvestasikan perabotan kantor
  4. Para wanita perlu berhati – hati jika melewati lorong
  5. Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama
  6. Karena harga terus melambung tinggi, rakyat menderita kelaparan
  7. Penelitian ini akan memberikan banyak manfaat untuk warga
  8. Tugas peneliti adalah menganalisis dan menyajikan hasil analisis data
  9. Kita harus menyelesaikan berbagai kendala penelitian
  10. Setiap hari sabtu anak – anak latihan pramuka
  11. Sesampainya di rumah paman, riko langsung berkebun dengan paman
  12. Malam ini merupakan malam yang dingin
  13. Rapat itu membahas cara memajukan pariwisata daerah
  14. Bulan itu bertepatan dengan bulan puasa
  15. Saat itu malam penuh bintang
  16. Penyebab banjir adalah pembuangan sampah di hilir sungai
  17. Kami membedah buku itu
  18. Mereka menyetujui keputusan itu
  19. Film itu sudah saya tonton
  20. Soal itu harus kita pecahkan
  21. Dia bukan pelayan, melainkan guru
  22. Mereka tidak melukis, tetapi menggambar
  23. Sungai itu akan dilebarkan
  24. Dalam seminar itu dibicarakan pentingnya generasi bermoralitas tinggi
  25. Pembicara disilakan
  26. Kepada pembicara waktu dan tempat di sediakan
  27. Mereka berlari di halaman belakang sekolah
  28. Tugas itu bagi saya sangat sulit
  29. Dia memakai celana berwarna merah
  30. Karena tidur terlalu larut malam, dia terlambat datang ke sekolah

CONTOH KALIMAT TIDAK EFEKTIF

  1. Aris membelikan pulsa kakaknya
  2. Setiap kali bertemu mereka saling pandang memandang
  3. Ia sedang menginventarisir perabot – perabot kantor
  4. Para wanita perlu hati – hati melewati lorong
  5. Baik mahasiswa lama atau mahasiswa baru dikenakan peraturan yang sama
  6. Karena harga terus melambung tinggi maka rakyat menderita kelaparan
  7. Dengan penelitian iniakan memberikan banyak manfaat bagi warga
  8. Adalah merupakan tugas peneliti untuk menganalisis dan menyajikan hasil analisis data
  9. Berbagai kendala penelitian harus dapat diselesaikan oleh kita
  10. Setiap hari sabtu selalu latihan pramuka
  11. Sesampainya di rumah paman langsung berkebun dengan paman
  12. Pada malam ini merupakan malam yang dingin
  13. Dalam rapat itu membahas cara memajukan pariwisata daerah
  14. Pada bulan itu bertepatan dengan bulan puasa
  15. Saat itu adalah malam yang penuh bintang
  16. Kami membedah tentang buku itu
  17. Mereka menyetujui dari pada keputusan itu
  18. Film itu sudah saya tonton
  19. Soal itu kita harus pecahkan
  20. Dia bukan pelayan tetapi seorang guru
  21. Mereka tidak melukis, tetapi mereka menggambar
  22. Sungai itu akan diperlebarkan
  23. Dalam seminar itu membicarakan tentang pentingnya generasi bermoralitas tinggi
  24. Kepada pembicara di silakan
  25. Kepada pembicara waktu dan tempat dipersilakan
  26. Mereka berlarian di halaman belakang sekolah
  27. Mahasiswa Perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan banyak hadiah
  28. Karena dia tidak diajak ikut serta, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku
  29. Pada hari Jumat seluruh siswa SMP Bulan mengikuti kegiatan apel mulai dari kelas VII sampai kelas IX
  30. Walaupun lelah sekali, tetapi Ana tetap ikut bakti sosial.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai ciri-ciri sekaligus contoh dari kalimat efektif dan juga kalimat tidak efektif. Dengan ciri-ciri diatas, diharapkan Anda dapat membuat suatu kalimat yang efektif pada suatu karangan maupun bacaan.

Karena dengan begitu, pembaca bisa dengan cepat mengerti apa yang dimaksud pada suatu karangan maupun bacaan yang Anda buat. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan suatu referensi ilmu pengetahuan.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar