21+ Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK Yang Baik dan Benar

Contoh Laporan Prakerin

Contoh Laporan Prakerin Terbaik dan Terbaru 2020 – Program magang saat ini telah menjadi bagian dari kurikulum sistem pendidikan Indonesia yang prakteknya tidak hanya dijalankan bagi pelajar di tingkat perguruan tinggi namun pelajar di tingkat sekolah menengah atas pun juga sudah menerapkan program ini, terutama untuk sekolah kejuruan. Tujuan diadakannya program magang bagi pelajar sebelum lulus sekolah adalah untuk memberikan pengalaman kepada pelajar untuk terjun langsung merasakan lingkungan kerja di industri sesuai dengan bidang studinya.

Biasanya pelajar magang akan ditempatkan di posisi yang sama dengan karyawan entry level dan membantu pekerjaan dari karyawan-karyawan tetap yang ada di perusahaan tempatnya magang. Di akhir masa magang yang bisa berlangsung dalam hitungan minggu hingga bulan, pelajar wajib membuat laporan magang yang contohnya akan Anda lihat nanti di bawah ini.

PKL adalah salah satu sebutan lain untuk magang yang biasanya digunakan untuk program magang di tingkat sekolah. PKL memiliki kepanjangan Pelatihan Kerja Lapangan yang merupakan kegiatan yang dilakukan di lingkungan kerja langsung. PKL biasanya dilakukan oleh siswa sekolah kejuruan seperti misalnya SMK, STM, dan sekolah kejuruan lainnya yang secara spesifik mempelajari bidang industri tertentu dan memang disiapkan untuk bisa jadi SDM yang memiliki daya saing untuk bekerja.

Oleh karena itu penting untuk membuat laporan PKL agar kegiatan yang dilakukan di tempat magang bisa dilaporkan secara tertulis dan menjadi pengetahuan bagi yang lain mengenai kegiatan kerja apa saja yang dilakukan di tempat magang. Pada contoh laporan PKL yang akan dibahas nanti Anda bisa mendapatkan gambaran kegiatan yang dilakukan di tempat magang secara detail.

Berikut ini adalah contoh laporan prakerin yang baik dan benar. Mulai dari contoh laporan prakerin tkj, contoh laporan prakerin tkr, contoh laporan prakerin akuntansi, contoh laporan prakerin multimedia, contoh laporan prakerin pemasaran, contoh laporan prakerin tsm, contoh laporan prakerin jurusan rpl, contoh laporan prakerin listrik, contoh laporan prakerin tataboga, dll.

Format Laporan PKL SMK

Pembuatan laporan PKL atau laporan magang ternyata tidak terlalu sulit. Jika kamu sudah memiliki format laporan, sebenarnya kamu bisa mulai membuat draft laporan tersebut untuk memudahkan proses kerja. Pembuatan laporan pun tidak harus menunggu sampai selesai PKL karena di sela-sela waktu senggang, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan draft atau garis besar laporan PKL. Nantinya, kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk melengkapi pekerjaan ketika sudah menyelesaikan kegiatan PKL.

Format laporan PKL SMK terdiri dari:

  • Judul laporan PKL yang ditulis dengan awalan huruf kapital atau seluruhnya ditulis menggunakan huruf kapital. Cantumkan pula lokasi tempat kegiatan PKL dilakukan dengan menambahkan kata hubung ‘di’ atau ‘pada’. Logo atau lembaga pendidikan juga perlu dicantumkan pada bagian tengah sampul.
  • Data diri pembuat laporan: nama, nomor induk siswa atau nomor absen, kelas, identitas pendek sekolah beserta alamat
  • Lembar pengesahan laporan PKL yang menunjukkan bahwa laporan tersebut sudah melalui proses koreksi yang dilakukan beberapa pihak, misalnya pembimbing, kepala sekolah, hingga kepala tempat magang
  • Motto (dapat diambil dari kutipan tokoh-tokoh terkenal atau dibuat berdasarkan kondisi diri sendiri)
  • Identitas siswa, sekolah, serta perusahaan tempat magang
  • Kata pengantar laporan: judul diletakkan pada bagian tengah, memperhatikan penggunaan huruf kapital, mengucapkan syukur pada Tuhan YME, memohon kritik dan saran dari para pembaca, menyebutkan terima kasih pada para pihak yang sudah membantu proses pembuatan laporan, peutup, tanda tangan penyusun, tanggal pembuatan, nama penyusun laporan PKL
  • Daftar isi dan daftar gambar laporan PKL:
    • Lembar pengesahan sekolah
    • Lembar pengesahan perusahaan
    • Lembar pengesahan penguji sekolah/tempat studi
    • Identitas sekolah
    • Identitas siswa
    • Identitas perusahaan
    • Kata pengantar
    • Daftar isi
    • Daftar gambar
    • Daftar tabel
    • BAB I (PENDAHULUAN): Latar Belakang PKL, Tujuan PKL, Alasan Pemilihan Lokasi PKL, Metode Pengumpulan Data, Manfaat PKL, Kerangka Laporan
    • BAB II (PROFIL PERUSAHAAN): Data Umum Perusahaan, Sejarah Perusahaan , Visi dan Misi Perusahaan, Aset Perusahaan, Tata Tertib Perusahaan, Jam Kerja Perusahaan
    • BAB III (PEMBAHASAN): Dasar Teori, Pembahasan
    • BAB IV (KESIMPULAN DAN SARAN): Kesimpulan, Saran
    • Daftar Pustaka
    • Lampiran-Lampiran

Secara umum, pembahasan umum laporan PKL memuat poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Tidak jarang pula sekolah memberikan format khusus terkait pembahasan yang harus dituliskan di dalam laporan.

Download Softfile Laporan PKL Berbagai Jurusan

Download laporan PKL DOC / WORD

CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK DOC (DOWNLOAD DRAFT VERSI WORD)

Download File Laporan PKL SMK WORD

Download Laporan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) SMK PDF

CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK PDF (DOWNLOAD DRAFT VERSI PDF)

Download File Laporan PKL SMK PDF

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN TKJ

Contoh Laporan Prakerin Jurusan TKJ

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pelaksanaan praktek kerja industri ini tentu memiliki peran yang sangat penting, karena prakerin sudah menjadi faktor dasar di dalam bidang pendidikan. Yang berfungsi untuk menambah wawasan serta pengalaman yang berharga, dan sebagai bekal para siswa dan siswi jika suatu hari memasuki dunia kerja dan sekaligus mengenal sistem kerjanya.

Tujuan Dibuatnya Praktek Kerja Industri
Kegiatan prakerin ini sudah dilaksanakan oleh siswa dan siswi SMK Tanu Wijaya setiap tahunnya untuk memenuhi salah satu tugas di sekolah. Tujuannya mendasar dari dilaksanakannya prakerin ini diantaranya yaitu :

1. Tujuan umum
Keahlian profesi merupakan elemen pokok dari keahlian profesional di dunia kerja, karena setiap perusahaan memerlukan tenaga ahli profesional untuk menghadapi perkembangan ekonomi secara global. Sehingga kegiatan prakerin ini akan membantu para siswa mengembangkan kemampuannya saat memasuki dunia kerja.

2. Tujuan khusus
a. Meningkatkan efisiensi pendidikan dan pelatihan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional.
b. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap salah satu pengalaman kerja.
c. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional serta memiliki etos kerja dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait.
d. Memperkokoh hubungan antara dunia kerja dengan dunia pendidikan.
e. Memperluas pandangan serta wawasan setiap siswa dan siswi terhadap jenis pekerjaan yang berkaitan di tempat praktek.
f. Merealisasikan pengetahuan yang didapat di sekolah untuk kemudian diaplikasikan di tempat praktek.

Manfaat Prakerin
1. Para siswa akan mendapat kompetensi yang tidak mereka peroleh di sekolah.
2. Secara tidak langsung para siswa sudah memberi kontribusi bagi perusahaan yang mereka tempati.
3. Memberi motivasi dan meningkatkan etos kerja yang baik untuk para siswa.
4. Mempererat hubungan sekolah dengan partner industri.
5. Sebagai media promosi yang baik bagi alumni SMK Tanu Wijaya.

Perincian kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :
1. Menginstall window xp, 7 dan juga 8
2. Mengupgrade processor
3. Mengecek spesifikasi CPU
4. Merakit komputer
5. Menginstal driver dan software
6. Mengetes ulang laptop
7. Mengetes ulang proyektor
8. Maintenence komputer

Hasil kegiatan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :
1. Menjadi lebih mengerti operating system serta cara menginstallnya dengan lebih mendalam.
2. Lebih mengerti tata cara memasang processor yang baik dan benar.
3. Menjadi lebih mengerti apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli PC.
4. Menjadi lebih mengerti cara dan tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika merakit komputer serta mengecek kembali komputer yang akan dijual.
5. Menjadi lebih mengerti cara menyetting BIOS serta cara menggunakan partisi hard disk.
6. Menjadi lebih mengerti secara mendalam tentang driver dan software dan cara menginstallnya ke komputer.
7. Menjadi lebih mengerti hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop.
8. Menjadi lebih mengerti memelihara dan memperbaiki komputer yang rusak.

PENUTUP
Kesimpulan
Pembelajaran yang dilakukan di dunia kerja adalah salah satu strategi dan peluang yang dialami para siswa dalam proses belajar tersebut. Sehingga dengan adanya program prakerin ini penulis dapat merasakan langsung praktek di dunia kerja.

Saran
1. Disiplin dalam bekerja, etika, kesopanan, ketelitian dan tanggung jawab yang harus semakin ditingkatkan oleh setiap karyawan di Dian Computer Center.
2. Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara bawahan dan atasan sangat penting, karena hal itu merupakan kunci sukses dan keberhasilan suatu perusahaan.

Baca : Laporan Keuangan

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN AKUNTANSI

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Akuntansi

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Prakerin atau praktek kerja industri adalah salah satu tugas sekolah yang harus dilakukan oleh para siswa siswi, sebagai salah satu wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. Program prakerin disusun bersama oleh sekolah dan dunia kerja, guna memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai kontribusi yang baik terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pelatihan dan untuk menyediakan tenaga kerja yang profesional yang berkualitas maka dibuatlah program prakerin tersebut. Permasalahan yang ada saat ini adalah lulusan sekolah kejuruan dianggap belum memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke dunia kerja.

Hal ini terjadi karena antara sekolah dengan dunia usaha industri belum memiliki keterikatan, seharusnya sekolah dengan dunia perindustrian ini saling mendorong dalam hal memacu produktivitas serta mengoptimalkan aktivitas untuk menghasilkan para tenaga profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin
1. Memahami pengertian mengenai retribusi pasar.
2. Sistem pemungutan yang dilakukan di retribusi pasar.
3. Jenis retribusi pasar yang memadai.
4. Alat yang digunakan dalam retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar
Retribusi pasar adalah pembayaran yang dialakukan oleh para pedagang di pasar, atas pelayanan dan fasilitas yang dikelola oleh pemerintah daerah yang sudah disediakan untuk para pedagang di pasar. Objek dari retribusi pasar yaitu sebagai berikut :

1. Penyediaan fasilitas pasar misalnya kios, pelataran, front toko, dan los yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.
2. Segala jenis kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, ternak, laut, dan barang dagangan pada radius sekitar 200 m dari pasar.
3. Keramaian pasar.
4. Biaya balik nama pemakai.

Jenis-jenis retribusi pasar diantaranya sebagai berikut :
1. Karcis pasar
2. Pasar bawah
3. Pasar atas
4. Pedagang malam

Alat yang digunakan untuk retribusi pasar yaitu :
1. Bolpoin
2. Komputer
3. Printer
4. Map
5. Kalkulator
6. Pensil
7. Penghapus

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN PEMASARAN

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Pemasaran

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Setiap siswa atau siswa yang lulus dari sekolah menengah kejuruan tentunya akan dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang didapat dari sekolah. Oleh sebab itu diadakanlah program prakerin yang bertujuan agar para siswa mempunyai pengalaman di dalam dunia usaha sebelum mereka memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah.

Pola penyelenggaraan di SMK dianggap belum mampu menghasilkan tamatan seperti yang diharapkan, dan belum menghasilkan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian pihak sekolah serta dunia usaha dan industri harus memiliki kerja sama yang baik yang diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang tepat guna.

Spesifikasi Pekerjaan Atau Praktek Di Lapangan
Saat penulis melaksanakan prakerin di Hamada Group, penulis ditempatkan di bagian pemasaran. Yaitu melakukan beberapa pekerjaan seperti pengerjaan display, melayani setiap pelanggan yang datang ke toko, melakukan pelabelan pada barang, mengecek barang, stock opname, dan lain-lain. Selain itu, pihak Hamada Group juga menerapkan kedisplinan dan kejujuran selama bekerja.

Uraian Kegiatan Prakerin di Hamada Group
Pelaksanaan prakerin dimulai dari hari senin tanggal 15 Desember 2017 sampai tanggal 15 Maret 2018. Jam kerja penulis selama mengikuti prakerin di sana adalah mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore hari, dan mendapat libur di hari Sabtu dan hari Minggu.

Sebelum memulai kerja, penulis diharuskan membersihkan toko terlebih dahulu kemudian menata barang-barang yang ada di toko agar terlihat rapi dan bersih. Jika ada barang datang penulis juga ikut mengecek barang, dan membuat laporan untuk setiap barang yang masuk dan keluar.

PENUTUP
Setelah melakukan prakerin selama 3 bulan penuh, ternyata banyak sekali manfaat yang penulis dapatkan selama melaksanakan prakerin di sana. Diantaranya sebagai berikut :

1. Melakukan kedisiplinan yang baik soal waktu.
2. Mampu bertanggung jawab atas setiap pekerjaan dan tugas yang dilakukan selama bekerja.
3. Melatih kesabaran diri ketika menghadapi beberapa hambatan dan kendala yang terjadi selama bekerja di toko.
4. Mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata suatu hari nanti.
5. Mengetahui dan mengenal dengan baik Hamada Group khususnya di bagian toko yang penulis tempati selama prakerin.

Baca : Laporan Kegiatan

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN MULTIMEDIA

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Multimedia

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Kegiatan prakerin merupakan salah satu pembeda antara sekolah menengah atas biasa dengan sekolah menengah kejuruan. Prakerin melatih para siswa untuk menerapkan ilmu yang telah diajarkan di sekolah sebelumnya, melatih kemandirian, mengenalkan para siswa kepada dunia usaha yang berperan ganda. Artinya belajar dan mendapat ilmu tidak harus di sekolah.

Tujuan dari prakerin yang dilakukan oleh para siswa ini adalah :
1. Menambah pengalaman dalam dunia kerja.
2. Mengembangkan kreativitas para siswa.
3. Membentuk mental para siswa untuk berwirausaha jika sudah lulus sekolah.
4. Melatih keterampilan yang dimiliki para siswa agar dapat bekerja dengan baik saat mulai bekerja nanti.
5. Melatih para siswa untuk membuat laporan yang baik dan benar setelah melaksanakan program prakerin.

Tata Tertib Selama Bekerja Di Rhaja Multimedia
1. Mulai bekerja setiap pukul 08.00 sampai pukul 16.00.
2. Tidak boleh merokok selama berada di ruang kerja yaitu studio.
3. Tidak boleh menggunakan handphone.
4. Tidak boleh bermain game selama waktu bekerja.
5. Tidak boleh keluar kantor tanpa seizin pembimbing.
6. Tidak boleh menggunakan alat-alat yang ada di studio tanpa seizin pembimbing.
7. Jika kebetulan meminjam alat yang ada di gudang harus dikembalikan lagi.
8. Tidak boleh menerima tamu selama bekerja.

Jenis pelayanan yang terdapat di Rhaja Multimedia
1. Shooting video untuk berbagai keperluan acara misalnya pernikahan, sunatan, lamaran, prawedding, ulang tahun, dan lain-lain yang sudah 1 paket dengan video editingnya.
2. Studio foto untuk keperluan foto apapun sepaket juga dengan editing foto.
3. Pembuatan animasi baik yang 2 dimensi ataupun 3 dimensi.
4. Menyewakan alat-alat yang berhubungan dengan multimedia.
5. Pembuatan website biasa atau pembuatan website streaming.
6. TV progamming
7. Pembuatan video profile.
8. Transfer data atau file apapun ke CD atau DVD.

PENUTUP

Manfaat yang didapat penulis selama melakukan prakerin di Rhaja Multimedia, yaitu :
1. Menambah keterampilan serta wawasan yang baru selama bekerja di bidang multimedia.
2. Mengenali pekerjaan industri lapangan di bidang multimedia.

Hasil kegiatan prakerin :
1. Dapat menggunakan alat-alat multimedia karena sudah sering menggunakannya selama bekerja.
2. Mengetahui beberapa software aplikasi yang baru yang tidak atau belum diajarkan di sekolah.
3. Mengetahui sekaligus mengatasi segala
4. kendala atau hambatan yang biasa terjadi di lapangan.
5. Memahami jenis permintaan pelanggan dan layanan apa saja yang bisa diberikan.

Hambatan yang ditemui selama di lapangan :
1. Kesulitan mendapatkan sumber listrik selama bekerja di lapangan.
2. Kesulitan mengatur pencahayaan di luar ruangan.

Baca : Contoh Makalah

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN RPL

Contoh Laporan Prakerin Jurusan RPL

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan mutu dari setiap tamatan sekolah menengah kejuruan, maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang yang dibutuhkan lapangan kerja. Pelajaran praktik yang diajarkan di sekolah tidak ada artinya jika para siswa tidak dibekali praktek kerja industri secara langsung dari dunia usaha atau industri.

Karena keahlian dan keterampilan yang hanya didapat dari sekolah tidak cukup untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam dunia kerja. Maka dari itu perlu dibuat program prakerin ini, kegiatan belajar lain selain yang dilakukan di sekolah.

Prakerin adalah sarana yang paling tepat untuk mempraktekan langsung proses produksi di salah satu bidang industri, serta tahap awal untuk para siswa beradaptasi dengan dunia kerja. Dengan cara itu diharapkan para siswa dapat meningkatkan kegiatan belajarnya agar ketika masuk ke dunia kerja sudah benar-benar siap dan matang.

Tujuan Prakerin
1. Menghasilkan tenaga kerja ahli yang profesional.
2. Memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi yang baru dari lapangan.
3. Memperkokoh keterikatan antara dunia usaha/industri dengan sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama bekerja di MRS Computer, yaitu meliputi :
1. Menginstal sistem operasi
2. Belajar program aplikasi yang ada
3. Melakukan pengetikan
4. Belajar tahapan-tahapan dalam proses editing foto

Uraian kegiatan pekerjaan selama melaksanakan prakerin di MRS Computer, diantaranya :
1. Pengenalan berbagai kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh semua karyawan serta pemimpin di MRS Computer setiap harinya.
2. Mengetik cerpen, soal-soal sekolah, dan soal ujian.
3. Mengetik soal-soal ulangan dan mencoba belajar scanning gambar.
4. Burning CD.
5. Mengetik beberapa surat pernyataan resmi.
6. Memasukkan data-data milik guru ke dalam microsoft excel.
7. Mengetik soal-soal matematika.

PENUTUP

Faktor pendukung terlaksananya prakerin di MRS Computer :
1. Program aplikasi yang tersedia
2. Fasilitas yang baik dan mencukupi
3. Hubungan kerjasama yang baik antar karyawan sehingga bisa saling menguntungkan
4. Mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat

Kesimpulan
Selama penulis melaksanakan prakerin di MRS Computer, penulis merasa mendapatkan banyak sekali ilmu dan keterampilan lebih. Penulis juga dapat mempraktekan secara langsung sistem kerja di dunia luar yang sebelumnya belum pernah dialami.

Penulis juga semakin menyadari akan pentingnya komunikasi yang tepat selama kita bekerja, dan bagaimana berinteraksi yang baik dengan karyawan maupun dengan pelanggan. Dengan demikian penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan MRS Computer yang sudah memberikan kesempatan bekerja dan belajar banyak hal di MRS Computer.

Nah itulah penjelasan tentang contoh laporan prakerin yang lengkap. Mulai dari contoh laporan prakerin administrasi perkantoran, contoh laporan prakerin tgb, contoh laporan prakerin teknik sepeda motor, contoh laporan prakerin farmasi, contoh laporan prakerin perbankan syariah, contoh laporan prakerin akuntansi, dll.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar