20+ Contoh, Pengertian Dan Bagian-bagian Memo

Contoh Memo – Tahukah kalian apa itu memo? Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mendengar istilah ini. Tetapi masalahnya tidak sedikit orang yang tidak mengetahui makna dari istilah memo itu sendiri. Walaupun mereka sering mendengar istilah memo.

Tetapi tidak usah khawatir, selagi kita masih hidup di dunia ini tidak ada yang terlambat. Salah satunya untuk mempelajari materi tentang contoh memo ini. Nah, pada artikel saya kali ini, saya mengajak kalian semua untuk mengenal lebih dekat dengan materi memo.

Contoh Memo Perusahaan

Karena menurut saya pribadi materi ini merupakan salah satu materi yang penting untuk diketahui oleh setiap orang. Memo merupakan sebuah surat yang berbentuk sangat singkat, padat dan jelas yang diberikan kepasa seseorang dengan tujuan tertentu.

Secara penggunaannya memo dibagi menjadi dua bagian, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi. Dan masing-masing bagian ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok antara satu dengan yang lain. Entah dari cara penulisannya, tujuannya ditulisnya bahkan dari cara penyampaiannya.

Nah, itu dia sedikit gambaran mengenai contoh memo yang akan kita pelajari pada kesempatan kali ini. Untuk menghemat waktu, langsung saja saya akan menjabarkan beberapa materi tentang contoh memo. Saya harapkan, agar kalian membaca artikel ini hingga akhir agar tidak menimbulkan kesalahfahaman.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Prosedur

Selamat Membaca !!

Pengertian Memo

Pengertian Memo
Sebelum kita berbicara banyak mengenai contoh memo, menjadi kewajiban kita untuk mengetahui pengertian memo itu sendiri. Dengan mengetahui pengertian atau arti memo, akan memudahkan kita dalam memahami materi ini.

Seperti yang saya katakan di atas memo adalah sebuah surat yang isinya sangat padat, singkat dan jelas. Yang ditujukan kepada seorang pihak dengan maksud tertentu. Biasanya memo dituliskan langsung kepada isi dan maksud penulisnya.

Untuk penulisan memo sendiri, penulis tidak perlu menyertakan salam pembuka dan paragraf penutup. Dan hal inilah yang menjadi perbedaan mencolok antara memo dan surat.

Seseorang menuliskan memo dengan beberapa tujuan. Dan pada umumnya memo digunakan untuk memberikan sebuah arahan, permintaan atau pemberitahuan. Selain itu juga sering digunakan oleh seseorang untuk memerintah seorang yang memiliki pangkat dibawahnya. (menyuruh bawahan)

Jenis-jenis Memo

Jenis-jenis Memo
Setelah mengetahui pengertian memo, kita akan lanjutkan pembahasan kali ini dengan mengenal beberapa jenis memo. Berdasarkan penggunaannya memo dibedakan menjadi dua bagian, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi. Dan setiap jenis memo ini memiliki perbedaan antara satu sama lain.

Oleh karena itu, agar kita tidak bingung saat mendapat tugas untuk membuat contoh memo dengan jenis tertentu. Marilah kita simak baik-baik penjelasan tentang jenis-jenis memo dibawah ini :

1. Memo Resmi

Contoh Surat Pernyataan Lamaran Kerja
Seperti namanya, memo resmi digunakan untuk segala keperluan yang bersifat resmi. Oleh karena itu memo resmi hanya digunakan oleh sebuah lembaga, instansi, organisasi atau perusahaan. Dan memo resmi hanya dapat ditujukan kepada seseorang yang terikat dengan sebuah organisasi atau lembaga tertentu.

Dengan kata lain jenis memo yang satu ini tidak boleh digunakan untuk keperluan pribadi pembuatanya. Selain itu, memo resmi juga tidak dapat digunakan sebagai sarana surat menyurat antara satu lembaga dengan lembaga lain.

Memo resmi sering digunakan oleh seorang yang memiliki pangkat/ kedudukan tinggi dalam sebuar lembaga atau organisasi. Yang ditujukan kepada seorang yang memiliki pangkat dibawahnya dengan beberapa maksud. Atau bisa juga ditujukan kepada seorang yang memiliki pangkat sama dengannya.

Karena bersifat resmi, dalam membuat memo jenis ini seseorang harus memperhatikan bahasa penyampaian. Walaupun ditujukan kepada bawahannya, seorang tetap harus menggunakan bahasa yang sopan. Dengan maksud penerima memo tersebut tidak tersinggung dengan kata-kata dalam memo tersebut.

2. Memo Tidak Resmi / Pribadi

Memo Tidak Resmi atau Pribadi
Berbeda dengan memo resmi, memo tidak resmi hanya sebuah memo yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah ditujukan kepada teman, saudara atau keluarga, memo ini tidak menyangkut sebuah lembaga atau organisasi manapun.

Karena tidak bersifat resmi penulisan memo pribadi tidak sama dengan memo resmi. Memo tidak resmi dapat dituliskan dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Walaupun begitu penulis harus tau diri, dan menggunakan kalimat dan bahasa yang sopan.

Bagian-bagian Memo

Bagian-Bagian Surat Resmi
Seperti halnya surat, dalam menuliskan sebuah memo seseorang harus menyertakan beberapa bagian memo. Karena apabila salah satu bagian saja tidak terdapat dalam memo tersebut. Maka memo tersebut tidak dapat dikatakan sebuah memo, bisa dikatakan memo tersebut tidak sempurna.

Nah, oleh karena itu agar memo yang kita tuliskan dapat disebut sebuah memo, kita harus mempelajari bagian-bagian memo. Langsung saja saya akan sedikit menerangkan beberapa bagian-bagian yang harus terdapat pada sebuah memo.

Bagian Kepala

Bagian memo yang pertama adalah kepala memo, bagian ini terdiri dari beberapa unsur. Yang pertama adalah bagian kop memo, tetapi penggunaan kop memo hanya untuk memo yang bersifat resmi. Untuk menyusun sebuah memo yang bersifat pribadi seseorang tidak perlu menyertakan unsur ini.

Kop memo bertujuan untuk menegaskan, bahwa memo tersebut benar-benar dikeluarkan dari lembaga yang terkait. Untuk meyakinkan penerima, bagian kop memo biasanya terdiri dari nama dan alamat lembaga yang bersangkutan.

Unsur kepala memo yang kedua adalah tulisan memo yang berada ditengah-tengan memo, tepat dibawah kop memo. Biasanya tulisan memo dituliskan centering atau rata tengah dan memiliki ukuran lebih besar dari huruf lainnya. Serta dituliskan dengan huruf kapital dan dipertebal.

Unsur kepala memo yang terakhir adalah nama pengirim dan nama penerima. Bagian ini terletak pada bagian atas kiri, tepat dibawah tulisan memo. Dan bagian ini harus dituliskan dalam setiap memo entah memo resmi atau memo tidak resmi.

Bagian Isi

Bagian memo yang selanjutnya adalah bagian isi atau badan memo. Badan memo merupakan bagian yang paling penting dalam memo. Karena pada bagian inilah seorang penulis mengutarakan maksud dari memo tersebut.

Dalam menuliskan maksud dan tujuan dalam sebuah memo. Penulis tidak perlu berbelit-belit dalam menyampaikan isi tersebut. Dan sebaiknya langsung kepada maksud dan tujuan memo tersebut dibuat. Walaupun ditulis dengan singkat, informasi yang dituliskan harus jelas dan lengkap.

Bagian Penutup

Bagian yang terakhir adalah bagian penutup atau bisa juga disebut dengan kaki memo. Seperti halnya kepala memo, kaki memo terdiri dari beberapa unsur. Seperti halnya tanggal pembuatan, tanda tangann dan nama terang orang yang membuat.

Seperti halnya surat resmi, penulisan tanggal pembuatan dan tanda tangan dapat diletakkan pada bagian kiri atau kanan bawah. Tergantung keinginan penulis ingin menempatkan di kiri atau di kanan.

Contoh Memo

Setelah mempelajari beberapa materi tentang memo, kita masuk pada materi inti yaitu contoh memo. Dan ini saya tuliskan agar kalian lebih faham dan mengerti tentang penjelasan saya di atas. Langsung saja saya akanmemberikan beberapa contoh memo yang sering kita jumpai sebagai berikut :

Contoh Memo Resmi Sekolah

Contoh Memo Resmi Sekolah

SMP NURUL IMAN SURABAYA

Jl. Sumpah Pemuda No. 95 Tanjung karang Surabaya

Telp. (021) 45749239

MEMO

Dari    : Kepala SMP Nurul Iman Surabaya

Untuk : Dewan Panitia Study Tour

Segera siapkan laporan hasil pengumpulan suara tentang tujuan study tour siswa kelas VIII yang akan dilaksanakan bulan depan. Akan saya pertimbangkan apakah tujuan tersebut sesuai dengan kebutuhan anak-anak atau tidak. Sekian terima kasih.

Surabaya, 21 November 2017

Kepala Sekolah

 

Ahmad Khoiruddin

# Contoh 2

SMA MAJU JAYA JAKARTA

Jl. KaryaSastra No. 58 Perum Bunga Asri Jakarta Pusat

Telp. (021) 34379475 Email : smamj@gmail.com

MEMO

 

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Wakil Kepala Sekolah

Saya ingin melakukan diskusi dengan anda mengenai acara pelaksanaan ujian akhir semester yang akan dilangsungkan pada tanggal 25 Januari 2017. Tolong siapkan data-data mengenai kesiapan soal dan daftar jawaban yang diberikan pemerintah untuk sekolah kita. Insya Allah diskusi ini akan kita laksanakan nanti siang setelah istirahat kedua di ruangan saya. Sekian terima kasih.

Jakarta, 10 januari 2017

Kepala Sekolah

Panji Naji

# Contoh 3

SMK 2 PENERBANGAN SALATIGA

Jl. Mawar No 47 Tanjung Jaya Salatiga

Telp. (021) 9567238

MEMO

Dari : Wakil Kepala Sekolah

Kepada : Dewan Guru

Tolong persiapkan diri, karena saya akan melakukan diskusi dengan para guru mengenai program baru kita yaitu Tahfidzhul Quran. Dan siapkan beberapa masukan dan saran terkait program yang akan kita terapkan dalam waktu dekat ini. Insya Allah diskusi akan dilaksanakan pada pukul 09.00 yang bertempat di ruang guru. Sekian terima kasih.

Salatiga, 23 April 2017

Wakil Kepala Sekolah

 

Taimun Saymui

# Contoh 4

SMPN 3 MALANG

Jl. Melati No. 54 Batu Malang

Telp. (021) 3475387 Email : smpn3batu@gmail.com

MEMO

Dari: Dewan Guru

Kepada Kepala Tata Usaha

Untuk hari ini seluruh guru termasuk tata usaha akan mengikuti acara rapat dengan kepala sekolah. Untuk itu tolong siapkan data-data terkait hal-hal yang akan menjadi bahan evaluasi untuk bulan ini. Dan juga hari ini para siswa akan dipulangkan pada pukul 10.00, oleh karena itu mohon diberitahukan kepada para ketua kelas tentang hal ini.

Malang, 24 Juni 2017

Dewan Guru

 

Norma Aulian

SMPN 2 PENERBANGAN
Jl. Sumpah Kelapa No. 56  Tanjung Karang Kep. Riau
No. (021) 45783475 Email : smpnpne34@gmail.com

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Panitian Penerima Siswa Baru

Tolong siapkan data mengenai siswa yang telah mendaftar ke sekolah kita, dalam jangka waktu 1 bulan ini. Apabila jumlah siswa yang mendaftar telah memenuhi kuota yang telah ditentukan segera buat daftar pengumuman siswa yang diterima. Dan informasikan bahwa kuota telah habis. Dan juga siapkan segala sesuatu yang terkait dengan acara daftar ulang yang akan dilaksanankan pada tanggal 21 Desember 2017. Sekian dan terima kasih.

Kep. Riau, 11 November 2017

Kepala Sekolah

 

Gagot Rhifai

Artikel Terkait : Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi

Contoh Memo Perusahaan

Contoh, Pengertian Dan Bagian-bagian Memo

PT. MEKAR SARI

Jl. Mawar No. 57 Bantul, Yogyakarta

Telp. (021) 45738945 Email : mekarsari54@gmail.com

MEMO

Dari: Manager keuangan

Kepada: Bagian Keuangan unit 1

Tolong siapkan data-data dan laporan yang berkaitan dengan keuangan tahun ini, termasuk pengeluaran untuk bulan ini. Mohon dilakukan dengan cepat karena hal tersebut akan menjadi salah satu bahan evaluasi pada rapat rutin kita pada tanggal 3 Maret 2017. Sekian terimakasih.

Yogyakarta, 27 Febuari 2017

Manager Keuangan

 

Farel Anoei

# Contoh 2

PT MITHA ABADI

Jalan Kalimantan No. 56 Tanjung Karang Yogyakarta

Telp. (021) 475893294 Email : mithaabadi45@gmail.com

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Produksi

Tolong siapkan data-data mengenai jumlah produk yang telah di produksi dalam bulan ini. Dan saya minta daftar produk yang telah kita produk mulai tahun 2016, dan saya minta kepada anda agar membuat resep produk baru untuk bulan ini. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan pada rapat bulanan, dalam waktu dekat ini. Sekian terimakasih.

Yogyakarta, 21 Maret 2017

Manager

 

Gian Ronald

# Contoh 3

PT AGUNG PERKASA MANDIRI

Jalan Melari No. 64 Karang Jati Malang

Telp. (021) 34784763

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Marketing

Tolong sampaikan kepada seluruh anggota bagian marketing agar mempersiapkan diri untuk menghadiri acara seminar. Yang akan dilaksanakan pada hari senin, 10 November 2017 di Aula serba guna PT Agung Perkasa Mandiri. Dan diharapkan saat menghadiri seminar para anggota marketing tidak ada yang bolos atau tidak mengikuti seminar tersebut. Dan itu akan menjadi salah satu hal yang akan dievaluasi dalam rapat rutin kita. sekian terima kasih.

Malang, 10 November 2017

Manager

 

Andi Parantias

—-

PT AGUNG PERKASA JAYA
Jalan Mawar No. 64 Tanjung Priuk Surabaya
Telp. (021) 48573749

Dari: Manager

Kepada : Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru

Untuk bulan ini saya harapkan kepada seluruh tim pengrekrutan karyawan agar bergerak lebih cepat. Karena bulan-bulan ini pihak perusahaan banyak karyawan yang keluar dengan catatan cotrak habis. Jadi agar perusahaan ini bisa tetap berkembang saya mohon kepada bagian pengrekrutan karyawan agar bergerak dengan sigap. Dan target karyawan yang harus dipenuhi untuk bulan ini adalah 100 orang karyawan.

Surabaya, 21 September 2017

Manager

 

Bambang Tejo

# Contoh 4

PT MEKAR JAYA INDAH

Jalan Melati No.31 Surabaya

Telp. (021) 47362968

MEMO

Dari : Manager

Kepada: Wakil Manager

Tolong siapkan laporan pencatatan hasil rapat bulan kemarin, karena bulan kemarin saya lupa menulis hasi rapat tersebut. Karena hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan untuk perusahaan apakah mengeluarkan produk baru atau tidak. Jadi usahakan catatan hasil rapat tersebut diserahkan pada saya dalam waktu dekat ini. Dan harapan saya agar catatan itu diberikan dalam bentuk file yang lengkap dan sesuai hasil rapat kemarin.

Surabaya, 10 November 2017

Manager

 

Adi Permata

Artikel Terkait : Contoh Kalimat Deduktif Beserta Penjelasan dan Ciri-cirinya

Contoh Memo Pribadi

Contoh Puisi Islami yang Sangat Menyentuh Hati
Dari : Randi

Kepada : Dimas

Jangan lupa kalo maen kerumahku bawan makanan pesenanku ya. Kemarin mau beli di daerah deket rumahmu. eh malah tokonya tutup terpaksa pulang tanpa ada hasil nanti uangnya aku ganti deh terus ada bonusnya juga. Minta tolong ya dim ini aku udah pengen banget makan cemilan itu.

Semarang, 13 Maret 2017

Sahabatmu

Randi

# Contoh 2

Dari : Noval

Kepada : Nisa

Maaf ya nis aku kemarin nggak bisa bales chatmu, kemarin aku ada masalah yang membuat aku pengen sendiri dulu. Tapi untuk hari ini masalah itu udah ilang kok jadi kamu bisa chat aku lagi.dan aku juga minta maaf atas segala perbuatan atau tingkah lakuku yang tidak enak padamu. Dan aku juga minta maaf karna aku tidak bisa ngomong langsung ke kamu. Karna takutnya kamu marah ke aku, jadi terpaksa aku nulis memo ini kekamu.

Temanmu

 

Noval

# Contoh 3

Dari : Agung

Untuk : Kak Rani

Kak besok agung ada tugas kelompok dan agung nggak bisa pulang cepet kak. Minta tolong ya kak, bilang ke mama sama papa kalo agung nggak bisa pulang cepet, agung takut mereka khawatir. Paling selambat-lambatnya agung selesai belajar kelompok setelah isya atau sekitar pukul 08.00. Jadi minta tolong untuk dijemput ya kak, biar agung nggak pulang sendirian.

Palembang, 23 Mei 2017

Adikmu Tercinta

 

Agung Ramadhan

# Contoh 4

Dari : Ayah

Untuk : Keke

Karena ada acara mendadak ayah nggak bisa pulang cepet kak keke. Ayah minta tolong sama kamu, untuk hari ini kamu jangan keluar rumah, apalagi maen keluar. Dan hari ini kamu ayah tugaskan untuk menjaga rumah, dan juga jangan lupa untuk menyapu dan ngepel rumah yah. nanti kalo selesai acara ayah janji akan cepet pulang kerumah dan bawain makanan sesukaan keke.

Bandung, 11 Maret 2017

Ayah Tercinta

 

Agus Irawan

# Contoh 5

Dari : Ahmad

Kepada : Ridwan

Jangan lupa bawa buku yang kita pinjam ke perpustakaan daerah kemarin, karena hari ini adalah hari terakhir untuk mengembalikan. Kalo nggak kita kembalikan hari ini bisa-bisa kita kena denda, rencananya setelah mengembalikan buku aku pengen ngajak kamu maen ke alun-alun kota. Gimana wan kamu mau kan maen ke alun-alun sama aku.

Magelang, 17 Agustus 2017

Temanmu

Ahmad