Contoh Kalimat Deduktif Beserta Penjelasan dan Ciri-cirinya

Contoh Paragraf Deduktif– Apabila kita berbicara tentang paragraf pasti tidak akan ada selesainya. Setelah selesai membahas tentang Paragraf ArgumentasiDeskripsi dan Eksposisi, pada artikel sebelumnya. Pada artikel kaliaini kita akan kembali belajar tentang materi yang berhubungan dengan paragraf.

Untuk artikel kali ini materi yang kita bahas agak berbeda dengan artikel-artikel yang saya tulis sebelumnya, tetapi masih tentang paragraf. Apabila pada pertemuan sebelumnya kita belajar tentang jenis paragraf “menurut isinya”. Pada artikel kali ini kita akan belajar tentang “Jenis Paragraph Menurut Letak Kalimat Utamanya”.

Untuk paragraf jenis ini saja dibagi menjadi tiga bagian, yaitu deduktif, induktif dan campuran. Tetapi pada artikel kali ini saya hanya membahas tentang contoh paragraph deduktif saja. Mungkin jenis paragraf yang lain akan kita pelajari di lain kesempatan. Kenapa begitu? Karena saya ingin menguraikan paragraf ini secara detai agar kalian benar-benar faham dengan materi ini.

Apa Gunanya Belajar Materi Ini ?

urgent

Mengapa kita harus belajar tentang materi paragraf? Menurut saya pribadi, materi ini sangat penting untuk kalian pelajari mulai saat ini. Hal itu dikarenakan, akan banyak kalian jumpai tugas-tugas tentang materi ini, khususnya untuk kalian yang akan melanjutkan sekolah di SMA maupun Perguruan Tinggi.

Hal ini juga akan mempermudah kalian saat mendapatkan tugas dari seorang guru untuk membuat paragraf. Kalian tidak perlu susah-susah mencari informasi tentang materi ini, karena sebelum tugas diberikan kalian sudah menguasai materi ini. Dan hal itu akan membuat kalian terlihat keren dan pandai di depan guru dan teman-teman kalian.

Mengapa Harus Belajar Sekarang ?

Mengapa Harus Belajar Sekarang
Mengapa harus belajar saat ini juga? Mungkin ada sebagian dari kalian yang senang untuk menunda-nunda pekerjaan, termasuk belajar. Tetapi untuk kalian yang membaca artikel ini jangan lakukan seperti yang mereka lakukan. Karena hal itu akan menghambat kalian untuk meraih prestasi dan mewujudkan cita-cita.

Apabila kalian terus belajar tanpa kenal kata menyerah, insyaallah suatu saat nanti kalian akan bertemu dengan sebuah kata sukses. Dan tidak ada ceritanya orang sukses adalah orang yang sering menunda-nunda untuk belajar. Walaupun dalam proses belajar mereka menemukan berbagai kendala yang membuat mereka pusing.

Tetapi saat kalian telah mencapai kesuksesan tersebut, usaha yang kalian lakukan akan terbayar sudah. Dan kalian akan bangga terhadap diri kalian sendiri, karena kalian mewujudkan kesuksesan tersebut dengan kerja keras kalian. Tapi jangan lupa untuk bersyukur pada Allah, karena Allah lah yang telah mendengar doa yang selalu kalian panjatkan.

Saat melihat kalian sukses, teman-teman kalian akan menyesal karena mereka telah menyia-nyiakan waktu mereka. Apabila mereka dapat memutar waktu, pasti mereka ingin kembali ke masa lalu untuk belajar seperti kalian. Dan pada saat itulah kalian akan mengetahui begitu berharganya waktu yang dimiliki oleh setiap manusia.

Uups, Maaf jika tulisan saya tidak ada hubungannya dengan materi yang kita bahas pada artikel kali ini. Saya menuliskan ini agar kalian lebih giat dalam menuntut ilmu dan agar tidak menyia-nyiakan waktu. Jujur saja saya sangat prihatin ketika melihat rakyat Indonesia saat ini.

Karena kebanyakan orang Indonesia ini memiliki mental sebagai pekerja bukan sebagai pengusaha. Tidak di dalam negeri maupun di luar negeri, kebanyakan rakyat Indonesia hanya menjadi karyawan. Jujur saja saya tidak ingin hal itu terjadi pada kalian, saya berharap kalian semua bisa mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Pengertian Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif
Mungkin itu saja motivasi yang dapat saya tuliskan, semoga segelintir kata tersebut dapat mengetuk hati kalian. Langsung saja pada pembahasan, sebelum berbicara banyak tentang paragraf deduktif. Sudah semestinya kita mengetahui definisi paragraph deduktif itu sendiri, hal ini akan mempermudah kita dalam memahami materi tersebut.

Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dikembangkan menggunakan pola umum menuju pola khusus. Diawali dengan sebuah kalimat yang bersifat umum kemudian di sertai kalimat yang bersifat khusus untuk menjelaskan kalimat utama tersebut.

Dalam paragraph deduktif kalimat penjelas dapat berupa sebuah informasi, contoh-contoh, rincian, bukti-bukti dan lain sebagainya. Kalimat penjelas dalam paragraph ini memiliki fungsi untuk menjelaskan kalimat utama yang barada di awal paragraf. Agar para pembaca menjadi lebih faham dengan maksud dari penulis.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

  1. Memiliki gagasan utama yang berada di awal paragraf
  2. Paragraf ini menjelaskan sebuah masalah umum menuju masalah khusus.
  3. Dituliskan dengan menggunakan kaidah yang telah ditentukan.
  4. Bahasa yagn digunakan adalah bahasa informative dan mudah difahami.
  5. Hanya menjelaskan satu topik permasalahan.
  6. Menggunakan alur maju.


Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Setelah belajar tentang pengertian dan ciri-ciri paragraf deduktif. Kita akan melanjutkan pembahasan pada kesempatan kali ini dengan mengenal contoh paragraf deduktif. Saya berharap dengan adanya contoh yang saya tuliskan ini bisa membuat kalian lebih faham terhadap materi ini.

Apabila kalian belum faham dengan penjelasan saya di atas, maka saya sarankan untuk membaca beberapa contoh yang saya tuliskan. Karena pengalaman saya, membaca contoh akan lebih mudah untuk memahami dari pada membaca definisi sebuah materi. Maka dari itu dalam setiap artikel yang saya buat saya selalu menyertakan sebuah contoh.

Manfaat Handphone

Manfaat Handphone
Handphone adalah salah satu benda yang memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat yang paling mencolok dari benda ini adalah untuk memudahkan komunikasi antara satu dengan yang lain. Jadi walaupun tidak berada dalam satu tempat. Seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan waktu yang sangat singkat.

Selain itu benda ini juga berbentuk kecil, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain menjadi alat komunikasi benda ini juga dapat digunakan sebagai media belajar untuk sang buah hati. Karena pada jaman ini banyak pihak yang telah menciptakan berbagai software yang berhubungan dengan pendidikan.

Selain itu handphone juga dapat digunakan untuk mencari informasi lewat google atau mesin pencari lainnya. Kebanyakan Handphone yang diproduksi akhir-akhri ini adalah sebuah Handphone yang canggih. Salah satu kecanggihan benda ini adalah berbagai pihak perusahaan melengkapi benda ini dengan program yang bernama Android.

Karena saking canggihnya benda ini, produsen juga melengkapi produknya dengan kamera. Hebatnya kamera pada benda ini bisa mengalahkan kamera sungguhan. Dan hal itu juga memiliki daya tarik sendiri khususnya untuk kalangan remaja.

Kekayaan Indonesia

Kekayaan Indonesia
Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan yang melimpah. Kekayaan Negara Indonesia meliputi banyak faktor, seperti alam, laut, budaya dan lain-lain. Dari kekayaan alam saja, Negara mana yang meragukan kekayaan alam Indonesia, salah satu contohnya adalah kesuburan tanah di wilayah indonesia. Indonesia juga termasuk Negara dengan hutan hujan terluas.

Karena hampir semua tumbuhan dapat tumbuh di Negara Indonesia. Dari segi hewan, Indonesia juga memiliki kekayaan yang melimpah dari segi fauna. Banyak hewan yang menjadi ciri khas Indonesia, sepreti Badak Jawa, Harimau Sumatera dan lainnya yang tidak akan kita temui di negara lain.

Itu baru kekayaan dari segi alamnya saja, apabila kita berbicara tentang budaya Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Karena setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki budaya masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Apabila Negara ini memiliki 33 provinsi, bila setiap provinsi memiliki satu budaya maka total budaya Indonesia adalah 33 jenis.

Tetapi setiap provinsi yang ada di Indonesia tidak hanya memiliki satu kebudayaan, tetapi memiliki beberapa. Misalnya seperti rumah adat, tarian adat, pakaian adat, bahasa daerah dan lain sebagainya. Selain kaya dari alam dan budaya, Negara ini juga memiliki pulau terbanyak di dunia.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Setelah mengetahui tentang contoh paragraf deduktif singkat, saya juga akan menyebutkan beberapa contoh paragraf deduktif tentang lingkungan. Bagaimana contoh yang akan saya berikan kepada kalian? Simaklah baik-baik contoh paragraf deduktif tentang lingkungan.

Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena pentingnya masalah ini, setiap manusia harus selalu menjaga kebersihan dirinya maupun lingkungan. Selain itu dia juga harus menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Karena apabila dia makan dari sesuatu yang kotor maka dia akan berpotensi terserang penyakit.

Apabila seseorang tidak memperhatikan kebersihan, kemungkinan besar dia akan terserang berbagai penyakit. Mulai penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat, yang dapat mengancam keselamatan nyawanya. Biasanya sumber penyakit dapat bersarang di tempat yang kotor, seperti nyamuk yang dapt menyebabkan penyakit Deman Berdarah.

Hama Tikus

Hama Tikus
Hama tikus adalah satu musuh besar yang dapat merugikan petani. Salah satu penyebab gagal panen yang dialami petani adalah karena hama tikus. Berpuluh-pluh hektar sawah yang ditanami petani berpotensi gagal panen apabila hama ini tidak diberantas.

Tanaman yang biasa menjadi sasaran hewan ini adalah tanaman padi. Selain padi tikus juga doyan memakan berbagai tanaman lainnya, Seperti singkong, kacang jagung dan lain-lain. Tidak hanya tanaman yang menjadi korban, tetapi tikus juga sering memakan ternak yang dimiliki petani.

Kemacetan Di Jakarta

Kemacetan Di Jakarta

Kemacetan adalah salah satu masalah yang hinggap pada kota Jakarta. Bahkan masalah ini sudah menjadi masalah yang biasa untuk kota ini. Kemacetan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya fasilitas transportasi umum.

Karena minimnya tranportasi umum yang disediakan pemerintah, maka sebagian orang berinisiatif untuk memakai kendaraan pribadi. Faktor inilah yang merupakan penyebab utama kemacetan yang ada di jakarta. Mereka menganggap memakai kendaraan pribadi lebih aman dan praktis.

Coba bayangkan, Jakarta memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juga jiwa, disaat bersamaan mereka memakai jalan umum. Tidak macet dari mana, satu juta penduduk secara bersamaan memakai jalan yang hanya berukuran 5- 7 meter.

Mentaati peraturan lalu lintas

Mentaati peraturan lalu lintas
Peraturan lalu lintas harus ditaat oleh semua pengguna jalan umum. Peraturan lalu lintas dibuat tidak untuk mempersulit para pengguna jala, tetapi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Namun sayangnya tidak sedikit manusia yang salah mengartikan peraturan lalu lintas.

Menurut mereka peraturan ini dibuat hanya untuk menyulitkan mereka dalam melakukan aktivitas di jalan. Karena kesalahpahaman ini membuat sebagian manusia tidak mau patuh dengan peraturan lalu lintas. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah berkendara tanpa menggunakan helm.

Dan itu hanya salah satu pelanggaran yang sering kita lihat, mungkin masih banyak pelanggaran yang tidak kita ketahui. Karena sebab ini, tidak sedikit yang menjadi korban atas kelalaiannya terhadap peraturan. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat mengancam dirinya dan orang lain.

Masalah sampah

Masalah sampah
Sampah merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di lingkungan sekitar kita. Benda ini seakan-akan menjadi musuh yang nyata bagi setiap keluarga. Selain baunya yang sangat menggangu, ternyata sampah juga dapat memicu datangnya berbagai penyakit.

TIdak sedikit yang menderita sakit hanya masalah ini, dan penyakit yang dideritapun bermacam-macam. Mulai penyakit yang ringan, hingga penyakit yang dapat mengamcam keselamatan jiwa manusia. Karena dengan bertumpuknya sampah akan mengundang berbagai jenis hewan yang dapat menyebarkan penyakit.

Kegunaan Air Bersih

Kegunaan Air Bersih

Air merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini memiliki berbagai macam kegunaan bagi manusia, bahkan benda ini menjadi kebutuhan utama manusia. Dapat dikatakan manusia tidak akan bisa hidup tenpa adanya air.

Selain untuk mandi, air bersih juga biasa digunakan untuk berwudhu, memasak, minum dan lain-lain. Bila manusia tidak menemukan air, maka dapat dipastikan semua manusia akan kelaparan dan kehausan. Dan lebih parahnya lagi, akan banyak korban yang berjatuhan karena hal ini.

Artikel Terkait: Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Karena kebanyakan kalian masih duduk dibangku sekolah, saya juga akan memberikan sedikit contoh paragraf deduktif yang berhubungan dengan pendidikan. Agar pembahasan kita bisa berhubungan dengan apa yang kita pelajari saat ini. Dari pada penasaran, marilah kita simak baik-baik contoh paragraf deduktif tentang pendidikan.

Pentingnya Pendidikan Moral

Pentingnya Pendidikan Moral
Pendidikan moral adalah salah satu pendidikan yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya. Karena saking pentingnya pendidikan ini. orang tua harus mengajarkannya terlebih dahuli sebelum mengajarkan ilmu yang lain. Karena apabila seorang akan tidak memiliki moral, maka ia akan berbuat sesuka hatinya.

Dia tidak lagi memperhatikan tentang baik atau buruknya perbuatan yang mereka lakukan, mereka hanya mengingikan kesenangan. Pada jaman ini tidak sedikit anak yang menjadi korban kerusakan moral. Salah satu penyebab terjadinya hal ini kaena tidak terjaganya pergaulan mereka.

Apabila mereka bergaul dengan seorang yang tidak memiliki moral dapat dipastikan suatu saat dia juga akan tertular. Salah satu dampak yang disebabkan kerusakan moral adalah banyak kejahatan, seks bebas dan lain-lain. Apabila anda seorang orang tua maka perhatikanlah pergaulan anak anda, agar anak anda tidak menjadi korban kerusakan moral.

Pondok Pesantren

Pondok Pesantren
Menuntut ilmu di pondok pesantren menjadi hal yang mendesak untuk jaman sekarang. Mengapa demikian? Karena pada jaman sekarang ini tidak sedikit remaja yang jauh dari agama. Walaupun mereka beragama islam, kebanyakan mereka meninggalkan sholat dan perintah agama lainnya.

Hal itu terjadi karena kurangnya perhatian seseorang terhadap agama. Sebenarnya agamalah yang membatasi perbuatan seseorang, karena dengan menjalankan agama mereka akan merasa diawasi. Dan karena sebab itulah manusia selalu berbuat baik kepada orang lain, entah diketahui atau tidak.

Salah satu akibat dari hal tersebut adalah rusaknya adad seseorang terhadap seorang lainnya. Mereka seakan tidak membutuhkan antara satu sama lain. Bukti nyatanya adalah apabila mereka saling bertemu mereka tidak lagi mau menyapa antara satu sama lain.

Tekun Belajar

Tekun Belajar
Tekun belajar merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh seseorang untuk mencapai kesuksesan. Tidak sedikit orang yang mendapatkan kesuksesan dengan menekuni hal ini, walaupun dia tidak terlalu pintar. Dengan tekun belajar kita akan menjadi faham dengan sesesuatu yang tidak kita fahami sebelumnya.

Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit orang yang pintar tidak mencapai kesuksesan karena melalaikan hal ini. Mereka menganggap dirinya hebat, karena merasa dirinya hebat ia akan meremehkan segala sesuatu. Apabila hal ini muncul, tidak mustahil jika seseorang tersebut akan gagal mencapai sebuah kesuksesan.

Tetapi akan lebih baik jika kalian memiliki dua hal ini, yaitu kecerdasan dan tekun belajar. Apabila kedua hal ini disatukan, maka bukan tidak mungkin bila anda mencapai kesuksesan dengan sekejap saja. Tetapi bila anda tidak terlalu pintar maka rajijn-rajinlah belajar, karena dengan belajar kalian akan menjadi pintar dengan sendirinya.