Contoh Eksposisi Beserta Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya

Contoh Paragraf Eksposisi– Apabila kita berbicara tentang jenis-jenis paragraf pasti tidak akan ada habisnya. Setelah belajar tentang paragraf Argumentasi dan paragraf Deskripsi, pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan bersama-sama mempelajari tentang paragraf eksposisi.

Sama seperti pertemuan sebelumnya, pembahasan artikel ini juga lebih condong pada contoh paragraph eksposisi. Dengan harapan, setelah kalian semua melihat contoh dari saya, kalian langsung bisa membuatnya. Karena dengan adanya contoh akan membuat kalian lebih mudah memahami materi ini.

Tetapi tenang saja, walaupun lebih condong pada contoh paragraph eksposisi, saya tetap akan membahas materi tentang paragraf eksposisi. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, jenis-jenisnya bila waktu kita cukup kita juga akan belajar tentang struktur membuatnya. Agar kalilan dapat mengenal jenis paragraph ini secara keseluruhan ( biar ga setengah-setengan fahamnya).

Karena setau saya, paragraf ini akan banyak kalian jumpai pada jenjang SMA atau Perguruan tinggi. Mumpung masih ada waktu pelajarilah materi ini sebelum kalian menjumpai materi ini. Kenapa dipelajari sebelum diajarkan? Biar kalian terlihat pintar dan keren dihadapan guru dan teman-teman kalian. haha

Yang tujuannya agar saat kalian mendapatkan tugas tentang materi ini kalian tidak repot mencari refrensi tentang materi ini. Karena sebelum tugas itu diberikan pada kalian, kalian sudah menguasai materi tentang ini. Apalagi untuk membuat karangan ini, apabila kalian tidak mengusai materi ini sebelumnya kalian akan berkerja 2 kali.

Yang pertama kalian harus memahami materi tentang paragraf eksposisi terlebih dahulu. Yang kedua kalian harus berfikir dalam membuat paragraf ini. Jadi apabila kalian memahami materi ini sebelum diarkan kalian akan mendapat kemudahan saat mendapatkan tugas. Yah langsung saja beberapa penjelasan paragraf eksposisi sebagai berikut.

Artikel Terkait: Pengertian Paragraf Induktif

Selamat membaca!!

Pengertian Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraph Eksposisi
Sebelum berbicara lebih dalam tentang paragraf eksposisi sudah menjadi kewajiban kalian untuk mengetahui arti dari paragraph ini. Agar dalam pembahasan yang lebih dalam nantinya, kalian dapat mengikutinya penjelasan saya. Dan tidak menjadi bingung dengan apa yang saya jelaskan.

Langsung saja, eskposisi diambil dari bahasa inggris yaitu expose yang memiliki sebuah makna memaparkan, menelanjangi dan memerankan. Jadi dapat kita ambil kesimpulan, secara bahasa ekposisi dapat diartikan sebagai paragraph yang memaparkan suatu topik tertentu.

Tetapi secara umum eksposisi diartikan sebagai suatu paragraf yang mengandung sebuah penjelasan, informasi, pengetahuan atas sebuah masalah. Yang dituliskan oleh penulis dalam sebuah bidang, agar tulisannya dapat dibaca oleh orang lain. Dan dituliskan menggunakan kaidah yang telah ditentukan atau ditulis secara sistematis.

Pada umumnya tujuan pembuatan paragraph ini untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para pembaca. Agar para pembaca mendapatkan informasi atau pengetahuan secara keseluruhan tentang sebuah masalah. Perlu kalian ketahui bahwa paragraph ini dituliskan berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan penulis.

Ciri-ciri Paragraph Eksposisi

urgent
Untuk membedakan sebuah paragraf satu dengan paragraph yang lain, dapat dilihat dari ciri-cirinya. Maka dari itu, agar kita dapat membedakan paragraf ekposisi dengan paragraf yang lain. Kita perlu pelajari materi tentang ciri-ciri paragraf eksposisi, berikut ciri-ciri paragraf eksposisi.

  1. Sebuah paragraf yang dituliskan dengan tujuan memberikan sebuah informasi atau pengetahuan kepada pembaca.
  2. Disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah difahami dan tidak berbelit-belit.
  3. Penulis harus menyampaikan permsalahan dengan lugas dan tidak memihak salah satu pihak.
  4. Penulis harus menyertakan data yang akurat, agar nilai objektif dalam paragraf ini menjadi kuat.
  5. Paragraf eksposisi tidak mengandung sebuah ajakan atau arahan, tetapi paragraf eksposisi hanya bersifat objektif.
  6. Berisi tentang penjelasan atau definisi tentang objek yang menjadi pembahasan.
  7. Dituliskan dengan menggunakan gaya tulisan inofatif.
  8. Menggunakan sebuah fakta untuk menjelaskan suatu hal yang menjadi pembahasan.
  9. Isi paragraph eksposisi harus dapat menjawab pertanyaan apa, kapan, mengapa, bagaimana, dimana dan siapa.
  10. Dituliskan berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan penulis.
  11. Terdapat gambar, angka, grafik,statistic atau bagan yang digunakan sebagai alat ilustrasi.
  12. Ditutup dengan kesimpulan, berupa kalimat penutup yang ditandai dengan penegasan topik dari penulis.


Jenis-jenis Eksposisi

Pengertian Paragraf Deduktif
Seperti jenis paragraf yang lainnya, paragraf eksposisi juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Yang setiap jenis paragraf ini memiliki perbedaan satu sama lain. Tetapi untuk paragraf jenis ini perbedaan yang paling menonjol terdapat pada cara pembuatanya. Daripada penarasan lebih baik kita simak penjelasan singkat tentang masing-masing jenis eksposisi.

Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf Eksposisi Definisi
Sesuai dengan namanya, paragraf eksposisi definisi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan tentang sebuah masalah dengan batasan-batasan yang telah ditentukan. Sehingga pembaca mendapatkan informasi, pengetahuan dan wawasan yang disampaikan penulis melalui paragraf ini.

Paragraf jenis ini akan banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan sering ditemukan pada pelajaran kalian. Dalam menyusun paragraf jenis ini penulis harus memaparkan sebuah permasalahan secara mendetail. Yang meliputi ciri-ciri dan sifat dari masalah yang menjadi pembahasan.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf Eksposisi Proses
Paragraph eksposisi proses adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk menjelaskan dan memaparkan cara kerja sebuah masalah. Dalam paragraf ini penulis harus menyusunnya secara terperinci dan menjelaskan cara kerja suatu benda sesuai urutan. Paragraf ini sangat banyak kalian temukan pada kegiatan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah tentang tutorial membuat email, cara memasak mie instan yang bisa kalian pada bungkus bagian belakang. Selain untuk menjelaskan cara kerja suatu benda, paragraf ini juga digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah peristiwa.

Paragraf Eksposisi llustrasi

Tekun Belajar
Paragraf eksposisi ilustarsi adalah sebuah paragraf yang dituliskan untuk memberikan gambaran tentang topik yang dibahas dalam paragraf ini. Dengan menggunakan topik yang lain, yang memiliki kemiripan dengan topik utama. Dalam paragraf jenis ini penulis tidak boleh membandingkan topik utama dengan topik yang lainnya.

Tetapi pengambilan topik kedua hanya digunakan untuk menghubungkan kesamaan antara kedua topik tersebut. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami dan mencerna apa yang sedang dibahas oleh penulis. Khususnya tentang topik yang menjadi pembahasan utama.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf Eksposisi Klasifikasi
Dalam membuat paragraf jenis ini penulis harus mengelompokkan atau mengklasifikasikan topik permasahan sesuai pembahasan. Sehingga pembaca lebih mudah dalam memahami informasi yang terkandung dalam paragraf ini.karena informasi pada paragraf ini telah terkelompok sesuai pembahasannya.

Paragraf jenis ini banyak kalian temui pada buku-buku pelajaran sekolah, yang mengelompokkan materi sesuai pembahasannya. Dan hal itu terbukti dapan memudahkan dalam proses belajar mengajar dari pihak guru atau pun murid. Karena materi yang diterima dan dijelaskan menjadi terfokus dalam satu pembahasan.

Paragraf Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan

Paragraf Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan
Paragraf eksposisi perbandingan adalah paragraph yang merangkan sebuah topik tertentu dengan cara membandingkan topik utama dengan topik yang lain. Dalam paragraf ini penulis harus memunculkan topik yang lain, topik yang memiliki makna kabalikan dari topik utama.

Paragraf ini biasanya ditandai dengan beberapa kata hubung yang menunjukkan sifat perbandingan. Seperti halnya, demikian juga, juga, sama, dengan, selaras dan semua kata yang menunjukkan sebuah perbandingan. Hal yang menjadi kata yang bersifat pembanding harus bersifat kongret dan diketahui secara umum.

Sedangkan untuk eksposisi pertentangan adalah sama seperti eksposisi perbandingan, pada paragraf ini penulis memunculkan hal yang bertentangan dengan topik utama. Jadi di dalam pembahasan paragraf ini memiliki isi yang saling menentang antara topik satu dengan yang lain.

Sama seperti eksposisi perbandingan, paragraf eksposisi pertentangan juga memiliki kata hubung yang berfungsi untuk menentang. Ada beberapa kata yang menjadi tanda paragraf eskposisi jenis ini antara lain. Seperti biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, sebaliknya, namun, melainkan dan lain-lain.

Paragraf Eksposisi Laporan

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur
Apakah kalian pernah melihat laporan keuangan, laporan perekomonian, artikel yang ada dikoran yang membahasan tentang laporan dan laporan BPJS. Semua hal yang saya sebutkan diatas adalah sebagian kecil dari contoh paragraf eksposisi laporan.

Sesuai dengan namanya, eksposisi laporan adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk tujuan untuk melaporkan sebuah permasahan. Salah satu masalah yang bisa menjadi bahan laporan adalah laporan keuangan, seperti yang saya sebutkan diatas

Dalam membuat paragraf jenis ini, penulis harus menyusunnya dengan terperinci dan disertai data-data untuk menguatkan paragraf jenis ini. Tentu data yang digunakan oleh penulis adalah data yang valid dan tidak mengandung sebuah pendapat. Selain itu data yang bisa dipertanggung jawabakan kebenarannya.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Setelah belajar tentang teori paragraf eksposisi, pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang contoh-contohnya. Dalam pembahasan ini saya akan sedikit memberikan contoh paragraf eksposisi sesuai jenisnya. Untuk mempermudah pemahaman kalian saya menjadikan topik pembahasan sebagai judul contoh tersebut.

Tentang Beras

Tentang Beras
Beras adalah salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia yang sudahdikonsumsi sejak jaman nenek moyang kita. Karena bahan makanan ini terkenal mengandung banyak karbohidrat dalam tubuh manusia. Beras adalah makanan yang berasal dari tanamah padi yang telah dipisahkan dari kulitnya.

Beras memiliki beberapa macam jenis, dan setiap jenis beras memiliki keunggulan masing-masing. Ada yang unggul pada kualitasnya, harganya bahkan unggul dari kandungan gizinya. Tanaman ini kira-kira hanya memiliki tinggi satu meter sampai satu setengah meter dan biasa ditanam oleh petani dataran rendah.

Karena tanaman padi adalah salah satu tanaman yang memiliki akar serabut dan tidak cocok untuk daerah pegunungan. Salah satu jenis beras yang menjadi favorit rakyat Indonesia adalah jenis beras ketan. Tetapi jenis beras ini tidak bisa digunakan sebagai makanan pokok, tetapi biasa dimanfaatkan untuk bahanbaku makanan lainnya.(eksposisi definisi).

Femonena Hujan

Femonena Hujan
Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai, terutama untuk Negara Indonesia. Karena saking seringnya terjadi, sampai-sampai ada sebuah musim yang berfungsi untuk mengkhususkan terjadinya fenomena ini. Yaitu biasa disebut musim penghujan oleh orang Indonesia.

Hujan terjadi karena meluapnya air yang ada di permukaan bumi karena pancaran sinar matahari. Air tersebut bisa berupa air laut, air danau, air sungai dan berbagai jenis air lainnya. Karena terkena sinar matahari menjadikan uap air tersebut terangkat keudara dan mengalami proses kondensasi.

Dalam fase ini uap air akan berubah menjadi embun air, yang disebakan oleh suhu yang lebih rendah dari suhu embuh itu sendiri. Apabila suhu udara semakin tinggi, hal tersebut dapat membuat embun air lebih banyak dan dapat membentuk sebuah awan hitam.

Karena adanya perbedaan suhu antara kedua benda ini, menyebabkan terjadinya pergeseran udara dan memicu terjadinya angin. Dan angin itulah yang membawa butir-butir  air tersebut menuju tempat yang memiliki suhu yang lebih rendah. Kemudian butir tersebut berubah menjadi sebuah awan hitam yang siap menurunkan Hujan.

Dari situlah awal mulanya terjadinya femonena hujan, yang menjadi fenomena yang sering kita jumpai. Tetapi kita tidak banyak tau tentang terjadinya fenomena alam yang satu ini. Jadi tidak menjadi hal yang aneh apabila terjadinya hujan diiringi dengan adanya angin. .(eksposisi definisi)

Cara Mamasak Mie Instan

Cara Membuat Mie Instan
Manusia yang hidup di dunia ini pasti mengetahui tentang mie instan, tidak sedikit dari mereka yang menjadi penggemar makanan ini. Salah satu penyebab populernya makanan ini karena mudahnya membuat mie instan. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja.

Untuk membuat satu bungkus mie instan kalian harus merebus air kira-kira sebanyak 500 ML. Kemudian tunggulah beberapa menit hingga air tersebut mendidih. Jika kalian ingin menambahkan bahan lain maka masukkanlah saat air sedang mendidih. Dengan catatan Bahan yang lain seperti sawi, telur sosis dan daging.

Kemudian tunggulah beberapa menit, sampai bahan yang anda masukkan tersebut benar-benar matang. Setelah bahan tambahan matang, barulah mie instan dapat dimasukkan kedalam air tersebut. Sambil menunggu mie instan direbus, bukalah bumbu yang telah tersedia dan siapkan ke dalam piring.

Setelah kira-kira 3 menit, tiba waktunya untuk mengangkat mie yang telah kalian rebus. Setelah itu pisahkan antara air dan mie instan tersebut. Dan setelah itu campurkan mie tersebut dengan bumbu yang telah kalian siapkan pada sebuah piring. Setelah itu mie instan siap untuk dihidangkan.

Cara Membuat Gmail

Cara Membuat Gmail
Gmail adalah sejenis email yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, Karena setiap ingin membuat akun di handphone kita memerlukan sebuah gmail. Salah satu keunggulan email jenis ini adalah memiliki sistem keamanan yang tinggi. Selain itu juga mudah dibuat oleh setiap orang.

Untuk membuat satu akun gmail hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit. Pertama kalian harus mengunjungi alamat utama gmail, kemudian carilah tulisan daftar. Klik pada tulisan tersebut, maka anda akan dihadapkan dengan semacam formulir pendaftaran.

Maka dalam tahap ini, ikutilah perintah gmail kepada anda, agar tidak terjadi masalah. Dan pastikan semua kolom terisi, karena apabila anda tidak mengisi semua kolom, pihak gmail akan menolak formulir anda. Dan memerintahkan anda untuk melengkapi formulir anda.

Setelah semuanya terisi anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnya, pilihlah tulisan daftar atau next. Dalam langkah ini anda diperintahkan mengisi kode yang telah dikirim menuju nomor telefon  yang telah anda tuliskan sebelumnya. Setelah anda memasukkan kode tersebut maka gmail telah berhasil anda buat.

Bekerja Dan Sekolah

Bekerja Dan Sekolah
Bekerja adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan usaha dan ketekunan yang extra. Sama seperti bersekolah yang juga harus memiliki kecerdasan dan kesungguhan dalam belajar. Selain itu juga harus memiliki semangat untuk mengulang pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya.

Begitu juga dengan bekerja, tanpa adanya semangat dan usaha yang lebih, maka dapat dipastikan pekerjaannya akan berantakan. Apabila dia seorang pengusaha, maka usahanya akan kocar-kacir bahkan bisa bangkut. Tetapi bila ia seorang karyawan, maka dia bisa terancam di pecat oleh atasannya.

Begitu juga untuk seorang siswa, bila dia tidak memanfaatkan waktunya dengan baik, maka ia akan kehilangan banyak kesempatan. Dan dari hal itulah, bisa membuat seorang pelajar kehilagan banyak prestasi yang harusnya dapat ia raih. Bukan hanya itu, bila ia tidak bersungguh-sungguh maka ia terancam tidak mendapatkan ilmu.

Membuat Usaha

Membuat Usaha
Membuat sebuah usaha membutuhkan kerja keras dan investasi uang untuk modal awal. Sama halnya dengan membuat sebuah blog, yang harus memiliki ketekunan dalam merawat blog yang sedang ia kelola. Selain membutuhkan modal yang besar, usaha juga membutuhkan ketekunan dari pemiliknya.

Tanpa adanya ketekunan akan membuat usahanya tidak banyak dikenal oleh masyarakat. Seperti halnya membuat blog, apabila ia jarang menulis artikel bisa dipastikan blog yang ia kelola akan sepi dari pengunjung. Karena para pengunjung malas mampir ke blog yang ia kelola, karena dia tidak konsisten dalam menulis artikel.

Manfaat Olahraga

Manfaat Olahraga
Olahraga meupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Mulai dari menyehatkan tubuh, membuat badan terlihat fit dan juga dapat membentuk badan yang lebih ideal. Maka wajar saja bila orang yang sering melakukan olahraga memiliki badan yang sehat.

Karena dengan adanya gerakan tubuh saat olahraga, hal itu akan direspon positif oleh tubuh, sehingga tubuh mengeluarkan keringat. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, olahraga ternyata juga baik untuk mental seseorang. Dari sini kita bisa simpulkan bahwa olahraga memiliki manfaat bagi fisik dan mental manusia.

Bahaya Merokok

Bahaya Merokok
Merokok adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya laki-laki. Bukan hanya itu, aktivitas ini telah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia, walaupun mereka telah mengetahui bahaya merokok. Seakan peringatan itu tidah lebih hanya sebuah tulisan semata.

Semua dokter telah mengatakan bahwa merokok dapat memicu terjadinya penyakit jantung, sesak nafas dan berbagai penyakit bahaya lainnya. Selain dapat mendatangkan bahaya bagi tubuh perokok, asap rokok juga berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya. Walaupun dia tidak menghisap rokok secara langsung.

Orang seperti ini biasa kita kenal dengan perokok pasif. Selain membahyakan bagi tubuh manusia, merokok juga dapat mempengaruhi mental manusia. Karena benda ini akan membuat seseorang menjadi kecanduan apabila dia sering melakuakannya secara rutin, dan ini merupakan hal yang tidak baik.

Olahraga Gulat

Olahraga Gulat
Gulat merupakan salah satu olahraga yang memiliki sedikit peminat, tetapi memiliki banyak penggemar. Lain halnya dengan bersepeda, olahraga ini memiliki banyak peminat tetapi tidak memiliki penggemar. Karena siapa yang ingin melihat seorang yang sedang bersepeda.

Menjaga Lingkungan Sekitar

Menjaga Lingkungan Sekitar
Kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya adalah salah tanda bahwa dia seorang yang cinta kepada lingkungan. Karena dia selalu memperhatikan keindahan dan kebersihan lingkungan yang sedang ia tempati. Dan ia tidak ingin merusak keindahan tersebut dengan sampah yang berserakan.

Berbeda dengan seseorang yang memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan. Karena kebiasaan buruknya kita bisa simpulkan bahwa dia tidak memiliki kecintaan pada kingkungan. Karena ia tidak memperhatikan kebersihan lingkungannya, tetapi malah merusak lingkungan dengan pembuatannya.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan
Andi adalah seorang yang diberikan tugas untuk menjadi seorang bendahara kelas. Karena menurut teman-temannya andi adalah anak yang baik dan jujur, sehingga teman-temannya percaya dengan dia. Karena dia selalu membuat sebuah laporan tentang pemasukan dan pengeluaran setiap bulan, seperti ini contohnya.

  1. Uang masuk Rp. 100.000.
  2. Beli spidol Rp. 10.000.
  3. Beli Penghapus Rp. 5.000.
  4. Beli buku jurnal Rp. 10.000.
  5. Beli Jam Dinding Rp. 25.000.
  6. Sisa Uang kas bulan ini Rp. 50.000.


Final Liga Champion

Final Liga Champion
Sebentar lagi Final Champion akan segera diselenggarakan, yaitu antara Real Madrid dengan Juventus. Yang akan diselenggarakan pada hari minggu,4 Juni 2017 di Nasional Stadium Cardiff. Dalam laga ini pastinya kedua tim akan menurunkan skuad terbaik mereka, agar bisa meraih trofi Liga Champion.

Berikut susunan kedua tim.

Real Madrid (4-3-2-1): Keylor Navas, Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo, Casemiro, Toni Kross, Luka Modric, Isco Alaron, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

Juventus (3-4-2-1): Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Miralem Pjanic, Sami Khedira, Dani Alves, Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Gonzalo Higuain.

Nah, demikianlah penjelasan panjang lebar tentang contoh paragraf eksposisi, semoga kalian fahan dengan penjelasan saya. Tidak hanya itu saya juga berharap artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya minta maaf apabila dalam penjelasan ada hal yang kurang berkenan di hati kalian semua.

Apabila ada yang belum faham dengan penjelasan dari saya, kalian bisa tuliskan masalah tersebut pada kolom komentar. Apabila kalian memiliki saran tentang halaman ini, silahkan tuliskan saran anda pada kolom komentar. Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan teman-teman ke halaman ini. Jangan sungkan untuk mampir lagi yah