17+ Contoh Surat Pernyataan Dan Bagian-bagian Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Terbaru dan Terlengkap 2019 – Tahukan kalian apa itu surat pernyataan? Setelah beberapa waktu lalu kita belajar mengenai contoh surat resmi, dan surat pribadi. Pada kesempatan kali ini kita masih akan belajar materi mengenai surat, yaitu contoh surat pernyataan.

Pentingnya Mempelajari Materi Ini

urgent

Surat pernyataan sendiri memiliki beberapa jenis, seperti surat pernyataan kerja, surat pernyataan kesanggupan, surat pernyataan belum menikah, dan masih banyak lagi yang lain. Insyaallah kita akan membahas semua contoh tersebut dalam artikel saya kali ini. Simak yah

Pada jaman sekarang ini kebanyakan orang memiliki penyakit pikun (gampang lupa). Dan jumlah orang yang memiliki kreadibilitas tinggi, memiliki tanggung jawab semakin menurun. Satu lagi jenis manusia yang hampir punah dari muka bumi ialah orang yang kata-katanya selalu bisa dipegang (jujur).

Oleh karena itu, penting kiranya kita mempelajari materi tentang surat pernyataan ini. Agar saat kita melakukan sebuah kesepakatan dengan seseorang, tidak ada pihak yang dirugikan, dari pihak kita atau lawan pihak kita. Karena dengan adanya surat pernyataan memaksa kita dan lawan pihak untuk berbuat jujur dan adil.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang surat pernyataan yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Untuk lebih jelasnya mengenai contoh surat pernyataan akan kita jabarkan dibawah ini. Langsung saja berikut penjelasan tentang contoh surat pernyataan.

Selamat Membaca !!

Pengertian Surat Pernyataan

Tujuan Surat Pribadi

Surat pernyataan merupakan surat yang dituliskan dengan tujuan untuk menerangkan bahwa seseorang telah berepakat akan melakukan sesuatu yang ditulisnya. Surat tersebut dapat dituliskan oleh seorang individu atau sebuah lembaga yang akan melakukan kesepakatan dengan pihak lain.

Atau bisa juga diartikan dengan pernyataan tertulis yang dibuat seseorang untuk menerangkan atau mengemukakan kesanggupan seseorang atau kelompok atas sebuah kesepakatan. Selain itu pihak yang bersepakat dengan surat pernyataan harus berani menanggung resiko atas segala hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Surat pernyataan juga salah satu surat yang menyangkut dengan aspek hukum dan hanya dibuat oleh orang dewasa. Karena menyangkut aspek hukum surat pernyataan juga harus dilengkapi dengan materai sebagai penegasan bahwa seseorang benar-benar setuju dengan surat tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari surat pernyataan digunakan seseorang untuk melamar sebuah pekerjaan atau untuk keperluan yang lain. Jika kalian masih duduk dalam bangku sekolah kalian juga akan menjumpai surat pernyataan.

Pada kalangan siswa biasanya digunakan sebagai pernyataan bahwa dirinya siap berubah menjadi lebih baik setelah melakukan pelanggaran. Biasanya surat ini digunakan untuk menghukum siswa saat melakukan kesalahan. Dengan tujuan agar ia jera dan tidak mengulangi kesalahannya untuk yang kedua kalinya.

Untuk kalangan dinas surat ini digunakan seorang pimpinan untuk menerangkan karyawan atau bawahannya. Surat pernyataan dinas sendiri memiliki beberapa kesamaan dengan surat keterangan. Antaranya adalah fungsi, bentuk dan formal penulisannya.

Artikel Terkait: Pengertian Dan Bagian-bagian Memo

Manfaat Surat Pernyataan

Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Seperti halnya jenis surat resmi lainnya, surat pernyataan juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah penting dengan jenis surat resmi lainnya. Yang pertama surat pernyataan memiliki manfaat sebagai media untuk meminta pertanggung jawaban atas hal yang telah disepakati sebelumnya.

Apakah sesuatu yang dituliskan dalam surat benar-benar dilakukan atau tidak, untuk manfaat seperti ini biasanya untuk pihak penerima surat. Yang kedua berfungsi sebagai bukti penguat, agar dirinya diakui oleh pihak lain bahwa dia memiliki perilaku seperti apa yang ada dalam surat pernyataan.

Biasanya hal seperti ini bermanfaat bagi orang yang membuat surat pernyataan. Oleh karena itu untuk melamar pekerjaan menjadi seorang pegewai negeri sipil seseorang harus menyertakan pernyataan didalamnya. Hal itu untuk menguatkan bahwa seorang itu memang pantas untuk menjadi seorang pegawai negeri.

Manfaat yang terakhir yaitu untuk pihak yang dinyatakan. Biasanya bagi pihak yang dinyatakan surat ini bermanfaat untuk media pengukuhan atau menguatkan pihak yang diterangkan. Hal yang diterangkan dapat besifat positif atau bahkan juga dapat bersifat negatif, apabila dibuat oleh pihak lain.

Ciri-ciri Surat Pernyataan

Pengertian Surat Resign atau Surat Pengunduran Diri

Setelah mempelajari tentang pengertian dan manfaat dari surat pernyataan. Kita akan melanjutkan pembahasan kali ini dengan mengenal beberapa ciri-ciri surat pernyataan. Agar saat kita dihadapkan dengan beberapa jenis surat yang berbeda kita dapat membedakannya jenis satu dengan jenis yang lain.

Adapun ciri-ciri surat pernyataan yang perlu kalian ketahui, sebagai berikut :

  1. Memiliki judul yang berada ditengah-tengah dan di awal surat.
  2. Identitas penulis harus dengan lengkap, bila dituliskan oleh pihak lain identitas pihak yang menyatakan harus lengkap.
  3. Terdapat tanda tangan, nama terang dan NIP dari pihak yang menyatakan.
  4. Pada umumnya pihak yang menyatakan bertanda tangan diatas meterai.
  5. Surat pernyataan berisi tentang kesanggupan seseorang dengan sesuatu.
  6. Disampaikan dengan bahasa yang santun dan informatif.
  7. Dituliskan dengan kalimat yang efektif dan sesuai dengan EYD.
  8. Dituliskan dengan tujuan meyakinkan pihak penerima.

Bagian-bagian Surat Pernyataan

Bagian-Bagian Surat Resmi

Setelah mengetahui beberapa materi mengenai surat pernyataan, alangkah baiknya bila kita meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari bagian surat pernyataan. Karena saat kita mengetahui bagian-bagian surat pernyataan, kemungkinan besar kita akan dapat menyusun sebuah surat resmi.

Karena termasuk salah satu jenis surat resmi, maka bagian-bagian surat pernyataan tidak berbeda jauh dengan surat resmi. Daripada penasaran dengan bagian-bagian surat pernyataan. Berikut penjelasan bagian-bagian surat resmi yang perlu kalian ketahui.

1. Nama Pernyataan

Yang pertama adalah nama surat pernyataan, atau jenis surat pernyataan yang dibuat oleh seseorang. Misalnya surat pernyataan hutang, surat pernyataan kesanggupan, surat pernyataan belum menikah dan lain sebagainya.

Pada umumnya bagian ini dituliskan pada bagian awal surat. tepatnya berada di centering atau bagian tengah-tengah huruf. Bagian ini juga dapat dikatakan sebagai judul surat pernyataan. Karena sebagai judul surat pernyataan bagian ini harus dituliskan dengan huruf kapital secara keseluruhan.

2. Identitas Pihak yang Menyatakan

Yang kedua ialah identitas seorang yang membuat surat atau lebih tepatnya pihak yang menyatakan. Karena termasuk dalam jenis surat resmi, bagian identitas pihak yang menyatakan harus lengkap. Dan tidak boleh ditulis dengan sekedarnya saja, karena surat ini menyangkut aspek hukum.

Dan identitas yang disampaikan juga harus valid dan benar-benar identitas pihak yang menyatakan. Pada umumnya bagian ini meliputi beberapa unsur yang harus dipenuhi oleh pembuatnya. Seperti halnya, nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin dan no kenegaraan.

3. Isi pernyataan

Bagian yang ketiga ialah isi pernyataan, bagian ini merupakan bagian terpenting dalam surat pernyataan. Karena bagian ini menyampaikan tentang pernyataan atau kesanggupan pihak yang menulis surat tersebut. Bila dituliskan oleh orang lain, maka harus sesuai kesanggupan dengan pihak yang bersangkutan. (pihak yang menyatakan)

Dan pernyataan atau keanggupan yang dituliskan harus sesuai dengan kenyataan, tidak boleh dikarang. Apabila yang dituliskan pada isi ini tidak sesuai dengan kenyataan atau dengan paksaan hal ini akan berpengaruh pada esok hari.

Salah satu akibat yang bisa terjadi apabila isi surat pernyataan tidak sesuai dengan kenyataan ialah dia akan merasa keberatan dengan pernyataan tersebut. Itu hanya salah satu akibat kecil yang akan dialami seseorang apabila menulis isi penyataan tidak dengan sebenarnya.

Dan masih banyak akibat yang akan terjadi apabila isi surat tersebut ditulis tidak berdasarkan kenyataan. Dan dampak yang paling besar ialah, anda akan dipecat oleh atasan anda ketika perilaku anda tidak sesuai dengan yang tertulis pada surat pernyataan.

4. Bagian Penutup

Bagian yang selanjutnya ialah bagian penutup,  penutup surat pada surat pernyataan dituliskan seperti halnya jenis surat resmi lainnya. Yaitu disampaikan dengan menggunakan bahasa yang santun dan informatif. Dan juga dituliskan dengan menggunakan kallimat efektif dan sesuai dengan EYD.

5. Nama dan tempat

Bagian yang terakhir ialan bagian nama dan tempat, tetapi pada bagian ini penulis tidak hanya menuliskan nama dan tempat saja. Selain menuliskan nama dan tempat pembuatan, penulis juga dituntut untuk tanda tangan, nama terang dan NIP. (bila ada)

Dan bagian inilah yang memiliki perbedaan yang mencolok dengan jenis surat resmi lainnya. Biasanya pihak yang menyatakan bertanda tangan diatas materai yang telah ditentukan. Dan bagian inilah yang membuat surat ini menjadi dokumen penting.

Artikel Terkait: Ciri-ciri dan Struktur Penulisan Teks Prosedur

Contoh Surat Pernyataan

Setelah mengenal beberapa materi tentang surat pernyataan, kita akan melanjutkan pembahasa dengan beberapa contoh surat pernyataan. Agar anda menjadi lebih faham dan mengerti dengan penjelasan saya diatas. Langsung saja berikut adalah beberapa contoh surat undangan :

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat Resmi Beserta Pengertian Ciri-ciri, Bagian Surat Dan Cara Membuatnya

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

No. 001/SPK/III/2013

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                               : Andi Suherman
Jenis Kelamin                    : Laki-Laki
Tempat, Tanggal Lahir      : 4 Mei 1982
No. KTP                             : 3463849263492
Alamat                              : Jl. Mawar No. 25 Perum Bandar Indah Jakarta Pusat

Dengan surat ini saya menyatakan bahwa sanggup untuk menerima tugas sebagai staf manajermen PT.CITRAWALI SEJAHTERA, Tbk. Dan saya melepaskan tugas atau jabatan saya sebelumnya sebagai staf marketing.

Surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Sekian yang dapat saya tuliskan atas kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih.

Jakarta, 4 Juni 2013
Dengan Hormat
Pihak Yang Menyatakan

Andi Suherman
NIP. 438439536204

# Contoh 2

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                               : Paiman
Jenis Kelamin                    : Laki-Laki
Tempat, Tanggal Lahir      : 4 Mei 1982
No. KTP                             : 4574579374309
Alamat                              : Jl. Mawar No. 25 Perum Bandar Indah Kab. Bandung
Agama                              : Islam
No. Telp/Hp                      : 085 3807 450 xxx

Dengan surat ini menyatakan bahwa saya :

  1. Saat ini saya tidak terikat kontar dengan pihak perusahaan atau instansi manapun.
  2. Masih berstatus belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa percobaan, selama 2 (dua) bulan.
  3. Sanggup ditugaskan cabang perusahaan yang ada di seluruh indonesia.
  4. Sanggup dan bersedia untuk melakukan tugas dalam masa waktu yang telah ditentukan.
  5. Bersedia untuk tidak melanggar peraturan pidana dalam bentuk apapun.
  6. Bersedia untuk  mematuhi peraturan dari perusahaan.
  7. Bersedia untuk mengikuti arahan atau petunjuk yang diberikan oleh perusahaan.

Apabila kelak saya melanggar aturan yang terdapat ataupun terdapat ketidak benaran dalam pernyataan ini saya siap dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan inipun saya sudah siap dengan segala konsekuensi dari surat pernyataan yang saya berikan.

Demikian surat ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun. Semoga surat ini dapat digunakan sebagaiman mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 5 Mei 2017

Hormat Saya

(materai 6000)

Paiman

#Contoh 3

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                               : Indah Puspita
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir      : 6 Desember 1987
Alamat                              : Jl. Melati No. 25 Perum Mekar Indah Yogyakarta
Universitas                        : Brawijaya
Fakultas/Parodi                 : Peternakan
NIM                                   : 12550501001111139
Angkatan                           : 2012

Dengan surat ini menyatakan aktif dalam kegiatan Indonesia Student Castle Buffalo Lovers (ISCBL). Castle Buffalo Club (CBC), Barisan Orang Sukses Fakultas Peternakan Brawijaya dan berpartisipasi dalam konstribusi peternakan sapi potong Indonesia apabila dinyatakan lulus seleksi STUDENT APPRENTINCE INDONESIA – AUSTRALIA PASTORAL INDUSTRY STUDENT PROGRAM 2014. Yang diselenggaran oleh Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang berkerjasama dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) dan Northen Teritory Cattlemans Association (NTCA) Australia.

Demikian pernyataan ini saya sampaikan, surat ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Atas waktu dan kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.

Malang, 21 November 2013

Hormat Saya

(Ttd & Materai 6000)

Indah Puspita
Nim. 12550501001111139

# Contoh 4

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                : Saputro Nurul
Jenis Kelamin                    : Laki-Laki
Tempat, Tanggal Lahir      : Sleman, 2 Maret 1992
Agama                              : Islam
Alamat                              : Jl. Sukoco No.11 Kulon Progo
Pekerjaan                          : Mahasiswa

Dengan surat ini saya menyatakan bahwa :

  1. Saya tidak memiliki catatan kriminal apapun dan dapat dibuktikan dengan SKCK.
  2. Saya tidak sedang menerima basiswa dari pihak manapun.
  3. Sanggup memenuhi kewajuban yang berlaku saat menerima beasiswa.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya sanggup menerima semua konsekuensi hukum apabila dikemudian hari terbukti surat pernyataan yang saya buat ini tidak sesuai dengan kenyataan.

Kulon Progo, 4 Nobember 2020

Yang Membuat Pernyataan

(Ttd & Materai 6000)

Saputro Nurul

#Contoh 5

Nah, untuk anda yang ingin membuat surat pernyataan kesanggupan saya akan sedikit membantu masalah anda. Untuk contoh dibawah ini sengaja tidak saya isi identitas pihak yang menyatakan, agar anda bisa langsung copas. Dan anda tidak perlu susah susah membuat surat pernyataan lagi.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUAPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                :  (Nama anda)
Jenis Kelamin                    : (Jenis kelamin anda)
Tempat, Tanggal Lahir      : (Tempat tanggal lahir anda)
No. KTP                             : (No KTP anda)
Alamat                              : (Alamat lengkap anda)

Dengan ini menyatakan :
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari saya melanggar atau tidak terdapat ketidak benaran dalam pernyataan yang saya tulis. Maka saya siap menerima konsekuensi yang telah menjadi ketetapan yang berlaku. Dan dengan inipun saya siap atas segala resiko dari surat pernyataan yang saya buat ini

Nama kota, Tgl, Bulan Tahun

Hormat Saya
Ttd & Materai 6000

Nama terang

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Kata Penyesalan

Nah, setelah mengenal beberapa contoh tentang surat pernyataan kesangguapan, saya akan sedikit berbagi tentang surat pernyataan kesalahan. Surat pernyataan kesalahan biasanya dituliskan saat seseorang melakukan sebuah kesalahan.

Tujuan surat pernyataan kesalahan yaitu untuk mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulangi kesalahan itu kembali. Langsung saja berikut beberapa contoh surat pernyataan kesalahan yang perlu kalian ketahui :

SURAT PERNYATAAN KESALAHAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama    : Steve Rizal
NIS        : 4574957492048
Kelas     : XII
Alamat  : Jl. Bali No.57 Perum. Kebun Sari Surabaya

Dengan ini menyatakan /mengakui bahwa saya telah melakukan sebuah pelanggaran peraturan sekolah berupa “Bolos Sekolah Sebanyak Tiga Kali Berturut Turut”. Saya juga mengakui bahwa perbuatan itu merugikan diri saya sendiri, dari saya menyesal melakukan hal tersebut. Dan saya bersedia menerima hukuman dari pihak sekolah atas perbuatan yang saya lakukan tersebut. Dan saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya lagi.

Demikian surat pernyataan ini saya buat atas segala perhatiaanya saya ucapkan terima kasih.

Surabaya, 17 Mei 2017

Hormat Saya

(TTD)

Steve Rizal

# Contoh 2

SURAT PERNYATAAN KESALAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama       : Candra Kurniawan
NIS           : 54957495749
Kelas        : XI
Sekolah    : SMA Anak Bangsa Bandung

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya telah melakukan sebuah pelanggaran terhadap peraturan sekolah, yaitu tidak mengikuti pelajaran IPS tanpa ijin dari guru yang bersangkutan. Dengan ini saya mengakui bahwa perbuatan itu merupakan perbuatan yang tidak baik dan merupakan sebuah kesalahan besar. Untuk itu saya siap menerima sangsi seberat-beratnya dari pihak sekolah dengan harapan supaya saya tidak mengulangi perbuatan tersebut. Dan saya akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

Demikian surat pernyataan ini saya sampaikan atas segala perhatiaanya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 7 Januari 2017

Hormat Saya

 

Candra Kurniawan

# Contoh 3

SURAT PERNYATAAN KESALAHAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                               : Agus Darmantyo
Tempat, Tanggal Lahir     : Magelang, 4 Mei 1999
Nama Ayah                      : Darmin
Nama Ibu                         : Painem
NIS                                   : 4975023747934
Jenis Kelamin                   : Laki-Laki
Kelas                                : XI
Alamat                             : Jl. Mawan No. 47 Yogyakarta

Saya menyatakan bahwa dengan ini saya bersungguh-sungguhg untuk tidak mengulangi kesalahan saya berupa membantah perintah guru tanpa alasan yang dibenarkan. Dan dengan surat ini saya mengakui bahwa perbuatan yang saya lakukan merupakan perbuatan yang tidak sopan. Untuk itu Saya siap menerima hukuman dari pihak sekolah dalam benruk apapun. Dan dengan surat ini saya mengucapkan permintaan maaf kepada guru yang bersangkutan, dan saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya lagi.

Demikian surat pernyataan ini saya buat atas segala perhatiaanya saya ucapkan terima kasih

Yogyakarta, 26 Mei 2017

Hormat Saya

 

Agus Darmantyo

Contoh Surat Pernyataan Lamaran Kerja

Contoh Surat Pernyataan Lamaran Kerja

Untuk anda yang tengah melamar sebuah pekerjaan, saya yakin kalian pasti sedang butuh dengan surat pernyataan yang satu ini. Yaps, surat pernyataan lamaran kerja, surat ini bertujuan untuk meyakinkan pihak perusahaan atau intansi atas kesungguhan anda. Langsung saja berikut beberapa contoh surat pernyataan lamaran kerja :

SURAT PERNYATAAN LAMARAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Budi Purmana
Tempat, Tanggal lahir    : Jombang, 7 Agustus 1983
Pendidikan/Lulusan       : S1 Jurusan Ekonomi
Agama                           : Islam
Alamat                           : Jl. Pandan No. 4 Jombang

Dengan surat yang saya buat saya menyatakan bahwa saya dalam kondisi sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak memiliki tato. Dan saya bersedia untuk mematuhi segala peraturan dan tugas yang dibebankan pada saya jika saya diterima.

Demikian surat pernyataan ini saya sampaikan atas segala perhatiaanya saya ucapkan terima kasih.

Jombang, 20 November 2017

Hormat Saya

Budi Purmana

# Contoh 2

SURAT PERNYATAAN LAMARAN PEKERJAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                          : Tarmin Sempol S.Pd.
TTL                              : Jakarta, 5 Febuari 1988
Warga Negara            : Indonesia
Alamat                        : Jl. Mawar No.45 Perum Bandar Sari Jakarta Utara
Pendidikan Terakhir    : Sarjana (S1)

Menyatakan bersedia untuk tidak menikah selama masa percobaan dalam waktu kurang lebih satu tahun lamanya sejak diterima menjadi salah satu karyawan di Bank Republik Indoneia (BRI).

Demikian surat ini pernyataan ini saya sampaiakan semoga digunakan sebagai mana mestinya, atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 5 Juli 2017

Hormat Saya

Tarmin Sempol, S.Pd.

Artikel Terkait: Contoh Paragraf Narasi

# Contoh 3

SURAT PERNYATAAN LAMARAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                            : Randi Sulman
Alamat                          : Jl. Jambu No. 57 Jakarta Utara
Tempat, Tanggal lahir   : Bandung, 14 Januari 1987
No. Telp                        : 085 807 450 xxx
Pendidikan Terakhir      : Sarjana (S1)

Saya merupakan salah seorang calon PNS dari Departemen Kehutanan untuk tahun 2017. Menyatakan dengan sungguh-sungguh kejujuran, serta tanggung jawab tanpa adanya paksaan, bersedia untuk :

  1. Menerima dan bersedia untuk bekerja dan menerima tugas sesuai dengan jabatan serta lokasi penempatan kerja yang telah ditentukan.
  2. Tidak akan mengajukan/meminta pindah ke unit kerja serta penempatan lain baik di dalam maupun luar di lingkup Departemen Kehutanan atas permintaan pribadi ataupun sanak keluarga.

Demikian surat ini dibuat dengan sungguh-sungguh, apabila saya melanggar hal-hal yang telah disebutkan, saya bersedia untuk tidak diproses lebih lanjut sebagai CPNS /PNS.

Yogyakarta, 20 Januari 2017

Yang Membuat Pernyataan

 

Randi Sulman

# Contoh 4

SURAT PERNYATAAN LAMARAN PEKERJAAN 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap             : Rahmat Rifai
Alamat                          : Jl. Manggis No. 57 Perum Perkasa Sari Jakarta Utara
Tempat, Tanggal lahir   : Bandung, 14 Juli 1987
No. Telp                        : 085 807 450 xxx
Pendidikan Terakhir      : Sarjana (S1)

Saya menyatakan, bahwa dalam melaksanakan ujian seleksi penerimaan CPNSD tahun 2013 saya tidak akan mempergunakan bantuan joki. Apabila di esok hari terbukti saya mempergunakan bantuan seorang joki, maka saya bersedia mempertanggung jawabkan hal tersebut secara hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak tertentu, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 5 Mei 2013

Yang Membuat Pernyataan

(Ttd & Materai 6000)

Rahmat Rifai, S.Pd.

# Contoh 5

SURAT PERNYATAAN LAMARAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                            : Budi Prasetyo, S.Pd.
Tempat, Tanggal lahir   : 01 Januari 1981
Jenis Kelamin                : Laki-Laki
Alamat                          : Perum Pesona Asri No. 22 A Jalan Raya Imogiri Bantul

Dengan adanya surat ini saya menyatakan bahwa saya tidak memiliki hubungan atau terikat dengan perusahaan manapu. Dan bersedia ditempatkan di kantor cabang perusahaan di seluruh Indonesia jika kelak diterima menjadi karyawan PT CARAPEDI NEWS.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bantul, 21 Juni 2017

Hormat Saya

(Ttd & Materai 6000)

Budi Prasetyo

Itu tadi artikel tentang “Contoh Puisi Anak SD” Terbaru dan Terlengkap 2019, semoga bermanfaat