Contoh Surat Pribadi (Pengertian, Bagian-Bagian dan Ciri-ciri)

rat terbagi menjadi dua jenis yaitu surat resmi dan surat pribadi. Kedua ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok, entah dari tujuan, cara penulisan dan fungsi kedua surat tersebut.

Setelah selesai membahas tentang surat resmi pada artikel sebelumnya. Agar pembahasan tentang jenis surat selesai, maka pada artikel kali ini kita akan belajar bersama tentang contoh surat pribadi. Insyaallah pada kesempatan kali ini kita akan belajar keseluruhan materi tentang surat pribadi.

Seperti biasanya artikel yang saya tuliskan ini juga sama dengan artikel-artikel sebelumnya yang lebih condong pada contoh surat pribadi. Akan tetapi, tidak usah khawatir walaupun lebih condong pada contoh surat pribadi saya juga akan sedikit membahas materi yang berhubungan dengan surat pribadi. Daripada penasaran langsung saja kita simak baik-baik penjelasan tentang contoh surat pribadi.

Artikel Terkait : Contoh, Pengertian Dan Cara Membuat Surat Surat Resign / Surat Pengunduran Diri

Selamat Membaca !!

Pengertian Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi (Pengertian, Bagian-Bagian dan Ciri-ciri)

Surat pribadi adalah surat yang dibuat seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam penulisan surat pribadi tidak dibatasi dengan kaidah yang berlaku. Tetapi pada umumnya surat pribadi dituliskan dengan susunan, tanggal, tujuan (penerima), kata sapaan, pembukaan, isi, penutup, pengirim.

Walaupun tidak memiliki aturan khusus dalam penulisan surat pribadi. Seorang penulis harus tetap tahu diri, dan menuliskan surat ini dengan bahasa yang sopan dan santun. Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, surat pribadi juga dapat digunakan sebagai sarana menyampaikan keperluan dan mengekspresikan perasaan seseorang terhadap sebuah situasi.

Akan tetapi seiring berkembangnya jaman, surat pribadi tidak banyak digunakan lagi oleh masyarakat. Karena surat ini memiliki banyak kelemahan, salah satunya kelemahan surat pribadi memerlukan waktu yang lama untuk menerimanya. Untuk jaman sekarang surat pribadi dikembangkan sebagai SMS, Email, Whatsapp, BBm, Facebook dan lain-lain.

Walaupun tidak sama persis dengan surat pribadi yang sebenarnya. Tetapi aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan diatas memiliki fungsi yang sama dengan surat pribadi. Atau aplikasi-aplikasi tersebut bisa dikatakan sebagai surat pribadi masa kini.

 

Ciri-ciri Surat Pribadi

Ciri-ciri Surat Pribadi

  • Mengandung kata sapaan yang bersifat privasi, atau mengandung pemilihan kata emotif.
  • Disampaikan menggunakan bahasa sehari-hari, akan tetapi tetap santun dalam penyampaiannya.
  • Menggunakan beragam bahasa dalam penyampaiannya, tergantung orang yang menerima surat.
  • Mengandung kata sapaan, seperti halnya kita melihat lawan bicara secara langsung.
  • Untuk penulis surat hendaknya menggunakan kata ganti orang kedua. Sedangkan untuk penerima surat hendaknya menggunakan kata ganti orang kedua.
  • Penulisan salam pembukan, isi dan penutup menggunakan bahasa non formal.
  • Format penulisan surat pribadi bebas, tergantung penulis.
  • Tidak terdapat kop dan nomor surat.
  • Dituliskan untuk keperluan berkominikasi dengan teman, sahabat atau orang yang tidak berada dalam satu tempat.

 

Tujuan Surat Pribadi

Tujuan Surat Pribadi

Surat pribadi sendiri memiliki beberapa tujuan dari penulisannya, walaupun tidak sebanyak jenis surat lainnya. Tujuan surat pribadi yang pertama adalah untuk berhubungan dengna teman, sahabat, atau orang yang dikenal. Yang tidak berada dalam satu tempat dan sudah lama tidak bertemu.

Yang kedua adalah untuk mengekspresikan perasaan seseorang dalam kondisi tertentu. Tetapi untuk hal yang ini banyak dilakukan oleh kalangan perempuan, kita bisa lihat sendiri bagaimana seorang permpuan bila sudah berbicara. Walaupun setiap hari mereka bertemu, pasti ada saja yang dibicarakan, apalagi yang sudah lama tidak bertemu, pasti ada beribu-ribu kata yang akan dituliskan. hehe

 

Bagian-Bagian Surat Pribadi

Bagian-Bagian Surat Pribadi

Walaupun bukan termasuk sebagai jenis surat resmi, tetapi biasanya surat pribadi ditulikan menggunakan bagian-bagian tertentu. Tujuan penulisan bagian-bagian pada surat ini untuk mempermudah susunan surat pribadi. Agar pembaca surat pribadi dapat membacanya dengan nyaman dan tidak kebingungan saat membacanya.

Nah, untuk kalian yang akan mengirimkan surat pribadi kepada sahabat atau teman. Saya sarankan saat membuat surat pribadi gunakanlah bagian-bagian yang biasa digunakan. Untuk lebih jelasnya , simaklah baik-baik penjelasan tentang bagian-bagian surat pribadi yang sering digunakan.

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan

Sama seperti jenis surat lainnya, dalam menuliskan sebuah surat pribadi sebaiknya menyertakan tanggal pembuatan surat. Dalam menuliskan tempat dan tanggal pembuatan, bisanya dituliskan pada bagian atas kanan atau kiri. Dalam penulisan nama tempat diawali dengan huruf kapital, pemisah antara tempat dan tanggal adalah tanda koma dan tidak diakhiri dengan tanda titik.

Contoh : Bandung, 4 Mei 2017 Atau Bandung, 4-5-2017 Bisa juga Bandung, 4/5/2017

Dalam penulisan tempat dan tanggal pembuatan kurang lebihnya seperti yang saya tuliskan diatas. Untuk menuliskan tempat dan tanggal pembuatan kalian hanya perlu menggunakan satu contoh dari yang saya sebutkan diatas. Tetapi format penulisan yang sering digunakan dalam surat pribadi adalah yang saya cetak tebal.

2. Alamat Penerima

Setelah menuliskan tanggal dan tempat pembuatan surat, bagian selanjutnya adalah alamat penerima surat. Biasanya penulisan alamat ini dibarengi dengan penulisan nama penerima. Penulisan alamat surat biasanya diawali dengan menuliskan nama penerima terlebih dahulu.

Tambahan, dalam menuliskan nama penerima juga dapat menyertakan nama sapaan, seperti sahabatku, teman lama ku dan lain sebagainya. Dalam penulisan kota pada surat pribadi, kita bisa menggunakan julukan kota yang akan kita tulis. Misalnya Malang kota pelajar, Yogyakarta kota pelajar, Bogor kota Hujan dan lain sebagainya.

Contoh Penulisan Alamat :

Kepada Sahabatku Amelia,

Di Yogyakarta

3. Kata Sapaan

Bagian surat pribadi selanjutnya adalah kata sapaan, karena ditujukan kepada sahabat atau teman. Jadi untuk penulisan kata sapaan surat pribadi tidak harus menggunakan kata yang bersifat formal. Tetapi akan lebih baiknya bila penulisan kata sapaan ini ditulikan dengan bahasa sehari-hari agar terlihat lebih akrab.

Contoh penulisan kata sapaan dalam surat pribadi sebagai berikut :

Hai Sahabatku, Salam Manis, Salam Kangen, Assalamu’alaikum, Temaku Yang Imut, Hai Manis, Hai Cantik, Kakakku Yang Ganteng dan lain sebagainya.

4. Paragraf Pembuka

Sama Seperti jenis surat lainnya, penulisan surat pribadi juga di awali dengan menuliskan paragraf pembuka. Paragraf pembuka dalam surat pribadi bisanya berisi tentang luapan rasa rindu, menanyakan kabar dan lain sebagainya. Dalam menuliskan bagian ini kita tidak perlu menggunakan bahasa yang formal.

Akan tetapi kita hanya perlu menggunakan bahasa yang sering kita gunakan sehari-hari. Pada intinya lawan bicara kita faham dengan maksud dari surat yang kita tuliskan. Bagian ini biasanya dituliskan hanya untuk berbasa-basi agar merasa akrab kembali setelah beberapa waktu tidak bertemu

5. Bagian Isi

Bagian selanjutnya adalah isi surat, isi surat merupakan bagian inti pada jenis surat manapun. Karena maksud dan tujuan surat ada dalam bagian ini, tidak terkecuali surat pribadi. Kalian dapat mengutarakan semua uneg-uneg dan masalah yang akan kalian sampaikan kepada lawan bicara.

Mulai dari masalah yang penting hingga masalah yang tidak penting sama sekali. Sama seperti bagian paragraf pembuka, dalam penulisan isi kalian tidak perlu menuliskan dengan menggunakan bahasa formal. Yang terpenting kalian bisa dengan mudah menyampaikan tujuan dituliskannya surat itu.

6. Paragraf penutup

Paragraf penutup dalam surat pribadi biasanya berisi tentang pemohonan maaf, ucapan terima kasih atau sebuah harapan. Untuk penulisan paragraf penutup sebaiknya tidak dituliskan dengan panjang lebar, karena hal itu akan merusak kerapian surat. Hanya cukup 1 sampai 2 baris saja.

7. Nama Pengirim Dan Tanda Tangan

Bagian yang terakhir dalam surat pribadi adalah nama pengirim dan tanda tangan. Untuk penulisan nama dan tanda tangan pengirim dapat dituliskan pada bagian bawah kanan, selain tanda tangan juga disertai nama terang. Akan tetapi boleh juga dituliskan pada bagian bawah kiri, tepat pada bagian bawah paragraf penutup.

 

Contoh Surat Pribadi

Nah, untuk kalian yang masih muter-muter dan belum faham dengan penjelasan diatas, saya sarankan untuk membaca contoh surat pribadi dibawah ini. Tetapi saya kira apabila kalian benar-benar membaca penjelasan diatas akan akan faham, kalo nggak percara baca sekali lagi. Yah langsung saja, agar waktu kita lebih hemat simaklah baik-baik beberapa contoh surat pribadi sebagai berikut :

Bandung, 25 Agustus 2017

Untuk Sahabat Karibku
Andi Lesmana
Di Jakarta

Assalamu’alaikum

Hai andi apa kabar ? Bagaimana kabarmu saat ini? Semoga tetap dalam lindungan Allah ya Ndi!!

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa lagi, kira-kira hampir tiga tahun kita berpisah. Tepatnya saat aku memutuskan untuk pindah sekolah ke Bandung. Sejak saat itu aku tidak pernah mendengar kabar darimu ladi Ndi, aku khawatir dengan keadaanmu. Aku selalu berharap agar kamu selalu sehat dan bahagia Ndi!!

Maafkan aku Ndi karena sebelumnya tidak bilang ke kamu, kalo aku akan pindah sekolah ke Bandung. Itu semua juga bukan keinginanku kok, itu aku lakukan karena pekerjaan orang tua ku, semoga kamu bisa memakluminya.

Oh iya, insyaallah akhir tahun nanti aku akan berkunjung ke Jakarta, untuk menengok kakek dan nenekku. Kira-kira aku akan berada di Jakarta selama 14 hari, walaupun Cuma sebentar. Aku berharap dalam waktu yang singkat itu kita bisa berkumpul lagi Ndi, bermain seperti dulu lagi.

Yah itu tergantung keputusan kamu Ndi, kalo kamu mau menemaniku pasti aku akan sangat senang sekali. Nanti kalo aku ketemu kamu, insyaallah aku akan bawain oleh-oleh khas Bandung yang rasanya enak banget. Tetapi jika kamu ada acara yang lain juga gapapa kok. mungkin Allah mentakdirkan pertemuan kita di lain waktu.

Sekian dulu Ndi surat dari aku, semoga kamu tidak marah dan mau bermain denganku saat aku berada di Jakarta nanti. Tolong sampaikan salamku buat temen-temen yah, aku tau pasti mereka sangat kangen sama aku. Cukup dulu surat dariku semoga saat di Jakarta nanti aku bisa bertemu kamu ndi, bye.

Sahabatmu

Rudi

 

Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Sahabat

Kata-kata Untuk Sahabat

Surabaya, 19 Juni 2017

Teruntuk Sahabatku,
Rina Aulia
Di Kota Pelajar Yogyakarta

Salam Kangen

Hei kawan apa kabar? Bagaimana kabarmu Rin? Semoga tetap sehat dan baik-baik saja. Aku sangar ingin bertemu denganmu lagi, Aku yakin saat ini kamu tambah cantik Rin, atau mungkin tambah gemuk.

Rina sahabatku yang sangat baik. Sejak kamu meninggalkan kota Surabaya, banyak sekali perubahan disini. kota ini memang berkembang pesat, tidak terkecuali dengan sekolah kita, yang mengalami kemajuan yang sangat drastis. Tetapi tahukan, aku kurang menyukai hal itu, karena beberapa sebab.

Kamu tau nggak pohon yang biasa kita gunakan untuk belajar, ngobrol, bermain dan segala macam kegiatan lainnya. Jujur saja Rin hal itu membuat aku sangat sedih, karena setiap kali aku kangen sama kamu aku selalu pergi ke tempat itu. Tetapi apa boleh buat semuanya telah terlanjur terjadi. Rasanya pengen banget ketemu sama kamu lagi Rin.

Sekian dulu Rin surat dari ku, jangan lupa dibalas lho yah. Aku berharap saat liburan sekolah nanti kamu bisa berkunjung ke Surabaya Rin, aku tunggu lho Rin kedatangannya.

Sahabatmu

Linda

Artikel Terkait: Contoh Surat Pernyataan Dan Bagian-bagian Surat Pernyataan

Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Bandung, 5 Mei 2013

Untuk Rani Aprilianni
Jl. Mawar No. 12
Yogyakarta

Hai Linda yang cantik,

Halo, apa kabar ? Bagaimana kabarmu linda? Semoga tetap berada dalam lindungan Allah. Jangan khawatirkan keadaanku Lin, aku disini sehat kok, walaupun masih sering sedih kalo ingiet sama kamu.

Eh Lin, ngomong-ngomong saat liburan sekolah nanti kami ada acara nggak? Karena saat liburan sekolah nanti aku berencana untuk berkunjung kerumah nenek yang aja di Jogja. Nanti kalo kamu tidak ada acara aku bisa sekalian mampir ke rumahmu, lumayan lho kira-kira aku berada di Jogja selama 2 minggu.

Nanti saat ketemu kita bisa maen bareng lagi Lin, kayak dulu waktu masa-masa SMP. Ohiya, kalo nanti kita bisa ketemu aku janji bakalan ngasih kamu oleh-oleh khas Bandung. Selain itu nanti saat di Yogyakarta kita bisa jalan-jalan bareng ke malioboro Lin, nanti aku traktir makan deh.

Mungkin cukup sampai disini dulu aja Lin, aku tunggu balasannya lho. Aku berharap saat liburan nanti kamu tidak ada acara Lin dan kita bisa maen sama-sama lagi. Yah ini dulu lin surat dariku kita sambung lain waktu yah.

Sahabatmu

Rara

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Bekasi, 6 Januari 2014

Untuk Papa dan Mama
Di Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo ma, Halo pa bagaimana kabarnya? Ayi disuruh buat surat sama dosen Ayi, tapi ayi bingung mau nulis apa. Ayi nulis apa yang ada dikepala Ayi aja yah.

Papa gimana kabarnya? Bagaimana Kerjaan papa? kaki papa masih sakit nggak? Katanya papa sekarang kabarnya diangkat jadi kandidat direktur semen I ya? Ayi doain semoga papa kepilih. Aku nggak mau papa pensiun dari kerjaan. Ayi mau papa terus bekerja dan terus bersinar dalam karirnya.

Kalo mama gimana? Masih sakit nggak lutunya sama punggungnya? Mama jangan terlalu banyak pikiran, apalagi mikirin Ayi. Ayi disini sehat kok ma, temen-temen Ayi juga baik-baik kok, pokoknya jangan khwatir sama Ayi yah mah!! Nanti kalo gitu terus sakitnya nggak sembuh-sembuh lho ma, terus siapa yang njagain Ayi sama papa.

Cukup itu dulu aja surat dari Ayi, karena ayi sudag bingung mau nulis apalagi. Semoga papa dan mama selalu sehat, dan semoga akhir tahun nanti ayi bisa pulang kerumah lagi.

Salam Kangen

Ayi

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Madiun, 23 September 2014

Untuk Kakak tercinta Jaka Satria
Di Makassar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Gimana kak kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah. Kabar keluarga di kampong Alhamdulillah sehat kak, gausah khawatir. Keluarga kangen berat sama kakak, kakak kapan pulang? Si Nana juga nanyain terus tuh, minta oleh-oleh katanya. haha

Kak, Alhamdulillah adek dapet peringkat satu kemarin. Nilai adek juga paling tinggi di sekolahan, bahkan nilai matematika adek dinobatkan sebagai nilai tertinggi se-kabupaten. Hebat bukan hehehe, rencananya bulan depan adek mau ikut study tour ke Jogja kak. Yah itung-itung buat refresing setelah mati-matian belajar buat ujian nasional kemaren.

Ibu sama bapak titip pesen, sholat lima waktu dan ngajinya jangan ditinggal, istirahat yang cukup sama makannya harus teratur. Sampai disini dulu kak,nanti dilanjut lagi. Oiya, awas kalo nggak bales surat ini adek bakalan ngambek. Jaga diri baik-baik di sana ya kak.

Adekmu Tersayang

Rino

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Sebangku

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Sebangku

Magetan, 16 November 2017

Untuk Temaku Andik dan Deni
Di Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai kalian berdua apa kabar? Bagaimana kabar kalian berdua? Semoga tetap berada dalam jalan yang lurus, hehe. Semoga kalian tetap sehat selalu yah. Jangan khawatirkan aku, aku di sini sehat dan bahagia kok, walaupun aku tau kau tidak peduli akan hal itu. haha

Walaupun kalian sering jahil padaku, jujur saja kadang-kadang aku rindu dengan perbuatan kekanak-kanakan kalian. Apalagi untuk Andik yang selalu menjahili aku dengan kata-katanya, terkadang aku sering tertawa sendiri bila ingat dengan kata-kata itu. Entah kenapa kamu selalu menganggap hubunganku dengan si dia dengan serius, padahal aku cuma bercanda tentang itu.

Untuk deni, kalo nggak kuat nahan cepet nikah aja den daripada nge-chat cewe nggak jelas, mending langsung nikah aja. Disamping ngurangi dosa juga dapet temen chaatingan, hehe. Dan satu lagi sudahlah den menyerahlah untuk mendapatkan ZUL, biarkan dia bersamaku hahaha.

Yah cukup itu aja yang aku sampaikan dalam surat ini. Semoga kalian diberi kesempatan membaca surat ini. Jika kalian membaca surat ini, bisa dibales lewat whatsApp Aja yah!!

Temanmu tercinta

Bukhori Muslim

Contoh Surat Pribadi Yang Baik dan Benar

Magetan, 2 Febuari 2018

Untuk Sahabat Tercinta Rani
Di Ibu Kota Jawa Timur (Surabaya)

Hai kalian apa kabar? Semoga Allah tetap memberikan kesehatan untuk kalian berdua yah. Udah nggak usah pikirkan aku disini, aku disini baik-baik saja kok. Malahan sekarang aku lagi bahagia banget, iya karena kemarin aku habis menang lomba menari di tingkat kabupaten geto, kalian nggak mau ngasih ucapan selamat buat aku.

Oh iya ran, ngomong-ngomong kan rencana aku mau maen ke surabaya, liburan kulian nanti. Kira-kira kalo aku mampir ke rumahmu dulu boleh nggak, pasti bolehlah. Rasa kangen aku ke kamu itu udah kaya sakit diare, iya kaya diare”nggak bisa ditahan lagi”

Nanti kalo aku maen ke Surabaya jangan lupa ya untuk ngajak aku muter-muter Surabaya, bosen muter-muter di Magetan mulu. Setelah 3 tahun di Surabaya pastinya kamu tau donk tempat yang cocok untuk berlibur. Urusan perut mah tenang aja, nanti aku bawakan makanan kesukaan kamu dulu, ketela bakar. hehe

Mungkin cukup itu dulu aja ran, nanti kalo diterusin takutnya kertasnya nggak cukup. Pokoknya jangan lupa persiapan, iya perpiapan untuk menyambut kedatangan tamu spesial dari Magetan. Kamu jaga kesehatan baik-baik ya ran, di tunggu lho balesannya ran. Nggak dibales awas.

Sahabat Tercintamu

Rina Saputri Ardila

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

Magelang, 23 Maret 2013

Untuk Sahabatku Anggi Pratiwi

Hai cantik, apa kabar? Semoga Allah tetap memberikan nikmat kesehatan dan hidayah kepadamu yah. Aku disini baik-baik saja kok, pokoknya jangan terlalu khawatirkan keadaanku. Tapi satu yang jadi masalah, kamu tau nggak, rasa kangenku rasa kamu kayaknya udah nggak bisa ditahan lagi deh, maaf kalo lebay.

Kamu kan tahu sendiri, kita sejak kecil selalu barengan terus. Mulai dari maennya, belajarnya, sekolahnya karena saking nempelnya banyak temen-temen kita yang ngomong kalo kita tuh adek kakak. Emang walaupun kamu hanya sebatas teman, tapi aku selalu ngganggep kamu sebagai saudara kandung aku sendiri.

Kamu kangen kan sama aku? Semoga aja begitu, semoga teman-teman barumu disana tidak membuatmu lupa dengan aku. Eh Nggi, kapan kamu maen ke desa lagi, sudah 3 tahun lo kamu tidak pulang ke kampung, apa mungkin kamu nggak mau lagi ke kampung.

Pokoknya kalo kamu ada waktu luang sempetin untuk maen ke kampung ya Nggi. Banyak banget lo temen-temen yang tanya-tanya terus tentang kamu “Kapan Anggi pulang, Dimana Anggi sekarang” Pokoknya banyak lah. Kalo di bukuin perntanyaannya bisa nyampek satu buku loh. hehe

Yaudah gitu aja nggi yang aku sampaikan di surat ini, semoga surat ini sampai padamu, dan semoga hati kamu tergerak untuk menemui kami di desa. Pokoknya kalo ada watku maen ke desa yah, banyak banget temen-temen yang pengen ketemu Anggi si artis sekolah, katanya. hehe

Dari Sahabat Yang Selalu Nempel

Annisa Putri

Contoh Surat Pribadi Untuk Curhat ke Temen Lama

Magetan, 1 Febuari 2018

Untuk Si Bawel Ulfa Nadia

Hai bawel? Gimana kabarnya di sana, gimana kabarnya si dia, yang selalu mengejarmu. Dari sini aku hanya bisa berdoa pada Allah agar sahabatku selalu diberikan kesehatan, mulai dari jasmani dan rohani. Aku disini baik-baik saja kok, malahan, sekarang aku agak gemukan.

Eh Ul aku mau curnat nih, kamu mau ndengerin kan, pasti maulah. Gini ceritanya, orang tua aku tuh pengennya aku kuliah, yah biar besok kalo cari kerja gampang geto. Tapi masalahnya, aku nggak tau aku mau kuliah dimana, ngambil jurusan apa, terus biaya kuliah gimana, semuanya masih abu-abu.

Terus pas aku tanya balik sama mereka, “yah emang, enaknya rina kuliah dimana, dan ngambil jurusan apa” Merekanya malah ngomong gini “ya kamu cari sendirilah, la wong kamu udah besar, masak nggak bisa menentukan pilihan” Terus aku harus gimana ul, sedangkan sebentar lagi pendaftaran mau dibuka.

Kamu kan temenku, mungkin kamu punya saran, untuk tempat kuliah dan jurusan yang cocok denganku. Aku yakin kalo kamu tau tempat dan jurusan yang cocok buat aku, kan kamu temenku, hehe.

Yah mungkin itu aja curhatan dariku, semoga kamu bisa ngasih aku solusi atas masalah yang menimpaku. Jangan lupa di bales ya, karena saran darimu adalah jalan keluar terbesar bagiku. hehe

Dari Sahabatmu

Nadia Putri

Artikel Terkait: Contoh, Pengertian Dan Bagian-bagian Memo

Contoh Surat Pribadi Untuk Temen SD

Magetan. 1 Febuari 2018

Untuk Sahabat Tercantikku Maya

Hai idola kelas, gimana nih kabarnya? Lama nggak ketemu nih, rasanya kangen banget sama kamu. Iya kangen, kangen sama senyumanmu, saya mata indahmu dan tak lupa sama omelanmu yang kaya mak lampir itu, hehe. Kamu sehat kan di sana? Aku disini baik-baik saja kok, jangan khawatirkan aku deh, minta doanya aja biar selalu diberikan kesehatan.

Eh may, udah lama banget lo kita nggak pernah ketemu, kira-kira udah 6 tahun aku nggak liat kamu lagi. Semenjak kamu pindah di Jakarta, selalu ada yang kurang dalam hidup aku, kurang perhatian, kurang kasih sayang rasanya kurang semangat. hehe

Nggak itu tadi cuma bercanda, tapi kalo kamu mau, aku juga siap kok. Eh may, kan sejak lulus Sd kita kan udah jarang ketemu gitu, ada yang sekolah ke Bali, Surabaya, Bandung dan kamu sendiri pergi ke Jakarta. Ini dari temen-temen ada yang usul gimana kalo Idul Fitri nanti kita ngumpul bareng geto, urusan tempat belakangan, yang penting setuju ato nggak.

Dan ini kesepakatannya gini may, kalo dari angkatan kita jumlah suara yang setuju lebih banyak dari yang tidak setuju. Yang tidak setuju harus setuju dengan acara itu, begitu juga sebaliknya. Yah itung-itung buat ngumpul, maen, bercanda sama temen sd may, kamu mau kan?

Yah udah may itu aja, karena masih banyak lagi yang harus aku kabari tentang acara ini. Semoga kamu menjadi salah satu orang yang setuju dengan acara ini, biar aku bisa ketemu kamu geto. Jangan lupa di bales ya may, karena ini bukan masalah aku dan kamu, tapi masalah kita bersama.

Dari Temenmu

Beni Andriawan

Contoh Surat Pribadi Untuk Si Do’i

Madiun, 2 Febuari 2018

Untuk Temen Spesialku Rina Ardila Putri

Hey Rina apa kabar? aku berharap semoga kamu tetap sehat yah. Ingatkan sama aku, temen spesial kamu waktu di Smp dulu. Sudah lama banget Rin aku nggak denger kabar darimu, denger dari anak-anak katanya sekarang kamu sekolah di Surabaya ya, sama dong. Emang kamu di Surabaya daerah mana, kali-kali boleh maen bareng dong.

Tau nggak Rin semenjak aku lulus smp, kayaknya kita nggak pernah maen bereng lagi deh. Padahal dulu pas kita masih di pramuka, kita tuh sering maen bareng, kesini bareng, kesana bareng pokoknya udah kayak kakak sama adek deh.

Tapi semenjak aku lulus dari Smp dan kita nggak satu sekolah lagi kayaknya hubungan pertemanan kita kok putus yah. Kenapa Rin emang kamu malu yah punya temen kayak aku, atau ada masalah yang membuat kamu menjauhiku.Ngomong aja Rin aku pengen kita seperti dulu, temen baik, bercanda bareng, maen bareng dan kemana-mana bareng.

Mungkin itu aja Rin yang aku katakan di surat pribadi ini, semoga kamu tetap mau menganggapku sebagai temanmu. Aku selalu menanti balasan surat darimu Rin, walaupun harus menunggu sampai ratusan hari berlalu aku akan tetap menunggu balasan suratmu Rin.

Temenmu

Aan

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

Surabaya, 11 September 2017

Untuk Ayah dan BundaTercinta

Assalamualaikum ayah dan bunda yang lagi ada di kampung, bagaimana keadaan ayah dan bunda di sana? Semoga ayah dan bunda selalu diberikan kesehatan yah. Maaf kalo Amel belum bisa balik ke kampung, Amel di sini lagi banyak tugas kuliah, jadinya mau gak mau tugasnya harus di kebut biar gak kena marah dosen.

Ayah sekarang udah sehat kan, pesen Amel ayah jangan terlalu capek kalo kerja. Kalo udah nggak kuat ga usah di paksaain yah. Amel gamau ayah kenapa-napa karena terlalu capek kerja, pokoknya jaga kesehatan ya yah biar besok lebaran kita bisa kumpul bareng lagi.

Kalo bunda gimana, kangen nggak sama Amel? Amel disini kangen banget sama bunda, pengennya sih bulan ini pulang ke rumah bun, tapi gimana lagi. Tugas kuliah lagi banyak bun, maafin amel yah. Oh iya bun, nanti kalo Amel pulang ke rumah tolong ajari Amel bikin donat ya, iya donat yang sering bunda bawain buat Amel waktu kecil dulu.

Mungkin itu aja kabar dari Amel ayah, bunda. Jangan khawatirkan Amel, disini Amel sehat kok, temen-temen Amel juga baik, perhatian dan selalu mengingatkan tentang kebaikan kok, jadi ayah sama bunda gausah terlalu mikirin Amel, nanti takutnya malah sakit.

Biar kuliah Amel, tugas-tugas Amel dan masalah-masalah Amel cepet beres, jangan lupa doain Amel ya ayah bunda. Mungkin itu aja yang bisa Amel tulis di surat ini, sebelumnya Amel minta maaf karena belom bisa balik ke kampung untuk ketemu ayah sama bunda.

Anakmu Tercinta

Amel Aprilia

Nah itu dia penjelasan singkat tentang surat pribadi yang dapat saya sampaikan. Saya berharap tulisan singkat ini dapat bermanfaat dan membantu masalah kalian semua. Tak lupa saya mengucapkan permohonan maaf bila ada kesalahan penulisan atau kesalahan yang lainnya.