Surat Resmi Beserta Pengertian Ciri-ciri, Bagian Surat Dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Resmi – Dalam setiap kegiatan yang bersifat resmi seperti sekolah, dinas dan instansi. Surat resmi tidaklah menjadi hal yang asing lagi, bahkan surat resmi sangat dibutuhkan untuk keperluan setiap hari. Surat resmi memiliki fungsi sebagai medimemberikan informasi kepada pihak tetentu.

Tentunya surat yang diberikan kepada pihak lain tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan keabsahan secara hukum. Pada jaman ini surat ini jarang digunakan dalam masalah pribadi, karena mereka lebih senang memberikan informasi lewat ponsel.

Surat Resmi Beserta Pengertian Ciri-ciri, Bagian Surat Dan Cara Membuatnya

Namun untuk kegiatan yang bersifat resmi atau formal, seperti sekolah, perusahaan, dinas dan kerjasaman osis. Pastinya surat ini digunakan sebagai media memberikan informasi kepada pihak yang diajak kerjasama. Karena apabila hanya menggunakan pesan dari ponsel, hal itu menunjukkan bahwa kita tidak professional dan tidak menghargai pihak tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan surat resmi sangat dianjurkan untuk semua kegiatan yang bersifat formal. Agar dalam menjalin sebuah kesepakan kita dinilai professional oleh lawan pihak kita. Juga salah satu tujuan penggunaan surat resmi untuk menghargai pihak yang kita ajak kerjasama.

Contoh penggunaan surat resmi salah satunya, saat seorang pengusaha ingin melakukan sebuah kerjasama dengan perusahaan lain. Otomatis perusahaan ini harus mengundang perwakilan dari perusahaan yang ingin diajak kerja sama. Untuk melakukan sebuah diskusi, dalam kondisi seperti ini pastinya perusahaan tersebut harus menggunakan surat resmi untuk mengundang perwakilan perusahaan tersebut.

Oleh karena sebab itu penting kiranya untuk kita mempelajari tentang surat resmi ini, karena begitu banyak fungsi yang terkandung dalam surat ini. Pada artikel kali ini saya akan sedikt berbagi ilmu tentang surat resmi. Untuk lebih jelasnya simaklah baik-baik penjelasan tentang surat resmi dibawah ini.

Artikel Terkait : 15 Contoh Surat Resign / Surat Pengunduran Diri Beserta Cara Membuatnya

Selamat membaca!!

Ciri-Ciri Surat Resmi

Ciri-Ciri Surat Resmi

Seperti jenis surat lainnya, surat resmi juga memiliki ciri-ciri yang membedekannya dengan jenis surat lainnya. Menurut saya materi ini akan sangat membantu anda dalam membedakan jenis surat resmi dengan surat yang lain. Adapun ciri-ciri surat resmi yang perlu anda sebagai berikut.

  1. Surat resmi dituliskan menggunakan kalimat baku.
  2. Memiliki kop surat pada bagian atas.
  3. Memiliki tanggal dan alamat tujuan surat.
  4. Terdapat nomor pengarsipan.
  5. Hal pada surat berisi pemberitahuan tentang isi surat.
  6. Dilengkapi dengan tanda tangan dan stempel dari pihak yang bersangkutan.
  7. Memiliki tembusan surat, jika hal tersebut ada.

 

Bagian-Bagian Surat Resmi

Bagian-Bagian Surat Resmi

Setelah mengetahui tentang ciri-ciri surat resmi, kita akan melanjutkan pembahasan dengan materi yang tak kalah penting dengan materi sebelumnya. Yaitu bagian-bagian dalam surat resmi, karena apabila salah satu bagian saja tidak ditemukan dalam surat resmi, maka dia belum dapat disebut dengan surat resmi.

Adapun bagian-bagian surat resmi yang perlu anda ketahui sebagai berikut :

1. Kop

Kop

Dalam sebuah surat resmi salah satu bagian yang penting adalah kop surat. Karena dengan adanya Kop surat, pihak lain dapat mengetahui dari mana surat tersebut dikirim. Selain itu fungsi kop surat adalah untuk mempertegas bahwa surat tersebut benar-benar dikeluarkan dari pihak yang membuat surat.

Adapun dalam menulis Kop Surat anda harus menyertakan 5 hal ini, agar pihak penerima bisa tau dari mana surat tersebut dikirimkan.

  • Nama perusahaan, lembaga atau instansi yang mengeluarkan surat.
  • Alamat perusahaan, dengan catatanharus dutulis secara detail oleh pembuatnya.
  • Kontak yang dapat dihubungi, seperti halnya nomor telp. perusahaan, fax, email dan lain sebagainya.
  • Kode pos perusahaan, instansi atau lembaga yang terkait.
  • Lambang atau logo dari perusahaan, lembaga atau instansi.

Tetapi tidak semua pihak menyertakan kelima unsur tersebut kedalam surat yang dia susun dengan berbagai alasan. Biasanya penulisan kop surat, menggunakan huruf kapital dan dipertebal. Selain itu juga dituliskan dengan menggunakan rata tengah, tetapi ada sebagian yang menggunakan rata kiri atau kanan.

Contoh Kop Surat :

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

AN-NUR

Akta Notaris Budi Wibawa, SH.,M,Kn. No : 14-15 Maret 2017

Sekertariat : Jalan Mawar No. 5 Kel. Maju Jaya Kec. Langsung Jaya Jakarta Utara

Telp. (021) 8983 4374 Email : annur76@yahoo.com

 

2. Nomor Surat

Nomor Surat

Selain kop surat, nomor surat juga menjadi bagian yang penting dalam sebuah surat resmi. Karena bagian ini tidak bisa dibuat dengan asal-asalan tetapi harus dibuat dengan kaidah yang telah ada. Salah satu sebabnya, karena setiap angka atau huruf dalam bagian ini memiliki arti dan tujuan masing-masing.

Untuk orang yang telah lama berkecambuk dalam dunia persuratan pasti tau dan faham tentang pentinnya bagian ini. Dan pastinya mereka akan sangat mudah untuk membuat nomor surat yang baik dan benar. Tetapi bagaimana dengan kita yang baru saja belajar? bagaimana caranya menulis nomor surat dengan baik dan benar?

Karena begitu pentingnya masalah ini, untuk itu perlu kita ketahui dan fahami tentang bagian-bagian dalam nomor surat. Karena itu saya akan sedikit membahas mengenai nomor surat dan surat resmi. Berikut penjelasan tentang bagian nomer surat yang perlu kalian ketahui.

Contoh

Nomor : A.007/ Pan-pel/AKB/II/2017

  • Huruf A Merupakan kode surat internal (kode surat yang berhubungan dengan perusahaan atau lembaga, dan bisa digunakan sebagai undangan anggoran dan undangan yang lainnya.) Sedangkan untuk huruf B digunakan untuk keperluan dengan lambaga dari luar, atau pihak lain.
  • Angka 001 merupakan tanda nomor seri surat yang telah dikeluarkan. Contohnya adalah angka 001, berarti surat tersebut adalah surat pertama yang dikeluarkan lembaga tersebut. Apabila nomer tersebut 002 maka itu surat kedua yang dikeluarkan lembaga tersebut, begitu seterusnya.
  • Pan-pel memiliki arti panitia pelaksana kegiatan (untuk sebuah acara yang hanya menghadirkan kepanitiaan acara atau kegiatan bagian ini boleh disertakan atau tidak disertakan). Bagian nomor Surat seperti ini umumnya terdapat pada, kongres, musdam rapat, prop dan sebagainya.
  • AKB menunjukkan idetitas sebuah lembaga yang mengirimkan.
  • Angka II adalah bulan dibuatnya surat tersebut, bagian ini menunjukkan urutan bulan yang dituliskan menggunakan angka romawi.
  • Angka 2017 mengandung arti tahun pembuatan surat.

 

3. Tempat dan Tanggal

Setelah menuliskan nomor surat yang harus anda lakukan adalah menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat. Namun apabila tempat penulisan surat telah dituliskan pada bagian kop surat, maka hal ini tidak perlu dituliskan untuk yang kedua kalinya. Cukup menuliskan tanggalnya saja.

Tempat dan tanggal surat biasanya dituliskan pada bagian pojok kanan atas atau sejajar dengan nomor surat. Nama tempat dituliskan terlebih dahulu sebelum tanggal penulisan surat, dan awal kata menggunakan huruf Kapital. Selain itu penulisan nama tempat dan tenggal dipisahkan dengan tanda koma dan tidak diakhiri dengan tanda titik.

Contoh : Surabaya, 10 November 2017

 

4. Lampiran

Lampiran surat merupakan bagian dokumen tambahan yang disertakan dalam dokumen utama dalam surat resmi. Lampiran surat memiliki fungsi untuk menguatakan dokumen utama pada surat resmi. Hal-hal yang termasuk lampiran seperti, foto kegiatan, laporan keuangan yang mendetail dan lains ebagainya.

 

5. Alamat

Alamat

Untuk bagian alamat surat, kebanyakan orang tidak memperhatikan penulisan alamat surat sehingga terjadi banyak kesalahan. Khususnya dalam menuliskan alamat pada surat resmi, hal ini harus diperhatikan betul-betul karena pentinya surat ini. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatian dalam menuliskan alamat surat.

  • Alamat surat pada umumnya dituliskan di dua tempat yang berbeda yaitu pada sampul dan awal surat.
  • Alamat yang dituliskan pada bagian sampul surat harus dituliskan dengan jelas dan selengkap-lengkapnya. Sedangkan untuk alamat yang dituliskan pada bagian surat tidak harus dituliskan dengan lengkap, seperti bagian sampul.
  • Penggunaan kata kepada pada alamat surat tidak wajib disertakan karena dianggap membuang-buang kata.
  • Kata yang terhormat bisa dituliskan hanya dengan singkatan Yth.
  • Penulisan kata sapaan seperti bapak, ibu, atau sdr-sdri wajib disertakan apabila diikuti dengan nama orang.
  • Kata jalan pada alamat surat tidak perlu disingkat dan penulisan alamat surat tidak perlu diakhiri dengan tanda titik.

Artikel Terkait: Contoh Surat Pernyataan

6. Salam pembuka

Untuk penulisan salam pembuka sebaiknya menggunakan kata-kata yang umum digunakan dalam percakapan. Seperti salam sejahtera, selamat pagi dan lain sebagainya. Bagian ini juga bisa dituliskan dengan kata-kata menurut dengan keyakinan seperti halnya Assalamualaikum untuk agama islam.

7. Bagian Isi

Isi surat resmi merupakan hal terpenting dalam sebuah surat resmi, karena bagian ini bagian yang mengutarakan maksud ditulisnya surat tersebut. Isi surat biasanya dituliskan ditengah-tengah surat, tepatnya setelah salam pembuka. Dan sebaiknya bagian ini dituliskan menggunakan kalimat yang baku dan disampaikan dengan bahasa formal.

Dan bagian isi surat biasanya dituliskan dengan sesingkat-singkatnya, walaupun singkat juga harus mungutarankan tujuan secara keseluruhan. Dituliskan sedemikian rupa agar pembaca tidak kebingungan dalam memahami maksud surat tersebut. Pemilihan kata pada bagian ini juga merupakan faktor utama dalam isi surat resmi.

8. Paragraf Penutup

Dalam penulisan penutup surat harus dituliskan dengan baik dan benar, juga dengan mengunakan bahasa yang sopan. Selain itu bagian ini tidak usah dituliskan terlalu panjang, karena akan mengurangi nilai surat tersebut. Berikut beberapa contoh penutup surat yang biasa digunakan.

  • Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya dan kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.
  • Demikian agar menjadi maklum. atas pethatiannya saya haturkan terima kasih.
  • Demikan surat yang saya sampaikan, atas perhatian saudara saya mengucapkan banyak terima kasih.

Itu hanya sebagian kecil dari paragraf penutup dalam surat resmi, selain itu masih banyak contoh paragraf penutup yang dapat anda gunakan dalam menulis surat resmi. Yang terpenting, dalam menuliskan paragraf penutup anda mengucapkan permintaan maaf dan ucapan terima kasih. Dengan syarat bila hal tersebut memungkinkan dituliskan.

Cara Membuat Surat Resmi

Penulisan Surat Pengunduran Diri

Setelah berbicara panjang lebar tentang teori surat resmi, saya juga akan sedikit berbagi trik untuk membuat surat resmi. Harapan saya selain kalian menguasai tentang teori surat resmi kalian juga bisa menyusun surat resmi dengan baik. Adapun hal-hal yang perlu kalian perhatikan dalam membuat surat resmi sebagai berikut :

  • Surat resmi yang baik dan dikeluarkan oleh sebuah organisasi biasanya terdapat kop surat pada bagian atas.
  • Memiliki nomor pembuatan surat, lampiran dan juga perihal atau alasan dibuatnya surat tersebut.
  • Menggunakan bahasa yang formal, dan tidak boleh menggunakan bahasa sehari-hari.
  • Dibuka dengan menggunakan salam pembuka, seperti yang saya sebutkan di atas. Hal itu juga berlaku untuk penutup surat.
  • Salah satu yang menandakan valid atau tidaknya surat tersebut adalah cap atau stempel dalam surat tersebut. Biasanya cap atau stempel bisa ditemukan pada bagian bawah kiri, berdampingan dengan tanda tangan.

 

Contoh Surat Resmi

Surat Resmi Beserta Pengertian Ciri-ciri, Bagian Surat Dan Cara Membuatnya

Setelah panjang lebar membahas tentang surat resmi, untuk selanjutnya kita akan membahas tentang contoh surat resmi. Dengan beberapa contoh surat resmi yang akan saya tuliskan, saya berharap kalian semua menjadi lebih faham dengan penjelasan saya. Berikut beberpa contoh surat resmi yang sering kita jumpai.

Perlu diingat bahwa contoh yang saya tuliskan dibawah ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Saya menuliskan contoh tersebut hanya sekedar untuk menjelaskan tentang surat resmi yang benar.

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA

DINAS PENDIDIKAN

Jalan Jendral Gatotsubroto Kavling 40-41

Telepon : 5204092,5204039,5271424,5271472

Faximile: 5271423,5204039,5271424

JAKARTA

Kode Pos 12950

Nomor             : 43/SE/2013
Sifat                 : Penting
Lampiran         : _ _
Hal                   : Perpisahan Peserta Didik

Kepada
Yth. Kepala TK, SD, SMP, SMA, Dan SMk
Di Lingkungan Dinas Pendidikan
Provinsi DKI Jakarta
Di Jakarta

SURAT EDARAN

Sehubungan dengan akan berakhirnya than pelajaran 2012/2013, saya meminta perhatian saudara semua akan hal-hal berikut :

  1. Bagi perserta didik SMA dan SMK kelas XII yang akab melanjutkan ke perguruan tinggi agar mempersiapkan diri setelah menempuh Ujian Nasional.
  2. Bagi peserta didik TK/SD/SMP yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi agar mengikuti ketentuan yang telah ada dalam penerimaan peserta didik baru.
  3. Pelaksana perpisahan.
  4. Untuk menjalin dan mempererat tali srahturahmi antara perserta didik, sekolah dan orang rua perserta didik. pelaksanan perpisahan dengna memperhatikan azaz efisiensi agar bertempat di sekolah serta mengundang orang tua peserta didik.
  5. Tidak memberatkan peserta didik dalam hal biaya.
  6. Berkoordinasi dengan aparat terkait.

Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

KEPALA DINAS PENDIDIKAN

PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

Ttd.

 

Dr. H.TAUFIK YUDI MULYO MUYANTO, M Pd.
NIP 196 11109 1987031005

 

Contoh Surat Resmi Undangan Kemerdekaan

CONTOH SURAT RESMI

IJIN IKUT LOMBA TARIK SUARA

Madiun, 8 Mei 2017

Nomor    : A/043/RM/V/2017
Lampiran : 1 (satu) Halaman
Perihal     : Ijin Mengikuti Lomba Tarik Suara

Yth. Bapak/Ibu Orang tua/ Wali anak Rumah Musik
Di Madiun

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji hanya miliki Allah yang senantiasa memberikan kepada kita nikmat iman dan kesehatan sehingga kita dapat merasakan nikmatnya islam ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, beserta keluarganya, sahabatnya dan umatnya yang selalu mengikuti ajaran beliau.

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-72, insyaallah akan diadakan acara Tablik Akbar di lapangan desa dan secara langsung akan diadakan perlombaan Tarik Suara Tingkat SD dan SMP. Oleh karena itu sebagai pengurus rumah musik kami meminta ijin kepada orang tua/wali anak didik rumah musik untuk memberikan ijin untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Sekian surat permohonan ini kami sampaikan, kami sangat mengharapkan keikutsertaan putra/putri bapak/ibu/wali, atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Rumah Musik

 

Tati Aulia

Artikel Terkait: Contoh, Pengertian Dan Bagian-bagian Memo

Contoh Surat Resmi Tentang Undangan

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 PENGASIH

Jl. KRT. Kertodiningrat 41 Margosari pengasih Kulon Progo

Telp. 773123

Pengasih, 17 Maret 2019

Nomor  : 421/671/1
Perihal  : Undangan Wali Murid

Kepada :

Yth. Bapak/Ibu Orangtua/Wali murid kelas XII
SMA Negeri Pengasih
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Diberitahukan dengan hormat bahwa kegiatan pembelajaran semester gasal tahun ajaran 2018/2019 telah berakhir dengan adanya Ulangan Akhir Semester. Sehubungan dengan itu kami mengundang bapak/ibu orangutan/ Wali siswa kelas XII pada :

Hari / Tanggal     : Senin, 19 Maret 2019
Pukul                     : 09.00 WIB
Tempat                : Aula Serba Guna SMA Negeri 1 Pengasih
Acara                     : Pengambilan Raport siswa kelas XII dan sosialisasi UN

Mengingat betapa pentingnya acara pengambilan raport tersebut, kami mohon kehadiran bapak/ibu. Dengan undangan ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan teimakasih.

wasalamu’alaikum Wr. Wb

Kepala Sekolah

 

IKA LESTARI M.Pd.
NIP 1179619287312717

 

Contoh Surat Resmi Undangan Wali Murid

SMA NEGERI 1 JAKARTA

Jln. Mawar No. 56 Jakarta Pusat

No Telp. (021) 3847 9587 Email : sman1japut@yahoo.com

Jakarta, 30 Juni 2017

No           : 022/SMAN 1 Jakarta/6/2017
Lampiran : –
Perihal     : Undangan Acara Studi Lapangan

Yth. Orang tua/Wali Siswa
Kelas XII SMA 1 Jakarta
Di Jakarta

Hormat Kami

Sehubungan dengan rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa Kelas XII SMAN 1 Jakarta. Melalui surat ini kami dari pihak sekolah bermaksud untuk mengadakan studi lapangan bagi para siswa kelas XII baik kelas IPA maupun di luar sekolah.

Adapun acara yang kami adakan akan berlangsung pada :

Hari/Tanggal : Senin, 5 Agustus 2017
Waktu            : Pukul 08.00 WIB s/d Selesai
Tempat          : Jakarta Pusat
Keperluan      : Acara Studi Lapangan Siswa Kelas XII

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, semoga surat ini dapar digunakan sebagaiman mestinya. Atas pertahatian kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat saya

Kepala SMAN 1 Jakarta

 

Adi Muhammad
NIP : 354468592643

Contoh Surat Resmi Pemberitahuan

KEMENTRIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA

DAN REFORMASIBIROKRASI

REPUBLIK INDONESIA

jalan jenderal sudirmankav.69, Jakarta 12190, telopon (021) 7398382, 7396381, faximile (021) 7398323

Situs http:// wwwmenpan.go.id

Pemberitahuan

nomor : B/785/S.Pan.RB/2/2014

kepada Yth.

  1. Pejabat Pembina kepegawaian pusat
  2. Pejabat Pembina kepegawaian daerah

Di Tempat

Dengan dikeluarkannya surat ini diberitahukan bahwa pengumuan kelulusan peseta seleksi CPNS dan Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2013 yang semula tanggal 5 febuari 2014 dikarenakan ada kendala teknis. maka pengumuman kelulusan seleksi CPNS dari tenaga honorer kategori II ditunda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaiakn untuk menjadi perhatian dan maklum adanya.

Jakarta, 5 Febuari 2014

sekretaris kementrian PAN-RB,
Sekalu Sekeretaris Tim Pengarah

Ttd

 

Tasdik Kinanto

 

Contoh Surat Resmi Pemberitahuan

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

SATLAK PKK-IPM

Jl. Sangkuriang No. 2 Bandung Telp/Fax : 2534521 Bandung 40135

PENGUMUMAN PENGADAAN 

Nomor : 01/PAN PB/III/2008

Panitian pengadaan barang satlak PPK-IPM provinsi Jawa Barat akan melaksanakan kegiatan Operasional Satlak untuk pengadaan paket Pengadaan Sarana Kantor dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pengguna Barang          : Satlak PKK-IPM Provinsi Jawa Barat
  2. Nama Barang                 : Operasional Satlak
  3. Paket Pekerjaan             : Pengadaan Sarana Kantor
  4. Pagu Anggaran              : Rp. 96.300.000,00,-
  5. Persyaratan Pekerjaan   : Dapat dilihat Dokumen Pengadaan

Untuk penyedia barang yang berminat dapat mendaftar dan mengambil dokumen prakualifikasi pada tanggal 27 Maret s/d 2 April 2008 di Sekretariat Satlak PPK-IPM, Jalan Sangkuriang No. 2 Bandung.

Semoga surat pemberitahuan ini kami sampaikan, semoga digunakan sebagai mana mestinya. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 24 Maret 2008

KETUA PANITIA PENGADAAN

 

Drs, Oo Turyana, M,Si.
Nip. 480 094 873

Contoh Surat Resmi Permohonan

Surabaya, 15 Mei 2017

Hal           : Permohonan Peminjaman Uang
Lampiran : 1 (satu) berkas

Yth : Pjs. Dekan
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Surabaya

Hormat saya,

Sehubungan dengan akan dimulainya pelaksanaan kegiata PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diterima DIKTI tahun 2017, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Randy Purmana
NIM        : 83479754547937
Jurusan   : Teknik Informatika 2013

Sebagai ketua kelompok PKM yang berjudul : :Bill Gates dari Kampungku” sosialisasi pengetahuan informasi untuk menggali potensi anak-anak tingkat sekolah dasar di pelosok desa“.

Sehubungan dengan acara tersebut, saya mengajukan permohonan peminjaman uang sebesar Rp. 150.000.000,- ( Seratus Lima Puluh Juta Rupiah). Uang tersebut akan digunakan sabagai penunjang acara PKM dengan rincian yang tertulis. Uang tersebut akan diganti ketika uang DIKTI telah didistribusikan pada kelompok PKM penerima uang.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan semoga surat ini bisa menjadi maklum untuk pihak yang bersangkutan

Salam Hormat

Ketua Kelompok

 

Randy Purmana
NIM : 83479754547937

Artikel Terkait: Teks Prosedur Pengertian, Ciri-ciri dan Struktur Penulisan

Contoh Surat Resmi Perizinan Tempat

KARANG TARUNA RIAS MUDA JOGAHAN

Jogahan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo

Emma : 0878 3816 6xxx

Jogahan, 10 Agustus 2017

Nomor     : 29/IXI/2017
Lampiran : –
Perihal     : Permohonan Izin Tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka memeriahkan HUT Repubik Indonesia yang ke-72, kami selaku pengurus karang taruna Rias Muda Jugahan dan juga selaku panitia bermaksud untuk mengadakan acara pertandingan bulutangkis yang akan dilaksanakan pada :

  • Hari        : Sabtu s/d Minggu
  • Tanggal  : 14-15 Agustus 2017
  • Waktu     : Pukul 19.00 WIB s/d Selesai
  • ­Tempat   :Lapangan Bulutangkis Desa Bumirejo

Demi terlaksananya acara tersebut dengan sukses maka kami selaku pengurus karang taruna Rias Muda Jogahan serta panitia acara HUT RI meminta ijin untuk menggunakan lapangan bulutangkis Desa Bumirejo. Sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancara sesuai harapan dari segenap panitia acara.

Semoga surat ini dapat menjadi perhatian tersendiri, dan atas kerjasamanya saya selaku ketua panitia acara mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya
Ketua

 

Zulham Afrianto

 

Contoh Surat Resmi Osis

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SURABAYA

Sekertariat : Jalan Mawar No.4 Telp.(021) 235 789 Mulya Jaya Surabaya

Nomor     : A.007/ Pan-pel/AKB/II/2017
Lampiran  : —
Perihal      : Undangan

Yth. Bapak Kepala SMP 3 Surabaya
Di Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berhubungan dengan program kerja OSIS SMP 3 Surabaya periode 2017/2018. Kami akan mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Yang insyaallah akan dilaksanakan pada :

Hari        : Senin
Tanggal  : 21 Maret 2017
Waktu     : 08.00 s/d Selesai
Tempat   : Aula SMP 3 Surabaya

Dikarenakan pentingnya acara ini, maka dengan ini kami mohon agara bapak kepala SMP 3 Surabaya berkenan untuk menghadiri program kerja yang telah kami buat tersebut.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Mengetahui
Pembina Osis

 

Ahmad Raihan

 

Contoh Surat Resmi Pengadaan Lomba

SMA PGRI BEKASI

Jl. Cirebon Raya, Duren Jaya

Telp. (012) 8800954

Website : www.smapgri1bekasi.sch.id

Bekasi, April 2013

Nomor      : 200/005/1192
Lampiran  : –
Perihal      :Permohonan Ijin

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian Perpustakaan
Di Bekasi

Dengan Hormat

Kami selaku pengurus OSIS SMA PGRI 1 Bekasi memberitahukan dalam rangka memperingati hari kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2013. Maka selaku pengurus OSIS kami akan mengadakan Lomba Membuat Cerpen Antar Kelas. Kegitan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari dan Tanggal : Rabu, 23 Mei 2013
Tempat                : Perpustakaan SMA PGRI 1 Bekasi
Waktu                  : Pukul 09.00 s/d Selesai

Dengan demikian kami memohon ijin kepada bapak/ibu kepala bagian perpustakaan untuk mengizinkan kami untuk mengadakan acara tersebut. Sekian surat permohonan ini kami sampaikan, atas kerjasama dan perhatiaannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami

 

Pengurus Osis