Teks Prosedur Pengertian, Ciri-ciri dan Struktur Penulisan

Contoh Teks Prosedur – Hai teman-teman bagaimana kabarnya? Semoga tetap selalu dalam keadaaan sehat yah. Karena kita telah selesai mempelajari tentang materi paragraf pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Mulai dari paragraf, DeskripsiArgumentasiNarasi dan Paragraf Eksposisi.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang contoh teks prosedur. Tetapi pembahasan artikel saya kali ini akan lebih condong pada contoh teks prosedur. Dengan harapan setelah melihat beberapa contoh yang saya tuliskan kalian dapat membuat teks prosedur sendiri.

Untuk kalian yang belum mengerti materi ini sama sekali, jangan merasa sedih. Karena selain menuliskan tentang contoh teks prosedur, saya juga akan sedikit membahas tentang teks prosedur. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, tujuan pembuatannya pokoknya lengkap deh.

Untuk lebih jelasnya, mari kira simak beberapa penjelasan tentang materi teks prosedur. Saya harap kalian membaca artikel ini hingga selesai, supaya kalian bisa memahamai materi ini dengan sempurna. Berikut beberapa penjelasan dan contoh teks prosedur.

Selamat Membaca!!

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur Pengertian, Ciri-ciri dan Struktur Penulisan
Teks prosedur kompleks merupakan sebuah karya tulis yang dibuat dengan menggunakan pola tahapan atau langkah. Atau sebuah tulisan yang menjelaskan tentang langkah membuat, menyususn, melakuakan mengoperasikan sesuatu. Yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Selain untuk mempermudah pekerjaan manusia, teks prosedur juga memiliki tujuan yang lainnya. Salah satunya, agar dalam mengerjakan sebuah pekerjaan manusia melakukannya dengan metode yang telah ditentukan. Atau bahasa mudahnya agar tidak mengerjakan sebuah pekerjaan dengan asal-asalan.

Dengan alasan tersebut, teks prosedur  adalah salah satu karya tulis yang sangat dibutuhkan manusia. Karena dengan mengikuti langkah-langkah suatu pekerjaan diharapkan bisa mencapai hasil yang diharapkan.

Tujuan Teks Prosedur

urgent
Sebuah pekerjaan dilakukan melaikan memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai, entah tujuan untuk dirinya sendir atau untuk orang lain. Begitu juga dengan teks prosedur, karya tulis ini dibuat juga dengan tujuan tertentu. Untuk kaya tulis ini tidak banyak memiliki tujuan, hanya beberapa saja.

Antaranya untuk memberikan petunjuk atau arahan tentang sebuah pekerjaan yang dituliskan dalam sebuah bidang. Tentunya cara yang disampaikan adalah sebuah cara yang mengikuti prosedur. Agar orang lain dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan benar.

Struktur Teks Prosedur

Bagian-Bagian Surat Resmi
Sama seperti karya tulis lainnya, dalam penulisan teks prosedur pengarang juga harus memenuhi sturktur karya tulis ini. Untuk lebih jelasnya simaklah beberap struktur teks prosedur yang perlu kalian perhatikan.

  • Bagian pertama yaitu tujuan pembuatan atau bisa juga dikatakan sebagai pendahuluan.
  • Bahan atau materi yang akan diangkat menjadi topik permasalahan.
  • Langkah-langkah atau steps (untuk bagian ini penulis haru menjelaskan secara detail tentang langkah-langkah melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan prosedur).


Jenis-jenis Teks Prosedur

Jenis-jenis Teks Prosedur
Teks prosedur dibedakan menjadi dua macam, dan perbedaan dalam karya tulis ini lebih condong pada tujuan teks prosedur sendiri. Dan berawal dari perbedaan dalam tujuannya inilah yang akan menentukan struktur dalam teks prosedur.

Teks prosedur setidaknya dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Teks prosedur yang membutuhkan bahan atau material untuk melakukan sebuah pekerjaan. Biasanya teks ini digunakan untuk membuat sesuatu, atau melakukan pekerjaan tertentu. Seperti halnya memasak, menanam pohon, mencangkok tanaman dan lain sebagainya.
  • Teks prosedur yang tidak membutuhkan material atau bahan dalam melakukan sebuah pekerjaannya. Untuk teks seperti ini pekerjaan yang dilakukan benar-benar murni tanpa membutuhkan material atau bahan. Teks seperti ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan sesuatu atau untuk membuat yang berhubungan dengan internet, seperti facebook, email, twiter dan lain sebagainya.

Artikel Terkait: Contoh Karya Ilmiah Beserta Penjelasan dan Macamnya

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur
Dalam sebuah teks prosedur, seorang penulis setidaknya harus memenuhi unsur kebahasaan dalam penulisan teks prosedur. Untuk lebih jelasnya, bagaiman unsur kebahasaan yang harus dipenuhi seorang pengarang dalam menulis teks prosedur. Simaklah baik-baik 7 unsur kebahasaan teks prosedur sebagai berikut.

  • Untuk teks prosedur yang menggunakan bahasa inggris penulis harus menggunakan waktu kekinian (simple present tense).
  • Isi teks prosedur berupa arahan dalam melakukan pekerjaan, sehingga harus mengandung kalimat perintah.
  • Dalam penulisan teks prosedur harus jelas, singkatdan informatif.
  • Mengandung kalimat aktif dan pasif.
  • Dalam kalimat perintah, penulis juga harus menggunakan satuan berat, panjang, waktu dan lain sebagainya, agar pembaca lebih faham.
  • Dalam menuliskan satuan pada kaliamt perintah, penulis harus menggunakan perhitungan pasti. Misalnya tambahkan 2 sendok teh garam dan lain semisalnya.
  • Selain mengandung kalimat perintah, teks prosedur juga harus menyertakan kalimat keterangan atas perintah tersebut.


Contoh Teks Prosedur Sederhana

Setelah kita belajar tentang beberapa materi tentang teks prosedur, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan sturktur teks prosedur. Kita akan lanjutkan materi pada artikel kali ini dengan membahas beberapa contoh teks prosedur. Langsung saja, beberapa contoh teks prosedur sebagai berikut.

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog
Pada akhir-akhir ini banyak orang yang mulai mamasuki dunia blogger, apalagi semenjak internet banyak dikenal masyarakat. Salah satu sebabnya karena, media ini memiliki berbagai manfaat, entah manfaat bagi dirinya sendiri atau untuk orang lain. Salah satu manfaat bolgsport adalah sebagai sarana mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya apabila blog yang seseorang kelola memiliki banyak pengunjung, bukan tidak mungkin dia mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Karena memiliki berbagai manfaat, tidak sedikit orang yang ingin menjelajah dunia blog. Untuk kalian yang belum mengatahui cara membuat blog, berikut cara atau langkah-langkah membuat blog.

  1. Langkah pertama bukalah aplikasi browser di dalam laptop atau Komputer anda.
  2. Untuk kalian yang belum mempunyai email, kalian harus memiliki email terlebih dahulu. untuk blogsport sendiri biasanya memakai gmail.
  3. Setelah masuk pada halaman utama google ketikkan “Blogsport.com” pada kolom pencarian.
  4. Setelah beerhasil masuk daftarkan email yang telah anda buat sebelumnya.
  5. Setelah berhasil masuk, maka anda akan segera sampai pada lembar kerja blog. Dengan begitu anda dapat mengisikan judul dan alamat untuk blog anda. selain itu anda juga bisa merubah tampilah blog anda, yang telah disediakan oleh pihat blogger.


Cara Mematikan Komputer

Cara Mematikan Komputer
Komputer adalah salah satu benda yang memilik berbagai manfaat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama untuk seorang pegawai yang bekerja disebuah perusahaan atau sebuah kantor. Dalam pekerjaan mereka, dapat dipastikan mereka tidak akan terlepas dari benda yang satu ini.

Tetapi salah satu kendala yang banyak dialami oleh para pegawai adalah komputer yang lelet. Ketika komputer yang mereka gunakan semakin berkurang kecepatannya, dapat dipastikan kualitas pekerjaan mereka akan menurun pula. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan komputer lelet adalah saat mematikan komputer langsung di pencet tombol power.

Memang cara tersebut terlihat mudah, karena cara ini hanya memerlukan satu langkah saja yaitu pencet tombol power. Tetapi cara ini tidak baik untuk Komputer atau laptop anda, bahkan bisa menyebabkan laptop anda rusak. Jadi untuk menjaga keawetan komputer anda lakukan langkah-langkah berikut, saat mematikan computer.

  1. Langkah pertama adalah klik start.
  2. Kemudian klik tombol yang  berada pada pojok kanan bawaj yang bertuliskan “Shut Down” klik tombol tersebut.
  3. Setelah kalian mengklik tombol tersebut kalian akan keluar dengan sendirinya. Dan hal itu menandakan langkah yang kalian lakukan berhasil.
  4. Tunggulah beberapa saat karena komputer anda sedang dalam proses mematikan.
  5. Apabila kipas yang ada di CPU tidak lagi berputar itu tandanya computer anda benar-benar sudah dalam keadaan mati.


Cara Menginstal Windows Pada Komputer

Cara Menginstal Windows Pada Komputer
Operating sistem adalah hal penting yang harus ada dalam setiap komputer, agar komputer tersebut dapat dioperasikan. Salah satu Operating sistem yang terkenal dan digunakan oleh mayoritas masyarakat dunia adalah wondows. Karena Operating sistem yang satu ini mudah untuk digunakan oleh masyarakat awan.

Selain mudah untuk dioperasikan, Operating sistem wondows juga mudah dalam proses penginstalannya. Karena pentingnya Operating sistem dalam sabuah komputer , saya akan berbagi sedikit trik untuk mengisntal windows. Simaklah langkah-langkah dari saya tentang menginstal windows.

  1. Pertama siapkan sebuah kaset atau flasdisk untuk mengintasl windows.
  2. Selanjutnya, restart computer anda, saat booting pencet tombol F2 atau F3, agar masuk dalam pengaturan Komputer (Bios).
  3. Setelah itu ubahlah deteksi computer dari hardisk kepada flashdisk atau kaset yang telah diisi sebuah Operating sistem.
  4. Setelah itu pencet tombol F10 untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  5. Setelah itu anda akan masuk pada tampilan windows, untuk langkah ini anda hanya perlu meng-klik tombol next.
  6. Setelah itu anda akan dihadapkan dengan beberapa folder, tapi jangan panik. Folder tersebut adalah folder-folder dalam computer anda, maka pilihlah “Local Disk C” kemudia hapuslah.
  7. Setelah anda berhasil menghapus folder tersebut maka akan muncul satu folder yang tidak ada sebelumnya. Klik folder tersebut dan pilih new dan pilih oke.
  8. Jika anda telah melewati langkah ini berarti anda telah membuat satu folder baru. Yang nantinya akan digunakan menjadi tempat Operating sistem tersebut. Klik di folder tersebut dan klik next pada bagian bawah.
  9. Setelah langkan ini anda tinggal meng-klik tombol next atau lanjut saja.
  10. Setelah itu tunggulah hingga proses penginstalan benar-benar selesai. Dan windows siap digunakan.


Cara Menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Al-Quran
Al-Quran adalah pedoman utama umat islam, karena kitab ini memiliki begitu banyak keajaiban yang tidak dimiliki oleh kitab lainnya. Selain itu Al-Quran adalah kitab yang benar, dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Tidak banyak yang meneliti tentang kebenaran isi Al-Quran yang telah turun sejak 15 abad yang lalu.

Dari penelitian yang mereka lakukan mereka menemukan berbagai keajaiban yang terkandung dalam isi Al-Quran. Selain itu nabi Muhammad juga mengabarkan kepada seluruh umatnya apabila mereka mampu menghafal alquran. Maka di hari kiamat kelak mereka akan mendapat kemuliaan dihadapan allah.

Karena kabar yang diberikan rasululllah kepada umatnya, membuat kebanyakan umat muslim tergerak untuk menghafal Al-Quran. Mereka melakukan hal itu semata-mata untuk mencari kemuliaan dan keridhoaan dari Allah. Jika anda ingin menghafal Al-Quran anda bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah luruskan niat anda untuk mengharap ridho Allah. Agar dalam proses menghafal Al-Quran kalian mendapatkan kemudahan.
  2. Usahakan kalian menghafal Al-Quran dalam keadaan suci
  3. Setelah itu bacalah ayat yang ingin kalian hafal hingga lancar, kira-kira selama 15 menit.
  4. Apabila sudah lancar mulailah untuk menghafalkan ayat tersebut perlahan-lahan
  5. Apabila kalian menghafalnya dengan serius insyaallah hanya dalam 1 jam kalian akan hafal 1 muka.
  6. Dan lakukan hal itu terus menerus hingga kalian hafal al-quran secara utuh.


Cara Membuat Sop Buah

Cara Membuat Sop Buah
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sop buntut

  • Berbagai macam buah-buahan seperti (apel, papaya, alpukat, rambutan dan lain sebagainya sesuai dengan selera masing-masing).
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Es batu serut
  • Kelapa muda
  • Selasih
  • Air bersih
  • Rempah-rempah

Cara Membuat Sop Buah

  1. Potong buah-buahan yang telah anda pilih dengan bentuk menyerupai dadu, atau kotak-kotak.
  2. Haluskan salah satu jenis buah yang anda sukai, bisa ditumbuk atau diblender.
  3. Setelah itu siapkan sebuah wadah yang besar, sekiranya cukup untuk menampung buah yang telah kita haluskan tadi.
  4. Masukkan buah yang telah kita potong-potong kedalam wadah bersama buah yang telah kita haluskan tadi.
  5. Tambahkan susu manis dan kelapa muda kedalam wadah yang tadi.
  6. Kemudian tambahkan sedikit air
  7. Terakhir tambahkan selasih dan es serut yang telah kita siapkan sebelumnya.
  8. Dan sop buah telah siap disajikan.


Cara Memasak Nasi

Cara Memasak Nasi
Bahanyang Dibutuhkan Untuk Memasak Nasi

  • Siapkan beras sesuai kebutuhan.
  • Sebuah panci atau dandang yang berukuran besar.
  • Air bersih dan daun salam.

Cara Memasak Nasi

  1. langkah pertama adalah mencuci beras hingga bersih.
  2. Masukkan beras kedalam panci yang berisi air.
  3. Nyalakan kompor dan aduklah beras tersebut hingga air yang ada menyusut.
  4. Panaskan dandang yang telah anda isi air untuk menanak nasi.
  5. Masukkan beras yang telah anda rebus kedalam dandang yang telah anda siapkan.
  6. Tutuplah dandang tersebut agar nasi cepat matang.
  7. Kemudian tunggulah sekitar 30 menit hingga nasi benar-benar matang.

Artikel Terkait: Pengertian dan Jenis-jenis Karya Tulis

Cara Membuat Mie Instan

Cara Membuat Mie Instan

  1. Siapkan mie instan yang ingin anda rebus.
  2. Siapkan air sekitar 500 ML
  3. Panaskan air yang telah anda siapkan tadi kira-kira selama 3 menit.
  4. Sambil menunggu air panas raciklah bumbu dalam sebuah wadah atau piring.
  5. Setelah air mendidih masukkan mie kedalam air tersebut.
  6. Dan tunggulan beberapa menit hingga mir tersebut benar-benar matang.
  7. Setelah matang tiriskan mie tersebut dan campurkan mie tersebut ke dalam bumbu yang telah anda sipakan tadi.
  8. Dan mie instan telah siap disajikan.


Cara Membuat Ayam Kecap

Cara Membuat Ayam Kecap
Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Kecap

  • Langkah pertama adalah siapkan daging ayam secukupnya kira-kira 1 kilogram.
  • 1 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah.
  • Merica bubuk secukupnya
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air bersih
  • Bumbu untuk penyedap rasa.
  • Seledri dan dau bawang
  • Bawang Bombay secukupnya
  • Yang terakhir margarin

Cara Membuat Ayam Kecap

  1. Pertama cuci ayam yang telah anda siapkan, dan pastikan ayam tersebut benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih cuci ayam tersebut hingga daging ayam menjadi empuk.
  3. Goreng daging ayam tersebut hingga berwarna kecoklatan, dan mengeluarkan bau sedap.
  4. Kemudian cincang bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga halus.
  5. Kemudian tumis bawang yang telas anda cincang, tunggula beberap menit hingga mengeluarkan bau yang sedap.
  6. Masukkan ayam kedalam wajah yang berisi bumbu yang telah ditumis tersebut.
  7. Tambahkan  sedikit air, garam dan penyedap rasa kedalam ayam tersebut.
  8. Terakhir masukkan kecap dan daun bawang yang telah dipotong sebelumnya.
  9. Dan ayam kecap telah siap disajikan.