15+ Contoh Teks Ulasan Novel, Cerpen, Buku dan Film Dengan Strukturnya

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan Terbaik dan Terbaru 2020 – Teks ulasan biasa disebut juga dengan resensi. Lalu apa itu teks ulasan? Teks ulasan yaitu suatu teks yang berisi sebuah penilaian terhadap suatu karya. Penilaian yang dimaksud disini harus disampaikan secara kritis dan tidak boleh ada maksud lain atau menjelek-jelekkan di dalam teks ulasan yang dibuat.

Hal itu bertujuan agar bisa membangun karya-karya menjadi lebih berkembang. Teks ulasan mempunyai beberapa tujuan. Pertama, memberitahu pembaca mengenai kekurangan dan kelebihan suatu karya. Kedua, tujuan teks ulasan yaitu untuk menyampaikan sudut pandang individu terhadap suatu karya.

Tujuan terakhir dari teks ulasan yaitu agar bisa membantu pembaca untuk mempertimbangkan suatu karya yang akan dilihat dan bisa memberikan suatu informasi kepada publik. Nah, dalam artikel ini akan disediakan beberapa contoh teks ulasan sekaligus dengan strukturnya.

Berikut ini adalah contoh teks ulasan yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks ulasan novel, contoh teks ulasan film, contoh teks ulasan cerpen, contoh teks ulasan buku, contoh teks ulasan lagu, contoh teks ulasan drama, contoh teks ulasan beserta strukturnya, contoh teks ulasan ilmu pengetahuan, contoh teks ulasan identitas karya, contoh teks ulasan puisi, dll.

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi ulasan terhadap karya seseorang. Dalam membuat sebuah ulasan, seseorang harus bersikap kritis agar berkontribusi dalam kemajuan karya tersebut di lain waktu. Tujuan dari adanya teks ulasan adalah untuk menunjukkan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal.

Seperti kebanyakan teks pada umumnya, teks ulasan tentunya memiliki ciri-ciri. Ciri-cirinya adalah memiliki struktur yang jelas, yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Teks ulasan juga memuat informasi berdasarkan pandangan penulis terhadap karya tersebut.

Opini yang ditulis tersebut berdasarkan fakta yang diinterpretasikan. Istilah lain dari ulasan adalah resensi. Banyak yang belum memahami teks ulasan sebelum melihat secara langsung contoh teks ulasan dari jenis.

STRUKTUR TEKS ULASAN

Seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat 4 hal yang membangun teks ulasan. Sehingga teks ulasan tersebut nantinya menjadi utuh dan bisa dibaca dengan nyaman oleh para pembaca. Berikut di bawah ini merupakan struktur dari teks ulasan atau yang juga bisa disebut dengan review:

1. Orientasi
Pada bagian ini pembahasan mengenai gambaran umum suatu karya yang akan diulas.

2. Tafsiran
Berisi pembahasan yang spesifik mengenai suatu karya yang diulas misalnya mengenai kelebihan dan salah satu bagian karya tersebut.

3. Evaluasi
Pada bagian evaluasi penulis mengungkapkan pandangannya mengenai bahasan yang ada di karya tersebut. Penulis akan membahas bagian mana yang dinilai kurang.

4. Rangkuman
Pada bagian rangkuman berisi tentang kesimpulan. Penulis akan memberikan kritik dan saran. Penulis juga akan memberikan pendapatnya mengenai karya tersebut layak atau tidak untuk dibaca, didengar, atau dilihat.

 

Jenis Teks Ulasan

Ulasan sendiri memiliki beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan gaya penceritaannya. Beberapa jenis teks ulasan tersebut adalah:

1. Teks Ulasan Informatif
Teks resensi seperti ini biasanya hanya memberi gambaran umum sebuah karya. Peresensi biasanya hanya memperkenalkan karya dengan bahasa yang lugas, singkat, dan padat. Orientasi penulisan juga difokuskan kepada kelebihan dan kekurangan karya yang diresensi, tanpaa memaparkan semua isi karya secara lengkap.

2. Teks Ulasan Deskriptif
Seperti namanya, teks resensi jenis ini biasanya lebih memokuskan resensi pada setiap bagian karya yang diulas. Biasanya, teks resensi deskriptif ini digunakan untuk meresensi jenis karya fiksi yang memang memerlukan gambaran jelas agar isi resensi sampai kepada pembaca.

Dalam resensi deskriptif, peresensi biasanya mengulas dengan lebih detail dan lengkap, mulai dari manfaat sampai ke argumentatif yang menyakinkan dalam sebuah karya yang diresensi.

3. Teks Ulasan Kritis
Teks ulasan ini biasanya lebih detail daripada teks ulasan deskriptif. Seperti namanya, teks ulasan kritis memang sebuah resensi yang mengritisi sebuah karya dengan memakai pendekatan tertentu.

Teks ulasan yang satu ini harus memberikan pandangan objektif dari suatu karya. Jadi, peresensi tidak boleh menuliskan pendapat pribadinya ke dalam sebuah teks ulasan kritis. Teks ulasan ini biasanya bersifat netral dan bisa dijadikan pegangan terhadap sebuah karya tertentu.

Manfaat Teks Ulasan

Manfaat teks ulasan sendiri dapat dirasakan oleh 3 kalangan yang berbeda: manfaat bagi pembaca, manfaat bagi penulis resensi, dan manfaat bagi pemilik karya.

Manfaat Bagi Pembaca
Berikut beberapa manfaat teks resensi bagi pembaca:

  • Menerima informasi mengenai kualitas dan kelayakan sebuah karya
  • Pembaca dapat menerima gambaran objektif dari kekurangan dan kelebihan karya yang ditulis oleh resensor
  • Dari informasi dan gambaran objektif yang diterima, pembaca dapat mempertimbangkan untuk membeli/menonton karya tersebut atau tidak
  • Pembaca dapat memperoleh ilmu sekaligus masukan dari sebuah resensi karya

Manfaat Bagi Penulis
Berikut beberapa manfaat teks resensi untuk penulis:

  • Penulis dapat melatih sikap objektif, kritis, dan intelektualnya ketika melakukan resensi terhadap sebuah karya
  • Penulis dapat mengasah kejeliannya dalam memandang kelebihan dan kekurangan karya
  • Teks resensi yang baik biasanya adalah teks yang mampu menarik pembaca. Jadi, seorang resensor juga bisa melatih kepekaan sosial dengan mencari tahu gaya resensi seperti apa yang disukai oleh pembaca. Akan lebih baik lagi, jika pembaca pada akhirnya mendiskusikan karya yang diresensi

Manfaat Bagi Pemilik Karya
Beberapa manfaat teks resensi bagi pemilik karya adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan karya. Hal ini bisa menjadi jalan perbaikan untuk karya si penulis ke depannya.
  • Resensi dapat menjadi media promosi bagi si pemilik karya.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan sendiri sebenarnya dibuat demi memenuhi tujuan-tujuan tertentu. Beberapa tujuan teks ulasan adalah:

  • Memberikan pandangan kasar atau garis besar sebuah karya kepada khalayak
  • Memberikan opini atau pertimbangan kepada pembaca tentang baik-buruknya sebuah karya dan apakah karya tersebut layak beli atau tidak
  • Untuk memberi arahan kepada pembaca supaya mereka memiliki opini pribadi terhadap sebuah karya yang sedang diulas.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Ada beberapa kaidah kebahasaan yang biasa dipakai dalam pembuatan teks ulasan. Kaidah kebahasaan tersebut adalah :

Istilah
Istilah dapat diartikan sebagai sebuah kata atau gabungan beberapa kata yang mengungkapkan makna sebuah konsep, sifat, keadaan, atau proses yang memiliki ciri khas dalam bidang tertentu. Dalam teks ulasan, biasa dipakai istilah tertentu yang hanya dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang tersebut.

Biasanya, istilah masuk ke dalam kata khusus dari sebua topik umum. Misalnya, dengan kata bunga maka ada istilah mawar yang merujuk pada bunga berkelopak indah dan berduri.

Sinonim dan Antonim
Kaidah kebahasaan teks ulasan tidak bisa lepas dari sinonim dan antonim. Sinonim adalah persamaan kata dan antonim adalah lawan kata.

Contoh sinonim adalah obrolan : dialog, inti : pusat, paragraf : alinea dan lain-lain.
Contoh antonim adalah kanan : kiri, atas : bawah, benci : cinta, dan lain-lain.

Nomina atau Kata Benda
Penggunaan nomina atau kata benda juga tidak bisa dilepaskan dari sebuah teks ulasan. Nomina sendiri adalah kelas kata yang biasanya menyatakan sebuah objek, baik nama tempat, nama orang, atau nama benda yang sedang dibahas.

Nomina sendiri dibedakan menjadi nomina konkret dan nomina abstrak. Nomina konkret adalah kata benda yang memiliki wujud dan bisa disentuh, misalnya buku, cermin, dan lain sebagainya. Sedangkan nomina abstrak berarti kata benda yang tidak memiliki wujud yang nyata, seperti angin, udara, pikiran, perasaan, cinta, dan lain sebagainya.

Verba atau Kata Kerja
Penggunaan verba juga tidak bisa dipisahkan dari sebuah teks ulasan. Penggunaan verba dibedakan menjadi dua, yakni verba aktif dan pasif.

Sebuah verba disebut aktif apabila subjek kalimat berperan sebagai pelaku dan melakukan sebuah tindakan. Sebaliknya, sebuah verba disebut pasif apabila subjek dijadikan sebuah sasaran dalam sebuah kalimat.

Pronomina atau Kata Ganti
Pronomina biasanya digunakan untuk menggantikan nomina ataupun subjek. Misalnya kata ganti orang yang bisa berupa bapak, ibu, saudara, mbak, kakak, dan lain sebagainya. Kata ganti pemili berupa –nya, -ku, -mu.

Konjungsi
Konjungsi adalah kata penghubung yang dapat menghubungkan dua kalimat atau paragraf. Beberapa konjungsi yang ada adalah:

Dan, atau, tetapi, jika, agar, meskipun, alih-alih, karena, sebab, dan lain sebagainya.

Preposisi dan Partikel
Preposisi dan partikel adalah kaidah kebahasaan yang selalu dipakai dalam berbagai jenis teks. Contoh preposisi adalah di, ke, dari, pada, daripada, dan lain sebagainya. Biasanya preposisi berfungsi sebagai pembentuk frasa.

Partikel sendiri biasanya memiliki fungsi untuk membatasi jumlah nomina dengan contohnya adalah si dan sang.

Menggunakan Perbandingan
Meskipun tidak selalu ada, perbandingan biasanya dipakai sebagai bahan perbandingan dalam membuat sebuah teks ulasan. Ungkapan perbandingan adalah daripada, sebagaimana, demikian, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Teks Ulasan
Ada beberapa langkah dalam membuat resensi. Berikut beberapa caranya:

  • Memilih karya yang akan diresensi
  • Membaca atau menonton karya yang ingin sebelum diresensi
  • Mengidentifikasi identitas karya, jangan lupa untuk menyertakan sinopsis karya
  • Menganalisis unsur ektrinsik yang ada di dalam karya tersebut.
  • Menganalisis kekurangan dan kelebihan karya
  • Berikan opini atau pandangan pribadi terhadap karya yang diulas
  • Sebagai penutup, berikan evaluasi berupa kritik, saran, dan kesimpulan.

 

CONTOH TEKS ULASAN NOVEL

Contoh Teks Ulasan Novel

Menemuimu Dalam Do’a adalah novel karya Hamida Surya. Tokoh utama di dalam novel ini bernama Indah. Diceritakan dalam novel, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya. Setiap hari ia masih selalu terbayang kenangan manis bersama sang mantan kekasih. Berbagai cara ia lakukan. Mulai dari mengisi hari-harinya dengan kesibukan hingga membuka hati untuk lelaki lain. Namun, semua sama saja.

Indah merupakan seorang gadis berumur 19 tahun. Ia hidup di keluarga yang tercukupi. Ia menjalani hidup layaknya gadis belia pada umumnya. Namun, semuanya berubah saat ia bertemu dengan Galih. Pertemuan itu terjadi di dunia maya. Perkenalan yang tak sengaja itu ternyata membuka kisah baru dalam hidupnya. Terlebih lagi, ternyata Galih adalah sepupu sahabat Indah.

Pendekatan yang dijalin mengantarkan mereka ke hubungan yang dinamakan pacaran. Namun, dewi fortuna nyatanya tak berpihak kepada mereka. Hubungan itu harus kandas setelah setahun terjalin. Dengan putusnya hubungan itu, mereka saling menjauh. Menjalani kehidupan masing-masing seperti sebelum saling mengenal.

Indah sibuk dengan akademiknya. Begitu pun Galih. Hingga pada akhirnya, mereka menjalin hubungan baru dengan orang lain tentunya. Mereka semakin jauh. Tetapi cinta lama itu tetap tersimpan rapi dalam hati dan memori. Empat tahun berlalu, mereka saling bersapa lagi. Sapaan itu tetap terjadi di dunia maya. Seperti pertemuan mereka yang pertama kali.

Hingga pada akhirnya, hubungan itu kembali terjalin. Dua tahun lamanya. Sampai akhirnya Indah memutuskan pergi karena Galih tak lagi mau mendengar apa yang baik untuknya. Kepergian Indah bukan karena tak ada lagi cinta dalam jiwanya, namun ia harus melindungi dirinya sendiri. Sampai saat ini, cinta Indah tetap ada. Dan ia menemui Galih, sang mantan, di dalam doa.

Novel “Menemuimu Dalam Do’a” merupakan novel yang sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasa yang disajikan ringan dan mudah dimengerti. Setiap manusia yang pernah merasakan jatuh cinta akan jatuh ke cerita dalam novel ini. Gonjang-ganjing hati tentang dua pilihan yaitu melupakan atau terus mendoakan. Hingga akhirnya memilih apa yang direncakan Tuhan.

Novel dengan tema romantis ini memberatkan bahasan pada konflik yang terjadi di dalam pikiran dan hati. Alur tak sejalan antara otak dah hati memang kerap terjadi. Novel ini menampilkan kejadian-kejadian yang nampak nyata dalam keseharian remaja. Namun, cover (tampilan depan) novel dinilai kurang berwarna. Tampilan depan terkesan mati tak sesuai dengan isi bahasan.

CONTOH TEKS ULASAN FILM

Contoh Teks Ulasan Film

Informasi Umum
Judul : Dilan 1990
Sutradara : Fajar Bustomi
Produser : Ody Mulya Hidayat
Penulis : Pidi Baiq
Distributor : Falcon Pictures
Rilis : Januari 2018
Durasi : 110 menit
Bahasa : Indonesia

Pemain
1. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
2. Vanesha Prescilla
3. Yoriko Angeline
4. Brandon Salim
5. Zulfa Maharani
6. Debo Andryos Aryanto
7. Gusti Rahyan

Dilan 1990 merupakan film yang diambil dari buku karangan Pidi Baiq. Film ini disutradarai Fajar Bustomi dan sukses meraih penonton lebih dari enam juta. Film Dilan 1990 ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia pada akhir Januari 2018. Sesuai apa yang dikata oleh sang penulis, film ini adalah kisah nyata remaja usia SMA.

Milea merupakan anak pindahan dari Jakarta yang kemudian bersekolah di sekolah yang sama dengan Dilan. Sedangkan Dilan adalah anak seorang tentara yang aktif di geng motor. Pertemuan pertama mereka terjadi saat Milea berjalan menuju ke sekolah. Kala itu, Dilan menyapa dengan kata-kata ajaib. Dilan berkata bahwa ia dan Milea akan bertemu di kantin siang nanti.

Pendekatan demi pendekatan terus dilakukan Dilan. Namun, ternyata teman sekelas Milea yaitu Nandan menyukai Milea. Mengetahui hal itu, Dilan perlahan menjauhi Milea. Sepengetahuan Dilan, mereka berdua resmi berpacaran padahal nyatanya tidak. Hingga pada akhirnya, Milea berkata melalui sahabat Dilan yaitu Piyan bahwa ia dan Nandan tak menjalin hubungan.

Dilan kembali mendekati Milea. Hari-hari indah mereka lalui bersama. Entah itu di sekolah, sepulang sekolah, hingga di rumah. Akhirnya, Dilan dan Milea resmi berpacaran. Cara Dilan mengungkapkan perasaan pun cukup unik. Ia menggunakan sebuah materai dan buku. Di dalamnya tertulis kata-kata tentang dirinya dan Milea yang resmi berpacaran dan juga tanggalnya.

Film Dilan adalah film yang sangat identik dengan kehidupan remaja. Pacaran, tawuran, hingga konflik sesama teman. Film ini sukses membuat “baper” penonton, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki yang diidam-idamkan. Latar film juga sangat sesuai dengan judulnya yaitu tahun 1990. Properti yang dikenakan pun tak melenceng dari tahun 90-an.

Sayangnya, film Dilan 1990 bukan suatu film secara keseluruhan. Sesuai dengan novelnya, film ini merupakan film bagian pertama yang akan ada lanjutannya. Sehingga, akhir dari film dinilai “nanggung”, namun membuat penasaran. Tak hanya kalangan remaja, seseorang yang telah dewasa pun bila menontonnya akan teringat kenangan masa muda tepatnya tahun 1990.-an.

Baca : Teks Laporan Hasil Observasi

CONTOH TEKS ULASAN BUKU

Contoh Teks Ulasan Buku

1. Identitas Buku
a. Judul Buku :Cinta Brontosaurus
b. Pengarang : Raditya Dika
c. Genre : Komedi, Percintaan
d. Penerbit : Gagas Media
e. Tahun Terbit : 2006
f. Tebal Buku : 160 Halaman.

2. Sinopsis Buku
Dika adalah seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan Nina, pacarnya. Semenjak putus cinta, dia percaya bahwa cinta bisa kadaluarsa. Kosasih, agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cinta kembali. Seperti Kosasih yakin dengan istrinya Wanda. Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd yang berdatangan.

Namun, cinta datang tanpa persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica, seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Semakin Dika kenal dengan Jessica, semakin dia bertanya: apa benar cinta bisa kadaluarsa? Di sisi yang lain, Mr. Soe Lim menawarkan untuk memfilmkan buku Dika yang berjudul Cinta Brontosaurus.

Tertarik, Dika berusaha untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika. Naskah diubah menjadi film horror yang sedang laku. Buku ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta, yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya sendiri.

3. Penilaian
1. Tampilan : Tampilan cover buku sangat menarik. Tampilan di dalam nya juga jangan mendukung buku ini sehingga terlihat lebih ceria.
2. Isi : Isi buku ini sangat bagus mulai dari komedi, kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh. Kisah ini sangat sesuai dengan kehidupan remaja masa kini yang pastinya menarik untuk di tonton.
3. Bahasa : Bahasa dibuku ini kebanyakan menggunakan bahasa gaul seperti, loe, gue, dsb. Bahkan mungkin bahasa yang digunakan tidak mencakup Bahasa Indonesia yang baik. Namun, itu semua sudah sesuai dengan tema dan isi buku yaitu tentang kehidupan remaja.

• Kelebihan
a. Buku ini menggunakan tema yang memiliki banyak peminat.
b. Banyak menampilkan kelucuan yang mengundang tawa.

• Kekurangan
a. Akhir cerita sangat mengambang dan membuat penasaran.
b. Kata-kata yang agak vulgar dan tidak disensor.

4. Kesimpulan
Buku Cinta Brontosaurus memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dibalik semua itu buku ini memilik daya tarik yang besar. Hal itu dikarenakan penulisnya adalah seorang penulis yang sudah di kenal banyak orang yaitu Raditya Dika. Raditya Dika memiliki jiwa yang humoris. Hal itu sangat sesuai dengan apa yang ia dituliskan di dalam buku.

Baca : Contoh Naskah Drama

CONTOH TEKS ULASAN CERPEN SINGKAT

Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat

Cerpen dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari Anugerah. Cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan sejak tahun 2015. Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang harus dilalui seorang gadis belia. Ia bernama Bella. Di dalam cerpen, dikisahkan seorang gadis yang terpisah dengan Ibu kandungnya. Diceritakan pula penderitaan yang ia alami.

Bella adalah gadis belia yang kini duduk di bangku SMA. Parasnya cantik, senyumnya menawan, anaknya pun pandai. Ia hidup bersama seorang nenek. Diceritakan, sejak bayi Bella dititipkan kepada nenek tua ini. Ibunya bekerja dan ayahnya entah kemana. Dua tahun berjalan, entah apa yang terjadi Bella tak kunjung dijemput ibunya hingga malam tiba.

Sang nenek pun merawat Bella sebatang kara. Saat ditinggalkan sang Ibu, usia Bella menginjak empat tahun. Dan kini usia Bella tepat lima belas tahun. Disayangkan, saat Bella mulai mengerti kehidupan, sang nenek telah menua. Sehingga nenek lupa siapa sosok Ibu Bella. Hingga akhirnya Bella berniat mencaritahu keberadaan sang Ibu. Pencarian dimulai melalui tetangga sekitar rumah Nenek.

Hingga akhirnya, Bella menemui titik terang keberadaan ibunya. Namun, alangkah perihnya, yang Bella temui bukanlah sosok sang Ibu. Namun, yang ia temui jasad sang Ibu yang terbaring lemah. Bella menangis. Ia tak menyangka takdirnya seburuk ini. Kebahagiaan yang ia dapat hanyalah satu. Kebahagiaan itu ialah setidaknya ia tahu bagaimana wajah sang Ibu.

Cerpen ini memiliki akhir yang menyedihkan. Alurnya jelas dan ceritanya ringkas. Bahasa yang digunakan juga tidak rumit. Namun, hal yang kurang dalam cerpen ini ialah kisah masa lalu sang Ibu. Kejadian mengapa sang Ibu meninggalkan Bella. Kisah itu tak diceritakan di dalam cerpen. Sehingga, pembaca akan kesulitan memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Dengan kekurangan yang ada, kelebihan yang dimiliki cerpen telah cukup untuk menutupi kekurangan itu. Cerpen ini layak dibaca agar pembaca selalu bersyukur dengan apa yang dipunya. Terutama bila pembaca masih dapat melihat sosok ibunya masing-masing. Selain itu, cerpen karangan Bahtari memberi pelajaran agar kita tak marah kepada takdir yang telah digariskan Tuhan.

CONTOH TEKS ULASAN PUISI

Contoh Teks Ulasan Puisi

Puisi berjudul “Ibu” merupakan hasil karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah kalangan usia menengah. Isi dari puisi “Ibu” tentang do’a seorang anak untuk ibunya. Di dalam puisi ini juga diungkap ucapan terima kasih atas jasa-jasa seorang Ibu. Digambarkan dalam puisi, Ibu merupakan seseorang yang selalu ada untuk putra dan putrinya.

Pada bait pertama hingga bait ketiga, penulis mengungkapkan do’a do’a untuk Ibu. Seorang anak berharap senyum sang Ibu tak pernah pudar dan juga bahagianya jangan sampai hilang. Selain itu, ia juga berdo’a agar disetiap langkah Ibu selalu dalam tuntunan Tuhan. Digambarkan pula walaupun Ibu orang yang banyak bicara, seorang anak tetap berharap rezeki Ibu mengalir deras.

Puisi ini menggambarkan betapa rasa kasih seorang anak kepada ibunya. Cinta kasih dan segala yang telah diberi sang Ibu tidak akan dapat terbalaskan. Namun, ucapan terima kasih saja dirasa tak cukup. Sehingga, do’a do’a tulus seorang anak harus tetap dipanjatkan. Keunggulan puisi ini yaitu isinya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami ibu dan anak.

Walaupun ada beberapa kekurangan, secara keseluruhan, puisi “Ibu” layak dibaca. Puisi ini juga dapat dijadikan referensi untuk membuat puisi dengan tema yang sama. Kata-kata disetiap baitnya mampu membuat pembaca sadar betapa besar pengorbanan seorang Ibu. Puisi ini juga dapat dijadikan motivasi setiap anak agar tidak menyakiti hati seorang Ibu dan harus menjadi anak yang membanggakan.

CONTOH TEKS ULASAN ALBUM LAGU

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Kotak merupakan salah satu band di Indonesia dengan tiga personil. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai bassist dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak Kedua. Album ini dirilis pada tahun 2008. Album lagu Kotak Kedua merupakan album kedua yang diluncurkan Band Kotak. Album ini dirilis melalui Warner Music Group.

Di dalam album Kotak Kedua terdapat dua belas lagu. Lagu-lagunya yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh, Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album lagu yang dirilis Juni 2008 ini pernah mendapat penghargaan AMI Award untuk Album Rock Terbaik.

Secara keseluruhan, album ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal itu dapat dikatakan album Kotak Kedua ini sukses. Hal itu dilihat dari penghargaan yang diraih. Selain itu, lagu-lagu di dalamnya juga tetap eksis dan diminati pecinta musik hingga kini. Padahal, jika dihitung usia album lagu Kotak Kedua sudah sepuluh tahun lamanya.

Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli. Bagi pecinta musik rock, melewatkan album ini dapat menjadi suatu kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selain itu, lagu-lagunya juga memberikan semangat tersendiri. Sehingga, bagi pecinta musik khususnya pecinta musik rock sangat dianjurkan membelinya.

Baca : Teks Eksplanasi

CONTOH TEKS ULASAN

Contoh Teks Ulasan

Sepatu Dahlan
Judul : Sepatu Dahlan
Penulis : Khrisna Pabichara
Penerbit : Noura Books
Tahun terbit : 1 Mei 2012
Tebal halaman : 369 halaman

Buku dengan judul “Sepatu Dahlan” ditulis oleh Khrisna Pabichara. Kisah dalam buku ini juga pernah dibuat menjadi film. Buku ini menceritakan perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan memiliki prinsip “Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya.”. Namun, keadaan hidupnya yang sulit tak menyurutkan niatnya untuk selalu bersekolah.

Buku “Sepatu Dahlan” mengisahkan tentang perjuangan Dahlan untuk sampai ke sekolah. Dahlan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Puluhan kilometer harus ia tempuh tanpa menggunakan alas kaki. Dengan perjalanan tanpa alas kaki, kaki Dahlan lecet dan melepuh. Setelah lulus dari Sekolah Rakyat (SR), Dahlan gagal melanjutkan ke sekolah yang ia inginkan.

Di SMP, Dahlan menjadi ketua tim voli. Keinginannya untuk mendapatkan sepatu semakin besar. Namun, musibah mulai datang saat sang Ibu jatuh sakit lalu meninggal. Walaupun begitu, Dahlan tetap kuat dan semangat. Hingga pada akhirnya ia diutus untuk menjadi pelatih tim voli tersebut. Dengan upah yang lumayan besar, Dahlan mampu membeli sepatu baru.

Kelebihan yang ada di dalam novel ini yaitu menceritakan tentang besarnya semangat hidup seseorang. Walau hidup dalam keadaan yang sulit, niat dan motivasi untuk selalu menempuh pendidikan tinggi tetap ada. Namun, hal yang kurang dari novel ialah alurnya yang tidak menentu. Jika dinilai secara keseluruhan, buku ini layak dibaca untuk menambah motivasi dalam hidup.

Nah itulah penjelasan singkat tentang contoh teks ulasan yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks ulasan novel, contoh teks ulasan film, contoh teks ulasan cerpen, contoh teks ulasan buku, contoh teks ulasan lagu, contoh teks ulasan drama, contoh teks ulasan beserta strukturnya, contoh teks ulasan ilmu pengetahuan, contoh teks ulasan identitas karya, contoh teks ulasan puisi, dll.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar