CSR PERUSAHAAN : Pengertian, Fungsi, Strategi dan Contoh CSR Perusahaan

CSR Perusahaan

CSR Perusahaan Terbaik dan Terbaru 2020 – CSR atau Coporate Social Responsibility merupakan suatu mekanisme perusahaan dalam mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksi dengan stakeholder yang melapauai tanggung jawab sosial terhadap bidang hukum.

Dalam bahasa Indonesia CSR disebut juga sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Kewajiban perusahaan dalam mengeluarkan CSR memiliki dasar hukum atau aturan dalam UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT), yang beberapa waktu lalu dikuatkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk segera diberlakukan.

Namun berbeda dengan negara maju seperti dari Amerika Serikat dan Eropa Barat, yang ternyata dalam pembagian CSR bersifat sukarela (voluntary).

Jangan salah sangka, walaupun bersifat sukarela ternyata CSR selalu menjadi perhatian bagi perusahaan di negara-negara maju tersebut.

Karena perusahaan yang memberikan dana CSR itu, memang tidak terikat akan tetapi, perusahaan yang menyalurkan CSR nya terikat secara moral dan sosial untuk membagikan sebagian dari keuntungannya untuk kegiatan CSR.

PENGERTIAN CSR PERUSAHAAN

Corporate Sosial Responsbility (CSR) merupakan suatu mekanisme yang dimiliki oleh perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi lain bersama interaksi dengan pemangku kepentingan, mekanisme tersebut melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Sederhananya Corporate Sosial Responsbility (CSR) adalah konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial serta lingkungan dimana perusahaan tersebut berdiri dan berkembang menjadi perusahaan besar.

CSR layaknya melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan menjaga lingkungan, membangun fasilitas umum dan memberikan beasiswa kepada anak kurang mampu serta memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat banyak pada umumnya dan masyarakat sekitar perusahaan tentunya.

Baca Juga: Pengertian Otonomi Daerah

DEFISINI LAIN CSR PERUSAHAAN

Seperti yang diketahui bahwa CSR perusahaan merupakan mekanisme dari suatu perusahaan untuk dapat memberikan kontribusi bagi karyawan dan lingkungan sekitar. Namun, pengertian dari CSR juga tidak hanya dalam lingkup tersebut, terdapat beberapa ahli yang merumuskan CSR dalam defisini lain.

Dasar dari CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan, lebih jauh dari pada itu para ahli menyatakan bahwa selain pengertian diatas Corporate Sosial Responsbility memiliki setidaknya 3 definisi lain, apa saja definisi tersebut?

  1. Melakukan tindakan sosial yang didalamnya meliputi kepedulian terhadap lingkungan lebih luas dari batas-batas yang dituntut atau diharuskan dalam peraturan perundang-undangan.
  2. Melakukan komitmen usaha secara etis, pengoperasiannya dilakukan secara legal, dan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi yang diiringi dengan peningkatan kualitas hidup karyawan termasuk keluarganya, komunitas lokal hingga masyarakat banyak.
  3. Komitmen bisnis untuk ikut serta memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas setempat dan masyarakat umum secara keseluruhan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup bersama

DASAR CSR PERUSAHAAN

CSR perusahaan secara sederhana dapat dikatakan sebagai tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Tanggung jawab itu dapat berupa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga lingkungan dan membangun fasilititas umum. Akan tetapi, apakah yang menjadi dasar adanya Corporate Social Responsbility tersebut?

Lahirnya CSR perusahaan didasari oleh MDGS atau Millenium Development Goals yang merupakan deklarasi milenium hasil kesepakatakan antara 189 negara anggota PBB yang dimulai pada tahun 2000dan mencapai pokok tujuan pada tahun 2015. Indonesia termasuk dalam deklarasi tersebut dan berkewajiban melaksanakan poin-poin yang disepakati salah satunya mengenai pembangunan nasional.

Berikut 8 pokok tujuan tersebut, penanggulangan kemiskinan, pemerataan pendidikan, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, penurunan angka kematian anak, peningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDs, malaria dan yang lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, dan membangun kerja sama global.

MANFAAT CSR PERUSAHAAN

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa CSR perusahaan akan memberikan dampak yang langsung dirasakan oleh karyawan dan lingkungan sekitar. Beberapa manfaat yang diberikan tentunya akan berdampak positif bagi yang menerima karena pada hakekatnya CSR digunakan untuk menjadikan kualitas hidup lebih baik.

Lebih dari itu, manfaat CSR dapat meliputi dalam berbagai macam bentuk tergantung dari pihak-pihak yang terlibat dalam program tersebut. Adapun manfaat CSR perusahaan adalah sebagai berikut.

A. Manfaat CSR untuk Perusahaan

  1. Meningkat citra perusahaan di mata masyarakat.
  2. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  3. Membedakan perusahaan tersebut dengan para kompetitornya.
  4. Memperkuat brand merk perusahaan di mata masyarakat.
  5. Mmberikan inovasi bagi perusahaan tersebut.

B. Manfaat CSR untuk Masyarakat

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup sekitar.
  2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
  3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  4. Adanya pembangunan fasilitas masyarakat yang sifatnya sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

FUNGSI CSR PERUSAHAAN

Selain memiliki manfaat, CSR perusahaan juga memiliki berbagai fungsi. Fungsi yang tidak hanya diperuntukkan atau digunakan oleh perusahaan tetapi juga untuk masyarakat sekitar atau bahkan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Meski demikian, fungsi ini bergantung kepada tujuan spesial yang dimiliki oleh CSR sebagai program yang menghasilkan sebuah produk juga membuat perusahaan dan masyarakat mendapat keuntungan dari dijalankannya program tersebut.

1. IZIN SOSIAL UNTUK BEROPERASI

Selain untuk masyarakat dan lingkungan, tujuan lain CSR perusahaan adalah agar dapat membuat perusahaan tersebut maju dan berkembang. Bagi perusahaan, faktor utama yang membuat perusahaan itu bergerak atau malah sebaliknya adalah faktor masyarakat. Dengan adanya CSR, masyarakat sekitar akan mendapatkan manfaat dari adanya perusahaan di lingkungan mereka.

Maka dengan sendirinya masyarakat tersebut juga akan merasa diuntungkan dan lama kelamaan merasa seperti memiliki perusahaan tersebut. Ini akan membuat perusahaan leluasa dalam menjalankan kegiatan di lingkungan tersebut.

2. MENGURANGI RISIKO BISNIS PERUSAHAAN

Program CSR ini sangat memiliki banyak dampak baik untuk perusahaan, selain dapat menghemat biaya ternyata CSR juga memiliki fungsi lebih besar dari pada hal itu untuk suatu perusahaan yang membuatnya atau membentuknya. CSR akan membuat hubungan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat menjadi semakin baik.

Hubungan baik yang terjalin antara perusahaan yang terlibat dengan program CSR akan membuat risiko-risiko bisnis seperti adanya kerusuhan menentang berdirinya suatu perusahaan dapat berkurang. Jika hal itu dapat berjalan dengan baik maka biaya-biaya pengalihan risiko dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

3. MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Berjalannya program CSR tak lepas dari kewajiban perusahaan kepada stakeholder atau pemangku kepentingan. Apabila program yang dijalankan berjalan dengan baik dan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat terlihat, maka hal itu tentu merupakan hadiah tersendiri bagi perusahaan.

Perusahaan yang melakukan CSR pada umumnya turut andil meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Hal itu dikarenakan pemerintah yang sebenarnya mempunyai tanggung jawab lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan akan terbantu dengan adanya program tersebut.

4. MENINGKATKAN SEMANGAT KARYAWAN

Program yang diusung oleh perusahaan memang wajib diperuntukkan untuk karyawan dan lingkungan sekitar. Namun, menyusul dengan berhasilnya program yang dijalankan, beberapa keuntungan juga didapat oleh perusahaan dari para karyawan mereka.

Reputasi perusahaan yang memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan atau lingkungan melalui program CSR tentu menambah kebanggaan tersendiri bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Hal itu dapat berdampak pada peningkatan motivasi dan produktivitas kerja karyawan.

Baca Juga: Pengertian Perubahan Sosial

CONTOH CSR PERUSAHAAN

Program Corporate Social Responsbility (CSR) merupakan program yang sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat umum maupun perusahaan yang menjalankan program itu sendiri. Bagi masyarakat program CSR mampu membantu kesulitan-kesulitan yang tengah mereka alami.

Sementara itu bagi perusahaan, program ini dapat memberikan penilaian masyarakat pada citra baik perusahaan. Penilaian tersebut tentunya penilaian yang baik dari masyarakat dan para konsumen, hingga kini banyak perusahaan yang telah menjalankan program CSR dengan sukses, beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. DANONE (AIR MINERAL/AQUA)

Meski bukan perusahaan dalam negeri, Danone dapat memenuhi program CSR dengan menjalankannya dengan sangat baik. Danone melakukan program CSR yang disebut WASH (Water Acces, Sanitation, Hygiene, Program) yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat beserta lingkungannya.

Selain peningkatan kesejahteraan lingkungan masyarakat juga berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk emberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program tersebut dikenal dengan ‘1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih’.Program tersebut terbukti mampu digunakan sebagai cara membantu beberapa masyarakat di suatu daerah yang dimana daerah tersebut kekurangan air bersih atau daerah itu mengalami kekeringan Panjang.

2. PT SINDE BUDI SENTOSA (PRODUK KESEHATAN)

Tidak hanya peningkatan kualitas manusia, faktor alam sekitar juga menjadi salah satu tujuan utama lahirnya program CSR. Pelestarian lingkungan menjadi tema yang diusung oleh PT Sinde Budi Sentosa, mereka paham bahwa lingkungan juga penting untuk kelangsungan hidup.

Cara unik dan kreatif serta sangat bermanfaat ditunjukkan oleh PT Sinde Budi Sentosa yang melakukan program CSR dengan cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Seperti yang diketahui bahwa populasi hewan langka tersebut semakin sedikit, keadaan ini sangat genting bagi kelanjutan generasi Badak Jawa.

Program tersebut dilkukan atas kerja sama PT Sinde dan WWF Indonesia, sebagai bentuk cara melestarikan badak jawa yang populasinya sedikit, Sinde memberikan donasi berupa pengumpulan dana dari hasil penjualan produk mereka (Larutan Cap Badak) untuk program pelestarian Badak Jawa.

3. PERTAMINA

Satu lagi perusahaan yang terbilang sukses dalam melakukan program CSR di Indonesia yakni Pertamina. Pertamina berkomitmen dalam menjalankan program CSR mereka dengan membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki indeks pembangunan manusia (IPM) di Indonesia.

Melalui pelaksanaan program-program yang membantu tercapainya target pembangunan dan membangun hubungan harmonis serta kondusif dengan semua pihak pemangku kepentingan yang mendukung tercapainya tujuan perusahaan dalam menjalankan program tersebut terutama dalam membangun reputasi perusahaan.

Beberapa program yang diluncurkan Pertamina terbukti memberikan manfaat yang sangat positif untuk masyarakat, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau di suatu daerah yang belum terjamah banyak orang.

HUBUNGAN CSR PERUSAHAAN DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

rate Social Responsbility (CSR) sangat erat kaitannya dengan pemerintah dalam hal pembangunan berkelanjutan. CSR sangat erat kaitannya dengan Sustainable Development (pembangunan berkelanjutan), suatu perusahaan ketika melakukan kegiatan harus berdasar pada keputusan yang tidak semata-mata berorientasi pada aspek ekonomi.

Perusahaan sangat ditekankan untuk tidak mengacu dalam mengambil keuntungan saja, akan tetapi semua perusahaan juga harus dan wajib memikirkan dampak sosial serta lingkungan yang mungkin dapat ditimbulkan karena keputusan yang dibuat atau disepakati perusahaan tersebut.

Sustainable development merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara dimensi pembangunan, seperti ekonomi, sosial dan lingkungan. Dalam hal ini adalah proses pembangunan (kota, bisnis, sosial, lahan, masyarakat dan lainnya).

Proses tersebut mempunyai prinsip dimana dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan saat ini tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan yang diperlukan oleh generasi penerus atau yang akan datang.

Baca Juga: Pengertian SOP

CSR PERUSAHAAN STRATEGI JITU PERCEPAT PEMBANGUNAN

Berdasar pada perjanjian yang disepakati bersama dalam deklarasi milenium MDGR (Millenium Development Goals) oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB ) di Kota New York, Amerika Serikat yang mulai dijalankan pada September 2000 dan menghasilkan delapan pokok yang diharapkan tercapai pada 2015.

Kejadian dan kesepakatan itu menjadi tonggak dan lahirnya CSR (Corporate Social Responsbility) bagi perusahaan, CSR merupakan hasil dari sebuah kesepakatan bersama yang dapat digunakan sebagai strategi jitu pembangunan khususnya di Indonesia.

Mengapa demikian? Hasil yang dicapai dari program CSR yang dilakukan perusahaan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa perusahaan diatas, Danone, Pertamina,dan PT Sinde Budi Sentosa.

Beberapa perusahaan tersebut telah membuktikan bahwa program CSR yang mereka lakukan memberikan dampak sangat positif baik untuk masyarakat atau lingkungan sekitar.

Seperti yang dilakukan oleh Danone, program air yang diusungnya mampu membantu beberapa masyarakat di daerah yang kekurangan air bersih. Hal itu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut dan tentunya dapat menjadi sebuah hasil berharga bagi pembangunan kualitas masyarakat tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Pertamina yang berkomitmen dalam membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pembangunan yang dilakukan oleh Pertamina dapat menyentuh hingga ke berbagai pelosok yang bahkan sebelumnya belum terjamah, seperti pembanungan listrik di suatu daerah tertentu.

Selain pembangunan kualitas manusia, hal yang berbeda dilakukan oleh PT Sinde Budi Sentosa, programnya yang mengusung kelestarian alam dengan badak jawa mampu menjadi bukti bahwa program CSR ini mampu meningkatkan pembangunan sekaligus pelestarian alam.

Indonesia secara khusus merupakan negara yang diberkati ribuan manfaat alam yang mana keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan untuk semua masyarakat yang menjadi warga negara Indonesia.

Program CSR yang dilakukan oleh perusahaan merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat kekayaan alam Indonesia bermanfaat dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan.

Karakterisitik CSR yang Baik dan Benar

  1. CSR harus merupakan kegiatan yang melebihi kepatuhan kepada hukum dan peraturan yang berlaku.
  2. CSR harus bisa menciptakan dampak jangka panjang bagi perusahaan dan masyarakat.
  3. CSR harus mempertimbangkan dan memperhatikan kepentingan pemangku-kepentingan di dalam dan di luar perusahaan.
  4. CSR harus mengandung sistem govermance yang baik, diantaranya memiliki transparasi dan akuntabilitas.
  5. CSR sebaiknya mengikuti panduan ISO 26000.
SHARE