10+ DOA Pembuka Ibadah Kristen di Gereja

DOA Pembukaan Kristen

Contoh Doa pembukaan Ibadah Kristen Terbaru dan Terlengkap 2020 di Gereja, Ibadah rumah tangga, Ibadah Kaum Muda, Ibadah Kaum Pria, Ibadah Kaum Wanita dan Ibadah Sekolah Minggu adalah wajib dilakukan sebelum ibadah dimulai. Saat ini untuk DOA Pembukaan bukan hanya Pendeta tetapi bisa menggunakan Tua tua Sidang atau Jemaat yang sudah dipercaya bisa memimpin doa.

Doa pembukaan berbeda dengan Doa Syafaat karena DOA pembukaan lebih singkat atau pendek. Doa yang di ajukan hanyalah seputar Ibadah yang akan berlangsung dan mendoakan buat jemaat lain yang masih dalam perjalanan. Awalnya saya tidak pernah diberi kesempatan untuk berdoa di awal ibadah atau kegiatan rohani lainnya tetapi berjalannya waktu dan saya sudah semakin tua maka wajib untuk bisa bersoa dalam kondisi apapun.

Artikel Terkait: Contoh DOA Syafaat Kristen

Doa pembukaan yang diberikan kepada saya baru seputar Ibadah Kaum Pria, Ibadah Doa Malam dan Ibadah Rumah Tangga. Rasa gugup dan gemetar sudah pasti karena saya tidak pandai merangkai kata kata yang indah. Doa yang biasa saya ucapkan tidaklah bertele tele karena saya lebih suka menyampaikan secara langsung. Berbeda antara berdoa sendiri dengan berdoa di depan jemaat atau orang banyak. Panas dingin, keringat jagungpun bermunculan.

Pengalaman saat pertama kali di suruh doa pembukaan juga mungkin sahabat pernah mengalaminya. Jika seorang pendeta sudah pasti terbiasa berdoa di Ibadah Raya atau Ibadah Umum dan juga doa pembukaan saat perayaan Natal dan Paskah. Berbeda dengan saya saat pertama kali diberikan kesempatan untuk Doa Pembukaan di Ibadah Rumah Tangga serasa kaget dan binggung. Tidak mau terlihat gugup maka saya fokus untuk mulai berdoa seperti pada saat saya sendirian.

Artikel Terkait: Contoh DOA Makan Kristen

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat sahabat berdoa di depan orang banyak segeralah fokus dan jangan gugup. Anggaplah anda sedang berdoa sendiri di kamar dan mintalah seperti saat anda meminta kepada seorang Bapa. Doa awal dimulai dari anda mengucap ayukur terlebih dahulu baru anda ajukan permohonan kepada Tuhan apa yang akan di sampaikan. Doa pembukaan identik dengan permohonan penyertaan Tuhan dalam ibadah tersebut.

Apa itu Doa Pembuka Ibadah?

Doa pembuka ibadah adalah doa yang dibaca pada awal ibadah untuk mengawali serangkaian kegiatan di gereja, termasuk untuk mengawali kegiatan menyanyikan lagu-lagu rohani pujian dan penyembahan. Doa pembuka ibadah berbeda dengan doa syafaat kristen.

Jika doa syafaat ditujukan untuk mendoakan orang lain, termasuk orang-orang yang sedang berada di dalam gereja, orang yang ada di gereja lain ataupun orang yang belum berkesemapatan beribadah di gereja sehingga di kemudian hari Tuhan memberinya kesempatan.

Maka doa pembuka ibadah hanya ditujukan untuk mendoakan acara ibadah supaya berjalan lancar, tidak ada gangguan apapun seperti mati listrik, bencana alam, bangunan runtuh dan lain sebagainya. Doa ini dipanjatkan untuk memohon kepada Yesus Kristus untuk memberkati kegiatan ibadah yang dikerjakan.

Doa pembukaan ibadah bisa dibaca dengan paragraf yang panjang namun boleh juga yang singkat. Asalkan dalam kalimat doanya telah mencakup semua hal yang perlu didoakan untuk kelancaran kegiatan ibadah.

Doa pembuka ibadah bisa dibaca pada saat ibadah pagi, katolik, kristen, ibadah hari minggu, hari senin, kaum pemuda, kaum ibu, ibadah natal, kenaikan Yesus Kristus, wafatnya Isa Al-Masih, kebangkitan Yesus Kristus, dan sebagainya. Berikut adalah contoh doa pembukaan ibadah kristen.

Contoh Doa Pembuka Ibadah Kristen

Bapa kami yang berada di Sorga. Terima kasih atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami bisa berkumpul dalam acara ibadah di gereja bersama sanak saudara, keluarga dan teman-teman dekat kami semua.

Bapa, kami mengucap banyak syukur atas pertolongan-Mu yang menjadikan kami dapat berdiri di sini dengan kondisi sehat, diselamatkan ketika berangkat dari rumah, dan diberkati untuk mengikuti acara ibadah yang bermafaat ini.

Sungguh kami tidak bisa mengungkapkan betapa besar kasih yang Engkau berikan kepada kami, anak-anak-Mu yang penuh dosa dan kadang lupa diri sehingga sedikit pujian dan penyembahan yang kami berikan kepada Engkau.

Bapa, dalam waktu ini kami ingin berkenan kepada-Mu, mohon berkatilah seluruh pelayan yang membantu kegiatan ibadah ini sehingga dapat dimulai dengan baik. Berkatilah pula para singers, pemain tamborine, worship leader, pemain musik hingga mereka yang bertugas mengisi buku tamu di depan.

Semoga ibadah yang kami lakukan dapat berjalan dengan lancar dan dijauhkan dari segala ancaman dan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi mulai dari awal, pertengahan hingga akhir acara. Biarlah Tuhan melindungi kami dan acara ini.

Terakhir, kami mohon sertai dan bimbinglah kami agar tetap bisa menjadi manusia yang ingat akan Engkau. Selalu memiliki keinginan kuat untuk beribadah kepada-Mu. Sebagai bentuk kecil ungkapan rasa syukur atas penyertaan luar biasa yang Engkau berikan kepada kami. Haluleya. Amin.

BACA JUGA:
Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru di Sekolah
Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Indonesia dan Dunia

Contoh DOA Pembukaan saat ibadah orang Kristen di semua kegiatan

Catatan: Contoh ini doa pembukaan Ibadah Rumah Tangga.

Bapa kami yang Ada di Surga kami mengucap syukur karana penyertaanMu pada hari ini kami boleh berkumpul di tempat ini. Bukan merupakan suatu kebetulan kami berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan namaMu tetapi ini adalah kerinduan kami setiap saat bersekutu dan memuji Engkau. Sebelum kami memulai Ibadah Rumah Tangga ini maka kuduskan hati kami supaya kami layak dihadapanMu dan Ibadah Rumah Tangga pada hari ini juga mulai awal pertenggahan hingga akhirnya kami serahkan kedalam tangan Tuhan.

Biarlah ibadah ini dapat berjalan dengan baik dan tidak ada ganguan dari pihakmanapun. Kuasa kegelapan yang inggin mencoba menggangu ibadah ini, kami usir dan kami tengking di dalam Nama Tuhan Yesus kuasa itu tidak berada di tempat ini. Bagi saudara saudara kami yang masih dalam perjalanan menuju tempat ini kami mohon Tuhan jagai perjalanan mereka agar sampai di tempat ini dengan sukacita.

Bagi saudara kami yang belum sempat bergabung bersama kami karna suatu hal yang tidak bisa di tinggalkan kami mohon Tuhan berkati apapun pekerjaan mereka. Terimakasih Tuhan inilah Doa dan Ucapan Syukur kami pada hari ini dan kami akan mulai ibadah ini hanya di dalam satu nama yang Kudus yaitu Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat kami yang hidup, Amin“.

Baca Juga:
Ayat Alkitab Untuk Memulai Ibadah di Gereja
Doa Ulang Tahun Kristen yang Baik dan Penuh Syukur
Doa Kristen Ucapan Syukur yang Singkat

Itu adalah doa sederhana saat saya pertama kali diberikan kesempatan untuk berdoa Pembukaan di Ibadah Rumah Tangga. Pada dasarnya Doa Pembukaan Terbaru dan Terlengkap 2020 pada semua ibadah terlihat mirip atau sama. Anda cukup menyesuaikan kata kata. Seperti doa saat penghiburan kematian, Doa saat perayaan ulang tahun atau Ibadah lainnya. Jika anda sudah terbiasa berdoa maka kapanpun anda diberi kesempatan untuk berdoa pasti dengan mudahnya anda akan berkata kata.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar