10+ Doa Pengakuan Dosa Kristen Mohon Ampunan Sangat Tulus

Doa Pengakuan Dosa Kristen

Contoh Doa pengakuan dosa Kristen dan pengampunan dosa terbaru 2020 – Manusia merupakan tempatnya salah dan dosa. Hal tersebut wajar karena tidak ada makhluk yang sempurna. Yang sempurna di dunia ini adalah Tuhan. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, kesalahan dan menyimpang dari kebenaran.

Ketika kita menyadari bahwa telah banyak perbuatan dosa yang kita perbuat, telah banyak penyimpangan dari ajaran kebenaran yang telah kita lakukan, telah banyak kerugian yang kita bebankan kepada diri sendiri, orang lain dan Tuhan, maka segeralah bertobat.

Tobat dilakukan dengan cara membaca doa pada ibadah di gereja. Doa yang biasa disebut doa pengakuan dosa, doa pengampunan maupun doa pertobatan dalam ajaran Katolik dan Protestan sama saja dirangkai dengan menggunakan teks sendiri.

Namun lebih penting dari itu, kita jangan sampai mengulangi perbuatan dosa atau kesalahan yang pernah kita buat. Itulah makna yang lebih penting dari bertobat dan memohon ampun kepada Tuhan. Bertobat dengan sungguh-sungguh dengan tidak mengulangi perbuatan yang sama.

Baca Juga: DOA Persembahan Kristen Saat Ibadah

Di sini kami akan menuliskan dua contoh doa Kristen pengakuan dosa, doa pengampunan dosa atau doa mohon ampun atas dosa dan kesalahan. Yang pertama adalah doa secara singkat dan yang kedua adalah doa yang lebih panjang dan lengkap.

Dari doa-doa berikut Anda bisa mejadikannya referensi apabila ingin menulis doa pengakuan dosa sendiri untuk dijadikan tugas sekolah, dibaca pada acara kegiatan ibadah Kristen maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada dua macam doa memohon ampun dari dosa dalam Kristen, yakni doa yang singkat dan panjang. Kedua contoh doa Kristen ini kami bagikan agar dapat menjadi media pembelajaran yang informatif.

Anda bisa mengambil inti makna dari doa-doa berikut dan menuliskannya dengan bahasa sendiri, baik menggunakan bahasa Indonesia, Inggris maupun bahasa daerah masing-masing seperti bahasa Jawa, Manado, Batak, Sunda, maupun yang lain.

Silahkan simak kedua contoh teks kalimat tulisan kata-kata ucapan doa rohani Kristen pengakuan dosa, permohonan ampun, minta ampunan atas dosa, doa pertobatan Kristen, doa minta tobat, doa agar dosa dihapus oleh Tuhan, dan sebagainya.

1. Doa Pengakuan Dosa Kristen Singkat

Tuhan yang maha kuasa, terima kasih atas seluruh penyertaan dan kebaikan yang Engkau berikan. Banyak hal yang terjadi di dunia ini yang merupakan kejadian yang telah Engkau rencanakan untuk saya pribadi.

Namun saya sadar bahwa saya telah melakukan kesalahan, saya telah berbuat dosa. Saya merasa seperti tidak berterima kasih atas segala kebaikan yang Engkau berikan. Saya benar-benar merasa bersalah karena telah melakukan (sebutkan dosa yang diperbuat).

Untuk itu, pada kesempatan ini dengan segala penyesalan dan kerendahan hati saya mohon maaf atas apa yang saya perbuat, saya ingin Egkau mengampuni kesalahan saya dan saya berjanji dari hati yang paling dalam untuk tidak melakukannya lagi. Kepada Yesus, Tuhan Maha Pengampun, saya memohon.

2. Doa Pengakuan Dosa Kristen Panjang

Bapa yang Baik, terima kasih telah member saya banyak pengalaman hidup yang tidak terlupakan, terima kasih telah member saya keluarga, teman dan rekan yang selalu mendukung baik dari depan maupun dari belakang.

Saya sangat bersykur atas segala yang telah Engkau berikan, sungguh betapa banyak kebaikan dan penyertaan yang Engku berikan sehingga pasti saya tidak bisa membalasnya dan justru saya melakukan perbuatan yang salah.

Saya mengakui, saya telah berbuat dosa, saya telah (sebutkan dosa yang diperbuat) sehingga merugikan (sebutkan pihak yang dirugikan). Tentu saya menyadari kesahalan ini setelah sekian lama melakukan dosa tersebut.

Entah bagaimana kondisinya saat ini, mungkin lebih buruk dan saya menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas apa yang dia alami. Tuhan, saya sungguh menyesal, saya benar-benar tidak ingin hal tersebut terjadi lagi.

Tuhan, saya mohon ampun atas segala apa yang telah saya perbuat. Saya pun berjanji untuk tidak mengulangi kesahalan yang sama. Saya yakin bahwa pengakuan dosa dan pertobatan yang saya lakukan tidak berdampak apa-apa pada kondisi (sebutkan pihak yang dirugikan) saat ini.

Namun saya tahu Engkau maha pengampun, Engkau akan selalu menerima pengakuan dosa dari setiap manusia yang  bersungguh-sungguh untuk bertobat. Dan saya yakin Engkau akan mengampuni saya atas apa yang telah saya perbuat. Amin.

Baca Juga:
Doa Kristen Untuk Bangsa
Doa Kristen Untuk Keluarga Jauh
Doa Kristen Menghancurkan dan Mengusir Roh Jahat

Akhir Kata
Itulah penjelasan mengenai doa kristen pengakuan dosa. Semoga bermanfaat bagi yang tengah mencari doa pengakuan dosa sekaligus doa pembacaan alkitab, anak sekolah minggu, katolik puji syukur, doa pengampunan dosa besar katolik, kalimat mengaku dosa, doa tobat, saya berdosa saya sungguh berdosa, dsb.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar