Doa Syafaat Kristen ibadah Keluarga atau Rumah Tangga

Doa Syafaat Kristen Terbaru dan Terbaik 2020 – Syallom saudaraku yang terkasih di dalam Tuhan Yesus. Doa bagi orang Kristen merupakkan nafas kehidupan yang harus bisa kita lakukan setiap hari. Dengan doa kita bisa meminta pertolongan Tuhan atas persoalan atau keluh kesah yang sedang kita hadapi. Selain itu kita juga bisa menyampaikan rasa ucapan syukur atas penyertaan Tuhan selama ini.

Doa bisa kita lakukan dimana saja seperti saat akan melakukan aktifitas pekerjaan, saat akan beristirahat malam dan saat bangun pagi. Selain itu doa juga dilakukan saat ibadah minggu, ibadah keluarga, ibadah pemuda, sekolah minggu dan lain lain. Doa yang paling panjang dan biasa kita lakukan di pertengahan ibadah adalah Doa Syafaat.

Doa syafaat setiap ibadah memiliki beberapa perbedaan. Jika di Gereja kita mendoakan perkembangan Gereja dalam penginjilan terutama Pelayan pelayan Tuhan. Mendoakan seluruh jemaat yang sedang dalam pergumulan atau sakit. Mendoakan juga semua anak anak yang masih dalam bangku pendidikan (Sekolah).

Pada artikel ini irwinday.web.id khusus membahas tentang Doa Syafaat di ibadah Keluarga atau Rumah Tangga. Pokok Doa Syafaat biasanya dilakukan setelah mendengarkan kesaksian dari tuan rumah. Dari kesaksian itulah kita bisa doakan semua pergumulan mereka. Bukan hanya itu kita juga bisa doakan seluruh keluarga yang ada mulai Bapak rumah tanga, istri sampai anak anak.

Doa Syafaat Kristen

Apa itu Doa Syafaat Kristen?

Doa syafaat adalah berdoa atas nama orang lain, mendoakan seseorang atau sekelompok orang yang tidak sedang bersama-sama melaksanakan ibadah di satu atap gereja. Doa syafaat juga berarti ‘mendoakan orang lain’.

Banyak sekali macam-macam doa syafaat ini, mulai dari doa syafaat untuk bangsa dan negara Indonesia, gereja dan pelayanan, perusahaan, teman-teman kantor, saudara, sekolah, pemuda-pemudi gereja, baik Katolik maupun Protestan.

Doa syafaat sering dibaca pada permulaan ibadah. Dalam berdoa, pendeta dapat menggunakan bahasa apapun baik bahasa Indonesia yang baku, maupun bahasa daerah seperti Batak, Jawa, Sunda, Mando ataupun bahasa-bahasa lain di seluruh Indonesia.

Yang penting tidak keluar dari intisarinya yakni mendoakan kebaikan dan keselamatan orang lain. Baik yang dikenal maupun tidak. Itulah syarat mutlak sebuah doa dapat dikatakan menjadi doa syafaat yang benar.

Kerangka DOA Syafaat ibadah Keluarga

  • Pembukaan
  • Ucapan Syukur
  • Doakan penyampai Firman Tuhan
  • Doakan Persembahan yang di jalankan
  • Doakan kepala Rumah Tangga
  • Doakan ibu Rumah Tangga
  • Doakan anak anak mereka
  • Doakan Orang Tua keluarga tersebut
  • Doakan saudara saudaranya
  • Penutup

Contoh Doa Syafaat ibadah Keluarga atau Rumah Tangga

Teks doa syafaat biasanya cukup panjang, berbeda dengan doa sehari-hari agama Kristen yang bisa dibaca singkat atau ringkas. Maka dari itu pada doa syafaat biasanya terdiri dari tiga pokok pembahasan, yakni awalan, isi dan penutup.

Doa Syafaat Untuk Keluarga

“Bapa kami yang ada di Surga, Bapa yang baik, Bapa yang selalu memberikan kebaikan buat kehidupan kami. Pada malam hari ini kami mengucap syukur atas penyertaanMu dimana kami sudah muji dan mendengarkan FirmanMu. Biarlah firman yang disampaikan oleh hambanya dapat menjadi kekuatan dan pedoman hidup kami untuk melanjutkan kehidupan.

Kami juga mengucap syukur atas berkat yang telah Engkau berikan dimana kami sudah memberika Persembahan sebagai ucapan syukur kami. Berapapun yang kami berikan ini Tuhan bukan merupakan keterpaksaan tetapi sebagai bukti ucapan syukur kami atas berkat yang sudah Tuhan berikan. Bagi saudara kami yang belum dapat memberi Tuhan berkati juga.

Pada malam hari ini Tuhan secara khusu kami berdoa syafaat buat keluarga di tempat ini. Mulai dari Bapak rumah tangga kiranya Engkau berikan hikmat dan kelancaran dalam setiap aktifitasnya. Dalam pekerjaannya Engkau lancarkan dan supaya kehidupannya semakin di berkati dan menjadi saksi buat orang lain. Terus sertai Tuhan supaya menjadi Kepala Keluarga yang baik dan rindu bersekutu kepadaMu.

Buat ibu rumah tangga kiranya Tuhan berikan hikmat dan kesehatan selalu dalam mengurus rumah. Baik dalam mendidik anak anak kirannya Tuhan berikan kesabaran. Terus berikan penyertaanMu Tuhan agar dapat menjadi istri yang baik, yang selalu rindu datang beribadah bersama kami. Apapaun yang menjadi pekerjaan dan pergumulannya Tuhan buka jalan.

Kami juga berdoa buat anak anak yang masih dalam bangku Pendidikan. Tuhan sertai dan berikan kepintaran buat mereka dalam menuntut ilmu. Berikan jalan yang terbaik buat anak anakmu ini Tuhan supaya dapat mencapai cita citanya. Biarlah anak ini menjadi anak yang berguna buat orang tua, negara terlebih buat Pekerjaan Tuhan.

Masih banyak ya Tuhan yang inggin kami sampaikan kepadamu tetapi sebelum keluar dari bibir hambaMu ini engkau sudah lebih dulu mengetahuinya. Segala permohonan kami ini Tuhan kami serahkan sesuai dengan rencana dan kendakMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa dan mengucap Syukur, Haleluya Amin.”

Doa Syafaat Kristen Singkat 2020

“Ya Bapa, terima kasih atas penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada kami sehingga pada kesempatan sore hari ini kami dapat berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan namaMu. Kami menyadari ya Bapa, kami dapat berkumpul disini bukan karna kuat dan hebat kami namun ini semua karena penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada kami. Terima kasih ya Bapa ata Firman yang telah kami baca, kiranya Firman tersebut dapat kami renungkan dan dapat menjadi terang dalam setiap langkah hidup kami. Kami menyadari akan setiap kelemahan kami ya Bapa, oleh sebab itu kiranya Engkau selalu menyertai kami dimanapun kami berada.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berdoa bagi keluarga di tempat ini. Kiranya Engkau yang selalu menyertai keluarga di tempat ini. Berkati suami, istri dan anak-anaknya. Berkati pekerjaan maupun pendidikan yang sedang di tempuh. Kiranya Engkau memakai keluarga di tempat ini seturut dengan kehendakMu. Kiranya kuasaMu nyata di tempat ini.

Kami juga berdoa bagi seluruh jemaatMu yang hadir pada kesempatan sore hari ini maupun yang belum dapat hadir. Kiranya Engkau juga turut memberkati suami, istri beserta anak-anaknya. Berkati juga perkerjaan dan pendidikan yang sedang ditempuh. Kami adalah makhluk yang lemah. Kami sadar ya Bapa bahwa kami tidak bisa hidup tanpa Engkau.Oleh sebab itu ya Bpa, kiranya Engkau menyertai keluarga di tempat ini. Bentuk keluarga di tempat ini seturut dengan kehendakMu. Kiranya kami dapat terus merasakan kasih dan penyertaanMu yang nyata dalam kehidupan kami dan keluarga kami.

Sebentar kami akan pulang ke tempat kami masing-masing ya Bapa, kiranya Engkau sertai setiap aktivitas yang akan kamu lakukan setelah pulang dari tempat ini. Ya Bapa, inilah doa dan ucapan syukur yang kami panjatkan kepadaMu. Kami tahu ya Bapa, Engkau sudah menggetahui terlebih dahulu doa yang ingin kami sampaikan kepadaMu. Doa ini kami naikkan hanya di dalam namaMu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin. (Doa syafaat ini juga dapat diakhiri dengan doa Bapa Kami).”

Baca juga :
Contoh Doa Pagi Kristen
Ucapan Selamat Hari Paskah Kristen

Contoh DOA Syafaat di Gereja

Cara berdoa syafaat yang baik dan benar yaitu mempersiapkan topik doa yang akan dibawakan dalam doa syafaat, merendahkan diri di hadapan Tuhan, menaikkan satu atau dua lagu pujian sebagai ungkapan syukur kepada Allah, berdoa dengan sungguh-sungguh kepadaNya serta mengakhirinya dengan doa syukur dan menyempurnakan doa syafaat yang telah dinaikkan dengan Doa Bapa Kami.

Doa Syafaat Kristen Minggu Pagi

“Bapa kami yang ada di Surga, Bapa yang maha besar dan penuh kasih. Pada hari ini kami mengucap syukur atas penyertaanMu sehingga kami berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan namaMu. Kami sudah memuji dan mendengarkan FirmanMu yang agung ya bapa, semoga kami kami semakin dikuatkan dengan Firman yang telah disampaikan oleh hambanya. Berkati hambamu ini yang sudah menyampaikan Firman Tuhan dan biarlah FirmanMu semakin dibentangkan diseluruh muka bumi ini dan namaMu semakin di muliakan.

Pada siang hari ini Tuhan kami akan mengajukan doa doa syafaat kami, sebelum keluar dari mulut hambamu ini Tuhan, kami mengetahui bahwa Tuhan sudah lebih dulu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan pergumulan kami. Biarlah kami mau berdoa dengan sungguh sungguh, penuh dengan Iman dan keyakinan bahwa Tuhan sudah mendengarnya.

Tuhan kami berdoa untuk Gereja ini supaya semakin hari semakin dipertambahkan jiwa jiwa baru masuk dan beridah bersama kami. Dan untuk pembangunan Gereja ini kami serahkan sepenuhnya kepada Tuhan biarlah sesuai dengan kehendamu Gereja ini dapat dibangun yang baru. Untuk dana pembagunan Gereja ini kami tau Tuhan bahwa Tuhan sudah menyediakannya.

Kami juga berdoa bagi Para Pelayan di Geraja ini Tuhan, bagi Hamba Tuhan, Pemain Musik, Worship Lieder, Singger, pemain Tamborine, Guru Sekolah Minggu, Operator Infocus, Penerima Tamu dan pelayan Tuhan lainnya biarlah Tuhan pelihara mereka, memberikan apa yang menjadi kebutuhan mereka dan berikan kekuatan agar mereka tetap setia dalam Pelayanan dan semakin cinta dengan Pelayanan mereka.

Tidak lupa juga Tuhan kami berdoa bagi seluruh jemaat dimanapun berada, terutama bagi kami pada hari ini kami mengucap syukur sudah diberikan kesehatan dan diberikan kesempatan untuk beribadah memuji dan memuliakan namamu. Bagi jemaat yang belum sempat hadir pada hari ini Tuhan, apapun yang menjadi alasan dan pergumulan mereka biarlah Tuhan tolong dan memampukan mereka untuk dapat hadir beribadah bersama kami.

Untuk pemerintahan di negri tercinta ini Tuhan, kami mohon Tuhan tolong setiap pekerjaan mulai dari RT, RW, Lurah sampai kepada Pemerintahan tertinggi supaya semakin maju untuk memberikan pelayanan yang baik kepada kami semua. Dan untuk kedamaian di negri kami ini Tuhan biarlah tetap terjaga dan tetap damai, bagi oknum yang sengaja inggin memmecah belah persatuan kami, bersama kami tengking di dalam Nama Yesus semua itu tidak akan dilakukannya ya Tuhan.

Sebenarnya masih banyak sekali permohonan yang inggin kami sampaikan Tuhan tetapi kami yakin Tuhan sudah mendengar lebih dahulu setiap pergumulan kami. Biarlah setiap doa doa kami ini dapat terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan dan menjadi kekuatan kami untuk menjalani kehidupan kami sehari hari. Didalam nama Yesus sebagi Juru Selamat kami yang Hidup, kami telah berdoa dan mengucap Syukur, Haleluya Amin.”

Doa Syafaat di Gereja yang Baik

“Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Sorga, terima kasih atas penyertaanMu pada hari ini sehingga kami bisa hadir di GerejaMu untuk memuji dan memuliakan namaMu. Kami ada di tempat ini bukan karena kuat dan hebat kami, namun itu semua karena berkat kasihMu kepada kami.

Pada kesempatan pagi hari ini, kami ingin berdoa bagi jemaatMu di tempat ini yang sedang mengalami sakit atau pemulihan. Kiranya Engkau sertai mereka dimana pun mereka berada. Berikanlah mereka kesembuhan sehingga mereka dapat berkumpul kembali di tempat ini bersama dengan kami untuk memuji dan memuliakan namaMu. Tak lupa kami juga berdoa bagi saudara kami yang sedang berulang tahun atau ulang tahun pernikahan. Kiranya Engkau sajalah yang menyertai mereka di usia baru mereka. Sertai mereka dan jadikanlah mereka pribadi yang takut akan Engkau dan terus memuji dan memuliakan namaMu. Pakai mereka seturut dengan kehendakMu saja ya Bapa.

Bapa di Sorga, kami juga ingin berdoa bagi pelayanan gerejaMu di tempat ini. Kiranya Engkau sertai setiap kegiatan yang kami rencanakan, kiranya Engkau lancarkan an sertai. Kiranya setiap apa yang kami lakukan di tempat ini dapat menyenangkan hatiMu dan menjadi berkat bagi sesama. Kiranya juga Engkau sertai warga sekitar di tempat ini agar kiranya mereka dapat terus mendukung setiap kegiatan yang kami lakukan. Kami juga berdoa bagi para pelayanMu di tempat ini. Kiranya mereka dapat melayani Engkau dengan kesungguhan hati dan bukan karena paksaan. Biarlah apa yang mereka kerjakan dapat menyenangkan hatiMu dan dapat menjadi persembahan yang harum bagi hormat dan kemuliaan namaMu.

Tidak lupa juga Tuhan, kami berdoa bagi jemaatmu yang ada di tempat ini. Kiranya Kau memberikan kasih dan penyertaanMu selalu kepada kami semua. Berkati keluarga, pekerjaan bahkan pendidikan yang sedang kami tempuh. Bagi jemaat kami yang membutuhkan pekerjaan atau yang seang merindukan pasangan hidup, kiranya Engkau saja yang sertai dan berikan karena Engkau tahu apa yang kami butuhkan.

Kiranya Engkau juga memberkati bangsa dan negara ini. Engkau memberkati pemerintahannya mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah kiranya kuasaMu nyata di tengah-tengah pemimpin yang memimpin bangsa dan negara ini. Kiranya juga Engkau memberikan kedamaian dan keamanan kepada bangsa dan negara kami.

Ya Bapa, sebenarnya masih banyak doa dan permohonan yang ingin kami panjatkan kepadaMu. Namun kami tahu, Engkau terlebih dahulu mengetahui apa yang ingin kami sampaikan dan apa yang kami perlukan. Doa yang masih jauh dari kurang sempurna ini kami alaskan hanya di dalam namaMu saja. Dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa dan mengucap syukur, Amin.(Doa syafaat ini dapat pula diakhiri dengan Doa Bapa Kami).”

===

Itulah contoh Doa Syafaat ibadah Keluarga atau Rumah Tangga. Sebenarnya masih banyak yang bisa sobat doakan seperti orang tua keluarga tersebut, saudara saudaranya yang berada di luar daerah. Jika sobat sering di tunjuk untuk berdoa maka persiapkan bahan atau kerangak doanya seperti di atas supaya tidak kaget. Selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati.

Nah itu adalah contoh Doa Syafaat kristen Terbaru dan Terlengkap 2020, masih banyak yang perlu diperbaiki kata katanya karena saya masih tahap belajar. Sekedar saran dari saya apabila anda di suruh berdoa Syafaat jangan tolak karena tidak bisa. Yakinkan hati bahwa anda bisa melakukannya. Satu hal yang membuat saya dapat melakukannya adalah selalu Berdoa dan berserah sama Tuhan, datang ke setiap kegiatan Ibadah supaya kehidupan kita semakin diberkati.

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar