Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh, Baru Lahir, Sakit Parah (Lengkap)

Doa untuk Anak – Anak adalah harta yang paling berharga dalam keluarga, sehingga anak harus dijaga dan juga dididik untuk dapat memiliki sifat mandiri. Sebagai orang tua, Anda juga memiliki kewajiban untuk selalu berkata baik dan mendoakan kebaikan bagi sang anak.

Tentu saja keseluruhan doa dan usaha Anda akan sangat berpengaruh bagi masa depan anak. Ada banyak sekali doa yang dapat Anda lakukan demi kebaikan buah hati anak Anda.

DOA UNTUK ANAK SHOLEH

Anak akan selalu mencontoh perangai orang tuanya. Maka dari itu, Anda dan juga pasangan Anda harus selalu berusaha utnuk memberikan contoh berupa perilaku yang baik. Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk menceritakan berbagai macam kisah mengenai cerita Rasul dan Nabi. Hal tersebut, juga dapat sangat membantu dalam membangun karakter baik sang anak.

Selain dari memberikan contoh perilaku yang baik, anak juga harus senantiasa didoakan utnuk menjadi anak yang shaleh. Shaleh yang dimaksudkan bisa berupa rajin beribadah.

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

Selain dari doa tersebut juga terdapat doa lainnya, seperti doa untuk anak berperilaku sesuai dengan ajaran Islam. Doa tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Artinya:

“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.”

Doa tersebut harus terus-menerus diulang dan dilakukan setiap kali selesai sholat wajib lima waktu. Selain dari doa tersebut, sudah pasti bila Anda juga harus memahami pentingnya parenting. Ilmu mengenai cara menjadi orang tua yang baik dan mengajarkan banyak sekali pendidikan moral kepada anak dinamakan parenting.


DOA UNTUK ANAK DALAM KANDUNGAN

Pada saat seorang ibu sedang mengandung, maka dianjurkan untuk semakin memperbanyak doa. Hal tersebut dilakukan agar anak yang lahir dapat lahir dengan kondisi normal dan suatu saat akan tumbuh besar menjadi khalifah yang baik di muka bumi. Doa yang perlu untuk dibacakan oelh ibu yang sedang mengandung yaitu.

Artinya:
“Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”
Sedangkan bagi seorang ayah sudah pasti harus lebih banyak berdoa, agar pasangannya yang sedang hamil dan juga anak yang dikandungnya dapat selamat melalui proses persalinan dan juga lahir dengan kondisi yang sehat. Doa yang harus dibacakan oleh seorang ayah yaitu Al-Fatihah sebanyak 7 kali pada setiap sholat subuh.

Kemudian, ayah juga diharapkan untuk membaca surat Al-Hasyr atau yang biasa disebut dengan Alam Nasyroh dengan mengulangnya sebanyak 7 kali. Selain itu, seorang ayah juga diharuskan untuk membaca

Artinya:

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”


DOA UNTUK ANAK AGAR MEMILIKI KARAKTER YANG BAIK

Baik seorang bapak maupun ibu diharuskan utnuk selalu banyak berdoa agar anak dapat tumbuh besar menjadi seorang pemimpin baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang sesuai dengan ajaran Islam. Ingat bahwa kehidupan di dunia ini hanya sebentar saja, sehingga orang tua juga diharuskan untuk mengejar sisi akhirat dengan lebih bersungguh-sungguh.

Salah satu dari pahala yang terbesar yaitu membesarkan seorang anak untuk memiliki karakter yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Doa yang dipanjatkan tersebut berasal dari Al-Qur’an yang mana surat Al-Furqon ayat 74.

Artinya:

Artinya:Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.


DOA UNTUK ANAK BARU LAHIR

Anak yang baru saja lahir perlu untuk didoakan juga bagi para orang tua. Doa tersebut ditujukan agar sang anak terlindung dari berbagai macam godaan setan dan doa tersebut terdapat di Al-Qur’an sebagaimana dapat disimak sebagai berikut.

Artinya:

“Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai Dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”

Ada hadis yang berkaitan dengan pentingnya berdoa memohon perlindungan ini, karena setan akan menganggu setiap bayi yang baru lahir. Bayi tersebut akan ditusuk dengan menggunakan tangan setan, sehingga dia akan berteriak dan menangis akibat disentuh oleh setan. Hadis tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Arinya:

“Setiap bayi dari anak keturunan adam akan ditusuk dengan tangan setan ketika dia dilahirkan, sehingga dia berteriak menangis, karena disentuh setan. Selain Maryam dan putranya.” (HR. Bukhari 3431)


DOA UNTUK ANAK SAKIT

Orang tua pasti merasa sangat pusing apabila anak sedang menderita suatu penyakit. Tentu saja Anda sebagai orang tua harus segera sigap mengobati sang anak, agar dapat segera sembuh. Selain dari usaha yang maksimal, orang tua juga disarankan untuk berdoa memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Doa tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Artinya:

“Artinya: Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Baca Juga: Doa untuk Suami


DOA AGAR ANAK MENJADI CERDAS

Ada banyak makanan yang sebaiknya dihindari bagi anak-anak. Contohnya adalah makanan yang banyak mengandung pengawet sintetis, perisa, maupun pewarna. Keseluruhan dari zat kimia sintetis tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan sang anak yang mana juga akan dapat berdampak pada mneurunnya sistem kecerdasan otak.

Disarankan bagi orang tua untuk menggunakan hanya rempah-rempah yang alami saja. Selian itu, Anda bisa menambahkan berbagai asupan berupa protein nabati yang mana sangat baik bagi kecerdasan otak anak. Tak lupa juga, Anda juga perlu untuk secara rutin mengawasi cara belajar anak dan membantunya apabila ada pertanyaan yang tidak ia pahami. Selain itu, orang tua perlu untuk berdoa agar anak pintar.

Artinya:

“Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Tentu saja doa tersebut harus dibacakan secara rutin setiap kali selesai melaksanakan sholat. Dengan melaksanakan doa tersebut secara rutin, diharapkan untuk anak Anda dapat menjadi khalifah yang baik bagi masyarakat sekitar dan dapat turut berkontribusi dalam pembangunan negara suatu hari nanti. Selain dari doa tersebut, tersedia juga doa lainnya mengenai permohonan kecerdasan anak.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”.
Selain dari berdoa, Anda juga harus mengajarkan pentingnya keseimbangan antara kecerdasan akan ilmu pengetahuan dengan perkembangan agama. Setiap kegiatan dan perilaku sehari-hari yang dilakukan harus sesuai dengan apa yang diajarkan dalam agama Islam. Setiap pencapaian yang baik juga harus disertai dengan usaha atau cara yang baik juga.


DOA UNTUK ANAK TIDAK REWEL

Memberikan kasih sayang memang merupakan kewajiban bagi orang tua. Hanya saja kasih sayang tersebut adalah harus sesuai dengan takarannya, sehingga tetap dapat membuat sang anak menjadi anak yang mandiri.

Hanya saja pada saat masih bayi, terkadang bayi menajdi rewel atau sering menangis. Bagi Anda yang ingin membuat bayi Anda menjadi tenang, maka Anda dapat membacakan doa agar anak menjadi tenang.

Artinya:

“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Baca : Doa Ulang Tahun


KEUTAMAAN MEMBACA DOA UNTUK ANAK

Umat Islam dalam kehidupan sehari-hari memang diharuskan untuk selalu berdo’a dengan rajin. Tentu saja akan ada banyak sekali keutamaan yang didapatkan dengan rajin beribadah. Hal yang paling utama yaitu memohon keselamatan, rahmat Allah SWT, menghindarkan diri dari kemurkaan Allah SWT, Doa dapat mengubah takdir, dan sebagainya.

1. DOA DAPAT MEMBERIKAN KESELAMATAN

Ibu yang sedang mengandung adalah masa-masa yang krusial dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Pada saat tersebut, ibu menjadi sangat rentan dengan berbagai macam faktor yang tentu saja dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Dapat melahirkan dan membesarkan anak merupakan harapan bagi semua pasangan suami-istri. Maka dari itu, membaca doa itu sangat penting dilakukan baik oleh sang ayah maupun ibu. Bahkan setelah anak lahir dengan selamat, maka orang tua perlu untuk berdoa untuk anak tumbuh menjadi sholeh maupun sholehah.

Anak yang sholeh dan sholehah ini dapat menjadi tabungan kelak bila sudah meninggal, karena doa anak yang sholeh dan sholehah merupakan amal jariyah. Hal itulah yang mneyebabkan mengapa mendidik anak dan mendoakannya menjadi anak yang sholehah merupakan suatu kewajiban bagi orang tua.

2. DOA UNTUK DIBERIKAN RAHMAT KEPADA ANAK

Setiap umat Islam yang masih hidup harus selalu berusaha untuk mencari rahmat dari Allah SWT. Perolehan ini adalah dengan cara berdoa dan juga selalu berusaha untuk mengingat Allah di setiap kegiatan yang dilakukan. Rahmat yang diberikan kepada umat manusia akan dapat membuat dirinya merasa selalu tenang dan diberikan banyak sekali kemudahan dalam hidup ini.

Hal tersebut dapat diperoleh bagi orang yang menjalankan doa dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Selain itu, juga hal tersebut sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an dalam surat Al-A’raf ayat 55-56.

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf : 55-56)

Berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan juga mengenai adab pada saat sedang berdoa. Sebaiknya setiap umat Islam selalu berdoa dengan menggunakan adab yang benar, seperti berdoa dengan rasa rendah hati, dengan suara lembut, berdoa dengan rasa penuh takut apabila doa tidak diterima, dan berdoa dengan harapan agar dikabulkan.

Dalam doa tersebut juga terdapat peringatan bahwa manusia tidak boleh lalai dalam bersikap, sehingga harus selalu bersikap sesuai dengan ajaran Islam. Dilarang untuk melampaui batas, dan dilarang untuk membuat kerusakan di muka bumi. Dengan selalu menaati seluruh yang Allah perintahkan dan juga menjauhi larangan-Nya, maka orang tersebut akan dapat hidup dengan penuh rahmat dari Allah.

3. DOA MENGHINDARI DIRI DARI KEMURKAAN ALLAH SWT

Sebagai orang tua, Anda harus dapat mengajarkan dengan mencontohkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian dikala Anda marah, disarankan untuk tetap mengatakan hal yang baik dengan nada yang tegas. Orang tua juga dilarang untuk mengatakan bahwa anaknya bodoh maupun perkataan lain yang bersifat mendoakan yang tidak baik.

Selain dari mencontohkan perilaku yang baik, Anda juga dapat selalu berdoa agar terhindar dari kemurkaan Allah SWT. Anda juga diharuskan untuk berdoa, supaya anak Anda selalu diberikan hidayah maupun petunjuk. Banyak berdoa menunjukkan sikap yang rendah hati, sehingga berlaku pula dengan kebalikannya.

Bila seseorang sangat jarang sekali beribadah maupun berdo’a, orang tersebut harus selalu berhati-hati, karena bisa jadi Allah menjadi murka akibat perbuatan tersebut. Tentunya hal tersebut akan membuat hidup dari orang tersebut menjadi berantakan.

Hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi).

4. DOA DAPAT MENGUBAH TAKDIR

Anda pasti tahu apa itu yang disebut dengan keajaiban dan hal itu dapat terjadi dengan kombinnasi antara usaha yang maksimal dan juga doa yang sungguh-sungguh. Jadi bagi Anda yang bermimpi untuk memiliki anak yang menakjubkan, maka Anda dapat mencoba untuk terus mendoakan calon anak Anda semenjak berada di kandungan.

Dalam hidup ini, umat Islam sudah menyadari bahwa ada takdir yang memang sudah ditetapkan sebelum Anda lahir dan ada takdir yang dapat diusahakan untuk diubah. Takdir yang permanen sudah tidak dapat diubah dan sudah bawaan yaitu lahir dari keluarga seperti apa, apa agama orang tua, dan juga jenis kelamin.

Maka dari itu, bagi Anda yang sudah terlahir dari keluarga yang memang beragama Islam, banyak-banyak bersyukur. Sedangkan bagi anak yang tidak dilahirkan dalam kondisi keluarga yang muslim diharapkan utnuk selalu mencari kebenaraan dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya, sehingga bisa memahami bahwa agama yang paling benar adalah Islam dan Tuhan itu hanyalah Allah SWT.

Sebagai orang tua, Anda beserta dengan pasangan Anda pasti menyadari bahwa akan ada masalah di setiap langkah kehidupan yang dijalani. Tak jarang, Anda atau pasangan Anda melakukan kesalahan atau berbuat dosa baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Apabila Anda atau pasangan tidak segera introspeksi, maka dosa tersebut benar-benar dapat menghalangi rejekinya. Maka dari itu, sebagai orang tua dianjurkan untuk sering melakukan introspeksi diri dan juga perbanyak berdoa serta berbuat kebaikan. Hal ini juga disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW.

“Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

Baca : Asmaul Husna

Demikianlah artikel tentang Doa untuk Anak dari Irwin Day, Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, Bila ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan silahkan tanyakan melalui komentar dibawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.