Kumpulan Doa untuk Suami Beserta Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa untuk Suami – Menjalani kehidupan rumah tangga bukanlah perkara mudah. Diperlukan komitmen antara suami dan istri untuk membangun keluarga yang harmonis. Selain cinta, kekuatan doa juga bisa mempengaruhi kehidupan dalam berumah tangga. Oleh karena itu, suami istri harus saling mendoakan agar rumah tangga sakinah, mawaddah, wa rahmah bisa terwujud.

Seorang suami harus mendoakan kebaikan untuk istrinya. Sebaliknya, seorang istri juga harus mendoakan sang suami agar senantiasa diberi petunjuk untuk dapat membimbing keluarga menuju jalan yang dirahmati oleh Allah. Selain itu, penting juga bagi istri untuk mendoakan suami agar senantiasa mampu mencari rezeki halal demi menafkahi keluarga.

DOA UNTUK SUAMI TERSAYANG

Jika Anda adalah seorang istri yang menyayangi suami, sudah pasti Anda akan mendoakan suami setiap saat. Doa-doa yang tulus akan didengar dan diijabah oleh Allah. Mungkin Anda bertanya, doa seperti apa yang baik untuk suami? Apakah ada amalan doa khusus yang harus dibaca untuk kebaikan suami sebagai kepala rumah tangga?

Pada dasarnya, tidak ada dalil khusus mengenai doa khusus seorang istri kepada suami. Anda dapat mendoakan kebaikan untuk suami dengan berbagai macam doa-doa umum misalnya doa kebaikan dunia akhirat dan sebagainya. Anda juga bisa berdoa menggunakan bahasa Indonesia dengan kata-kata yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ketika tidak ada suatu dalil khusus yang mengatur suatu amalan doa, hal ini berarti Anda mempunyai keleluasaan dalam memanjatkan doa. Meskipun demikian, ada beberapa orang atau golongan yang mengamalkan beberapa do’a tertentu yang dipercaya dapat digunakan untuk mendoakan suami. Berikut ini beberapa contoh doa yang sering dibaca oleh istri untuk suami.

1. DOA KEBAIKAN DUNIA AKHIRAT

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzabannar

Artinya: Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Doa ini merupakan contoh doa yang cukup umum karena mencakup seluruh kebaikan di dunia dan di akhirat. Kebaikan di dunia meliputi banyak hal, salah satunya adalah suami yang baik, sholeh, rajin bekerja, mencintai istri, dan lain sebagainya. Sedangkan kebaikan di akhirat bisa meliputi dapat dikumpulkan kembali bersama dengan suami layaknya di dunia.

Doa tersebut merupakan salah satu amalan yang sangat mudah untuk dilafadzkan setiap harinya. Anda bahkan sudah sangat hafal dengan doa kebaikan dunia dan akhirat. Dengan rutin mengamalkan doa tersebut, semoga Allah melimpahkan kebaikan untuk keluarga Anda di dunia dan di akhirat.

2. DOA MEMOHON AMPUNAN DAN KASIH SAYANG

اللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَ ارْحَمْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِي وَ ارْزُقْنِيْ

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa ‘aafini, warzuqni.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku, dan berikanlah rezeki kepadaku.

Doa tersebut juga termasuk doa yang lengkap karena Anda telah meminta ampunan, kasih sayang, dan rezeki. Salah satu bentuk rezeki dari Allah adalah suami yang baik dan sholeh. Dalam makna lain, doa dari istri dapat membantu suami dalam mendapatkan rezeki untuk keluarga. Selain itu, Anda juga memintakan ampunan beserta petunjuk kepada Allah.

3. BERDOA MENGGUNAKAN KATA-KATA SENDIRI

Sebagaimana telah disebutkan di atas, doa tidak harus dilafadzkan dalam bahasa Arab. Anda tetap dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk mendoakan kebaikan bagi suami Anda. Berikut ini beberapa contoh doa dalam bahasa Indonesia yang bisa Anda panjatkan teruntuk suami tersayang:

– Ya Allah, aku pasrahkan suamiku kepada-Mu. Bimbinglah ia dalam setiap langkahnya, biarkan dia selalu dalam penjagaanMu, mudahkanlah dan lapangkanlah jalannya dalam mencari rezeki untuk keluarga kami. Ringankanlah beban di pundaknya. Cukupkanlah karunia-Mu kepada kami dan jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang bersyukur.

– Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Rezeki. Limpahkanlah kebaikan bagi suamiku yang telah bekerja keras mencari rezeki. Berkahilah setiap usahanya. Gantilah setiap tetes peluhnya dengan pahala kebaikan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami.


DOA UNTUK SUAMI YANG BEKERJA

Bekerja mencari nafkah merupakan kewajiban seorang suami. Meskipun demikian, seorang istri wajib membantu dengan memberikan dorongan semangat dan mendoakan kebaikan untuk suami. Doa seorang istri kepada suami merupakan sebuah kebaikan sehingga sudah sepantasnya lidah seorang istri tidak pernah kering dari mendoakan sang suami yang telah bekerja keras menafkahi keluarga.

1. DOA MEMINTA REZEKI YANG BAIK

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.

Tujuan suami bekerja adalah untuk mencari nafkah yang halal dan berkah. Dengan rezeki yang didapatkan dari jalan yang baik, keluarga dapat tumbuh menjadi keluarga yang harmonis dan penuh dengan ketenteraman. Sebagai seorang istri, sudah seharusnya Anda membantu suami dalam mendapatkan rezeki yang halal dan thayyib. Doa di atas menjadi salah satu doa yang bisa diamalkan setiap pagi.

Selain meminta rezeki yang baik, doa ini juga mengandung permintaan lain yaitu ilmu yang bermanfaat dan amal yang diterima. Karena banyaknya permintaan dalam doa ini, bisa dikatakan bahwa doa ini dapat dibaca untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Suami dan istri dianjurkan untuk membaca doa ini selepas shalat Subuh setiap harinya.

2. DOA AGAR DIKARUNIAI HARTA BERKAH

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَاِلي(لَنَا) وَوَلَدِي (نَا) وَبَارِكْ لي (لَنَا) فِيهِ

Allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi

Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

Seorang istri sepatutnya sadar bahwa suami mencari nafkah tidak hanya berdasarkan jumlah atau nominalnya saja. Ketika seorang istri menyadari hal ini, dia tidak akan menuntut terlalu banyak kepada suami. Sikap ini juga menimbulkan sifat qonaah pada diri istri sehingga menerima berapapun nafkah yang diberikan oleh suami.

Rezeki yang berkah bukanlah rezeki yang banyak jumlahnya. Namun, rezeki yang berkah adalah rezeki yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, keberkahan membuat semuanya terasa cukup dan anggota keluarga merasa tenteram karenanya.

Ketika seorang istri mendoakan keberkahan rezeki untuk suami yang bekerja, Allah akan memberikan kemudahan agar suami bisa mendapatkan nafkah yang halal dan berkah. Secara tidak langsung, istri membantu suami dalam mencari rezeki yang baik dan berkah untuk seluruh anggota keluarga.

3. DOA AGAR TERHINDAR DARI HARTA HARAM

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Artinya: Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

Doa tersebut berisi permintaan agar dicukupkan dengan harta yang halal dan dihindarkan dari harta haram. Seorang istri wajib mendoakan suami agar selalu berada di jalan kebenaran ketika mencari nafkah sehingga terhindar dari harta yang haram. Harta haram sangat berbahaya apabila masuk ke dalam keuangan keluarga, apalagi jika sampai masuk ke alirah darah keluarga Anda.

Harta haram mengotori seluruh harta yang Anda miliki sehingga harus dibersihkan dengan sedekah. Selain itu, memakan harta haram juga menghalangi terkabulnya doa yang Anda panjatkan. Tentu saja Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karena itu, selalu doakan suami Anda agar terhindar dari mencari harta yang tidak halal.


DOA UNTUK SUAMI YANG JAUH

Bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami, ini memang merupakan perkara yang tidak mudah. Diperlukan kesabaran ekstra agar hubungan baik antara suami dan istri tetap terjaga. Selain komunikasi rutin, Anda juga perlu memperkuat jalinan cinta dengan doa-doa yang tulus dan ikhlas. Doa seorang istri kepada suami akan diijabah oleh Allah.

Selain beberapa amalan doa yang bisa Anda praktekkan di atas, jangan lupa untuk membaca doa di bawah ini terutama jika suami tinggal berjauhan.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Doa tersebut merupakan bentuk kepasrahan seorang istri agar Allah senantiasa menjaga dan melindungi suami dari berbagai godaan dan marabahaya di manapun dia berada. Ketika membaca doa ini, istri bisa merasa tenang karena telah menitipkan suaminya pada sebaik-baik Dzat, Sang Pencipta, dan Sang Pemilik.

Dengan melafadzkan doa tersebut, diharapkan Allah sentiasa melindungi, menjaga, dan membimbing suami Anda. Meskipun dia berada jauh dari Anda, dia akan merasa dekat karena suami istri sama-sama berada dalam perlindungan Allah.


AMALAN KETAATAN KEPADA SUAMI

Mendoakan suami merupakan salah satu bentuk ketaatan seorang istri kepada suami. Setelah suami mengucapkan qabul, bakti dan ketaatan seorang wanita berpindah kepada suaminya. Dialah yang paling berhak untuk ketaatan sehingga seorang istri harus menyadari hakikat ini.

Selain mendoakan kebaikan bagi suami, ada beberapa bentuk ketaatan lain yang harus selalu diingat oleh seorang istri. Dengan memperhatikan hal tersebut, keluarga sakinah mawadah dan rahmah bukanlah mustahil untuk digapai. Berikut ini beberapa bentuk ketaatan seorang istri terhadap suami:

1. MENYAMBUT KETIKA DIAJAK BERHUBUNGAN BIOLOGIS

Seorang istri yang taat selalu menyambut baik ajakan suami untuk berhubungan biologis. Tanpa perlu berlama-lama atau memasang wajah yang tidak senang, seorang istri seharusnya melayani suami dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, suami akan merasa senang dan tenang sehingga tidak akan tergoda oleh wanita lain di luar sana.

2. MENUTUP AURAT KEPADA SELAIN MAHRAM

Sebagai salah satu bentuk ketaatan seorang istri adalah menjaga diri dan kehormatannya. Saat bepergian, dia harus mampu menutup aurat dengan pakaian yang syar’i sehingga menghalangi pandangan-pandangan liar untuk melihat keindahan tubuhnya. Ini merupakan suatu kebaikan agar suami tidak merasa cemburu, selain juga menyelamatkan pandangan kaum muslim.

3. TIDAK BERPUASA SUNNAH KECUALI DENGAN IZIN SUAMI

Dalam salah satu hadist Rasulullah, seorang istri tidak diperkenankan melakukan puasa sunnah apabila tidak diizinkan oleh suaminya. Hal ini dikarenakan apabila suami ingin dilayani, seoarng istri harus segera memenuhi panggilan tersebut. Apabila sang istri berpuasa, maka hasrat suami tidak bisa tersalurkan sehingga mungkin menimbulkan maksiat yang lebih besar.

4. TIDAK MENGIZINKAN ORANG LAIN MASUK TANPA IZIN SUAMI

Hal satu ini mungkin disepelekan oleh istri zaman sekarang. Seorang istri sepatutnya tidak mengizinkan lelaki lain masuk rumah tanpa izin suami atau ketika suami tidak berada di rumah. Tidak mengapa Anda menemui tamu tersebut di luar dan menyampaikan keperluan di teras rumah agar tidak terjadi fitnah atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca : Doa Nurbuat


HADIST TENTANG SUAMI

Islam mengatur pernikahan, rumah tangga, dan hubungan suami-istri dengan menyeluruh. Dengan aturan-aturan tersebut, Anda bisa menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis sehingga bisa mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Terkait peran suami dalam rumah tangga, Islam menyebutkan bahwa suami (lelaki) merupakan qowwam atau pemimpin dalam rumah tangga. Sebagai pemimpin, sudah selayaknya dia melindungi dan memimpin keluarga. Sudah selayaknya pula dia ditaati oleh istri dan anak-anaknya. Berikut ini beberapa dalil hadist mengenai suami untuk selalu diingat.

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ ِلأَحَدٍ َلأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

Artinya: Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya.

Hadist tersebut mengandung makna bahwa seorang istri wajib tunduk dan patuh kepada suami. Hal ini diibaratkan dengan istilah “sujud” yang merupakan bentuk ketundukan. Namun hadist tersebut tidak menyuruh seorang istri bersujud kepada suami karena hal ini merupakan perkara yang dilarang (haram) karena sujud seharusnya hanya ditujukan kepada Allah Sang Pencipta.

Seorang istri sepatutnya taat dan patuh kepada suami, terutama dalam hal-hal yang ma’ruf. Misalnya, istri menurut apabila diajak berjima’, diperintahkan untuk shalat, mengaji, pergi ke majelis ilmu, memakai pakaian syar’i, dan berbagai perintah lainnya. Selama tidak bertentangan dengan syariat, maka wajib bagi seorang istri untuk mentaati perintah suami.

Hal ini sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَّنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ

Apabila seorang isteri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.

Seorang istri juga harus menjaga hubungan baiknya dengan suami. Bertutur kata dengan lembut, bersikap baik, bermuka manis, dan lain sebagainya merupakan perkara yang mampu menjaga hubungan baik terhadap suami karena ridho suami merupakan pembuka pintu surga bagi istri. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah:

فَانْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإِنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ.

Perhatikanlah bagaimana hubunganmu dengannya karena suamimu (merupakan) Surgamu dan Nerakamu.

Baca : Doa Penenang Hati


KEUTAMAAN MEMBACA DOA UNTUK SUAMI

Membaca doa untuk suami mempunyai berbagai keutamaan. Selain menunjukkan bakti dan ketaatan terhadap suami sebagai pembuka pintu surga bagi istri, mendoakan suami juga bisa membuka rahmat Allah. Hal ini bisa mewujudkan keluarga yang sakinah seperti yang Anda impikan.

Selain itu, mendoakan suami juga bisa menjadi pendorong kesuksesan dunia dan akhirat bagi seorang suami. Allah akan mengijabah doa tulus dan ikhlas dari seorang istri. Allah akan membukakan pintu rezeki bagi suami yang bekerja keras serta istri yang senantiasa mendukung dengan doa.

Baca : Asmaul Husna

Demikianlah artikel tentang Doa untuk Suami dari Irwin Day, Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, Bila ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan silahkan tanyakan melalui komentar dibawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.