Fakta Vaksin Covid-19 Yang Beredar di Indonesia

vaksin corona di indonesia

Jika kita berbicara mengenai virus covid-19 rasanya tiada habisnya. Sudah lama sekali virus tersebut beredar di Indonesia. Hingga kita sebagai masyarakat harus berhati-hati dengan selalu mengenakan masker kemana pun perginya. Selain itu kebiasaan cuci tangan pun perlu diterapkan. Tak jarang banyak dari mereka mengkonsumsi vitamin yang mampu menjaga daya tahan tubuhnya. Kini vaksin covid-19 yang beredar di Indonesia sedang menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat.

Apalagi penangkal virus ini sangatlah dinantikan oleh masyarakat demi memberantas pandemi covid-19. Kini pemerintah Indonesia pun melakukan sebuah uji coba vaksin yang berasal dari China milik dari Sinovac Biotech. Uniknya ada pula sebuah rencana untuk mengimpor vaksin.

Kebeberadaan vaksin covid-19 ini harapannya bisa memberantas adanya virus yang membahayakan ini. Apalagi virus tersebut rasanya sudah mematikan berbagai aspek kehidupan. Jika tidak segera di tangani maka perekonomian pun semakin lemah. Bahkan masyarakat masih dibayangi adanya virus tersebut.

Fakta yang terbaru terkait vaksin Covid-19

Konon ada berbagai macam fakta terbaru yang harus anda ketahui dari kehadiran vaksin corona ini. Tentu saja dari fakta tersebut kita bisa mengerti banyak hal yang mungkin belum diketahui. Jika penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

1. Vaksin tiba sekitar bulan November

Kabarnya kandidat dari vaksin covid-19 yang berasal dari ketiga perusahaan sudah memasuki tahapan akhir melakukan uji klinis tahap yang ketiga. Dimana jumlah vaksin yang sudah disanggupi setiap perusahaan sangatlah beragam.

Semua memang bergantung pada kapasitas produksinya sekaligus komitmen terhadap pembeli lainnya. Tahun ini Cansino sudah sanggup memberikan 100,000 vaksin covid-19 tepatnya bulan November 2020. Sedangkan untuk tahun 2021 sudah dipersiapkan sekitar 15 sampai dengan 20 juta.

Konon Sinopharm sudah sanggup memberikan 15 juta dosis vaksin tahun ini sedangkan yang 5 juta lagi bakalan dimulai pada bulan November 2020. Pada tahun 2021 mereka pun bersedia menyediakan 50 juta dual dose, single dose Cansino sebanyak 20 juta bahkan 125 juta Sinovac dual dose.

2. Harga dari vaksin covid-19

Terkait dengan permasalahan vaksin covid-19 yang beredar di Indonesia. Maka pemerintah kini melakukan sebuah koordinasi bersama lembaga dunia yang memproduksi vaksin. Salah satunya tentu saja G42 Uni Emirat Arab. Kabarnya Kimia Farma bersama Negara Timur Tengah sudah menjalin kerjasama menghadirkan 10 juta dosis vaksin pada akhir tahun 2020 ini.

Bahkan G42 pun juga berusaha menjalin kerjasama untuk memperoleh akses. Hingga akhirnya mampu memperoleh akses sekitar 60 hingga 110 juta vaksin. Menariknya lagi pemerintah sekarang ini juga menjalin suatu kerjasama dengan Sinovac Biotech, Gavi, AstraZeneva maupun CEPI agar mampu mempabrikasi vaksin. Biasanya untuk setiap jenis vaksin diberikan harga yang berbeda-beda. Melalui CEPI maupun Gavi memberikan harga sekitar USD 3 hingga 5.

Sedangkan Sinovac konon memberikan harga USD 10 hingga 20. Apabila kita rupiahkan maka nilai tukarnya 14.870 per dolar AS. Jadi harga vaksin yang paling murah biasanya berkisar Rp 44.610 sampai dengan Rp 297.400. Dari sini anda bisa membeli salah satu vaksin yang sesuai dengan budget. Setidaknya jika kita melihat harganya memang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Artikel terkait: Doa Kristen Agar Terhindar Dari Virus Corona

3. Hadirnya enam vaksin covid-19

Perlu anda ketahui ternyata vaksin covid-19 yang beredar di Indonesia terdiri atas 6 vaksin. Dimana keenamnya memang sudah dipergunakan di Indonesia. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Keenam vaksin tersebut berhasil diproduksi oleh PT Bio Farma. Dimana jenisnya meliputi:

  • China National
  • AstraZeneca
  • Moderna
  • Sinovac Biotech Ltd
  • Pflzer Inc
  • BioNTech.

Sudah seharusnya masyarakat tidak pilih-pilih dengan beberapa vaksin yang telah diedarkan. Semuanya sudah melalui uji klinis dan semoga saja mampu mengatasi virus covid-19 meskipun memiliki efek samping. Harapannya semoga saja masyarakat tidak melihat mereknya tetapi lebih kepada prinsipnya.

Dengan hadirnya beberapa fakta terbaru mengenai vaksin covid-19 ini pastinya pemahaman kita semakin meluas. Sebetulnya kini sudah tersedia layanan konsultasi secara online mengenai kesehatan yang bisa kita akses dari Halodoc. Dari situ kita bisa melakukan beragam konsultasi terkait permasalahan kesehatan, jadi jika suatu ketika anda merasakan adanya tanda yang mendekati terjangkitnya virus covid. Setidaknya anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Setelah itu barulah datang langsung ke dokter supaya mampu memeriksakan kondisi kesehatan tubuh.

Tak bisa dipungkiri lagi jika virus covid-19 ini sangatlah membahayakan bahkan sampai dengan saat ini masih meresahkan masyarakat. Ada baiknya kita terus berhati-hati dan tetap mengenakan masker agar terhindar dari virus covid-19. Selain itu anda yang ingin mempergunakan vaksin covid-19 tadi usahakan untuk tidak memilih pilih-pilih. Karena semua vaksin sengaja dihadirkan demi memberantas adanya virus covid-19.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Share :      

Tinggalkan komentar