30+ Font Bagus dan Terbaik untuk Desain Banner dan Undangan

Font untuk Desain Banner dan Undangan – Font adalah jenis tulisan yang menentukan baik tidaknya hasil sebuah desain. Banyak sekali bentuk Font yang bisa anda miliki dengan berbagai bentuk dan jenisnya. Saat anda membuat desain Banner atau Baleho yang akan di cetak maka dibutuhkan sebuah tulisan yang enak dilihat dan mudah dibaca. Bukan hanya desain gambarnya saja yang menentukan hasil desain tersebut tetapi pemilihan jenis font juga sangat menentukan.

Font untuk Desain Banner dan Undangan
Font untuk Desain Banner dan Undangan

Penggunaan Font atau Jenis tulisan ini bukan hanya digunakan pada media komputer saja tetapi bisa anda gunakan pada handphone anda. Untuk menghilangkan rasa kebosanan dengan melihat jenis tulisan itu itu saja maka menganti jenis font dapat merangsang kita untuk menikmati tampilan yang baru. Ini menjadi daya tarik tersendiri saat kita menulis SMS, melakukan chat di media sosial ataupun membaca sebuah ayat Alkitab.

Baca juga : Cara membuat gambar GIF secara online dengan situs Freegifmaker.me

Saya memiliki sebuah percetakan undangan dimana pelanggan memiliki selera berbeda beda mulai jenis tampilan undangan sampai dengan jenis tulisan font yang digunakan. Ada yang hanya suka dengan jenis tulisan sederhana tetapi mudah dibaca seperti Arial dan Times New Roman tetapi ada juga yang menyukai jenis font rait yang unik.

Untuk mendapatkan jenis Font tersebut anda bisa mengunjungi sebuah situs yang menyediakan banyak sekali jenis Font yang anda ingginkan. Berikut adalah cara lengkap mulai mendonlowad Font sampai dengan menginstal atau meletakkan Font di aplikasi Komputer anda dengan mudah. Ikuti setiap tahap yang saya buat dibawah ini.

Rekomendasi Font untuk Desain Banner dan Undangan

Terus berkembangnya teknologi digital saat ini mempermudah kita dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan, termasuk dalam bidang grafis. Bertambahnya minat warganet untuk menjadi seniman grafis merupakan salah satu bukti.

Artinya, semakin banyak karya seni yang dihasilkan, contohnya font cantik yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma seperti jenis font berikut ini.

1. Handwritten

font handwritten
font handwritten

Jenis font yang pertama yaitu Handwriten. Font ini sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol.

Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

2. Slab Serif

slab serif jenis font
slab serif jenis font

Kalau kamu menyukai varian font serif, makan slab serif merupakan salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar.

Kesan yang ditampilkan cukup sederhana namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan.

3. Color Font

color font
color font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya.

Font jenis ini seringkali dipergunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria dan dan menghibur.

4. Victorian Parlor

victorian parlor
victorian parlor

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi dan perpaduan yang klasik dan unik membuatnya disukai oleh desainer grafis.

Karena bentuknya yang fleksibel, kamu bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

5. Aurora Script

font aurora script
font aurora script

Script dibuat seperti tulisan tangan yang menyerupai kaligrafi kuno dengan lekukannya yang indah. Perpaduan font Aurora Script dengan bingkai dekoratif semakin mempertegas karakternya.

Secara umum, font ini dapat menciptakan tampilan desain yang mewah dan elegan.

6. Vintage

7. Blackletter

font black letter
font black letter

Font yang satu ini termasuk dalam kategori Old School. Untuk penggunaannya sendiri akan kamu banyak temui pada desain cover album band musik metal ataupun band rock.

Ciri khas dari font ini yaitu hurufnya yang tebal, terdapat aksen atau motif pada bagian hurufnya seperti graffiti.

8. Brooklyn

font brooklyn
font brooklyn

Brooklyn merupakan jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang tidak terlalu rumit.

Font ini memiliki karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarat pada setiap hurufnya.

9. Sans Serif

sans serif
sans serif

Tentu Sans Serif merupakan font yang paling banyak digunakan dalam desain grafis. Selain jenisnya yang cukup banyak, font serif juga dapat menyatu dengan gambar desain apa pun.

Jenis huruf sans serif memiliki tepi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris yang membuatnya fungsional dan mudah dibaca.

10. Serif

serif font
serif font

Keluarga font Serif yang terakhir memiliki karakter minimalis dalam gaya reguler, tipis dan tebal. Ini adalah font serif dengan garis proyeksi atau ikal di ujung huruf.

Serif adalah tipografi modern dengan variasi serif dan sans serif. Font yang elegan dan ringan dengan detail desain yang halus.

11. Koliko

koliko
koliko

Koliko merupakan font yang memiliki karakter Latin dan Cyrillic dengan pilihan gaya reguler, tipis, dan tebal. Font ini masih keluarga sans serif geometris dengan struktur bersih dan cocok digunakan untuk headline berita utama yang tebal.

Download font ini di Behance.

12. Polya

font polya
font polya

Font Poyla terinspirasi dari jaring poli-poli, yaitu jala untuk pemodelan komputer 3D. Adrien Coquet mendesain font ini dengan bentuk tebal dan tampilan yang ringan. Kamu bisa mendapatkan font Polya secara gratis.

Download font ini di Behance.

13. Modeka

font modeka
font modeka

Kamu bisa menggunakan font keren dari Gatis Vilaks ini secara gratis. Modeka adalah font ringan dengan desain elegan yang menggabungkan sudut dengan detail yang membulat. Hasilnya terlihat antara bagian masing-masing elemen dengan persimpangan set karakter font itu sendiri.

Download font ini di Behance.

14. Reckoner

font reckoner
font reckoner

Desain font Reckoner yang terinspirasi dari tipografi industri populer sans serif dengan sentuhan modern dibuat oleh Alex Dale, yang merupakan graphic designer berbakat. Jika dilihat, desain font ini tetap menjaga dasar-dasar font tradisional.

Download font ini di Behance.

15. Stoked

font stoked
font stoked

Marie-Michelle Dupuis adalah seorang desainer yang merancang Stoked, jenis huruf serif. Ia mengatakan bahwa font ini diselamatkan dengan cinta setelah penolakan lima logo dengan huruf kustom ini.

Download font ini di Behance.

Itulah 15 jenis font terbaik untuk desain grafis yang bisa kamu unduh (download) secara gratis. Tambahan lagi, kamu juga bisa menggunakan jasa freelance terbaik di Fastwork untuk membuat desain kemasan produk yang menarik, desain banner yang kreatif, hingga membuat desain logo menggunakan font keren seperti di atas.

Download FONT yang di inginkan

Untuk mendapatkan jenis Font yang di ingginkan silahkan anda berkunjung ke DAFONT.COM dan pilih sesuai selera anda. Banyak sekali pilihan Font yang bisa anda donlowad dengan mudah. Ratusan bahkan ribuan jenis font yang bisa anda miliki dengan cuma cuma. Untuk mendonlowadnya silahkan lihat di samping kanan tombol donlowad seperti tampilan gambar dibawah ini.

Font untuk Undangan
Font untuk Undangan

 

Cara memindahkan Font ke Komputer

Cara menginstal font yang sudah kita donlowad sangatlah mudah. Tetapi bagi anda yang tidak terbiasa maka cukup kesulitan untuk memindahkan font ke komputer. Silahkan anda copy Font yang sudah di donlowad tadi dengan file TTF (TrueTypeFont). Silahkan anda buka Local Disc (C), Pilih Windows, terakhir buka Folder Fons dan pastekan Font yang anda copy tadi.

Cara instal Font di komputer
Cara install Font di komputer

Jika kedua cara di atas sudah anda lakukan maka FONT sudah bisa anda pakai di aplikasi apapaun pada komputer atau laptop anda. Seperti Software atau Aplikasi Corel Draw, PhotoShop, Microsoft Office Exel, Word, Publisher, Power Point ataupun aplikasi lainnya. Selamat mencoba semoga anda mendapatkan Font yang anda ingginkan dan dapat mendesain dengan sebuah tulisan yang baik.