Kerjasama Pengadaan Software Awari – Microsoft

Awari menjalin kerjasama dgn Microsoft untuk pengadaan software (Windows dan Office) khusus untuk warnet dengan harga jauh di bawah pasar.
Pesryaratan untuk memperoleh software tersebut adalah:

  1. Data warnet yg sudah atau akan diberikan ke Awari dalam bentuk formulir anggota adalah data sebenarnya yang akan divalidasi ulang. Permintaan software ( Windows dan Office) khusus untuk warnet hanya akan dipenuhi sesuai dengn data yg telah divalidasi
  2. Melunasi kewajiban iuran anggota sekurangnya selama 1 tahun (berlaku surut dan akan divalidasi)
  3. Menandatangani perjanjian untuk pengadaan software ( Windows dan Office) khusus untuk warnet Berikut adalah penjelasan mengenai lisensi yang ditawarkan dalam program kerjasama Awari – Microsoft (GGWA) dan yang biasa digunakan di warnet (OEM)

1. OEM (Original Equipment Manufacturer)

OEM adalah lisensi yang melekat pada PC atau terinstall pada PC baru.  Jenis lisensi ini seharusnya dijual preinstalled bersamaan dengan PC baru dan tidak diperbolehkan untuk dijual tersendiri/terpisah (stand alone). Tetapi pada kenyataannya banyak yg menjual terpisah.
Jenis lisensi ini tidak dapat di transfer ke PC lain, karena pada saat aktivasi terekam jenis prosesor dan mainboard. Jadi apabila terjadi penggantian prosesor dan mainboard, maka lisensi ini tidak berlaku lagi. Untuk PC branded lisensi tersedia dalam 1 paket (bundle) dengan  PC (workstation atau notebook) baru. Kepemilikan lisensi ditandai dengan product key dalam bentuk COA (Certificate of Authenticity)  yang tertempel di CPU atau pada dasar notebook.

2. GGWA (Get Genuine Windows Agreement)

GGWA adalah lisensi yang diperuntukkan bagi end user yang mempunyai sudah Operating System Microsoft tapi belum legal (berlisensi). Tak seperti halnya OEM, GGWA dapat dibeli terpisah tanpa bundling dgn PC (workstation atau notebook) baru. Seperti halnya OEM, lisensi ini melekat pada PC yang akan diinstal dan tidak dapat ditransfer ke PC lain..

Jumlah pemesanan minimum 5 licenses (media diberikan secara terpisah) dan tidak dilengkapi dengan COA, sebagai gantinya pemesan akan menerima konfirmasi secara online melalui e-mail.

Serial number dari produk GGWA didapatkan dengan mengirim e-mail ke ke seapa@microsoft.comdengan menyebutkan detail agreement yang diterima warnet melalui Awari. Microsoft akan membalas e-mail tersebut dengan menuliskan serial number dari produk GGWA yang telah dibeli.

Contoh e-mail ke seapa@microsoft.com

Program : Get Genuine Agreement

Customer name : Warnet Rame Terus
Reseller : Awari
Agreement Number : 123456789

Part Number : XYZ-123456789
Product Description : Microsoft Windows XP Pro Get Genuine Windows Agreement
Quantity Ordered : 12

GGWA saat ini hanya menyediakan lisensi Windows XP Professional. Diberikan pula kesempatan untuk mengupgrade ke Windows versi terbaru (sekarang ini Vista) melalu fasilitas Software Assurance (SA) dalam jangka waktu 90 hari setelah tgl. pembelian. Software Assurance diperoleh secara terpisah dari GGWA.

Berapa harga dari GGWA Awari – Microsoft belum dapat dipastikan sekarang karena masih dalam taraf negosiasi sampai harga serendah-rendahnya. Tapi yang sudah dapat dipastikan adalah harga  lebih murah dari OEM dan juga GGWA yang pernah ditawarkan dalam salah satu acara Awari bulan November 2008.

GGWA melalui kerjasama Awari dengan Microsoft hanya diperbolehkan 1 kali order per warnet.