KOPI BLOCKCHAIN | Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain

Kopi Blockchain, Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain
Kopi Blockchain, Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain

KOPI BLOCKCHAIN: Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain

Kopi adalah sejenis minuman yang memiliki aroma khas berkandungan kafein dan antioksidan, minuman ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan tanpa batasan usia. Pada zaman modern seperti sekarang ini, kopi tidak hanya digunakan sebagai penghilang kantuk saja melainkan juga aset crypto komoditas digital. Istilah ini dikenal dengan nama kopi Blockchain, komoditas kopi berbasis teknologi Blockchain.

Jika dilihat dari kacamata dunia, Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi setelah Brazil. Setahun silam saja, total produksi biji kopi di Indonesia berkisar 725.000 ton, total produksi tersebut bersumber dari variasi kopi yang ditanam di berbagai daerah Indonesia seperti kopi Bengkulu, Lampung, Aceh Gayo, Temanggung, Madiun dan sebagainya.

Kopi Bengkulu menjadi salah satu penyumbang kopi terbesar di Indonesia bersama dua daerah lainnya yakni Lampung dan Sumatera Selatan. Kopi Bengkulu didominasi oleh kopi Robusta dan Arabikam, dua jenis kopi tersebut cukup potensial untuk dikembangkan seperti halnya dengan memanfaatkan fenomena teknologi digital terbaru Blockchain.

Apa Itu Kopi

KOPI
KOPI

Kopi merupakan sejenis minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi, hingga saat ini kopi telah menjadi salah satu komoditas dunia bahkan mencakup lebih dari 50 negara. Indonesia termasuk ke dalam negara komoditas tersebut yang memiliki dua jenis biji kopi populer yaitu Robusta dan Arabika, salah satu penghasil kopi Robusta dan Arabika terbanyak di Indonesia adalah Bengkulu.

Kopi tersebut dirasa cukup potensial untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Lahan bisnis yang dimaksud ialah kopi Blockchain, komoditas kopi berbasis teknologi Blockchain. Kopi ini merupakan salah satu wujud digital dari suatu komoditas kopi fine robusta, kopi ini memungkinkan setiap pemilik token kopi untuk menukarkan dengan 1 kilogram kopi Robusta asli Bengkulu.

Hal ini mengingat bahwa meskipun saat ini fenomena kopi tengah merebak dan cenderung digandrungi banyak orang, namun kesejahteraan petani kopi belum sepenuhnya baik. Maka dari itu, inovasi terbaru dari teknologi semacam ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dari para petani kopi yang ada di Indonesia.

Apa Itu Blockchain

Blockchain
Blockchain

Saat ini teknologi komputer berkembang begitu pesat, perkembangan tersebut telah berhasil membawa Indonesia pada era yang lebih cepat daripada sebelumnya, khususnya teknologi komputer yang melibatkan internet. Tidak hanya membuat segalanya menjadi lebih cepat, internet juga dapat memberikan beragam fenomena baru.

Misalnya Blockchain, Blockchain merupakan sejenis catatan transaksi digital yakni catatan individu (blok) yang dihubungkan dengan satu daftar (chain). blockchain digunakan dalam upaya mencatat segala transaksi cryptocurrency, Blockchain adalah semacam jaringan yang tidak mempunyai otoritas pusat. Dengan demikian, informasi di dalamnya terbuka sekaligus transparan bagi semua orang yang terlibat.

Jaringan ini berguna untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency seperti ethereum, bitcoin, ripple dan sebagainya. Blockchain memiliki tiga karakteristik utama yaitu terdistribusi, immutable dan desentralisasi.

Terdistrubusi berarti tersalur dengan baik sedangkan immutable bermakna bahwa data yang tertulis tidak lagi dapat diubah. Sementara itu, desentralisasi bermakna bahwa tidak ada kekuasaan yang terpusat yang berfungsi sebagai pengendali.

Apa Itu Cryptocurrency

Cryptocurrency
Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan suatu aset digital yang didesain guna bekerja secara baik sebagai media pertukaran kriptografi yang kuat, istilah ini juga merujuk pada sistem keamanan setiap transaksi internet berupa keuangan, kontrol penciptaan unit tambahan serta verifikasi transfer aset.

Istilah cryptocurrecy adalah sejenis sistem yang harus mencakup beberapa hal, sistem ini senantiasa tidak memerlukan otoritas pusat serta dikelola melalui konsensus yang terdistribusi. Di samping itu, sistem ini juga mampu menyimpan ikhtisar mata uang kripto beserta kepemilikannya. Adapun kepemilikan mata uang kripto perlu dibuktikan secara eksklusif dan kriptografis.

Saat ini cryptocurrency marak dikembangkan oleh berbagai macam perusahaan serta tim teknisi di banyak negara, salah satunya adalah Google Ventures yang selalu konsisten berinvestasi pada suatu teknologi cyrptocurrency tersebut, tercatat sudah lebih dari 500 cryptocurrency yang diciptakan dengan berbagai konsep tiruan koin lainnya.

KOPI BLOCKCHAIN, Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain

kopi blockchain
kopi blockchain

Kopi Blockchain adalah semacam digitalisasi dari suatu komoditas kopi berteknologi Blockchain di Ethereum dan Waves platform, teknologi kopi digital seperti ini memungkinkan penelusuran transaksi di Etherscan dan Waves Explorer. Teknologi ini menggunakan platform ERC20 dan Waves beserta sistem desentralisasi guna memfasilitasi transfer maupun transaksi lain.

Kopi Blockchain merupakan produk ERC20 serta Waves platform guna memasarkan komoditas kopi ke pasaran secara global. Jadi, setiap satu kopi nantinya dapat ditukarkan dengan 1 kilogram fine Robusta Bengkulu melalui PT. Cyber Persada Nusantara, teknologi ini akan memberikan harga kopi Robusta yang transparan sehingga para petani kopi dapat memiliki keuntungan yang lebih baik.

Terobosan terbaru dari kopi Blockchain diharapkan dapat menjadi angin segar bagi komoditas kopi ke depan. Kiranya teknologi ini dapat memberi solusi dari seluruh permasalahan mulai dari penyediaan modal petani, pembelian kopi sesuai standar, penyediaan infrastruktur, pembangunan gudang kopi, sistem manajemen usaha hingga distribusi kopi.

Keuntungan Kopi Blockchain

Keuntungan Kopi Blockchain
Keuntungan Kopi Blockchain

Kopi Blockchain, komoditas kopi berbasis teknologi Blockchain ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat berguna bagi banyak pihak. Termasuk di dalamnya petani kopi itu sendiri, manfaat kopi Blockchain di antaranya sebagai berikut.

Memudahkan perdagangan kopi
Teknologi Blockchain kopi dapat memudahkan penjualan produk fine kopi Robusta, terutama komoditas kopi yang dihasilkan oleh para petani kopi Bengkulu. Dengan adanya inovasi teknologi seperti ini, diharapkan perdagangan kopi akan berlangsung dengan baik, jujur, transparan dan memberikan keuntungan yang berlimpah.

Adanya diskon pembelian kopi
Selain memberikan keuntungan bagi petani kopi, teknologi terbaru Blockchain kopi juga dapat memberikan keuntungan bagi pembeli. Adanya kopi Blockchain akan memberikan sejumlah potongan harga bagi pembeli kopi, diskon yang diberikan saat ini adalah 20% dari kisaran harga kopi normal.

Pengurangan biaya inventori
Keuntungan lain dari inovasi teknologi ini bagi petani kopi adalah adanya pengurangan biaya inventori bagi mereka. Dengan demikian, maka petani kopi akan merasa terbantu dan teringankan dari segi modal finansial.

Memberikan kemudahan tracking pembelian kopi
Adanya teknologi ini juga dapat memberikan kemudahan trancking dalam pembelian kopi. Dengan demikian, pembelian kopi dirasa cukup transparan dan jujur karena dapat senantiasa dipantau dengan baik.

Tujuan Digitalisasi Kopi Blockchain

Digitalisasi Kopi Blockchain
Digitalisasi Kopi Blockchain

Kopi Blockchain, komoditas kopi berbasis teknologi Blockchain ini memiliki sejumlah tujuan yang nantinya dirasa sangat menguntungkan bagi banyak kalangan. Tujuan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Memberikan bantuan, pengembangan serta pengelolaan kopi dari sisi hulu ke hilir.
  • Memberikan kemudahan dalam hal pengontrolan serta pengelolaan hasil perkebunan kopi.
  • Menciptakan transparansi berdasarkan hasil produksi kopi.
  • Memberikan fasilitas terkait proses pembelian kopi yang dilakukan dari pembeli ke petani.
  • Memproses kopi dengan menerapkan teknologi berstandar internasional.
  • Meningkatkan permintaan dari para eskportir kopi.
  • Menyediakan kopi yang terpercaya karena lebih transparan dan dapat dengan mudah ditelusuri.
  • Memberikan pengelolaan yang lebih baik terkait penyimpanan dan sistem gudang.
Langkah Mengenalkan Kopi Blockchain di Indonesia

Terobosan teknologi kopi Blockchain dikelola oleh PT. Cyber Persada Nusantara, tim kopi Blockchain Indonesia ini senantiasa menerapkan berbagai langkah agar lebih dikenal secara luas. Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh tim kopi ini di antaranya:

  • Menciptakan website resmi tentang Blockchain kopi Indonesia.
  • Membuat berbagai macam media sosial seperti twitter, facebook, youtube, telegram dan instagram.
  • Memberikan pengumuman terkait Blockchain kopi di berbagai media.
  • Menghadiri berbagai event cryptocurrency dan Blockchain.
  • Melakukan peliputan pada berbagai macam media mainstream.
  • Senantiasa aktif menjadi pembicara pada berbagai forum nasional serta internasional.
Download Aplikasi Kopi Blockchain

penghargaan kopi Blockchain
Sebagai inovasi teknologi terbaru dalam komoditas kopi Indonesia, teknologi ini menawarkan sebuah aplikasi mobile. Aplikasi yang dibuat oleh cyber technology tersedia bagi pengguna perangkat android, Anda dapat mengunduh software ini melalui play store dengan ukuran hanya 5 MB saja.

Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi mengenai Blockchain kopi, roadmap, token kopi dan teamnya. Aplikasi ini memuat sejumlah menu seperti deposit, wallet, withdrawal, beli token kopi, pay with kopi beserta kode referral yang memungkinkan Anda untuk mengajak teman guna memasang aplikasi serupa.

Follow Sosial Media Kopi Blockchain

Tim kopi Blockchain Indonesia senantiasa melakukan pendekatan dengan para buyer serta investor dari luar negeri, hal ini guna meningkatkan demand Blockchain kopi selain menggunakan opsi pindah platform dan listing.

Para buyer dan investor yang berasal dari luar negeri tentu akan sangat tertarik dengan kopi Blockchain mengingat kualitas fine kopi ini sempat menjadi juara di Perancis pada 2019 silam, untuk mengikuti perkembangan dan segala informasi terbaru tentang kopi blockchain maka Anda bisa langsung memfollow akun sosial media Blockchain kopi. Follow akun instagram di @kopi.Blockchain dan akun facebook di @Kopi Blockchain

Kopi Blockchain, komoditas kopi berbasis teknologi Blockchain adalah solusi terbaru bagi investasi kopi Indonesia. Jika sebelumnya investasi komoditas kopi fisik memerlukan modal yang cukup merepotkan, namun saat ini Anda tetap dapat berinvestasi hanya via smartphone serta aset crypto saja.

Kemudahan investasi Blockchain kopi tidak ubahnya seperti ATM, Anda dapat berbelanja dimanapun tanpa perlu membawa sejumlah uang cash di dalam dompet, Cukup dengan ATM semua transaksi dapat berjalan dengan begitu mudah.

Dengan adanya teknologi kopi terbaru dari PT. Cyber Persada Nusantara ini diharapkan mampu memberikan kesejahteraan yang lebih bagi petani kopi Indonesia, Kiranya komoditas lain Indonesia juga dapat meniru inovasi serupa agar seluruh komoditas Indonesia dapat maju dan berkembang dengan sebaik-baiknya.

SHARE