Makanan yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

Selain menghindari faktor-faktor yang dapat menimbulkan penyakit asam urat, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan dari segi sumber makanan yang dapat menyebabkan asam urat. Karena memang biang keladi dari penyakit asam urat yaitu bersumber dari makanan dan pola gaya hidup yang kurang baik.

Berikut ini daftar makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat yaitu:

Jeroan

Jeroan terdiri dari paru-paru, ampela, usus, otak, lidah, ginjal dan limpa. Jeroan memang memiliki rasa yang gurih, namun ternyata jeroan menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Untuk Anda yang sudah berumur sebaiknya mengurangi makanan berupa jeroan, karena jeroan mengandung purin yang cukup tinggi sehingga beresiko terserang penyakit asam urat.

Makanan laut

Makanan laut memang memiliki protein yang tinggi misalnya seperti cumi-cumi, ikan teri, ikan tuna, ikan sarden, kepiting, lobster, kerang, udah, tiram dan ikan makarel. Kandungan pada makanan laut sama seperti kandungan jeroan yaitu mempunyai kadar purin yang sangat tinggi. Jika mengkonsumsinya terlalu sering maka hal ini beresiko terserang penyakit asam urat.

Daging merah

Daging merah dari sapi, kambing, domba maupun hewan yang berkaki empat juga mempunyai kandungan berupa purin yang mana apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit asam urat. Sebab itu jika Anda tidak ingin terserang penyakit asam urat sebaiknya menghindari konsumsi daging merah secara berlebihan dan konsumsi Obat asam urat mosehat yang berbukti ampuh.

Makanan olahan

Makanan olahan seperti dendeng dan abon ternyata juga bisa menjadi penyebab penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan makanan olahan tersebut mempunyai kandungan berupa urine yang sangat tinggi. Selain itu makanan kalengan seperti kornet atau sarden ada baiknya juga dihindari supaya Anda terbebas dari masalah asam urat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang memiliki kandungan vitamin yang tinggi, namun jika Anda tidak ingin memperparah kondisi asam urat Anda, sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan seperti melinjo, kacang tanah atau tauge. Salah satu penyebab dari kacang-kacangan ini yaitu karena memiliki kandungan berupa purin yang cukup tinggi.

Sayuran

Sayuran termasuk sebagai jenis makanan yang sehat namun pada kenyataannya jenis sayuran yang memiliki kandungan purin tinggi dapat menyebabkan penyakit asam urat misalnya seperti jamur kuping, daun pepaya, bayam, kangkung, kol, buncis, daun singkong dan asparagus. Ada baiknya jika Anda mengurangi jumlah konsumsi sayuran seperti yang ada di atas.

Daging kalkun dan angsa

Daging kalkun dan angsa memang memiliki kelezatan yang sulit untuk dihindari. Namun ternyata di balik dari kelezatan daging tersebut menyimpan kadar asam urat yang tinggi karena kadar purin nya. Sebab itu sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi jenis daging kedua hewan ini.

Baca Juga: Penyebab Asam Urat

Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti keju, yoghurt atau es krim memang seringkali banyak disukai oleh sebagian besar orang. Namun ternyata dibalik dari rasa yang lezat dan gurih tersebut ternyata kandungan yang dimiliki produk olahan susu tersebut sebaiknya dihindari. Apabila Anda terus mengkonsumsinya maka bisa menimbulkan kadar asam urat semakin meningkat dalam tubuh.

Jika dirasa Anda tidak dapat menghindari produk olahan susu Anda masih tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsinya, namun dengan catatan pilihlah jenis produk olahan susu yang memiliki kandungan lemak rendah atau bahkan Anda memilih produk yang benar-benar terbebas dari lemak.

Minuman manis

Ternyata asam urat tidak hanya disebabkan dari sumber makanan saja, namun juga disebabkan karena sumber minuman yang Anda konsumsi. Misalnya seperti minuman bersoda, minuman dalam kemasan, minuman rasa buah dan jenis minuman yang memiliki rasa manis berlebihan. Kandungan rasa manis dalam minuman dapat merangsang produksi asam urat semakin banyak.

Apabila pria mengkonsumsinya lebih sering maka akan lebih beresiko terserang penyakit asam urat. Tidak hanya pria saja, namun ternyata wanita juga beresiko mengalami hal yang sama. Salah satu Obat asam urat parah yaitu dengan mengkonsumsi produk Mosehat.

Tinggalkan komentar